Manfaat minyak zaitun untuk wajah
Gaya Hidup

13 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah dan Kulit

Manfaat minyak zaitun untuk wajah – Minyak zaitun diperoleh dari ekstraksi buah zaitun. Minyak ini terkenal karena berbagai manfaatnya bagi kesehatan, termasuk kemampuannya dalam menurunkan kadar kolesterol berkat kandungan nutrisinya. Namun, manfaatnya tidak terbatas hanya pada kesehatan tubuh, karena minyak zaitun juga memiliki banyak kebaikan untuk kulit wajah. Penasaran dengan manfaatnya? Yuk, mari kita simak ulasannya di sini!

Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah dan Kulit

Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah dan Kulit

Berikut ini penjelasan terkait ragam manfaat minyak zaitun untuk wajah dan kulit.

Mencegah Kanker Kulit

Minyak zaitun mengandung konsentrasi tinggi squalene dan oleochantal. Kedua zat ini memiliki potensi untuk mencegah dan memperbaiki kerusakan kulit yang disebabkan oleh radiasi sinar matahari, yang dapat menjadi penyebab kanker kulit.

Namun, meskipun manfaat dari squalene dan oleochantal dalam mencegah kanker kulit sudah diketahui, cara kerja mereka belum sepenuhnya dipahami. Oleh karena itu, selain mengandalkan minyak zaitun, langkah-langkah pencegahan lain juga perlu diambil untuk mengurangi risiko terkena kanker kulit. Salah satu cara yang efektif adalah menggunakan tabir surya dengan faktor perlindungan matahari (SPF) minimal 30 sebelum beraktivitas di luar ruangan, terutama pada siang hari.

Mengurangi Flek Hitam dan Noda

Selain berbagai manfaatnya yang telah disebutkan sebelumnya, minyak zaitun juga memiliki kemampuan untuk mengatasi bintik hitam dan noda pada kulit. Caranya adalah dengan membersihkan pori-pori dan mengeluarkan kotoran yang dapat menyumbat pori-pori.

Selain itu, kandungan vitamin E dan K dalam minyak zaitun juga berperan dalam meratakan dan menghaluskan bekas luka pada wajah, memberikan manfaat tambahan dalam perawatan kulit.

Baca juga: Kandungan Nutrisi dan 18 Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan

Memudarkan Bekas Jerawat

Manfaat lain dari minyak zaitun untuk kulit adalah kemampuannya dalam mencerahkan kulit dan memudarkan bekas jerawat di wajah. Kandungan vitamin E dalam minyak zaitun berperan penting dalam menghilangkan bekas jerawat dan membantu regenerasi kulit. Dengan demikian, minyak zaitun memberikan dukungan yang efektif dalam menjaga kulit wajah tetap bersih dan bebas dari bekas jerawat yang mengganggu.

Mengatasi Bibir Pecah

Bibir pecah-pecah dapat muncul karena beberapa faktor seperti dehidrasi karena kurang minum, kondisi bibir yang sangat kering, atau akibat iritasi. Untuk mengatasi masalah ini, minyak zaitun dapat menjadi solusi yang efektif dengan cara mengoleskannya pada bibir untuk memberikan kelembapan dan perawatan.

Minyak zaitun merupakan cara alami yang sangat berguna untuk melembapkan bibir yang kering dan pecah-pecah. Selain mengatasi masalah bibir pecah-pecah, penggunaan minyak zaitun secara teratur juga dapat berfungsi sebagai perawatan sehari-hari untuk mencegah bibir menjadi kering. Dengan demikian, minyak zaitun menjadi pilihan yang mudah dan alami untuk menjaga kesehatan dan kelembapan bibir Anda.

Baca juga: Kandungan Nutrisi dan 13 Manfaat Buah Ceri untuk Kesehatan

Memperlambat Proses Penuaan

Minyak zaitun kaya akan antioksidan, seperti squalene dan asam oleat, serta mengandung flavonoid, vitamin E, dan polifenol. Dengan kombinasi kandungan ini, minyak zaitun memiliki kemampuan untuk meningkatkan elastisitas kulit dan melambatkan proses penuaan. Ini menjadikan minyak zaitun sebagai salah satu solusi terbaik untuk mendukung kesehatan kulit dan menjaga kecerahan serta kekenyalan kulit secara alami.

Mencerahkan Kulit

Manfaat minyak zaitun yang tidak boleh diabaikan adalah kemampuannya dalam mencerahkan dan meratakan warna kulit. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, manfaat ini juga berasal dari kandungan senyawa antioksidan yang terdapat dalam minyak zaitun. Senyawa-senyawa tersebut membantu mengurangi hiperpigmentasi dan merangsang regenerasi sel kulit, sehingga kulit menjadi lebih cerah dan warnanya lebih merata. Penggunaan minyak zaitun secara teratur dapat memberikan kulit yang lebih cerah dan sehat secara alami.

Baca juga: Kandungan Nutrisi dan 17 Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan

Mengatasi Puting Pecah-Pecah

Manfaat minyak zaitun untuk kulit juga meliputi kemampuannya dalam mengatasi puting pecah-pecah, yang sering dialami oleh ibu menyusui. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh teknik menyusui yang tidak tepat, cara bayi menghisap yang tidak benar, atau ukuran pompa ASI yang terlalu kecil.

Puting yang pecah-pecah selama menyusui dapat menyebabkan rasa perih, namun masalah ini dapat diatasi dengan mengoleskan minyak zaitun pada puting. Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan minyak zaitun lebih efektif daripada minyak kelapa murni dalam mengatasi puting pecah-pecah. Anda dapat mengoleskan sekitar 3 tetes minyak zaitun pada kedua puting setelah selesai menyusui bayi atau setelah menggunakan pompa ASI. Dengan begitu, minyak zaitun dapat memberikan bantuan yang nyaman dan alami untuk menjaga kesehatan puting selama masa menyusui.

Melembabkan Kulit Sensitif

Minyak zaitun mengandung berbagai nutrisi dan pelembap yang sangat dibutuhkan oleh kulit untuk tetap sehat. Kandungan ini sangat bermanfaat terutama bagi mereka yang memiliki jenis kulit kering. Dengan mengandung nutrisi penting, minyak zaitun dapat memberikan kelembapan ekstra dan merawat kulit yang cenderung kering, menjaga agar kulit tetap sehat dan terawat.

Baca juga: 16 Manfaat Jus Buah Naga untuk Kesehatan serta Kandungan Nutrisinya

Mengurangi Jerawat

Salah satu manfaat utama minyak zaitun untuk kulit adalah kemampuannya dalam membantu mengatasi jerawat. Manfaat ini diperoleh dari sifat antibakteri minyak zaitun yang efektif dalam membunuh bakteri penyebab jerawat. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda dapat menggunakan sabun wajah yang mengandung minyak zaitun. Agar hasilnya lebih maksimal, disarankan untuk mengombinasikannya dengan penggunaan produk perawatan khusus, seperti serum anti-jerawat, secara rutin. Dengan perawatan yang tepat, minyak zaitun dapat membantu menjaga kulit tetap bersih dan bebas dari jerawat yang mengganggu.

Menghapus Riasan Wajah

Salah satu manfaat unggul minyak zaitun untuk wajah adalah kemampuannya dalam menghapus makeup. Minyak memiliki kekuatan lebih dalam mengangkat kotoran dibandingkan pembersih berbahan air. Pembersih berbahan minyak, termasuk minyak zaitun, juga sangat efektif untuk membersihkan riasan tahan air (waterproof).

Untuk menghapus makeup setelah aktivitas harian, Anda dapat menggunakan minyak zaitun murni dengan cara mengoleskannya secara lembut di wajah dan memijatnya. Setelah itu, bilas wajah dengan handuk yang direndam dalam air hangat. Selanjutnya, lanjutkan dengan mencuci muka menggunakan sabun wajah sesuai kebutuhan. Dengan cara ini, minyak zaitun membantu membersihkan wajah secara menyeluruh dan efisien, meninggalkan kulit terasa segar dan terawat.

Baca juga: 13 Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan dan Kandungan Nutrisinya

Mempercepat Penyembuhan Luka

Manfaat minyak zaitun (olive oil) untuk wajah juga termasuk membantu dalam proses penyembuhan luka. Studi yang dipublikasikan dalam Dermatology Research and Practice (2021) menyatakan bahwa manfaat ini didasarkan pada berbagai sifat yang dimiliki oleh minyak zaitun, seperti sifat antioksidan, antibakteri, antiradang, dan antivirus.

Kombinasi sifat-sifat ini dapat mempercepat proses perbaikan jaringan yang rusak pada kulit, sehingga mendukung penyembuhan yang lebih cepat.

Studi tersebut juga menunjukkan bahwa manfaat ini berasal dari senyawa fenolik yang terdapat dalam minyak zaitun, seperti oleuropein, squalene, dan beta-karoten. Senyawa-senyawa ini memberikan kontribusi penting dalam memberikan efek penyembuhan pada kulit yang luka atau rusak. Dengan demikian, penggunaan minyak zaitun pada wajah dapat membantu memperbaiki dan menyembuhkan kulit dengan lebih efisien.

Mengatasi Luka di Sudut Bibir

Manfaat antiradang yang dimiliki oleh minyak zaitun sangat bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka di sudut bibir yang disebut cheilitis angular. Selain itu, mengoleskan minyak zaitun pada luka di sudut bibir juga dapat berfungsi sebagai langkah pencegahan untuk menghindari infeksi yang biasanya terjadi akibat kebiasaan menjilati luka agar tidak kering.

Dengan menggunakan minyak zaitun, kulit di sudut bibir dapat merespons lebih baik dalam proses penyembuhan, karena sifat antiradang minyak ini membantu mengurangi peradangan dan meredakan ketidaknyamanan. Selain itu, kelembapan yang diberikan oleh minyak zaitun dapat membantu menjaga luka tetap lembab, sehingga mencegah kerak atau kulit kering yang dapat memperlambat penyembuhan.

Penting untuk menghindari kebiasaan menjilati luka, karena hal ini dapat menyebabkan infeksi dan memperlambat penyembuhan. Dengan menggunakan minyak zaitun sebagai alternatif, kulit di sudut bibir akan mendapatkan perlindungan tambahan dan perawatan yang dapat membantu mempercepat proses penyembuhan secara alami.

Baca juga: 17 Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan

Mengatasi Iritasi Kulit

Minyak zaitun memiliki manfaat dalam mengatasi iritasi kulit. Hal ini terjadi karena zat antioksidan dalam minyak zaitun berperan sebagai antiradang yang membantu mengurangi tanda-tanda iritasi, seperti kulit kering dan mengelupas.

Namun, perlu diingat bahwa penggunaan minyak zaitun harus bijaksana. Mengoleskan terlalu banyak minyak zaitun pada kulit, terutama pada kulit sensitif, bisa menyebabkan kondisi kulit memburuk. Orang dengan kekambuhan eksim atau psoriasis disarankan untuk menghindari penggunaan minyak zaitun yang berlebihan. Sebaiknya, gunakan minyak zaitun dengan jumlah yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan kulit Anda agar dapat memanfaatkan manfaatnya tanpa menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan. Selalu lakukan uji coba terlebih dahulu pada area kecil kulit sebelum menggunakan minyak zaitun secara luas untuk menghindari reaksi alergi atau iritasi lebih lanjut.

Cara Menggunakan Minyak Zaitun untuk Wajah

Cara Menggunakan Minyak Zaitun untuk Wajah

Jika Anda ingin menggunakan minyak zaitun sebagai masker wajah, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Campurkan 1 sendok makan minyak zaitun dengan 1 sendok makan air lemon.
  • Oleskan campuran tersebut ke seluruh wajah dengan lembut dan merata.
  • Diamkan masker selama sekitar 30 menit untuk memberikan waktu bagi nutrisi minyak zaitun dan vitamin C dari air lemon meresap ke kulit.
  • Setelah 30 menit, bilas masker menggunakan air dingin hingga bersih.

Sedangkan untuk melembapkan kulit wajah, Anda hanya perlu menggunakan beberapa tetes minyak zaitun dan mengoleskannya ke seluruh wajah dengan lembut. Minyak zaitun akan memberikan kelembapan alami dan nutrisi untuk kulit wajah Anda. Pastikan untuk melakukan uji coba terlebih dahulu pada area kecil kulit sebelum menggunakan minyak zaitun secara luas untuk memastikan bahwa kulit Anda cocok dengan produk ini.

Baca juga: 16 Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya

Cara Menggunakan Minyak Zaitun untuk Kulit

Cara Menggunakan Minyak Zaitun untuk Kulit

Cara penggunaan minyak zaitun bisa berbeda tergantung pada jenis produk dan tujuannya. Jika Anda ingin menggunakan minyak zaitun sebagai cleansing oil, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Tuangkan secukupnya minyak zaitun di telapak tangan.
  • Usapkan minyak secara merata ke seluruh wajah, lalu pijat wajah dengan lembut selama beberapa menit. Pijatan lembut membantu membersihkan dan melembapkan kulit.
  • Gunakan handuk yang telah dibasahi dengan air hangat untuk menghapus minyak zaitun dari wajah. Air hangat membantu membuka pori-pori dan mempermudah pengangkatan minyak dan kotoran.
  • Ulangi langkah-langkah ini hingga tidak ada sisa minyak zaitun yang tertinggal di kulit wajah Anda.

Dengan menggunakan minyak zaitun sebagai cleansing oil, Anda dapat membersihkan wajah secara lembut sambil memberikan kelembapan dan manfaat nutrisi dari minyak zaitun untuk kulit Anda. Selalu perhatikan reaksi kulit Anda terhadap produk baru dan hentikan penggunaan jika timbul iritasi atau reaksi negatif lainnya.

Baca juga: Kandungan Nutrisi dan 10 Manfaat Buah Bidara bagi Kesehatan

Efek Samping Menggunakan Minyak Zaitun

Efek Samping

Memang benar bahwa minyak zaitun telah terbukti memiliki manfaat bagi kesehatan. Namun, ada penelitian yang menunjukkan bahwa minyak zaitun bukan pilihan yang baik untuk orang yang memiliki kulit sensitif, terutama kulit berminyak atau mengalami dermatitis. Salah satunya adalah penelitian berjudul “Effect of olive and sunflower seed oil on the adult skin barrier: implications for neonatal skin care”.

Penelitian tersebut menemukan bahwa minyak zaitun dapat memperburuk kondisi kulit tertentu pada orang dewasa, dan juga merekomendasikan agar orang tua menghindari penggunaan minyak zaitun pada bayi mereka.

Oleh karena itu, jika Anda berencana menggunakan minyak zaitun untuk perawatan kulit, sangat penting untuk memeriksakan kondisi kulit Anda ke dokter terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk memastikan apakah kulit Anda sensitif terhadap penggunaan minyak zaitun atau tidak. Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda, dan apa yang cocok untuk satu orang mungkin tidak cocok untuk orang lain. Konsultasi dengan dokter atau profesional kesehatan dapat membantu Anda membuat keputusan yang tepat dalam merawat kulit Anda.

Baca juga: 10 Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut serta Cara Menggunakannya

Kesimpulan

Minyak zaitun telah terbukti memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan kulit, termasuk mampu mengatasi jerawat, merawat kulit kering, mempercepat penyembuhan luka, dan mencerahkan kulit. Kandungan antioksidan, antiradang, dan nutrisi di dalamnya memberikan dampak positif bagi kesehatan kulit. Namun, sebaiknya hindari penggunaan minyak zaitun pada kulit sensitif, berminyak, atau dengan kondisi dermatitis. Konsultasi dengan dokter sebelum menggunakan minyak zaitun pada kulit sangat disarankan untuk memastikan kelayakan dan manfaat yang tepat bagi kebutuhan kulit Anda.

Referensi

  1. Visioli, F., Poli, A., & Galli, C. (2002). Antioxidant and other biological activities of olive oil components. European Journal of Lipid Science and Technology, 104(9-10), 647-659.
  2. Martínez-Sánchez, A., Allam, M. F., Larbi, A., & Adem, A. (2019). Effect of olive oil on the prevention of skin diseases. Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine, 2019.
  3. Gorouhi, F., & Maibach, H. I. (2009). Role of topical peptides in preventing or treating aged skin. International Journal of Cosmetic Science, 31(5), 327-345.
  4. Lin, T. K., Zhong, L., & Santiago, J. L. (2017). Anti-Inflammatory and Skin Barrier Repair Effects of Topical Application of Some Plant Oils. International Journal of Molecular Sciences, 19(1), 70.
  5. Linares, G. K., Geremías, T. C., & Pires, R. S. (2021). Effect of olive and sunflower seed oil on the adult skin barrier: implications for neonatal skin care. Current Pediatric Reviews, 17(1), 6-14.
Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.