Gaya Hidup

Wisata Baru di Maros Sulawesi Selatan

Maros terkenal dengan 8 objek wisata alam yang menarik, di antaranya Goa Pattunuang, Bonto Somba, dan lain sebagainya. Selain itu, terdapat objek wisata lainnya seperti Taman Prasejarah Leang Akkarrasa Rammang-rammang, Pendopo Pallantikang, dan rumah adat Karaeng Loe Ripakere.

Selain itu, Maros juga memiliki sejumlah objek wisata agro seperti Taman Safari Pucak, Kawasan Agro Wisata Pucak, dan masih banyak lagi. Hal ini membuktikan bahwa Maros memiliki tempat-tempat indah dan keren yang bisa dieksplorasi.

Tempat Wisata Baru di Maros

Berikut adalah beberapa objek wisata baru di Maros yang layak untuk dikunjungi:

Kawasan Karst Maros

Kawasan Karst Maros adalah kawasan karst terbesar dan terindah kedua di dunia setelah China. Kawasan ini memiliki keunikan yang tidak ditemukan di kawasan karst lain di Indonesia.

Tempat wisata di Maros ini menawarkan pemandangan yang unik dan khas, yang dikenal sebagai menara karst. UNESCO bahkan telah menetapkan Kawasan Karst Maros sebagai salah satu Geopark dan situs Warisan Dunia.

Baca juga: Wisata Maros Highland: Destinasi Wahana Terbaru di SulSel

Kawasan ini terdiri dari rangkaian pegunungan atau perbukitan karst yang berada di utara Maros. Pemandangan lanskapnya sangat indah, dengan bentuk seperti menara dan koridor yang sangat panjang.

Mengunjungi tempat wisata ini akan memberikan ketenangan dan kebahagiaan bagi para wisatawan, sehingga sangat cocok untuk dijadikan tempat healing.

Kampung Rammang-Rammang

Keindahan alam yang terdapat di Rammang-Rammang tidak diragukan lagi. Tempat ini menawarkan latar belakang pemandangan gunung-gunung karst yang spektakuler, hamparan sawah yang indah, dan sungai yang eksotis. Pengunjung dapat merasakan sensasi liburan romantis dengan menaiki perahu atau rakit yang tersedia di Sungai Pute. Pemandangan kabut di pagi hari menambah kecantikan tempat ini.

Area Wisata Alam Kampung Rammang-rammang terletak di Desa Salenrang, Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Pengunjung tidak akan kesulitan menemukan lokasi karena tempat ini tidak jauh dari jalan raya lintas provinsi.

Pucak Makkaroewa

Anda akan menikmati panorama alam yang sangat memukau di tempat ini, dengan pepohonan rindang yang menambah keindahan suasana, suhu udara yang sejuk, dan banyak lokasi yang keren untuk berfoto.

Baca juga: Sawarna Srikandi: Tempat Wisata Terbaik di Banten

Wisata alam ini masih tergolong baru dan sedang terkenal saat ini, karena telah dibuka sejak tahun 2017. Jika Anda mencari tempat untuk bersenang-senang dan bersantai, Anda tidak perlu mengunjungi tempat wisata populer yang memakan biaya mahal. Cukup kunjungi tempat ini, dan Anda dapat menikmati hamparan perbukitan hijau yang indah dari ketinggian.

Air Terjen Lacolla

Air Terjun Lacolla juga memiliki keindahan yang sangat menawan. Tempat wisata ini memang belum banyak dikenal di media online, tetapi para pengunjung tidak akan menyesal untuk melihat langsung betapa indahnya. Karena jarak dari kampung terakhir ke air terjun sekitar 2 km, kemudian dilanjutkan dengan turun bukit sejauh 300 meter dengan berjalan kaki.

Lokasi air terjun Lacolla terletak di Dusun Malaka, Cenrana Baru, Kabupaten Maros. Para pengunjung harus menyiapkan kekuatan dan kesehatan fisik untuk bisa menuruni 1000 anak tangga dari bukit.

Air Terjun Batimurung

Air Terjun Bantimurung menjadi salah satu tujuan wisata unggulan di Maros. Terletak di Dusun Bantimurung, Desa Jenetaesa, Kecamatan Simbang, Kabupaten Maros, air terjun ini memiliki ketinggian 15 meter dan lebar 20 meter dengan debit air sekitar 500 liter per detik. Selalu mengalir sepanjang tahun, air terjun ini menjadi pemandangan yang menakjubkan.

Baca juga: Pulau Komodo: Destinasi Wisata Yang Luar Biasa

Selain air terjun, kawasan Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung juga menawarkan objek wisata lainnya yang tak kalah menarik. Sudah lama menjadi primadona bagi wisatawan yang ingin menghabiskan waktu liburan, kawasan ini menjadi destinasi yang cocok untuk menikmati keindahan alam yang masih alami.

Air Panas Rea Toa

Di Maros tidak hanya terdapat wisata air terjun yang sejuk, namun juga wisata pemandian air panas yang menarik. Salah satu objek wisata di Maros adalah Pemandian Air Panas Reatoa.

Air panas di Reatoa berasal dari sumber alami air terjun. Pemandian air panas ini terletak di Desa Realolo, Kelurahan Samaenre, Kecamatan Mallawa.

Baca juga: Suku-Suku di Indonesia Berdasarkan Wilayah

Keunikan wisata di Reatoa adalah adanya air terjun dengan suhu air dingin yang bersebelahan dengan air terjun yang panas. Pengunjung dapat memilih mandi dengan air dingin atau air panas saat mengunjungi tempat wisata ini.

Pantai Kuri Maros

Maros memiliki pantai yang indah, salah satunya adalah pantai Kuri Maros yang menjadi pantai andalan di Kabupaten Maros. Pantai ini terkenal dengan pasir putihnya yang berkilauan.

Jika Anda berlibur, pantai ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga karena letaknya yang strategis dan mudah dijangkau. Selain pasir putih, pantai ini juga memiliki bukit batu dan taman mangrove yang dapat dinikmati oleh pengunjung.

Pantai Curi Caddi

Selain Pantai Kuri Maros, Pantai Kuri Caddi juga merupakan salah satu pantai terbaik di Maros. Di sini, Anda dapat menikmati deburan ombak yang indah dan menikmati pasir putih yang sama dengan Pantai Kuri Maros.

Pantai ini sangat cocok untuk para penggemar selfie. Selain itu, Anda juga dapat menikmati pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan di pantai ini. Liburan bersama keluarga akan lebih seru jika Anda berkunjung ke pantai ini.

Bulu Tombolo

Bulu Tombolo merupakan destinasi wisata terbaru di Maros yang menawarkan pemandangan alam terbuka dari ketinggian. Terletak di kawasan Taman Nasional Bantimurung, objek wisata ini memanjakan para pengunjungnya dengan panorama alam yang sangat menakjubkan. Namun, untuk bisa mencapainya, Anda harus menempuh perjalanan yang cukup sulit.

Walaupun begitu, saat sudah sampai di puncak Bulu Tombolo, hamparan sawah dan barisan pegunungan akan menyambut kedatangan pengunjung. Pihak pengelola bahkan menyediakan beberapa spot foto agar para pengunjung bisa mengabadikan momen terbaik dengan background alam terbuka yang menakjubkan dari atas ketinggian. Sehingga, pengunjung bisa berfoto sepuasnya dan membawa pulang kenangan indah.

Danau Kassi Kebo

Bagi wisatawan yang ingin mengunjungi tempat wisata yang berbeda, Danau Kassi Kebo bisa menjadi pilihan. Lokasi danau ini terletak sekitar 800 meter dari Air Terjun Bantimurung dan pengunjung harus melewati jalan setapak dengan ratusan anak tangga serta pepohonan rindang yang menambah kesegaran udara di sekitarnya. Di sebelah jalan setapak, pengunjung juga dapat melihat aliran sungai yang berwarna hijau tosca, yang berasal dari Danau Kassi Kebo.

Danau Kassi Kebo berada di dalam kawasan Taman Nasional Bantimurung, Bulusaurung. Namun, pengunjung perlu memperhatikan peringatan untuk tidak berenang di danau ini karena adanya pusaran air yang sangat kuat dan pernah menelan banyak korban.

Taman Kupu-Kupu Batimurang

Taman ini dikenal dengan nama Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung, tempat di mana Anda bisa menemukan berbagai keajaiban alam yang menakjubkan. Selain itu, taman ini juga merupakan tempat di mana banyak spesies kupu-kupu hidup.

Taman ini sering disebut sebagai kerajaan kupu-kupu, karena keberadaan kupu-kupu yang bervariasi dan indah. Selain menikmati keindahan karst dan kupu-kupu, Anda juga bisa berfoto di jembatan gantung yang menyediakan latar belakang yang indah.

Taman Prasejarah Leang-Leang

Taman Leang-leang adalah salah satu tempat wisata yang populer di Maros dan memiliki jumlah pengunjung yang banyak setelah Taman Bantimurung. Tempat wisata ini menawarkan wisata edukasi tentang sejarah prasejarah. Terdapat banyak gua prasejarah di taman ini yang menyimpan peninggalan kehidupan masa lalu.

Di gua-gua ini, terdapat lukisan-lukisan seperti gambar babi rusa yang sedang melompat dan puluhan gambar telapak tangan pada dinding gua. Selain itu, juga terdapat 32 bekas telapak tangan yang ditemukan di goa Pettae. Benda laut seperti kerang juga ditemukan di gua-gua ini, menunjukkan bahwa gua tersebut pernah terendam dan dikelilingi oleh laut.

Sky Bridge

Jembatan ini menjadi incaran wisatawan karena menjadi spot foto yang sedang populer dan viral. Selain itu, di Helena Sky Bridge, Anda bisa menikmati pemandangan yang indah sehingga membuat Anda betah berada di sini.

Leang Petta

Selama perjalanan ke Leang Petta, para pengunjung dapat menikmati pemandangan alam yang indah dan tak kalah menarik dengan yang lain. Pemandangan menuju gua memberikan kesejukan bagi mata. Di dalam gua terdapat lukisan dinding prasejarah yang disekat dengan pintu dan dikunci untuk melindunginya dari tangan-tangan jahil yang dapat merusaknya. Keindahan gua ini memberikan pengalaman yang berbeda karena bentuknya yang unik dibandingkan dengan gua-gua lainnya.

Leang Petta terletak dekat dengan Air Terjun Bantimurung. Gua ini diperkirakan berasal dari sekitar tahun 1500 SM dan disebut sebagai gua karena “Leang” memiliki arti gua dalam bahasa Maros.

Air Terjun Taipa

Air Terjun Taipa dinamakan demikian karena lokasinya yang terletak di Desa Taipa. Tempat ini menyesuaikan dengan nama desa tempat air terjun berasal. Untuk mencapai tempat yang mempesona ini, pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar 30 km dari pusat kota.

Air Terjun Taipa memiliki tujuh tingkatan yang semakin tinggi semakin terjal, membuat tempat ini menjadi sangat indah. Oleh karena itu, pengunjung perlu mempersiapkan fisik yang cukup agar dapat menikmati keindahan tempat ini.

Tips Berwisata di Maros

Berikut adalah beberapa tips untuk berwisata di Maros:

  • Maros terkenal dengan cuaca yang panas dan lembap sepanjang tahun, jadi pastikan Anda memilih waktu yang tepat untuk berkunjung. Bulan-bulan antara Juni hingga September dianggap sebagai waktu yang baik untuk pergi karena suhu cenderung lebih sejuk dan jarang turun hujan.
  • Banyak objek wisata di Maros yang memerlukan pendakian atau perjalanan yang cukup jauh. Pastikan Anda mempersiapkan fisik dengan baik sebelum melakukan perjalanan. Anda juga sebaiknya membawa perlengkapan seperti alas kaki yang nyaman, pakaian yang sesuai dengan cuaca, air minum, dan makanan ringan.
  • ika Anda tidak terbiasa dengan Maros atau ingin mendapatkan informasi lebih lengkap tentang tempat-tempat wisata di sana, maka sebaiknya Anda menggunakan jasa pemandu wisata. Pemandu wisata dapat membantu Anda menemukan tempat-tempat wisata yang tersembunyi dan memberikan informasi yang lebih mendalam tentang sejarah dan kebudayaan daerah tersebut.
  • Maros memiliki banyak objek wisata alam, seperti air terjun, pantai, dan gua. Pastikan Anda menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan. Bawa kantong plastik untuk membuang sampah atau bisa menitipkan pada tempat sampah yang sudah disediakan.
  • Maros memiliki kebudayaan dan tradisi yang kaya, dan sebagai wisatawan, Anda harus menghargai dan menghormati hal ini. Hindari melakukan hal-hal yang dianggap tidak sopan atau merusak tempat-tempat bersejarah atau kebudayaan setempat.
  • Bersikap ramah dan menghormati orang-orang setempat dapat membuat pengalaman wisata Anda lebih menyenangkan. Jangan ragu untuk berbicara dengan orang-orang setempat dan mencari tahu tentang kehidupan mereka di daerah tersebut.
  • Terakhir, pastikan Anda merencanakan anggaran dengan baik dan berhemat dalam pengeluaran selama berwisata di Maros. Ada banyak tempat wisata yang menawarkan tiket masuk gratis atau terjangkau, dan Anda dapat menghemat uang dengan memilih penginapan yang lebih terjangkau.

Referensi

  1. https://sulselprov.go.id/
  2. https://disbudpar.sulselprov.go.id/
  3. https://maroskab.go.id/
  4. https://makassarkota.go.id/makassar-siap-jadi-gerbang-dunia-untuk-kawasan-geopark-maros-pangkep/
  5. https://ppid.maroskab.go.id/page/profil-opd/7/Dinas%20Kebudayaan%20dan%20Pariwisata
Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.