Manfaat buah naga untuk kesehatan
Gaya Hidup

Kandungan Nutrisi dan 17 Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan

Manfaat buah naga untuk kesehatan – Inilah buah cantik berkulit merah yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Disebabkan oleh kekayaan nutrisi di dalamnya, buah naga dijuluki sebagai superfood.

Keunikan fisik buah naga membuatnya begitu menarik; kulitnya menyerupai naga sementara dagingnya bervariasi, ada yang berwarna merah pekat dan ada juga yang putih. Selain itu, buah naga termasuk dalam kelompok spesies kaktus.

Daging buah naga hampir menyerupai kiwi, memiliki biji hitam di dalamnya, namun rasanya berbeda, yaitu manis. Kandungan mineral dan vitamin yang melimpah dalam daging buah naga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Kandungan Nutrisi Buah Naga

Kandungan Nutrisi Buah Naga

Dalam 227 gram buah naga, terdapat kandungan nutrisi berikut:

  • Kalori: 136
  • Protein: 3 gram
  • Karbohidrat: 29 gram
  • Serat: 7 gram
  • Zat besi: Memenuhi 8% kebutuhan harian
  • Magnesium: Memenuhi 18% kebutuhan harian
  • Vitamin C: Memenuhi 9% kebutuhan harian
  • Vitamin E: Memenuhi 4% kebutuhan harian

Tak hanya itu, buah naga juga mengandung senyawa-senyawa bermanfaat seperti polifenol, karotenoid, dan betasianin, yang memiliki peran penting bagi kesehatan. Semua nutrisi ini akan meningkatkan manfaat yang diperoleh dari mengonsumsi buah naga. Perlu diketahui, terdapat dua jenis buah naga yang berbeda, yaitu buah naga merah dan buah naga putih.

Baca juga: Cara Agar Cepat Gemuk dalam 1 Minggu

Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan

Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan

Setelah Anda mengetahui kandungan nutrisnya, berikut ini ragam manfaat buah naga untuk kesehatan.

Menurunkan Kolesterol

Kandungan antioksidan dalam daging buah naga merah serta kandungan omega-3 dan omega-9 dalam biji-biji kecil buah naga merah memberikan manfaat dalam menurunkan kadar kolesterol.

Buah naga merah memiliki keunggulan lain, tidak mengandung kolesterol, dan kaya akan serat, sehingga membantu menjaga kadar kolesterol tetap normal.

Namun, disarankan untuk mengonsumsi buah naga merah dengan bijaksana. Mengingat penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memastikan dosis dan keamanan penggunaan buah naga merah dalam menurunkan kadar kolesterol.

Mengontrol Gula Darah

Manfaat buah naga merah dalam mengontrol kadar gula darah didasarkan pada kandungan serat dan antioksidan di dalamnya. Selain itu, buah naga merah juga diyakini dapat memperbaiki sel-sel pankreas yang rusak, sehingga meningkatkan kadar hormon insulin.

Namun, perlu diingat bahwa untuk memastikan dosis yang tepat dan kemungkinan efek samping dari konsumsi buah naga merah dalam mengontrol gula darah, penelitian lebih lanjut masih diperlukan.

Selain itu, disarankan untuk mengonsumsi buah naga merah dengan porsi yang sesuai karena buah ini memiliki indeks glikemik yang cukup tinggi. Pengaturan asupan buah naga merah dengan bijaksana akan membantu menjaga kadar gula darah dalam batas normal. Sebaiknya konsultasikan juga dengan tenaga medis atau ahli gizi untuk mendapatkan panduan lebih lanjut mengenai penggunaan buah naga merah dalam manajemen gula darah.

Baca juga: Makanan Penurun Berat Badan: Ramuan Alami Ampuh

Memperkuat Sistem Imun Tubuh

Memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat memungkinkan kita untuk melawan infeksi dan penyakit. Sebuah studi tahun 2004 oleh Boon P Chew dan Jean Soon Park dari Department of Animal Sciences, Washington State University, menemukan bahwa buah naga mengandung Vitamin C dan karotenoid yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah infeksi. Hal ini terjadi karena buah naga melindungi sel darah putih dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Sel darah putih memainkan peran penting dalam sistem kekebalan tubuh dengan menyerang dan menghancurkan zat berbahaya. Namun, mereka juga sangat rentan terhadap kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Dengan mengonsumsi buah naga yang mengandung Vitamin C dan karotenoid, kita dapat membantu menjaga sel darah putih agar tetap berfungsi dengan baik dan mendukung kinerja sistem kekebalan tubuh secara keseluruhan.

Mencegah Depresi

Tak hanya kaya akan antioksidan dan serat, buah naga merah juga mengandung kaya magnesium. Mineral ini memegang peran penting dalam mengatur suasana hati, dan rendahnya kadar magnesium sering dikaitkan dengan risiko terjadinya depresi.

Dengan mengonsumsi buah naga merah yang kaya akan magnesium, Anda dapat mencegah depresi dan juga mengurangi gejala kecemasan. Memastikan asupan magnesium yang cukup dapat memberikan manfaat bagi kesehatan mental dan emosional.

Baca juga: Cara Kuruskan Badan Secara Sehat dan efektif

Meningkatkan Kesehatan Usus

Di dalam usus, terdapat sekitar 100 triliun mikroorganisme yang beragam, termasuk lebih dari 400 spesies bakteri. Keseimbangan mikroorganisme di usus sangat penting untuk mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Berdasarkan jurnal Food Chemistry, buah naga mengandung prebiotik yang memiliki potensi meningkatkan keseimbangan bakteri baik di usus. Prebiotik adalah jenis serat khusus yang mendorong pertumbuhan bakteri sehat (probiotik) di dalam usus. Secara sederhana, prebiotik berperan sebagai makanan bagi probiotik.

Meskipun usus manusia tidak dapat mencerna serat seperti halnya dengan makanan lainnya, bakteri yang ada di usus dapat mencernanya. Mereka menggunakan serat sebagai bahan bakar untuk pertumbuhan. Buah naga, khususnya, merangsang pertumbuhan dua keluarga bakteri sehat, yaitu bakteri asam laktat dan bifidobacteria.

Dengan mengonsumsi prebiotik secara teratur, risiko infeksi pada saluran pencernaan dan diare dapat dikurangi. Hal ini karena prebiotik mendorong pertumbuhan bakteri baik yang dapat bersaing dan mengalahkan bakteri jahat di dalam usus. Dengan demikian, buah naga dapat menjadi bagian penting dalam menjaga kesehatan saluran pencernaan dan sistem kekebalan tubuh secara keseluruhan.

Mencegah Anemia

Mengonsumsi buah naga merah secara rutin dapat menjadi salah satu cara efektif dalam mencegah anemia. Manfaat ini berasal dari kandungan vitamin C dalam buah naga merah yang dapat meningkatkan penyerapan zat besi. Zat besi adalah mineral yang penting dalam proses produksi sel darah merah.

Namun, untuk memaksimalkan upaya pencegahan anemia, disarankan untuk memenuhi kebutuhan zat besi harian dengan mengonsumsi makanan kaya zat besi. Beberapa contoh makanan kaya zat besi adalah daging merah, kacang merah, atau kacang almond. Dengan kombinasi konsumsi buah naga merah dan makanan kaya zat besi lainnya, Anda dapat meningkatkan kesehatan darah dan mengurangi risiko anemia secara efektif.

Baca juga: Cara Kurus Tanpa Olahraga: Tips Gaya Hidup Sehat

Menyehatkan Rambut

Ekstrak bubuk buah naga telah diyakini memiliki kemampuan untuk meningkatkan tekstur rambut dan mengurangi kerusakan rambut, termasuk masalah rambut yang disebabkan oleh pewarna rambut buatan.

Dalam cara penggunaannya, bubuk ekstrak buah naga dapat dicampur dengan segelas susu (250 ml). Konsumsi campuran ini dipercaya dapat membantu rambut menjadi lebih tebal, hitam, dan berkilau. Untuk merasakan manfaatnya, disarankan untuk mengonsumsinya sekali sehari secara teratur.

Menurunkan Resiko Penyakit Kanker

Selain efektif menurunkan kolesterol, kandungan asam lemak omega-3 dan omega-9 dalam biji buah naga merah juga memiliki potensi mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung. Selain itu, kandungan kalium, likopen, dan karoten dalam buah naga juga berperan dalam mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung dan stroke.

Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi buah naga merah dapat membantu mengurangi risiko penumpukan plak di pembuluh darah. Pembuluh darah yang tersumbat dapat meningkatkan risiko serangan jantung, stroke, dan bahkan kematian.

Namun, disarankan untuk tetap mengonsumsi buah naga merah secara wajar dan diimbangi dengan pola hidup sehat lainnya untuk mencegah penyakit jantung. Pengaturan pola makan yang seimbang dan gaya hidup yang aktif akan membantu menjaga kesehatan jantung secara keseluruhan.

Baca juga: Cara Agar Badan Berisi dan Sehat Untuk Wanita

Meningkatkan Fungsi Otak

Dengan mengonsumsi buah naga secara rutin, kesehatan otak dapat dipertahankan dengan lebih baik. Dengan demikian, risiko berbagai gangguan kesehatan otak yang dapat menyebabkan penurunan kemampuan berpikir atau mengingat dapat dihindari.

Buah naga mengandung zat-zat yang dapat meningkatkan fungsi otak, sehingga membantu meningkatkan fokus dan konsentrasi. Dengan adanya manfaat ini, kemampuan berpikir dan kognitif kita dapat beroperasi dengan lebih baik.

Menurunkan Kolesterol

Kandungan antioksidan dalam daging buah naga merah dan kandungan omega-3 serta omega-9 dalam biji-bijian kecilnya berperan dalam menurunkan kadar kolesterol. Selain itu, buah naga merah yang bebas kolesterol dan tinggi serat juga membantu menjaga kadar kolesterol tetap normal.

Namun, tetap dianjurkan untuk mengonsumsi buah naga merah dengan porsi yang wajar. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memastikan dosis dan keamanan buah naga merah dalam menurunkan kolesterol sebelum penggunaannya lebih luas.

Baca juga: Cara Menurunkan Berat Badan 5kg Dalam 1 Minggu atau 1 Hari

Mencegah Penuaan Dini

Buah naga mengandung antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan kulit. Antioksidan berfungsi untuk mencegah enzim yang dapat menghambat komponen kulit penting seperti kolagen dan asam hialuronat.

Selain itu, kandungan vitamin C dalam buah naga juga membantu mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini pada kulit. Dengan demikian, kulit akan terlihat lebih segar dan cerah dengan penggunaan rutin buah naga pada perawatan kulit.

Mencegah Preeklamsia

Preeklamsia adalah kondisi komplikasi selama kehamilan yang ditandai oleh tekanan darah tinggi atau kadar protein yang tinggi dalam urine. Untuk mengurangi risiko terjadinya preeklamsia, para ibu hamil disarankan untuk memastikan asupan cukup vitamin B2. Salah satu buah yang mengandung vitamin B2 atau riboflavin adalah buah naga merah. Dengan mengonsumsi buah naga merah, ibu hamil dapat memperoleh manfaat tambahan dari vitamin B2 yang dapat membantu menjaga kesehatan selama masa kehamilan.

Baca juga: Mengecilkan Perut Secara Alami Dalam Waktu Singkat

Meningkatkan Kesehatan Tulang

Kandungan magnesium dalam buah naga membuatnya sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang secara optimal. Dengan tulang yang kuat, risiko berbagai gangguan kesehatan, seperti osteoporosis dan patah tulang, dapat diminimalkan. Dengan mengonsumsi buah naga secara teratur, Anda dapat memberikan dukungan penting untuk kesehatan tulang Anda dan memastikan kekuatan serta integritas tulang tetap terjaga.

Mengatasi Sembelit

Buah naga memiliki kandungan serat dan prebiotik yang tinggi, yang memberikan manfaat besar bagi kesehatan saluran pencernaan. Nutrisi-nutrisi ini telah terbukti dapat meningkatkan kelancaran buang air besar, membantu mencegah serta mengatasi masalah sembelit. Dengan mengonsumsi buah naga secara teratur, Anda dapat merawat kesehatan saluran pencernaan dengan baik dan meningkatkan kenyamanan dalam proses pencernaan.

Baca juga: Cara Memperkecil Perut Buncit: Kunci Sukses Sehat

Sumber Magnesium

Buah naga menyediakan sumber magnesium yang sangat penting untuk lebih dari 600 reaksi biokimia dalam tubuh manusia. Kandungan magnesium dalam buah naga mencapai sekitar 18%.

Menurut sebuah jurnal tahun 2015 yang diterbitkan oleh Wilhelm Jahnen-Dechent dan Markus Ketteler di National Library of Medicine, magnesium berperan dalam berbagai reaksi penting di tubuh. Fungsinya meliputi pemecahan makanan menjadi energi, kontraksi otot, pembentukan tulang, dan bahkan pembuatan DNA. Dengan mengonsumsi buah naga, Anda dapat mendukung banyak proses penting ini dan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Mencegah Penyakit Kanker

Buah naga merah mengandung vitamin C dan likopen yang telah terbukti memiliki kemampuan mengurangi jumlah sel kanker dalam tubuh. Selain itu, kandungan senyawa antioksidan lainnya, seperti flavonoid, asam fenolik, dan betalain, juga hadir dalam buah ini dan berperan dalam mencegah penyakit kanker. Cara kerjanya adalah melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Dengan mengonsumsi buah naga merah, Anda dapat memberikan dukungan penting untuk pencegahan kanker dan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Meningkatkan Kesehatan Reproduksi

Buah naga juga memiliki manfaat khusus bagi organ reproduksi, terutama pada wanita. Mengonsumsi buah naga dapat membantu menurunkan risiko penyakit endometriosis.

Selain mengonsumsi buah naga, langkah pencegahan lain untuk mencegah penyakit ini adalah dengan berolahraga secara rutin dan menjaga berat badan agar tetap sehat, sehingga menghindari risiko obesitas. Dengan kombinasi dari pola makan yang sehat, aktifitas fisik, dan manajemen berat badan yang baik, Anda dapat meminimalkan risiko endometriosis dan menjaga kesehatan sistem reproduksi secara optimal.

Baca juga: 10 Cara Mengecilkan Perut dalam 2 Hari atau 2 Minggu

Cara Konsumsi Buah Naga

Cara Konsumsi Buah Naga

Cara Terbaik Konsumsi Buah Naga:

Salad Buah Naga

  • Siapkan wadah atau mangkuk.
  • Cuci dan potong buah naga segar.
  • Tambahkan campuran potongan buah-buahan sehat lainnya seperti pisang, stroberi, semangka, nanas, atau anggur sesuai selera.
  • Opsional: Tambahkan sedikit campuran garam, merica, atau mayones untuk variasi rasa.
  • Opsional: Tambahkan satu sendok es krim untuk sentuhan manis.
  • Aduk rata sehingga tercampur sempurna.
  • Salad buah naga kamu siap disajikan.

Smoothie Buah Naga

  • Cuci buah naga merah.
  • Tambahkan beberapa buah sehat lainnya seperti pisang (opsional) untuk variasi.
  • Potong buah menjadi beberapa bagian.
  • Masukkan semua bahan ke dalam blender.
  • Opsional: Tambahkan 1-2 sendok madu untuk rasa manis.
  • Opsional: Tambahkan es batu secukupnya untuk sensasi dingin.
  • Blender hingga semua bahan halus dan tercampur.
  • Tuangkan dalam gelas atau mangkuk.
  • Nikmati smoothie buah naga yang segar dan lezat.

Dimakan Langsung sebagai Buah Segar

  • Cuci buah naga segar.
  • Potong dengan pisau menjadi beberapa bagian sesuai selera.
  • Daging buah dapat langsung diambil dengan sendok tanpa perlu memotong kulitnya.
  • Nikmati langsung sebagai camilan segar dan sehat.

Baca juga: Facebook Business Manager: Fitur dan Cara Membuatnya

Kesimpulan

Buah naga merah mengandung banyak manfaat untuk kesehatan. Kandungan antioksidan, serat, dan vitamin C dalam buah ini dapat membantu melindungi tubuh dari radikal bebas, menjaga kesehatan kulit, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, buah naga merah juga memiliki kandungan magnesium yang penting untuk kesehatan tulang dan kesehatan otak. Menyantap buah naga merah secara rutin dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan yang beragam dan penting bagi tubuh.

Referensi

  1. “Nutritional Composition and Health Benefits of Dragon Fruit: An Overview,” by Muhammad Aasim, Shyam Narayan Jha, and Khursheed A. Khan. Journal of Pharmacognosy and Phytochemistry, 2018.
  2. “Phytochemical and nutritional profile of pitahaya (Hylocereus spp.) cultivars,” by Laura S. Cisneros-Zevallos and Marleny D. Montalvo-González. Food Chemistry, 2011.
  3. “Antioxidant Capacity and Anticancer Properties of Pitaya (Hylocereus spp.) Peel Extracts,” by Sirichai Adchariyasuchaia, María Elena Sosa-Morales, and Elsa Ramirez-Corona. Journal of Functional Foods, 2015.
  4. “Role of Magnesium in Cardiovascular Diseases,” by Peiwen Fei, Wen Wang, and Zhong-Min Wang. Journal of Analytical Methods in Chemistry, 2018.
  5. “Magnesium in Prevention and Therapy,” by Nishant R. Shah and J. Ian Pattison. Nutrients, 2018.
Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.