Cara mengurus kartu BPJS yang hilang
Sosiologi

Cara Mengurus Kartu BPJS yang Hilang: Secara Online dan Offline

Cara mengurus kartu BPJS yang hilang – Kartu BPJS memiliki peran penting dalam keseharian, oleh karena itu disarankan untuk selalu menyertainya. Dengan kartu ini, pelayanan medis yang berkualitas dapat diakses dengan lebih mudah, kapan pun dan di mana pun. Tetapi, jika terjadi kehilangan kartu BPJS, tidak perlu khawatir.

Terdapat berbagai cara yang bisa diambil untuk mengurus BPJS yang hilang, sehingga Anda bisa memilih antara metode online atau offline sesuai dengan kebutuhanmu. Mari kita simak panduan dalam artikel ini untuk mengetahui cara mengurus kartu BPJS yang hilang.

Cara Mengurus Kartu BPJS yang Hilang secara Offline

Jika Anda memerlukan bantuan dari staf BPJS Kesehatan, Anda dapat memilih untuk mengurus BPJS hilang secara offline dengan mengikuti langkah-langkah berikut.

Melaporkan Kehilangan ke Pihak Kepolisian

Langkah pertama yang perlu dilakukan saat kartu BPJS hilang adalah memberitahukannya kepada pihak kepolisian. Meskipun biasanya laporan kehilangan terkait dengan dokumen seperti KTP, SIM, STNK, dan kartu ATM, Anda juga bisa meminta surat keterangan kehilangan dari polisi untuk kartu BPJS. Kunjungi kantor polisi setempat dan beritahukan bahwa kartu BPJS Anda hilang. Pastikan untuk membawa fotokopi KTP dan minta salinan surat keterangan kehilangan yang telah dilegalisir.

Menyiapkan Berkas Dokumen yang Dibutuhkan

Untuk mengurus kartu BPJS yang hilang, Anda perlu menyiapkan beberapa dokumen yang diperlukan untuk proses administratif di kantor BPJS Kesehatan. Jangan lupa membawa KTP, Kartu Keluarga (KK), dan surat keterangan kehilangan dari pihak kepolisian. Sebagai langkah tambahan, siapkan juga salinan fotokopi KTP dan KK jika diperlukan oleh petugas. Pastikan informasi pada dokumen asli dan salinan terbaca dengan jelas.

Baca juga: Seleksi CPNS dan PPPK 2023, Formasi, Syarat, Cara Mendaftar, dan Jadwal

Mengunjungi Kantor Cabang BPJS Terdekat

Setelah dokumen-dokumen yang dibutuhkan sudah siap, langkah berikutnya adalah mengunjungi kantor cabang BPJS Kesehatan terdekat sesuai dengan alamat tempat tinggal Anda. Pastikan Anda mengetahui jam operasional kantor BPJS sebelum berangkat, sehingga perjalanan Anda dapat berjalan dengan lancar. Biasanya, kantor BPJS Kesehatan buka dari hari Senin hingga Jumat, pada jam kerja mulai pukul 08.00 hingga 17.00. Pastikan untuk menghindari mengurus kartu BPJS yang hilang di akhir pekan karena kemungkinan kantor akan tutup.

Mengajukan Permohonan Pembuatan Kartu Pengganti

Sampai di kantor BPJS Kesehatan, serahkan semua dokumen yang diperlukan kepada petugas yang sedang bertugas. Mereka akan memeriksa data Anda dalam waktu yang tertentu. Setelah proses verifikasi selesai, Anda dapat meminta pembuatan kartu pengganti. Petugas akan mencetak kartu baru untuk Anda, namun Anda harus menunggu satu hari kerja untuk mendapatkannya. Jika terdapat antrian yang cukup panjang, proses ini mungkin akan memerlukan waktu lebih lama.

Baca juga: Cara Cek Penerima BSU 2023 Online

Cara Mengurus Kartu BPJS yang Hilang secara Online

Saat ini, kemudahan mengurus kartu BPJS yang hilang dapat dilakukan secara online berkat perkembangan teknologi yang pesat. Ikuti langkah-langkah berikut untuk mengurus BPJS yang hilang tanpa perlu mengunjungi kantor BPJS Kesehatan.

Unduh Aplikasi Mobile JKN

Langkah pertama dalam proses mengurus BPJS yang hilang adalah mendownload aplikasi Mobile JKN resmi dari BPJS Kesehatan. Aplikasi ini tersedia di toko aplikasi (App Store) yang sesuai dengan sistem operasi smartphone Anda. Pastikan juga bahwa aplikasi Mobile JKN yang Anda miliki sudah dalam versi terbaru untuk menghindari masalah teknis.

Baca juga: Cara Mengurus Surat Pindah Antar Provinsi secara Online

Dapatkan Salinan Digital Kartu Melalui Aplikasi

Setelah berhasil mengunduh aplikasi Mobile JKN ke smartphone Anda, masuklah ke akun dengan menggunakan username dan password yang telah Anda buat. Jika Anda belum memiliki akun Mobile JKN, Anda dapat membuatnya dengan memasukkan nomor NIK, nomor kartu BPJS, dan tanggal lahir. Setelah akun terverifikasi, carilah opsi “Kartu Peserta” yang terletak di bagian bawah halaman utama aplikasi Mobile JKN.

Cetak Salinan Kartu yang Dikirimkan Melalui Email

Setelah masuk ke dalam menu “Kartu Peserta,” Anda akan menemukan versi digital dari kartu BPJS Anda. Pada tahap ini, Anda perlu mencari ikon untuk mengirimkan file kartu BPJS ke alamat email yang telah Anda daftarkan sebelumnya. Setelah proses ini selesai, Anda akan menerima email yang berisi salinan digital kartu kepesertaan BPJS Anda. Langkah terakhir, Anda dapat mencetak salinan tersebut dan meng-laminasi jika diinginkan.

Baca juga: 10 Manfaat Tomat untuk Wajah

Kesimpulan

Mengurus kartu BPJS yang hilang telah menjadi lebih fleksibel berkat perkembangan teknologi. Pilihan antara metode online dan offline memberikan kemudahan dalam proses ini. Jika preferensimu adalah bantuan langsung dari staf BPJS Kesehatan, mengurus kartu hilang secara offline adalah pilihan yang dapat diambil. Namun, dengan aplikasi Mobile JKN yang resmi, kamu bisa mendapatkan salinan digital kartu BPJS dengan mudah. Pilihan ada pada tanganmu untuk menentukan metode yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensimu.

Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.