Cara Agar Kamera iPhone Tidak Mirror
Teknologi

4 Cara Agar Kamera iPhone Tidak Mirror untuk Hasil Memuaskan

Kamera iPhone dikenal luas sebagai salah satu yang terbaik di kelasnya, dan tidak ada keraguan bahwa Apple telah mengintegrasikan teknologi mutakhir dalam perangkat mereka untuk memberikan hasil foto dan video yang luar biasa. Namun, tidak ada yang sempurna, dan pengguna iPhone terkadang menghadapi kendala tertentu ketika menggunakan kamera depan, salah satunya adalah hasil foto yang “mirror.” Hal ini terjadi ketika hasil jepretan dari kamera depan terlihat terbalik, sehingga sisi wajah kiri tampak berada di sebelah kanan, atau sebaliknya.

kita akan membahas berbagai metode dan langkah-langkah yang dapat di ambil untuk membuat kamera iPhone tidak lagi menampilkan hasil foto cermin. Dari mengaktifkan “Mirror Front Camera” hingga menggunakan fitur flip foto dan menghapus fitur screen mirroring, kami akan membahas semuanya secara rinci.

Mengapa Kamera iPhone Memunculkan Hasil Mirror?

Sebelum kita masuk ke berbagai cara untuk mengatasi masalah hasil foto mirror pada iPhone, penting untuk memahami mengapa hal ini terjadi. Hasil kamera mirror pada iPhone sebenarnya adalah efek bawaan yang dirancang oleh Apple. Ini adalah kebijakan default pada banyak perangkat iOS, dan pada kamera depan iPhone, hasilnya akan tampak terbalik. Ini sebagian besar terjadi karena sebagian besar pengguna mengharapkan hasil foto selfie mereka akan terlihat seperti dalam cermin.

Namun, tidak semua orang menyukai efek ini, dan inilah sebabnya mengapa ada permintaan yang kuat untuk memungkinkan pengguna mengubah pengaturan ini.

Baca juga: Cara Merekam Panggilan Whatsapp di Android, dan iPhone

Cara Agar Kamera iPhone tidak Mirror

Berikut beberapa cara untuk mengatasi masalah hasil foto cermin pada iPhone Anda:

1. Mengaktifkan Mirror Front Kamera

Cara pertama yang bisa di coba dengan mengaktifkan “Mirror Front Camera” di pengaturan iPhone. Fitur ini biasanya tersedia pada perangkat iPhone yang menjalankan iOS 14 atau versi yang lebih baru. Jika Anda belum memiliki fitur ini, pertama-tama pastikan bahwa sistem operasi iPhone sudah diperbarui ke versi terbaru. Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka menu ‘Pengaturan’ pada layar utama iPhone.
  • Selanjutnya, pilih opsi ‘Kamera’.
  • Di dalam pengaturan kamera, cari opsi “Mirror Front Camera” atau “Mirror Front Photos” pada bagian “Composition”.
  • Aktifkan opsi ini dengan menggeser tombol ke posisi “Nyala”.
  • Selesai, kamera iPhone sekarang tidak akan lagi menampilkan hasil foto cermin.

Dengan mengaktifkan “Mirror Front Camera,” akan melihat hasil foto selfie seperti yang dilihat oleh mata manusia biasa. Namun, ingatlah bahwa beberapa orang mungkin tidak merasa nyaman dengan hasil foto selfie yang tidak cermin. Jika Anda termasuk orang yang tidak menyukai hasil ini, dapat mengikuti langkah-langkah yang sama untuk menonaktifkan fitur “Mirror Front Camera.”

2. Menggunakan Fitur Flip Foto

Cara berikutnya untuk mengatasi masalah hasil foto cermin pada iPhone dengan menggunakan fitur flip foto. Fitur ini memungkinkan untuk membalik foto secara horizontal atau vertikal, sehingga dapat mengubah tampilan foto sesuai keinginan. Berikut cara melakukannya:

  • Ambil foto menggunakan kamera iPhone.
  • Buka galeri foto di iPhone dan pilih foto yang ingin di ubah.
  • Ketuk opsi “Edit” yang terletak di pojok kanan atas layar.
  • Selanjutnya, cari ikon “Crop” di bagian bawah layar, dan ketuk ikon “Flip” yang akan muncul di pojok kanan atas.
  • Pilih apakah Anda ingin membalik foto secara horizontal atau vertikal.
  • Setelah puas dengan perubahan yang Anda buat, ketuk “Selesai” di pojok kanan bawah untuk menyimpan foto.

Dengan menggunakan fitur flip foto, Anda dapat dengan mudah mengatasi masalah hasil foto cermin pada iPhone, memiliki kontrol penuh atas tampilan foto, dan dapat mengubahnya sesuai keinginan.

Baca juga: 3 Cara Check In Online Lion Air Lewat HP

3. Menghapus Screen Mirroring Secara Permanen

Selain mengaktifkan “Mirror Front Camera” dan menggunakan fitur flip foto, Anda juga dapat mengatasi masalah hasil foto cermin dengan menghapus fitur screen mirroring secara permanen. Fitur screen mirroring memungkinkan untuk menampilkan layar iPhone di perangkat lain, seperti TV atau proyektor. Namun, jika tidak menggunakannya dan ingin menghilangkannya, berikut cara melakukannya:

  • Buka menu ‘Pengaturan’ pada iPhone.
  • Ketuk opsi ‘Control Center’.
  • Pilih opsi ‘Customize Controls’.
  • Cari opsi “Screen Mirroring” dalam daftar, dan ketuk tanda kurang (-) di sebelahnya untuk menghapusnya.
  • Setelah Anda menghapus opsi “Screen Mirroring,” fitur ini tidak akan lagi tersedia dalam “Control Center” iPhone.

Jadi, dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda telah berhasil menghapus screen mirroring secara permanen dari iPhone. Ini merupakan cara yang efektif untuk mengatasi masalah hasil foto cermin pada iPhone.

4. Cara-cara Tambahan

Terkadang, meskipun telah mencoba langkah-langkah di atas, fitur screen mirroring tetap aktif dan tidak bisa dinonaktifkan. Dalam hal ini, dapat mencoba beberapa langkah tambahan:

  • Pastikan perangkat iPhone menjalankan versi sistem operasi iOS yang paling baru. Pembaruan perangkat lunak dapat mengatasi masalah yang mungkin terkait dengan fitur screen mirroring.
  • Periksa pengaturan di iPhone dan pastikan tidak ada pengaturan yang menghalangi untuk mematikan fitur screen mirroring.
  • Pastikan bahwa perangkat iPhone tidak tersambung ke perangkat lain seperti Apple TV atau AirPlay. Jika terhubung, putuskan sambungan sementara dan coba matikan fitur screen mirroring.
  • Jika semua upaya di atas belum berhasil, Anda dapat mencoba menyetel ulang perangkat iPhone. Untuk melakukannya, masuk ke ‘Pengaturan’, pilih ‘General’, dan pilih ‘Atur Ulang Semua Pengaturan’. Ini akan mengembalikan pengaturan iPhone ke pengaturan default.
  • Jika masalah masih belum terselesaikan, Anda dapat menghubungi dukungan Apple untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Mengatasi masalah hasil foto cermin pada kamera iPhone Anda tidaklah sulit. Dengan mengikuti salah satu dari metode di atas, Anda dapat dengan mudah mengubah pengaturan kamera iPhone Anda agar hasil foto terlihat seperti yang Anda inginkan.

Jika Anda ingin mengembalikan efek cermin, Anda cukup mengaktifkan kembali opsi “Mirror Front Camera” dalam pengaturan kamera. Dengan berbagai pilihan yang tersedia, Anda dapat mengambil foto dan selfie yang lebih baik dengan kamera iPhone Anda. Selamat memotret!

Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.