Cara membuat paspor baru secara online
Hukum

Cara Membuat Paspor Baru 2023, Syarat, dan Biaya

Cara Membuat paspor – Proses pendaftaran untuk paspor baru atau perpanjangan paspor yang sudah ada, dapat dilakukan dengan kelancaran apabila mengikuti prosedur yang ditetapkan oleh lembaga imigrasi.

Berikut ini merangkum informasi lengkap mengenai persyaratan dan langkah-langkah mudah dalam mengajukan permohonan pembuatan paspor, beserta dengan rincian biaya yang terkait. Informasi ini bersumber dari situs resmi Direktorat Jenderal Imigrasi Republik Indonesia.

Syarat Membuat Paspor

Syarat Membuat Paspor Baru

Inilah beberapa persyaratan yang harus Anda siapkan:

  1. E-KTP dan salinan fotokopi.
  2. Akta kelahiran.
  3. Materai.
  4. Surat nikah (jika Anda sudah menikah).
  5. Ijazah terakhir atau surat baptis asli beserta fotokopi (pilih salah satu yang mencantumkan informasi seperti nama, tempat dan tanggal lahir, serta nama orang tua).
  6. Kartu keluarga dan fotokopi.

Baca juga: Cara Mengurus Ijazah yang Hilang sesuai Prosedur Berlaku

Cara Membuat Paspor Baru secara Manual

Salah satu opsi untuk mengurus pembuatan paspor adalah melalui cara manual. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Anda harus mengunjungi kantor imigrasi yang berlokasi di wilayah kota atau kabupaten tempat tinggal Anda. Disarankan agar Anda datang lebih awal, sebelum pukul 12.00 siang, karena jumlah pemohon dibatasi hingga 200 orang per hari.
  2. Pastikan Anda membawa semua dokumen yang diperlukan.
  3. Ketika tiba di kantor imigrasi, Anda akan diminta untuk mengisi formulir permohonan paspor yang tersedia di loket permohonan kantor imigrasi. Pastikan Anda mengisi formulir dengan informasi yang sesuai dengan dokumen resmi Anda.
  4. Isi formulir pendaftaran hingga selesai, lalu serahkan ke loket pembuatan paspor baru. Anda akan diberikan bukti serah terima dan jadwal untuk sidik jari dan pemotretan.
  5. Selanjutnya, Anda akan melewati proses pengambilan sidik jari dan pemotretan, yang juga melibatkan wawancara. Dokumen asli dan informasi yang Anda tulis dalam formulir akan diverifikasi selama wawancara.
  6. Setelah Anda berhasil melewati semua tahap ini, Anda akan melakukan pembayaran setelah semua proses selesai. Anda akan diberikan informasi mengenai kapan paspor akan selesai diproses dan dapat diambil.

Cara Membuat Paspor Baru secara Online

Berikut adalah langkah-langkah pembuatan paspor baru secara online:

  1. Unduh aplikasi resmi “Antrian Paspor Online.”
  2. Daftarkan diri Anda dengan mengisi informasi identitas yang diminta dalam aplikasi. Setelah mendaftar, akun Anda akan diverifikasi melalui email. Pastikan email yang Anda daftarkan benar dan aktif untuk menghindari gangguan dalam proses pembuatan paspor.
  3. Setelah akun Anda terverifikasi, login kembali menggunakan akun tersebut.
  4. Pilih kantor imigrasi terdekat yang Anda inginkan.
  5. Isi data permohonan antrian, termasuk tanggal rencana pengurusannya.
  6. Periksa jadwal antrian yang Anda ajukan untuk memastikan apakah sudah disetujui atau belum.
  7. Jika jadwal antrian Anda disetujui, langkah selanjutnya adalah mengunjungi kantor imigrasi sesuai dengan permohonan Anda dan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Tunjukkan barcode Anda kepada petugas saat Anda tiba di kantor. Kemudian, tunggu beberapa saat hingga Anda menerima bukti cetak nomor urut panggilan.
  8. Tunggu hingga Anda dipanggil, lalu serahkan dokumen persyaratan yang diperlukan dan lakukan pembayaran. Tunggu hingga semua proses selesai.

Perlu diingat bahwa aplikasi ini hanya dapat digunakan pada ponsel Android dengan sistem operasi minimal Jelly Bean (4.2) dan versi yang lebih baru.

Baca juga: Pengertian Data, Manfaat dan Fungsi, Jenis, dan Contohnya

Biaya Pembuatan

Biaya pembuatan paspor baru memiliki variasi yang bergantung pada jenis yang diperlukan. Berikut adalah daftar perincian biaya:

  • Paspor biasa 48 halaman: Rp 350.000
  • Paspor elektronik biasa 48 halaman: Rp 650.000
  • Layanan percepatan paspor selesai pada hari yang sama: Rp 1.000.000 (layanan percepatan ini tidak termasuk biaya penerbitan).

Baca juga: Cara Daftar BPJS Kesehatan secara Online dan Offline

Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.