Cara mengetahui Ip website
Teknologi

Cara Mengetahui Ip Website

Cara mengetahui Ip website – Internet merupakan ruang yang ideal bagi penggunanya untuk mengakses beragam informasi. Jutaan bahkan miliaran data dapat diakses dengan cepat dan mudah melalui internet. Penggunaan internet juga sangat intuitif, bahkan bagi mereka yang kurang berpengalaman.

Di balik kemudahan dan kecepatan penggunaan internet, terdapat beberapa komponen kunci yang mendukungnya. Salah satunya adalah alamat IP (Internet Protocol). Alamat IP ini membantu pengguna internet dalam mencari informasi yang tersebar secara online. Sebagai perumpamaan, alamat IP berfungsi seperti jembatan yang menghubungkan pengguna dengan informasi yang dicari.

Bagi mereka yang aktif menggunakan internet, istilah “alamat IP” tentu sudah tidak asing. Namun, ternyata banyak orang yang belum memahami secara rinci apa itu alamat IP, dan bagaimana cara mengetahui Ip website. Melalui artikel ini, kita akan bersama-sama menjelajahi jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Apa itu IP Address?

Apa itu IP Address?

Jadi, Apa itu Alamat IP? Alamat IP (Internet Protocol Address) adalah serangkaian angka yang berfungsi sebagai identifikasi untuk semua perangkat komputer yang berinteraksi dalam jaringan internet. Alamat IP juga kadang disebut sebagai seperangkat peraturan yang mengelola aktivitas internet dan membantu memfasilitasi berbagai tindakan di dalamnya. Sebuah Alamat IP terdiri dari empat grup angka yang dikelompokkan. Setiap grup ini terdiri dari 1 hingga 3 angka, dengan nilai antara 0 hingga 255. Sebagai contoh, Alamat IP bisa berbentuk 192.168.38.1.

Dalam Alamat IP, terdapat dua komponen utama: Identitas Jaringan (Network ID) dan Identitas Perangkat (Host ID). Identitas Jaringan adalah bagian pertama dari Alamat IP yang menunjukkan lokasi jaringan yang digunakan. Dalam contoh di atas, tiga angka pertama menunjukkan Identitas Jaringan. Sementara itu, Identitas Perangkat adalah bagian terakhir dari Alamat IP yang merujuk pada perangkat spesifik dalam jaringan. Dalam contoh tersebut, angka terakhir adalah Identitas Perangkat. Dalam analogi jaringan, Identitas Jaringan dapat dibandingkan dengan lokasi suatu kompleks perumahan, sementara Identitas Perangkat seperti nomor rumah dalam kompleks tersebut.

Alamat IP juga dapat ditemukan terkait dengan domain situs web. Sebenarnya, situs web tanpa domain hanyalah sekumpulan Alamat IP. Domain berfungsi sebagai pembungkus untuk membuat Alamat IP lebih mudah diingat, sehingga Alamat IP yang sebenarnya menjadi kurang terlihat. Oleh karena itu, dalam artikel ini, kita akan membahas cara melihat Alamat IP atau alamat IP dari suatu situs web. Prosedurnya sederhana dan mudah, hanya dengan koneksi internet, Anda dapat melihat Alamat IP sebuah situs web. Selanjutnya, kami akan membahas langkah-langkah untuk menemukan Alamat IP dari sebuah situs web.

Baca juga: Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol Edisi Terbaru 2023

Cara Mengetahui Ip Website

Cara Mengetahui Ip Website

Berikut ini beberapa cara mengetahui Ip Website di Windows, PING, Mac, Androind dan IOS.

Cara Mengetahui Ip Website di Windows

Untuk mengidentifikasi alamat IP sebuah situs web pada Windows, terdapat beberapa metode yang dapat dipergunakan. Mulai dari penggunaan Control Panel, Command Prompt, hingga Internet Settings.

Namun sebelum menjelajahi langkah-langkah tersebut, perlu ditekankan bahwa alamat IP adalah sebuah identifikasi numerik yang diberikan kepada setiap perangkat untuk berkomunikasi dengan perangkat lain dalam suatu jaringan.

Untuk memahami lebih lanjut mengenai cara memeriksa alamat IP situs web di Windows, Dewaweb akan memaparkan informasinya.

Memeriksa IP Address melalui Control Panel

Metode pertama untuk menemukan alamat IP perangkat adalah dengan menggunakan Control Panel. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa diikuti.

  • Klik tombol ‘Start’ dengan ikon Windows di pojok bawah desktop.
  • Ketikkan ‘Control Panel’ dalam kolom pencarian, kemudian buka menu tersebut.
  • Pilih ‘Network and Internet’. Lalu, klik pada ‘Network and Sharing Center’.
  • Pilih jaringan WiFi yang sedang terhubung.
  • Setelah muncul jendela status WiFi, pilih ‘Details’. Nantinya, akan muncul jendela berisi informasi konfigurasi alamat IP pada perangkat yang sedang digunakan.

Memeriksa IP Address melalui Internet Settings

Selain Control Panel, cara mengetahui alamat IP situs web dapat dilakukan melalui pengaturan Internet Settings secara gratis. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  • Klik ikon WiFi yang terletak di pojok kanan bawah.
  • Klik ‘More WiFi Settings’, dan Anda akan diarahkan ke pengaturan laptop.
  • Pilih ‘Hardware Properties’, yang kemudian akan membuka dashboard WiFi.
  • Di bagian bawah, Anda dapat melihat alamat IP perangkat dalam bagian IPV4 address.

Memeriksa IP Address melalui Command Prompt

Pada Windows, alamat IP situs web dapat diketahui dengan cepat dan mudah melalui Command Prompt. Untuk yang penasaran, berikut adalah langkah-langkahnya.

  • Tekan tombol ‘Windows + R’ bersamaan untuk membuka Command Prompt.
  • Setelah jendela cmd muncul, ketikkan ‘IPCONFIG’, lalu tekan Enter.
  • Tunggu sejenak hingga cmd menampilkan konfigurasi IP dari perangkat yang sedang digunakan.
  • Biasanya, Anda akan diarahkan ke menu pengaturan untuk melihat alamat IP.

Dengan tiga metode tersebut, Anda dapat memeriksa alamat IP sebuah situs web di sistem operasi Windows.

Baca juga: Peluang dan Tips Bisnis Online Rumahan Yang Menguntungkan

Cara Mengetahui Ip Website di PING

Di samping metode-metode yang telah diuraikan sebelumnya, mengetahui alamat IP sebuah situs web juga dapat dilakukan melalui penggunaan perintah “ping”. Berikut ini adalah langkah-langkah yang lebih rinci.

  • Pertama, bukalah Command Prompt atau Terminal pada komputer atau perangkat Anda.
  • Selanjutnya, ketikkan perintah ‘PING [nama website]’ tanpa tanda kutip dan tekan tombol Enter.
  • Setelah itu, beberapa informasi akan muncul, termasuk alamat IP dari situs web tersebut.
  • Namun, jika Anda ingin khususnya mencari alamat IP situs web, Anda dapat menggunakan perintah ‘nslookup [nama website]’ dalam Command Prompt atau Terminal.

Dengan cara ini, Anda dapat dengan mudah memeriksa alamat IP dari situs web yang ingin Anda ketahui.

Baca juga: 8 Ide Bisnis Online Untuk Pelajar di Tahun 2023

Cara Mengetahui Ip Website di Mac

Bagi pengguna Macbook, terdapat beberapa cara yang dapat digunakan untuk menemukan alamat IP. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

  • Pertama, bukalah Terminal pada Macbook Anda.
  • Kemudian, ketikkan perintah ‘PING’ tanpa tanda kutip.
  • Tekan tombol Enter setelah itu.
  • Terminal akan menampilkan berbagai informasi, termasuk alamat IP dari situs web yang Anda cari.
  • Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan situs web ping online untuk mengetahui alamat IP. Cukup masukkan URL situs web yang ingin Anda cari, dan situs tersebut akan memberikan informasi mengenai alamat IP.

Dengan cara ini, Anda dapat dengan mudah mengetahui alamat IP situs web pada Macbook Anda.

Baca juga: Cara Berdagang Online Untuk Beginner dan Expert

Cara Mengetahui Ip Website di Android dan IOS

Untuk menemukan alamat IP situs web pada perangkat Android dan iOS, Anda dapat memanfaatkan pengaturan yang ada di ponsel Anda. Berikut ini adalah penjelasan lebih rinci:

Memeriksa IP di Android

  • Buka menu ‘Settings’ pada perangkat Anda, lalu pilih ‘Connection’.
  • Pilih ‘WiFi’ dan kemudian pilih jaringan WiFi yang sedang terhubung ke perangkat Anda.
  • Setelah Anda memilih jaringan tersebut, alamat IP akan ditampilkan.

Memeriksa IP di iOS

  • Buka menu ‘Settings’.
  • Pilih opsi ‘WiFi’.
  • Klik ikon ‘i’ yang terletak di sebelah kanan nama jaringan WiFi yang Anda sedang gunakan.
  • Informasi mengenai alamat IP perangkat Anda akan ditampilkan di bagian detail IPv4 / IPv6 address.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah menemukan alamat IP situs web pada perangkat Android dan iOS Anda.

Baca juga: Apa Itu Exact Match Domain? Berikut Penjelasannya

Cara Mengetahui Ip Website dengan Tools

Berikut ini adalah daftar beberapa layanan pemeriksa IP yang populer dan layak perhatikan. Mari kita eksplor lebih lanjut!

WhatIsMyIpAddress

Kita akan memulai daftar ini dengan alat pencarian IP dasar dan gratis yang dikenal dengan nama WhatIsMyIPAddress. Meskipun namanya demikian, alat ini mampu memeriksa alamat IP dari berbagai situs web. Caranya sangat sederhana, Anda hanya perlu memasukkan nama host (alamat domain) ke dalam kolom dan mengklik tombol “Cari Alamat IP.” Anda akan mendapatkan informasi tentang IPv4 dan IPv6 dengan cepat. Anda juga dapat mengklik salah satu alamat yang ditampilkan untuk mendapatkan statistik lebih rinci tentang domain tersebut. Informasi yang tersedia mencakup nama host situs web, ASN, ISP, jenis IP (statis atau khusus), serta bagian komentar yang berkaitan dengan setiap domain.

DNS Checker

DNS Checker merupakan alat sederhana namun bermanfaat untuk melakukan pencarian alamat IP situs web dengan tambahan fungsionalitas. Selain itu, Anda dapat melihat informasi DNS dan lokasi yang dikumpulkan dari berbagai server di seluruh dunia. Anda hanya perlu memasukkan alamat situs web yang ingin diperiksa. Alat ini akan menunjukkan informasi mengenai hosting domain tersebut dari lebih dari 25 server DNS. Fitur ini dapat membantu Anda melihat apakah ada negara tertentu yang tidak dapat mengakses domain tersebut. Anda juga berkesempatan menambahkan server DNS khusus untuk menguji wilayah tertentu. Selain itu, alat ini menyediakan kemampuan pencarian lokasi IP yang mudah digunakan. Ini memungkinkan Anda untuk melihat geolokasi domain dengan akurasi, serta informasi lengkap lainnya seperti lintang, bujur, dan ISP.

Domain IP Lookup

Domain IP Lookup Tool adalah layanan fantastis lainnya yang disediakan oleh Small SEO Tools. Alat ini memungkinkan Anda melakukan pemeriksaan alamat IP dari beberapa situs web secara bersamaan dengan cepat. Anda dapat memasukkan hingga 10 alamat domain dan mengklik tombol “Pencarian IP Domain” untuk segera mendapatkan informasi yang Anda butuhkan. Alat ini memberikan informasi lokasi tepat, zona waktu, ISP, dan kontak pemilik domain. Anda juga dapat menggunakan layanan ini dalam upaya pengoptimalan mesin pencari. Bagaimana caranya? Alat ini dapat menemukan alamat IP situs web yang terhubung ke portal Anda melalui mesin telusur Google. Anda dapat menggunakan informasi ini untuk menolak tautan yang tidak relevan atau berbahaya, yang pada akhirnya dapat meningkatkan peringkat situs Anda di mesin telusur.

IP Checker

Apakah Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang asal usul email yang mencurigakan atau tidak diinginkan untuk tujuan pemblokiran? Dengan menggunakan IP Checker yang disediakan oleh Geotek IT-Outsourcing, Anda dapat dengan mudah mengetahui lokasi, pemilik, dan penyedia domain, situs web, atau alamat IP tertentu. Alat ini juga menyajikan data kontak ARIN dan WHO untuk berbagai platform, tanpa memandang lokasi geografisnya. Selain kemampuan pencarian IP, situs ini juga menyediakan berbagai fungsi lain yang berguna, termasuk pemindai virus, pemeriksa port TCP / UDP, dan bahkan REST API untuk pertanyaan data geolokasi. Semua alat ini dapat Anda akses tanpa biaya tambahan.

Who.is

Melalui Who.is, Anda dapat mengakses berbagai informasi tentang domain dengan melakukan pencarian IP standar maupun IP terbalik. Di samping itu, Anda dapat mengetahui informasi mengenai pemilik portal, penyedia, serta menemukan alamat kontak mereka. Apabila Anda berencana mendapatkan nama domain baru, alat ini juga menyediakan layanan untuk melihat domain yang tersedia untuk dibeli.

Kesimpulan

Mengetahui alamat IP sebuah situs web merupakan langkah penting dalam navigasi internet dan komunikasi antarperangkat. Metode untuk mengakses informasi ini beragam tergantung pada platform yang digunakan.

Untuk Windows, Anda dapat menggunakan Control Panel, Internet Settings, atau Command Prompt untuk melihat alamat IP situs web. Sementara itu, pengguna Macbook dapat memanfaatkan Terminal dengan perintah ‘PING’ atau mengandalkan situs web ping online.

Di perangkat Android, Anda bisa menemukan alamat IP melalui pengaturan ‘Connection’ dan ‘WiFi’. Di iOS, informasi ini dapat diakses melalui pengaturan ‘WiFi’ dengan mengeklik ikon ‘i’.

Dalam dunia yang semakin terkoneksi, memahami cara menemukan alamat IP situs web membantu dalam memahami komunikasi dan navigasi dalam jaringan internet.

Referensi

  1. “How to Find the IP Address of a Website” – Lifewire
  2. “How to Find the IP Address of a Website in Windows, macOS, and Linux” – How-To Geek
  3. “How to Find the IP Address of a Website Using Command Prompt” – Online Tech Tips
  4. “How to Find IP Address of a Website on Android” – Techuntold
  5. “How to Find IP Address of a Website on iPhone or iPad” – iGeeksBlog
  6. “How to Find the IP Address of a Website” – PureVPN Blog
Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.