Manfaat daun pandan untuk kesehatan
Gaya Hidup

19 Manfaat Daun Pandan untuk Kesehatan

Manfaat daun pandan – Daun pandan adalah tanaman tropis yang dapat dengan mudah ditemukan di Indonesia. Tanaman ini memiliki aroma khas yang sering dicampurkan ke dalam berbagai makanan dan minuman.

Meskipun demikian, tidak banyak yang menyadari bahwa daun pandan juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Air rebusan daun pandan seringkali diabaikan dan dibuang begitu saja.

Namun sebenarnya, manfaat dari daun pandan sangat luar biasa. Apa saja khasiat yang dimilikinya bagi kesehatan tubuh? Mari kita lihat lebih detail di bawah ini.

Manfaat Daun Pandan untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Daun Pandan untuk Kesehatan

Beriku penjelasan beragam manfaat daun pandan untuk kesehatan.

Mengobati Diare

Khasiat daun pandan terletak pada kandungan tanin di dalamnya yang memiliki sifat sebagai agen antidiare. Ini bisa membantu mengatasi masalah diare dengan cara sederhana, yakni dengan merebus beberapa lembar daun pandan dalam air, lalu mengonsumsi air rebusannya untuk meredakan gejala diare.

Menurunkan Demam

Demam dapat menghampiri siapa pun, dari orang dewasa hingga anak-anak. Umumnya, demam merupakan isyarat bahwa tubuh sedang melawan infeksi. Pada saat demam, suhu tubuh akan naik, menyebabkan ketidaknyamanan. Salah satu cara untuk meredakan demam adalah dengan mengonsumsi air rebusan daun pandan. Langkah ini akan membantu suhu tubuh perlahan kembali normal.

Baca juga: Kandungan Nutrisi dan 21 Manfaat Buah Sawo untuk Kesehatan

Membantu Atasi Insomnia

Menyantap minuman hangat di malam hari memiliki potensi untuk merilekskan tubuh dan memudahkan proses tertidur. Bagi Anda yang enggan mengonsumsi susu hangat karena merasa kenyang, air rebusan daun pandan bisa menjadi alternatif yang menarik.

Cobalah tarik napas dalam aroma yang terpancar, kemudian nikmati setiap tegukan teh pandan secara perlahan. Dijamin, perasaan tenang akan menghampiri Anda dan bahkan dapat meredakan gejala insomnia.

Mengatasi Rambut Rontok

Manfaat daun pandan meliputi kemampuannya dalam mengatasi permasalahan rambut rontok. Salah satu cara penerapannya adalah dengan memanfaatkan air rebusan daun pandan sebagai bilasan terakhir setelah keramas. Nutrisi yang terkandung dalam daun pandan mampu memperkuat akar rambut dan menghindari kerontokan yang berlebihan.

Baca juga: 13 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah dan Kulit

Menambah Nafsu Makan

Agar nafsu makan kembali membaik, buatlah secangkir teh rebusan daun pandan yang harum. Caranya, rebuslah daun pandan dengan air. Setelah mendidih, tuangkan air rebusan daun pandan ke dalam gelas, lalu tambahkan madu atau gula sesuai selera. Nikmatnya teh pandan hangat ini akan segera merangsang nafsu makan Anda. Selain meningkatkan nafsu makan, aroma menggoda dari teh rebusan daun pandan juga bisa dinikmati.

Menurunkan Resiko Kanker

Dalam konteks pengobatan tradisional, penggunaan daun pandan memang dikaitkan dengan upaya pencegahan pertumbuhan sel kanker.

Namun, penting untuk diingat bahwa kanker adalah hasil dari berbagai faktor (multifaktorial), sehingga pengobatannya sebaiknya diimbangi dengan nasihat dari dokter dan pelaksanaan gaya hidup yang sehat.

Baca juga: 12 Manfaat Madu untuk Wajah dan Bibir Serta Cara Menggunakannya

Menjaga Kesehatan Mata

Kegunaan daun pandan bagi kesehatan mata adalah karena kandungan Vitamin A di dalamnya. Vitamin A memiliki peran penting dalam merawat kesehatan mata. Fungsinya meliputi menjaga kualitas penglihatan, mencegah mata kering, serta mengurangi risiko gangguan mata seperti degenerasi makula.

Meringankan Rematik

Pilihlah dua atau tiga lembar daun pandan segar, kemudian bersihkan dan iris menjadi potongan kecil. Panaskan setengah cangkir minyak kelapa dan rendam potongan daun pandan di dalamnya. Aduk hingga tercampur merata, dan setelah mendingin, minyak tersebut siap digunakan sebagai obat gosok pada area tubuh yang mengalami ketidaknyamanan.

Mengatasi Kram Perut

Rasa tidak nyaman pada perut, terutama saat menstruasi, memang bisa mengganggu. Namun, jangan khawatir, keluhan tersebut bisa diatasi dengan minum teh daun pandan. Air rebusan daun pandan yang diminum dalam keadaan hangat dapat membantu meredakan kondisi perut yang tidak nyaman.

Baca juga: Kandungan dan 17 Manfaat Daun Sirih Merah untuk Kesehatan

Mengobati Luka Bakar

Tidak hanya itu, daun pandan juga memiliki kemampuan untuk mempercepat proses penyembuhan luka bakar. Kita dapat mengoleskan ekstrak atau jus segar dari daun pandan pada area yang terbakar, hal ini membantu mengurangi peradangan serta mencegah kemungkinan infeksi.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi dapat diatasi dengan menggunakan daun pandan. Langkahnya sangat sederhana. Anda hanya perlu merebus dua lembar daun pandan dengan dua gelas air, biarkan mendidih hingga tersisa satu gelas. Minumlah ramuan ini dua kali sehari sampai tekanan darah Anda kembali normal.

Baca juga: Kandungan Nutrisi dan 17 Manfaat Jamu Kunyit Asem

Mengurangi Rasa Nyeri

Jika Anda berkeinginan mengurangi sensasi nyeri pada kepala atau persendian, minum air rebusan pandan diyakini memiliki potensi untuk meredakan ketidaknyamanan tersebut.

Namun, penting untuk tetap mengidentifikasi akar penyebab dari rasa nyeri. Perlu diingat, meredakan rasa nyeri tidak selalu mengartikan penyakitnya sembuh sepenuhnya (kemungkinan kambuh dapat terjadi).

Mengatasi Batu Ginjal

Manfaat lain dari daun pandan adalah kemampuannya dalam merangsang produksi urine dan mendukung kebersihan saluran kemih. Ini dapat berkontribusi dalam penanganan masalah batu ginjal serta pencegahan terbentuknya batu ginjal baru.

Baca juga: Pengelolaan Limbah B3 dan Metode Penanganannya

Menghitamkan Rambut

Rambut yang berkilau hitam adalah dambaan banyak wanita. Daun pandan dapat membantu mencapai hal ini. Siapkan 7 lembar daun pandan, cuci bersih, dan potong menjadi potongan kecil. Rebus dengan 1 liter air hingga air berubah menjadi warna hijau. Biarkan air rebusan meresap semalaman. Pada keesokan harinya, campurkan air rebusan daun pandan dengan perasan dari 3 buah buah mengkudu yang sudah matang. Gunakan campuran ini saat keramas. Lakukan secara rutin 3 kali dalam seminggu dan perhatikan hasilnya.

Obat Sakit Kepala

Manfaat lain dari daun pandan adalah kemampuannya mengandung senyawa analgesik atau pereda nyeri, yang dapat membantu mengurangi rasa sakit pada kepala. Anda dapat merebus beberapa helai daun pandan dengan air, lalu mengonsumsi air rebusannya sebagai cara alami untuk meredakan sakit kepala ringan.

Baca juga: Limbah B3: Pengertian, Jenis, dan Karateristik

Mengatasi Lemah Syawat

Tidak hanya berperan sebagai penawar lemah saraf, pandan wangi juga terbukti memiliki manfaat dalam mengatasi masalah lemah syahwat pada pria. Siapkan 3 lembar daun pandan wangi, bersihkan dan potong menjadi bagian kecil-kecil. Rebus dengan 4 gelas air hingga jumlahnya berkurang menjadi 2 gelas. Konsumsi ramuan ini dua kali sehari, satu gelas pada pagi dan satu gelas lagi pada sore hari. Lakukan rutin sesuai jadwal.

Mencegah Penyakit Jantung

Salah satu manfaat utama dari daun pandan adalah pencegahan penyakit jantung. Kandungan flavonoid dan polifenol dalam daun pandan memiliki sifat antioksidan yang berfungsi melindungi jantung dari kerusakan akibat radikal bebas. Lebih dari itu, daun pandan juga memiliki potensi dalam menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh, yang merupakan salah satu faktor risiko penyakit jantung.

Baca juga: Pencemaran Air: Pengertian, Sumber, Dampak dan Karateristik

Menangkal Radikal Bebas

Salah satu manfaat dari mengonsumsi air rebusan pandan adalah kemampuannya untuk menjaga organ-organ tubuh, khususnya hati, dari dampak radikal bebas.

Penting untuk diingat bahwa kelebihan radikal bebas dalam tubuh dapat berkontribusi pada munculnya berbagai penyakit kronis.

Mengobati Panu

Tak hanya merusak penampilan, panu juga bisa menyebabkan rasa tidak nyaman karena gatal. Solusi untuk mengatasi panu adalah dengan mengolah daun pandan terlebih dahulu. Peras airnya, kemudian tambahkan garam secukupnya. Konsumsi campuran ini sekali sehari selama tiga hari.

Baca juga: Kandungan Gizi dan Manfaatnya Air Tajin yang Menakjubkan

Cara Mengolah Daun Panda

Cara Mengolah Daun Panda

Berikut ini beberapa cara mengolah daun pandan.

Inklusi Bersama Bahan Masakan

Daun pandan bisa diinklusi secara langsung ke dalam panci nasi atau direbus bersama bahan masakan, lalu dimasak hingga aroma dan rasa daunnya tercampur dengan makanan. Secara umum, daun pandan segar kerap dimanfaatkan untuk menambahkan citarasa pada saus kari, baik dalam hidangan masakan Thailand maupun Malaysia.

Pembuatan Minuman Teh

Cara lain yang bisa diterapkan adalah merebus daun pandan dalam air mendidih untuk menghasilkan teh. Agar lebih beragam dalam rasa, bisa ditambahkan lemon atau madu.

Air Perasan

Daun Pemanfaatan daun pandan untuk membuat ekstrak air perasan juga dikenal luas. Caranya adalah dengan menghancurkan daun halus lalu mencampurnya dengan air menggunakan food processor.

Efek Samping Daun Pandan

Efek Samping Daun Pandan

Dampak yang mungkin timbul karena mengonsumsi pandan belum dijelajahi secara menyeluruh. Walau demikian, daun pandan kemungkinan memiliki sifat pencahar ringan yang berpotensi menyebabkan gangguan pencernaan seperti diare apabila dikonsumsi dalam jumlah besar. Meskipun begitu, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan hal ini.

Kesimpulan

Daun pandan memiliki beragam manfaat kesehatan yang signifikan. Selain mampu meredakan masalah seperti rambut rontok, nyeri kepala, dan lemah syahwat, daun pandan juga membawa kebaikan untuk organ-organ vital seperti jantung dan hati. Dengan sifat antioksidan yang dimilikinya, daun pandan dapat membantu melindungi tubuh dari radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit kronis. Oleh karena itu, pemanfaatan daun pandan dalam berbagai bentuk dapat menjadi tambahan yang berharga untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan kita.

Referensi

  1. Febriyeni, F., & Delfina, V. (2021). Pengaruh Pemberian Minuman Jahe Dan Daun Pandan Terhadap Frekuensi Mual Muntah Pada Ibu Hamil Trimester I. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan12(1), 49-57.
  2. Tasia, W. R. N., & Widyaningsih, T. D. (2014). JURNAL REVIEW: POTENSI CINCAU HITAM (Mesona palustris Bl.), DAUN PANDAN (Pandanus amaryllifolius) DAN KAYU MANIS (Cinnamomum burmannii) SEBAGAI BAHAN BAKU MINUMAN HERBAL FUNGSIONAL [IN PRESS OKTOBER 2014]. Jurnal Pangan dan Agroindustri2(4), 128-136.
  3. Kasih, D. O. A. P., & Handayani, Y. S. (2022). Lip Balm Daun Kelor Dan Daun Pandan Mengatasi Bibir Kering. Garina14(1), 76-92.
  4. Aqib, H., Listiana, L., & Daesusi, I. R. (2015). Pengaruh Pemberian Perasan Daun Pandan Wangi (Pandanus ammaryllifolius) Terhadap Kadar Glukosa Darah Mencit dan Penerapannya Pada Praktikum Fisiologi Hewan (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surabaya).
  5. https://faperta.umsu.ac.id/2023/07/08/12-manfaat-daun-pandan-untuk-kesehatan
Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.