Manfaat Black Garlic
Gaya Hidup

17 Manfaat Black Garlic untuk Kesehatan

Manfaat Black Garlic – Salah satu penemuan menarik yang patut diperhatikan adalah black garlic atau bawang hitam. Meskipun memiliki warna yang gelap dan mungkin terlihat tidak biasa di dapur kita, bawang hitam ternyata menyimpan segudang manfaat kesehatan yang luar biasa.

Black garlic merupakan hasil dari fermentasi bawang putih segar yang mengalami proses penyimpanan pada suhu khusus selama berbulan-bulan. Proses ini mengubah warna, tekstur, dan rasa bawang putih menjadi sesuatu yang lebih dari sekadar bumbu dapur. Apakah kamu siap untuk memasuki dunia yang gelap namun penuh manfaat ini?

Kandungan Nutrisi Black Garlic

Sumber Gambar: Freepik

Sebelum kita membahas manfaatnya, mari kita lihat apa yang sebenarnya terdapat dalam 15 gram black garlic. Dalam takaran tersebut, black garlic menyajikan kalori, protein, lemak, karbohidrat, serat, dan gula. Selain itu, bawang hitam juga mengandung berbagai nutrisi lainnya seperti vitamin C, B, folat, kalsium, magnesium, zink, fosfor, dan zat besi. Ini bukan hanya bumbu dapur biasa; ini adalah paket nutrisi lengkap yang dapat memberikan dukungan maksimal untuk kesehatanmu.

Baca juga: 18 Manfaat Jus Nanas untuk Kesehatan beserta Kandungan Nutrisinya

Manfaat Black Garlic untuk Kesehatan

Berikut manfaat black garlic untuk kesehatan yang dirangkum dari beberapa sumber.

1. Menunjang Kesehatan Jantung

Black garlic tidak hanya memberikan cita rasa lezat pada masakanmu, tetapi juga berpotensi memberikan perlindungan pada sistem kardiovaskularmu. Senyawa bioaktif di dalamnya memiliki sifat antiperadangan dan antioksidan yang dapat melindungi sel-sel yang terdapat dalam sistem kardiovaskular. Penelitian juga menunjukkan bahwa bawang hitam dapat membantu menurunkan trigliserida dan kolesterol, serta mengoptimalkan peredaran darah untuk mengurangi risiko masalah kesehatan jantung.

2. Sumber Antioksidan

Seperti buah-buahan seperti jeruk, kiwi, dan blueberry, bawang hitam adalah sumber antioksidan yang hebat. Antioksidan membantu melindungi tubuh dari serangan jamur, virus, dan bakteri. Dengan mengonsumsi black garlic, kita memberikan tambahan lapisan perlindungan alami bagi tubuh kita.

3. Mencegah Komplikasi Penyakit Gula

Ekstrak black garlic memiliki kemampuan menurunkan kadar gula darah, trigliserida, dan kolesterol. Kandungan antioksidan dan senyawa S-Allylcysteine (SAC) dalam bawang hitam berperan penting dalam mengontrol masalah gula darah. Ini bukan hanya berarti bawang hitam dapat membantu mengelola diabetes, tetapi juga dapat mencegah kemungkinan komplikasi yang terkait dengan penyakit gula.

4. Ramah untuk Pengidap Asam Lambung

Bagi yang sering mengalami gangguan asam lambung, black garlic bisa menjadi solusi yang aman. Senyawa SAC yang larut dalam air membantu penyerapan allicin dengan lebih efisien, membuatnya lebih mudah dicerna oleh sistem pencernaan. Jadi, jika Anda khawatir tentang efek bawang putih mentah pada lambungmu, black garlic mungkin menjadi pilihan yang lebih ramah.

5. Mencegah Diabetes Gestasional

Bagi wanita hamil, black garlic dapat menjadi pilihan untuk mencegah diabetes gestasional. Aktivitas antioksidan dalam bawang hitam dapat membantu mencegah perkembangan gangguan kehamilan ini. Ini menunjukkan bahwa black garlic tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan umum, tetapi juga dapat memberikan perlindungan tambahan selama masa kehamilan.

6. Menurunkan Kolesterol Jahat

Selain mengatur gula darah, bawang hitam juga telah terbukti dapat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Studi menunjukkan bahwa konsumsi rutin black garlic dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah hingga 15 persen. Ini merupakan langkah positif dalam menjaga kesehatan jantung.

7. Mengurangi Risiko Kanker

Salah satu keajaiban black garlic adalah potensinya sebagai pencegah kanker. Senyawa bioaktif di dalamnya diyakini memiliki kemampuan untuk membunuh sel kanker, menghambat pertumbuhan sel tumor, dan bahkan merangsang pembentukan protein tertentu yang dapat menghancurkan sel kanker. Meskipun perlu penelitian lebih lanjut, namun hasil awal menunjukkan bahwa black garlic dapat menjadi pilihan alami untuk melawan pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

8. Menstabilkan Tekanan Darah

Black garlic bukan hanya bermanfaat untuk kesehatan jantung tetapi juga dapat membantu menstabilkan tekanan darah. Penelitian menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi bawang hitam secara rutin, tekanan darah tinggi dapat berkurang hingga 8 persen, memberikan dampak positif pada kesehatan pembuluh darah.

9. Meningkatkan Fungsi Otak:

Selain manfaatnya untuk fisik, black garlic juga dapat memberikan dukungan untuk kesehatan otakmu. Kandungan antioksidannya membantu melawan peradangan, melindungi otak dari risiko penyakit serius seperti Parkinson, Demensia, dan Alzheimer. Dengan kata lain, black garlic bukan hanya lezat di lidah, tetapi juga dapat memberikan “makanan” untuk otakmu.

Baca juga: Nutrisi dan 17 Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan

10. Mencegah Obesitas

Untuk mereka yang peduli dengan berat badan, black garlic dapat menjadi teman sehatmu. Ekstrak bawang hitam telah terbukti dapat mengurangi berat badan, massa jaringan, dan kadar kolesterol. Ini adalah berita baik bagi mereka yang ingin menjaga bentuk tubuh dan mencegah obesitas.

11. Rahasia Awet Muda

Siapa yang tidak ingin hidup lebih lama dan tetap terlihat muda? Black garlic dapat menjadi kunci untuk itu. Kemampuannya untuk mengganti sel-sel yang rusak membantu tubuh kita tetap segar dan memperbarui diri, meningkatkan peluang hidup yang lebih panjang.

12. Mencegah Kepikunan

Dengan mengonsumsi black garlic, dapat mengurangi risiko penyakit yang sering terkait dengan faktor usia, seperti demensia atau Alzheimer. Bawang hitam membantu menjaga kesehatan otak dan mencegah kerusakan saraf, memberikan perlindungan terhadap risiko kepikunan.

13. Mengatasi Masalah Sakit Gigi

Jika sering menderita sakit gigi, black garlic dapat menjadi solusi alami yang efektif. Sifat antibakteri dan antivirus di dalamnya membantu membunuh bakteri penyebab gigi berlubang, memberikan bantuan cepat dan alami dari rasa sakit gigi.

14. Membersihkan Komedo dan Mengatasi Jerawat

Black garlic bukan hanya bermanfaat untuk kesehatan, tetapi juga dapat menjadi andalan dalam perawatan kulit. Menghaluskan black garlic dan menggunakannya pada area wajah dapat membantu membersihkan komedo dan mengatasi jerawat, memberikan kulit wajah tampilan yang lebih bersih dan sehat.

15. Menghilangkan Bekas Luka

Bagi yang memiliki bekas luka, black garlic juga dapat memberikan manfaat. Oleskan bawang hitam halus pada bekas luka secara teratur, dan lama kelamaan, bekas luka akan memudar, meninggalkan kulit yang lebih halus dan bersih.

16. Menurunkan Dampak Alergi

Jika sering mengalami alergi, black garlic dapat membantu mengurangi reaksi alergi dalam tubuh. Studi menunjukkan bahwa konsumsi bawang hitam dapat menurunkan reaksi alergi, memberikan bantuan bagi mereka yang sering kali harus mengatasi masalah alergi.

17. Mencegah Kerusakan Hati

Black garlic dapat membantu mengurangi kerusakan hati. Ini membuktikan bahwa black garlic tidak hanya menyelamatkan rasa masakan, tetapi juga dapat menyelamatkan organ vital seperti hati.

Akhir kata, mulailah memasukkan black garlic ke dalam pola makan harian Anda dan nikmati manfaatnya yang luar biasa.

Referensi

  1. Qiao, X., Sun-Waterhouse, D., Zhang, B., Zheng, Z., & Qiu, Z. (2020). Formation, nutritional value, and enhancement of characteristic components in black garlic: A review for maximizing the goodness to humans. Comprehensive Reviews in Food Science and Food Safety, 19(2), 801-834. https://doi.org/10.1111/1541-4337.12529
  2. Nutranews. (2021). Black garlic: packed with health benefits – Antioxidants – Nutranews. Retrieved February 19, 2021, from https://www.nutranews.org/en–antioxidants–black-garlic-packed-health-benefits–1381.
  3. Kimura, S., Tung, Y. C., Pan, M. H., Su, N. W., Lai, Y. J., & Cheng, K. C. (2017). Black garlic: A critical review of its production, bioactivity, and application. Journal of food and drug analysis, 25(1), 62–70. https://doi.org/10.1016/j.jfda.2016.11.003
  4. Shin, J. H., Lee, C. W., Oh, S. J., Yun, J., Kang, M. R., Han, S. B., Park, H., Jung, J. C., Chung, Y. H., & Kang, J. S. (2014). Hepatoprotective effect of aged black garlic extract in rodents. Toxicological research, 30(1), 49–54. https://doi.org/10.5487/TR.2014.30.1.049
  5. Victoria Health. The Health Benefits of Black Garlic. Retrieved from https://editorial.victoriahealth.com/the-health-benefits-of-black-garlic
  6. Daily Garlic. (Include the specific article title or page title if available). Retrieved from https://daily-garlic.com/491
  7. Healthline. Black Garlic: Benefits, Side Effects, Dosage, and Interactions. Retrieved from https://www.healthline.com/nutrition/black-garlic-benefits
Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.