Manfaat Buah Lontar
Gaya Hidup

14 Manfaat Buah Lontar untuk Kesehatan

Manfaat Buah Lontar – Buah siwalan, yang sering disebut sebagai buah lontar, mungkin tersembunyi di balik keramaian buah tropis lainnya. Namun, jangan biarkan penampilannya yang sederhana menipu! Buah yang banyak tumbuh di daerah tropis, terutama di wilayah pantai yang beriklim kering di Indonesia, ini memiliki potensi luar biasa untuk meningkatkan kesehatan.

Buah ini menawarkan rasa lezat dan keunikan tersendiri. Daging buahnya yang berwarna kecoklatan memberikan kelezatan manis dengan sedikit kandungan air, dan teksturnya yang kenyal memberikan pengalaman rasa yang tak terlupakan.

Setiap buah lontar mengandung sekitar 3-7 butir daging buah yang terlindungi oleh tempurung tebal dan keras. Buah-buah ini berkumpul dalam tandan dengan jumlah sekitar 20-an butir, menambahkan sentuhan eksotis pada pertumbuhan mereka.

Kandungan Nutrisi Buah Lontar

Sumber Gambar: Freepik

Mari kita periksa lebih dekat apa yang tersembunyi di dalam buah lontar. Dalam setiap 100 gram buah lontar, terdapat kandungan nutrisi yang cukup mengesankan:

  • Air: 93,0 ml
  • Energi: 27 Kalori
  • Protein: 0,4 gr
  • Lemak: 0,2 gr
  • Karbohidrat: 6,0 gr
  • Serat: 1,6 gr
  • Kalsium: 91 mg
  • Fosfor: 243 mg
  • Zat Besi: 0,5 mg

Baca juga: 17 Manfaat Labu Kuning Kukus yang Luar Biasa untuk Kesehatan

Manfaat Buah Lontar untuk Kesehatan

Berikut rangkuman dari berbagai sumber tentang ragam manfaat buah lontar untuk kesehatan.

1. Mengatasi Masalah Lambung

Di tengah cuaca panas yang bisa membuat lambung terasa terbakar, buah lontar hadir sebagai penyelamat. Dengan kemampuannya untuk membantu tubuh terhidrasi dan memberikan zat mineral serta nutrisi yang hilang, buah lontar mampu meredakan masalah pencernaan dan penyakit perut lainnya.

2. Menghidrasi dan Menyejukkan Tubuh

Dalam cuaca yang panas, buah lontar menjadi teman setia untuk menyejukkan tubuh. Kandungan air yang tinggi tidak hanya mencegah dehidrasi tetapi juga mengembalikan nutrisi yang hilang dalam tubuh. Konsumsi buah lontar secara langsung setelah dicuci dan dikupas akan memberikan sensasi kesegaran yang luar biasa.

3. Mengatasi Masalah Pencernaan

Bagi Anda yang kerap merasakan kesulitan pencernaan, buah lontar dapat menjadi obat alami. Diketahui mampu mengatasi sembelit dan membantu usus bergerak secara normal, buah ini juga bermanfaat dalam mencegah maag dan meredakan masalah perut saat masa kehamilan.

4. Mencegah Diabetes

Penting bagi penderita diabetes untuk memilih makanan dengan indeks glikemik rendah. Buah lontar dengan indeks glikemik rendahnya aman dikonsumsi dan tidak menyebabkan lonjakan gula darah secara signifikan.

5. Perawatan Kulit

Dibalik daging buah lontar yang lezat, terdapat khasiat untuk kecantikan kulit. Pasta buah lontar dapat dioleskan pada kulit yang bermasalah karena memiliki sifat antiinflamasi yang efektif untuk mengobati dermatitis. Kandungan air dalam buah lontar juga membantu menyehatkan dan meremajakan kulit.

6. Sumber Energi

Mencari sumber energi yang alami dan sehat? Buah lontar jawabannya! Kandungan gula dalam buah lontar berperan sebagai sumber energi yang baik untuk tubuh kita. Sebagai alternatif camilan sehat, mengonsumsi buah lontar secara langsung atau dalam bentuk makanan olahan bisa menjadi cara alami dan sehat untuk meningkatkan energi tubuh.

7. Antioksidan

Vitamin C dalam buah lontar tidak hanya memberikan rasa segar tetapi juga berperan sebagai antioksidan. Melawan radikal bebas berbahaya dalam tubuh, mengonsumsi buah lontar secara teratur dapat memberikan manfaat antioksidan yang signifikan.

8. Antibiotik Alami

Buah lontar tidak hanya lezat, tetapi juga memiliki enzim yang dapat menghambat pertumbuhan mikroorganisme jahat seperti virus dan bakteri. Dengan konsumsi rutin, dapat menjaga kesehatan tubuh dan melindungi diri dari serangan penyakit.

9. Memenuhi Isotonik Tubuh

Kandungan mineral yang tinggi dalam buah lontar membuatnya berfungsi sebagai sumber cairan isotonik alami. Saat tubuh mengalami kekurangan cairan akibat aktivitas fisik, cuaca panas, atau dehidrasi ringan, buah lontar menjadi pilihan yang cerdas untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan seimbang.

Baca juga: Cara Menurunkan Berat Badan 5kg Dalam 1 Minggu atau 1 Hari

10. Mengandung Antiinflamasi Alami

Dalam buah lontar terdapat senyawa antiinflamasi alami yang dapat membantu meredakan peradangan dalam tubuh. Konsumsi buah lontar secara teratur dapat membantu menjaga keseimbangan dalam sistem peradangan tubuh.

11. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Berkat kandungan serat dan antioksidan, buah lontar juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Serat membantu menjaga kesehatan pembuluh darah dan mengontrol kadar kolesterol, sedangkan antioksidan melindungi sel-sel jantung dari kerusakan.

12. Mendukung Kesehatan Ginjal

Kesehatan ginjal penting, dan buah lontar dapat membantu menjaganya. Kandungan fosfor yang tinggi dalam buah lontar adalah salah satu mineral penting untuk kesehatan ginjal setelah kalsium. Fosfor membantu dalam menyaring kotoran sisa pembuangan pencernaan, menjaga ginjal tetap sehat dan berfungsi optimal.

13. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Kesehatan tulang dan gigi juga mendapat manfaat dari konsumsi buah lontar. Kalsium, sebagai komponen utama dalam pembentukan tulang dan gigi, dapat membantu mencegah penurunan kepadatan tulang yang menyebabkan osteoporosis. Sementara itu, fosfor bekerja bersama kalsium dalam pembentukan dan perawatan tulang, memastikan struktur tulang yang kuat dan sehat.

14. Menyehatkan Otak

Terakhir, buah lontar dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan mencegah penyakit kronis. Kandungan antioksidan buah ini dapat melawan stres oksidatif, yang dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti kanker, penyakit jantung, diabetes, dan katarak. Dengan rutin mengonsumsi buah lontar, Anda memberikan perlindungan tambahan untuk kesehatan jantung dan tubuh secara keseluruhan.

Jangan lewatkan potensi luar biasa dari buah tropis ini, dan rasakan sendiri manfaatnya bagi kesehatan dan kebugaran.

Referensi

  1. Mayo Clinic. (2023). Dehydration – Symptoms & causes. Retrieved 28 August 2023, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/dehydration/symptoms-causes/syc-20354086.
  2. National Center for Complementary and Integrative Health (NCCIH). (2023). Antioxidant Supplements: What You Need To Know. Retrieved 28 August 2023, from https://www.nccih.nih.gov/health/antioxidant-supplements-what-you-need-to-know.
  3. Shanmugalingam, V., Sathasivampillai, S. V., & Srivijeindran, S. (2021). Pharmacological activities of Borassus flabellifer L. extracts and isolated compounds. International Journal of Innovative Research and Reviews, 5(2), 23-31.
  4. Nunay, I., & Hanas, D. (2021). Ethnobotany of Lontar (Borassus flabellifer L.) in Tuamese Village, East Nusa Tenggara. Jurnal Ilmu Pertanian Indonesia, 26(4), 555-561. doi: 10.18343/jipi.26.4.555.
Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.