Manfaat Kurma Muda
Gaya Hidup

13 Manfaat Kurma Muda untuk Kesehatan

Manfaat Kurma Muda – Ruthab atau yang sering disebut kurma muda, merupakan buah kurma yang belum matang sepenuhnya. Berbeda dengan kurma yang sudah matang dan lebih dikenal di pasaran, kurma muda memiliki ciri khas tekstur yang lebih renyah dan rasa yang tidak semanis kurma matang. Kurma muda bukan hanya sekadar camilan yang lezat, tapi juga sihir alami yang dapat mendongkrak kesehatan kita ke level berikutnya. Mari kita telusuri lebih dalam, karena ternyata, dalam setiap gigitannya, kurma muda menyimpan keajaiban yang belum banyak di ketahui.

Kandungan Nutrisi Kurma Muda

Manfaat Kurma Muda untuk Kesehatan
Sumber Gambar: Freepik

Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (U.S. Department of Agriculture), setiap buah kurma muda memiliki kandungan nutrisi yang mencakup kalori, lemak, karbohidrat, serat makanan, gula, protein, vitamin B-6, zat besi, magnesium, dan kalium.

Selain itu, kurma muda juga mengandung senyawa bersifat antioksidan, seperti polifenol, flavonoid, sterol, dan fitoestrogen. Konsentrasi zat mineral dan antioksidan tertinggi terdapat pada jenis kurma rutab, yang masih segar dan belum melalui proses pengeringan.

Manfaat Kurma Muda untuk Kesehatan

Jauh dari sekadar camilan yang enak, kurma muda ternyata menyimpan segudang manfaat yang mungkin belum banyak orang ketahui. Mari kita eksplorasi manfaat ajaib yang bisa kita dapatkan dari si kecil berkulit renyah ini.

1. Mencegah Perdarahan dan Meningkatkan Kesuburan

Ibu hamil, dengarkan baik-baik! Kurma muda bukan hanya buah biasa. Kandungan hormon sitosin di dalamnya bukan hanya mencegah perdarahan di rahim ibu hamil tapi juga meningkatkan kesuburan. Nutrisi seperti protein, vitamin B6, flavonoid, dan karetenoid yang tinggi dalam kurma muda dapat menjadi sahabat terbaik untuk mendukung program kehamilan.

2. Mengontrol Tekanan Darah

Tekanan darah yang stabil adalah kunci untuk hidup yang sehat. Kurma muda hadir sebagai pahlawan dengan kemampuannya menjaga tekanan darah tanpa merusak keseimbangan tubuh. Dengan kurma muda, jantung bahagia, hidup berkualitas!

3. Anti-Kanker alami

Manfaat kurma muda bukanlah dongeng belaka. Kandungan vitamin A yang tinggi dalam kurma muda adalah perisai alami kita melawan risiko kanker sel paru-paru dan mulut. Fitonutrien seperti isoflavon, stilbena, lignan, dan coumestan dalam kurma muda membuktikan dirinya sebagai pejuang yang tangguh melawan pertumbuhan sel kanker.

4. Memperlancar Proses Persalinan

Penting bagi calon ibu untuk mengetahui bahwa konsumsi kurma muda beberapa minggu menjelang persalinan dapat mempercepat proses persalinan. Dukungan terhadap pelebaran serviks dan merangsang hormon oksitosin membuat kurma muda menjadi teman setia para ibu yang sedang menanti kehadiran buah hati.

5. Kunci Pencernaan Sehat

Kurma muda bukan hanya lezat di lidah, tapi juga penyelamat bagi pencernaan yang sehat. Kandungan serat tinggi dalam kurma muda adalah jawaban untuk mengatasi masalah sembelit. Sekali gigit, Anda memberi sinyal pada sistem pencernaan: “Mari bergerak, mari bekerja!”

6. Mengatur Kadar Gula Darah

Penderita diabetes, bersoraklah! Kurma muda adalah sahabat yang setia. Dengan indeks glikemik rendah dan kandungan serat yang optimal, kurma muda menjadi camilan yang aman dan lezat untuk mengatur kadar gula darah. Sebuah kebaikan yang tak terhingga!

7. Kesehatan Otak

Percayalah, kurma muda tidak hanya menyehatkan tubuh tetapi juga pikiran. Penelitian laboratorium menunjukkan bahwa kurma muda dapat mengurangi peradangan di otak, mencegah pembentukan plak di pembuluh darah otak, dan bahkan meningkatkan daya ingat. Kandungan antioksidan seperti flavonoid membuktikan bahwa kurma muda adalah superfood untuk pikiran.

8. Menurunkan Kolesterol

Kolesterol tinggi merupakan musuh nomor satu bagi kesehatan jantung. Kurma muda hadir sebagai pahlawan yang mampu mengurangi peradangan, menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Sebuah kombinasi sempurna untuk menjaga jantung tetap bahagia.

9. Pencegahan Tumor

Tidak hanya melawan kanker, tapi kurma muda juga mampu mencegah pertumbuhan tumor dalam tubuh. Antioksidan D-glukan dalam kurma muda membuktikan dirinya sebagai penjaga utama tubuh kita dari risiko mutasi sel dan pertumbuhan tumor yang tidak diinginkan.

10. Cocok untuk Program Diet

Saat menjalani program diet, kadang kita merasa terbatas dalam pilihan camilan. Nah, kurma muda hadir sebagai penyelamat. Dengan karbohidrat yang lebih rendah dibandingkan dengan kurma kering, kurma muda adalah teman setia bagi mereka yang berusaha menurunkan berat badan. Lezat, sehat, dan tanpa rasa bersalah!

11. Solusi untuk Penderita Diabetes

Bagi mereka yang mengidap diabetes atau memiliki kadar gula darah tinggi, kurma muda adalah solusi tepat. Dibandingkan dengan kurma kering, kurma muda memiliki kandungan gula yang lebih rendah. Menikmati lezatnya kurma muda tanpa menaikkan kadar gula darah secara drastis? Tentu saja, kurma muda adalah jawabannya.

12. Energi Tambahan untuk Ibu Hamil

Ibu hamil sering kali merasa lelah dan kekurangan energi. Kurma muda, dengan indeks glikemik rendah, memberikan tambahan energi tanpa menaikkan kadar gula darah secara tiba-tiba. Nutrisi seperti folat dalam kurma muda membantu menjaga stamina dan memberikan tenaga tambahan yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil.

13. Mengurangi Risiko Cacat Lahir pada Bayi

Kurangnya folat dapat meningkatkan risiko cacat lahir pada bayi. Kurma muda menjadi penyelamat dengan kandungan folatnya yang tinggi. Konsumsi rutin kurma muda membantu mengurangi risiko cacat lahir pada bayi yang sedang berkembang di dalam kandungan ibu.

Bahaya Konsumsi Kurma Terlalu Banyak

Walaupun kurma muda memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa, konsumsi berlebihan tetaplah berisiko. Beberapa efek samping yang mungkin muncul akibat konsumsi kurma secara berlebihan meliputi iritasi kulit, ruam, intoleransi fruktosa, dan dalam kasus tertentu, reaksi alergi. Lapisan lilin dan busa pada kurma juga dapat menyebabkan masalah pencernaan. Oleh karena itu, sebaiknya konsumsi kurma muda dengan bijak dan seimbang.

Dalam dunia kesehatan dan kebugaran, kurma muda bukan hanya sekadar buah yang lezat, tapi juga merupakan pilihan yang cerdas untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh. Dengan konsumsi kurma muda ke dalam pola makan, kita dapat meraih manfaat kesehatan yang optimal untuk mendukung gaya hidup yang lebih baik. Sehat selalu ya bamers.

Baca juga:

Referensi

  1. Romadloniyah, N.S., Oktaviani, F.N., & Arifin, I. (2020). “Kurma (Ruthab) untuk Mencegah Keguguran dan Melancarkan Persalinan.” An-Nadaa: Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 7(1), pp. 55—60.
  2. Shehzad, et al. (2021). “Therapeutic Potential of Date Palm Against Human Infertility: A Review.” Metabolites, doi: 10.3390/metabo11060408.
  3. Purnama, A. & Melawati, M. (2019). “The Benefits of Dates Ruthab on Blood Volume on Labor Stage 4th.” Journal Of Nursing Practice, 3(1), pp. 72—78.
  4. Gallagher, N. (2018). “What are the health benefits of dates?” Medical News Today. Retrieved from https://www.medicalnewstoday.com/articles/322548#nutritional-information
  5. Elliott, B. (2022). “8 Proven Health Benefits of Dates.” Healthline.
  6. Abdulrhman, M. M., Elbarbary, N. S., Ahmed, A. S., & Saeid, N. (2014). “Honey and a Mixture of Honey, Beeswax, and Olive Oil-Propolis Extract in Treatment of Chemotherapy-Induced Oral Mucositis: A Randomized Controlled Pilot Study.” Pediatric Hematology and Oncology, 31(6), 498–506. doi: 10.3109/08880018.2014.885174
Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.