Manfaat Daun Bidara
Gaya Hidup

10 Manfaat Daun Bidara untuk Kesehatan

Manfaat Daun Bidara – Ziziphus mauritiana atau Bidara, adalah semak pohon yang tumbuh subur di berbagai wilayah di Asia, termasuk Indonesia. Tidak hanya buahnya yang nikmat, daun bidara juga memiliki kandungan yang luar biasa untuk meningkatkan kesehatan.

Kandungan Nutrisi Daun Bidara

Berikut adalah rincian kandungan nutrisi yang terdapat dalam daun bidara:

  • Vitamin A.
  • Flavonoid.
  • Tanin.
  • Saponin.
  • Karbohidrat.
  • Vitamin C.
  • Vitamin E.
  • Jujubosid B.
  • Jujubogenin glikosida.
  • Jujubasaponin IV.
  • Flavonol glikosida.
  • Rutin.
  • Diglucosylphloretin.

Selain itu, daun bidara juga mengandung senyawa aktif seperti:

  • Ceryl alcohol.
  • Polifenol.
  • Tanin.
  • Terpenoid dan alkaloid protopine.
  • Berberine.
  • Flavonoid seperti quercetin dan kaempferol.
  • Sterol, seperti sitosterol, stigmasterol, lanosterol, dan diosgenin.

Semuanya memberikan kontribusi unik untuk meningkatkan kesehatan tubuh.

Manfaat Daun Bidara untuk Kesehatan

Berikut ragam manfaat daun bidara untuk kesehatan yang telah kita rangkum dari bamstips.pro dan beberapa sumber lain.

1. Menurunkan Kolesterol

Salah satu pencapaian gemilang daun bidara adalah kemampuannya menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Serat yang larut dalam air pada daun bidara membantu menurunkan kadar LDL kolesterol jahat. Merebus daun bidara dan mengonsumsinya secara teratur dapat menjadi langkah sederhana namun efektif untuk menjaga kesehatan jantung.

2. Mengatasi Insomnia

Bagi yang sering bergulat dengan masalah tidur, daun bidara menjadi teman setia. Hasil penelitian menunjukan bahwa saponin dalam daun bidara memiliki efek menenangkan, membantu mengatasi insomnia. Rasa tenang yang dihasilkan oleh daun bidara membuat tidur menjadi lebih nyenyak. Cobalah menyajikan daun bidara dalam bentuk teh untuk mendapatkan manfaat maksimal.

3. Mencegah Depresi

Kehidupan yang penuh tekanan dapat menyebabkan depresi. Daun bidara, dengan khasiat menenangkan dan mendinginkan tubuh, dapat menjadi pilihan alami untuk mencegah dan mengatasi gejala depresi. Nikmati secangkir teh daun bidara untuk memberikan kelegaan bagi pikiran dan tubuh Anda.

4. Meningkatkan Sistem Pencernaan

Daun bidara bukan hanya teman baik jantung, tetapi juga pahlawan pencernaan. Dapat mengobati masalah pada sistem pencernaan, mengatasi penyakit maag, membersihkan saluran pencernaan dari racun, dan bahkan menangkal infeksi. Air rebusan daun bidara menjadi minuman penyembuh yang dapat dikonsumsi setiap hari untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan.

5. Membantu Penyembuhan Luka

Beberapa studi membuktikan, Sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri daun bidara tidak hanya bermanfaat bagi pencernaan, tetapi juga untuk penyembuhan luka. Bekas luka bakar, lecet, atau luka gores dapat sembuh lebih cepat dengan bantuan daun bidara. Konsumsi air rebusan daun bidara atau aplikasikan langsung pada area yang terkena untuk hasil optimal.

6. Meningkatkan Kesehatan Tulang dan Gigi

Penelitian ilmiah membuktikan bahwa kalsium mineral yang tinggi dalam daun bidara membuatnya menjadi pilihan ideal untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Mengonsumsi daun bidara secara teratur dapat membantu mencegah keroposnya tulang dan menjaga stamina kesehatan tulang dan gigi.

Baca juga: 13 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah dan Kulit

7. Mengobati Sariawan

Sariawan dapat diatasi dengan bantuan antioksidan yang terkandung dalam daun bidara. Antioksidan melindungi mulut dari bakteri dan membantu mengobati sariawan. Daun bidara tidak hanya menawarkan manfaat untuk kesehatan, tetapi juga untuk kebersihan mulut secara keseluruhan.

8. Mencegah Diabetes

Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kandungan saponin dan flavonoid dalam daun bidara membantu menangkal radikal bebas, menjaga keseimbangan gula darah, dan mencegah risiko diabetes. Sebuah langkah kecil dengan dampak besar untuk kesehatan Anda.

9. Mencegah Kanker

Flavonoid sebagai antioksidan alami dalam daun bidara memiliki peran penting dalam mencegah pertumbuhan sel kanker. Mungkin inilah keajaiban terbesar dari keberagaman manfaat yang dimiliki daun bidara.

10. Mengatasi Gangguan Saluran Cerna

Infeksi bakteri, seperti kolera, dapat diatasi berkat sifat antibakteri daun bidara. Kandungan flavonoid, saponin, alkaloid, dan taninnya telah terbukti efektif secara ilmiah dalam menghambat pertumbuhan bakteri penyebab penyakit kolera.

Meskipun manfaat-manfaat tersebut sangat menjanjikan, tetapi ingatlah untuk selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi daun bidara dalam dosis tertentu.

Referensi

  1. Kumar Sishu, N., Das, U., & Immanuel Selvaraj, C. (2023). Indian Jujube a Potential Fruit Tree to Improve the Livelihood. Saudi Journal of Biological Sciences, 30(9), pp. 103769.
  2. Rialdi, A.P., Prangdimurti, E., & Saraswati, S. (2023). Effect of Different Solvent on The Antioxidant Capacity of Bidara Leaves Extract (Ziziphus Spina-Christi). Devotion Journal of Community Service, 4(6), pp.1222–1233.
  3. Febriza, et al. (2023). Antibacterial Effects of Ziziphus mauritiana (Lam) Leaf Extract Against Vibrio Cholerae. Herb-Medicine Journal: Terbitan Berkala Ilmiah Herbal, Kedokteran dan Kesehatan, 5(3), pp.9–13.
  4. Watson, K. Healthline (2023). What Are Flavonoids? Everything You Need to Know.
  5. Mulyono, A. (2022). The effect of Cigarette Smoke Exposure with Bidara (Sidr) Leaf Powder Biofilter on Glucose Levels and Pancreas Histology in Mice Diabetes Mellitus. International Journal of Design & Nature and Ecodynamics, doi: 10.33084/bjop.v3i1.1242.
  6. Wahyudi, et al. (2022). Studi Literatur: Daun Bidara (Ziziphus Mauritiana) sebagai Herbal Indonesia dengan Berbagai Kandungan dan Efektivitas Farmakologi. Jurnal Farmanesia, 9(1), pp.22–27.
  7. Tan, S. WebMD (2021). Are There Health Benefits of Chinese Jujube Fruit?
Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.