Gaya Hidup

Wisata Jogja: 21 Destinasi Yang Hits dan Instagramable

Wisata jogja – Jogja juga memiliki banyak tempat wisata yang hits dan Instagramable, yang menjadi favorit para wisatawan untuk menambah koleksi foto di media sosial mereka. Mulai dari tempat wisata alam, hingga bangunan bersejarah yang indah, Jogja punya segalanya. Jadi, jika kamu mencari tempat yang keren untuk berfoto dan mengeksplorasi keindahan alam dan keunikan budaya Jogja, maka kamu berada di tempat yang tepat!

Tempat Wisata Jogya Yang Hits dan Instagramable

Mari kita mulai petualangan kita dan mengeksplorasi tempat-tempat wisata yang hits dan Instagramable di Jogja!

Lava Tour Merapi

Lava Tour Merapi adalah salah satu jenis wisata petualangan yang populer di kalangan para wisatawan. Wisatawan akan diajak mengelilingi lereng Gunung Merapi serta bekas aliran lahar dingin menggunakan mobil jeep. Selama perjalanan, pengunjung akan diantar ke sejumlah tempat wisata menarik.

Terdapat tiga paket tour yang bisa dipilih oleh pengunjung, yaitu paket short route, paket medium route, dan paket long route. Selama perjalanan, wisatawan akan singgah di beberapa tempat wisata seperti Museum Sisa Hartaku, Bunker Kaliadem, Batu Alien, bekas rumah Mbah Maridjan di Desa Kinah Rejo, dan lain sebagainya.

Baca juga: Sawarna Srikandi: Tempat Wisata Terbaik di Banten

Lokasi Lava Tour Merapi terletak di kawasan Gunung Merapi, di Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, Indonesia.

Stonehenge Merapi

Tidak perlu jauh-jauh ke Inggris jika Ika ingin berfoto di batuan Stonehenge. Karena sekarang ada Stonehenge Merapi yang merupakan replika dari Stonehenge di Inggris. Stonehenge Merapi adalah salah satu destinasi wisata populer di Jogja yang banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Tempat wisata ini terletak di dalam kompleks wisata The Lost World Castle. Konsep dari tempat wisata ini adalah menghadirkan dunia dongeng yang hilang. Selain itu, The Lost World Castle juga menyediakan berbagai wahana permainan seru yang cocok untuk anak-anak maupun dewasa.

Lokasi Stonehenge Merapi di Jalan Petung Merapi, Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, Indonesia.

Merapi Park

Merapi Park merupakan sebuah taman rekreasi yang menampilkan miniatur landmark terkenal dari seluruh dunia. Seperti yang dikutip dari situs resminya, Merapi Park menawarkan sejumlah wahana yang menarik, seperti The World Landmark, sebuah taman bunga dengan replika landmark dari berbagai negara seperti Big Ben (London), Menara Eiffel (Paris), Temple of Heaven (China), dan lain sebagainya. Selain itu, terdapat juga wahana Kids Waterpark, Cowboy Town, Dino Park, dan lain-lain.

Lokasi Merapi Park berlokasi di Jalan Kaliurang No. KM. 22, Banteng, Hargobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, Indonesia.

Candi Borobudur

Candi Borobudur adalah salah satu keajaiban dunia dan candi Buddha terbesar di dunia. Terletak di daerah Magelang, Jawa Tengah, Indonesia, candi ini dibangun pada abad ke-9 oleh dinasti Sailendra. Dari jumlah total 2.672 relief yang terdapat di Candi Borobudur, sebanyak 1.460 relief menggambarkan kehidupan Buddha. Ketinggiannya mencapai 42 meter dan memiliki 10 tingkat, yang terdiri dari 6 tingkat persegi dan 4 tingkat lingkaran.

Candi Borobudur menjadi tempat ziarah bagi umat Buddha, tetapi juga menarik bagi para pelancong dari seluruh dunia yang tertarik untuk mengagumi keindahan arsitektur kuno yang luar biasa. Candi ini juga diakui sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1991.

Baca juga: Wisata Baru di Maros Sulawesi Selatan

Lokasi Candi Borobudur terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Lebih tepatnya, candi ini berada di Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, sekitar 40 km sebelah barat laut Yogyakarta dan sekitar 86 km sebelah barat Semarang.

Candi Prambanan

Candi ini dibangun pada abad ke-9 oleh dinasti Sanjaya yang berkuasa di Jawa Tengah pada saat itu, Candi Prambanan terdiri dari tiga candi utama yang didedikasikan untuk Trimurti, yaitu Shiva (dalam bahasa Jawa disebut Siwa), Vishnu (Wisnu), dan Brahma. Selain itu, terdapat pula beberapa candi kecil yang mengelilingi tiga candi utama, serta beberapa bangunan lain yang menghiasi kompleks candi.

Candi Prambanan memiliki keindahan arsitektur yang sangat memukau, dengan tinggi mencapai 47 meter dan ornamen yang sangat detail. Bangunan ini juga telah diakui sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 1991.

Lokasi Candi Prambanan terletak di Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Secara geografis, candi ini berada di sebelah timur laut dari pusat Kota Yogyakarta dengan jarak sekitar 17 km atau sekitar 30 menit perjalanan menggunakan kendaraan bermotor.

Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko adalah sebuah situs purbakala berupa kompleks candi yang terletak di Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, memiliki sejarah yang cukup panjang, diperkirakan dibangun pada abad ke-8 Masehi dan sempat menjadi pusat kerajaan Mataram Kuno.

Saat ini, Candi Ratu Boko menjadi salah satu obyek wisata yang populer di Yogyakarta. Pengunjung dapat menikmati keindahan pemandangan dari atas bukit tempat candi berdiri, serta menjelajahi bangunan-bangunan kuno yang masih tersisa di kompleks candi.

Baca juga: Pulau Komodo: Destinasi Wisata Yang Luar Biasa

Selain itu, Candi Ratu Boko juga sering digunakan sebagai lokasi untuk menikmati pemandangan matahari terbenam yang spektakuler.

Candi Ijo

Candi Ijo adalah sebuah kompleks candi Hindu-Buddha yang terletak di Dusun Sambirejo, Desa Pandowoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, candi ini memiliki beberapa bangunan candi yang tersebar di atas bukit dengan ketinggian sekitar 410 meter di atas permukaan laut.

Beberapa bangunan candi yang masih terlihat antara lain Candi Ijo Utara, Candi Ijo Tengah, dan Candi Ijo Selatan. Kompleks candi ini diperkirakan dibangun pada abad ke-9 Masehi dan digunakan sebagai tempat ibadah dan persembahan bagi umat Hindu dan Buddha.

Saat ini, Candi Ijo menjadi salah satu objek wisata yang populer di Yogyakarta karena menawarkan pemandangan indah dari atas bukit serta sejarah yang menarik tentang peradaban Hindu-Buddha di Indonesia.

Jalan Malioboro

Jalan Malioboro adalah salah satu jalan utama yang terletak di pusat kota Yogyakarta, Jalan ini terkenal sebagai pusat perbelanjaan dan kawasan wisata yang ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Di sepanjang Jalan Malioboro, terdapat berbagai toko oleh-oleh seperti batik, kerajinan tangan, makanan khas, dan berbagai macam suvenir.

Baca juga: Danau Toba: Legenda dan Tempat Wisata

Selain itu, terdapat juga berbagai tempat makan yang menjual kuliner khas Yogyakarta. Jalan Malioboro juga menjadi lokasi untuk berbagai kegiatan budaya seperti pertunjukan seni dan pawai budaya pada malam hari. Untuk mencapai Jalan Malioboro, wisatawan dapat menggunakan berbagai moda transportasi seperti bus Trans Jogja, taksi, becak, atau berjalan kaki.

Tugu Jogja

Tugu Jogja atau yang juga dikenal sebagai Tugu Pal Putih adalah landmark kota Yogyakarta yang terkenal, terletak di pusat kota Yogyakarta, tepatnya di Jalan Diponegoro, yang merupakan jalan utama menuju ke Istana Keraton Yogyakarta.

Memiliki tinggi sekitar 15 meter dan terdiri dari dua bagian, yaitu bagian bawah berbentuk segi delapan dan bagian atas berupa lingkaran dengan puncak yang meruncing. Di bagian atas tugu terdapat sembilan kala yang mengelilingi lingkaran, melambangkan sembilan penjuru angin. Tugu Jogja dibangun pada tahun 1755 oleh Sri Sultan Hamengkubuwono I sebagai tanda peringatan penaklukan Mataram oleh pasukan VOC Belanda.

Saat ini, Tugu Jogja menjadi salah satu objek wisata yang populer di Yogyakarta dan menjadi ikon kota yang sering dijadikan latar belakang untuk berfoto oleh wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta.

Taman Sari

Taman Sari adalah sebuah kompleks istana yang terletak di Kota Yogyakarta, Indonesia. Dulunya, kompleks ini merupakan tempat wisatawan Keraton Yogyakarta dan digunakan sebagai tempat peristirahatan para sultan dan keluarga kerajaan.

Baca juga: Dampak Positif dan Negatif IPTEK di Berbagai Bidang

Kompleks Taman Sari memiliki beberapa bangunan, kolam renang, taman, dan jalur bawah tanah yang menghubungkan area kompleks. Salah satu bagian yang paling terkenal dari Taman Sari adalah sumur air yang indah dan unik, yang dikenal dengan nama Umbul Binangun.

Obeli Hills

Obelix Hills terletak di atas bukit batu purba seluas 8 hektar yang terletak di sebelah tenggara Candi Prambanan. Kawasan Obelix Hills termasuk dalam Shiva Plateu yang merupakan dataran tinggi Siwa yang diidentifikasi berdasarkan banyaknya penemuan peninggalan budaya Hindu di wilayah tersebut.

Obelix Hills adalah destinasi wisata yang cocok bagi pengunjung yang ingin menikmati pemandangan alam yang masih asri, terutama saat matahari terbenam dengan pemandangan yang sangat indah. Fasilitas yang tersedia di Obelix Hills meliputi restoran, musala, area parkir yang luas, toilet, glamping, dan masih banyak lagi.

Untuk memasuki Obelix Hills, pengunjung akan dikenakan harga tiket masuk sebesar Rp 15.000 pada hari Senin hingga Jumat, dan Rp 20.000 pada hari Sabtu dan Minggu.

Obelix Village

Obelix Village adalah tempat wisata yang cocok bagi kamu yang ingin merasakan suasana asri persawahan di Jogja. Menurut laman resminya, obelixvillage.com, Obelix Village adalah wisata resto terbaru di Jogja yang mengusung konsep pedesaan dengan pemandangan sawah hijau yang luas.

Lokasi Obelix Village terletak di Jalan Kenangan, Krandon, Pandowoharjo, Sleman, Jogja. Terdapat beberapa restoran di dalam Obelix Village, seperti resto keluarga Pulen Kopi Ponti, Petit Paris Boulangerie, dan Samui.

Obelix Village menawarkan berbagai fasilitas wisata, seperti spot foto, Little Zoo, Mini Farm, Flower Garden, dan Secret River Deck.

Harga tiket Obelix Village adalah Rp 20.000 untuk hari Senin-Jumat dari pukul 08.00-21.00 WIB, dan Rp 25.000 untuk Sabtu dan Minggu dari pukul 08.00-22.00 WIB. Harga tersebut sudah termasuk tiket masuk, Little Zoo, Mini Farm, Flower Garden, dan Secret River Deck.

Bukit Pengilon

Bukit Pengilon merupakan destinasi wisata yang terletak di Tepus, Purwodadi, Gunungkidul, berada sejajar dengan jalur Pantai Watu Lumbung dan Pantai Wedi Ombo.

Menurut informasi dari laman Visiting Jogja, Bukit Pengilon ini sangat luas dan menghubungkan tiga pantai sekaligus. Akses menuju lokasi dapat dilalui kendaraan roda dua atau roda empat.

Dari pusat Kota Jogja, jarak Bukit Pengilon sekitar 75 kilometer dan dapat ditempuh selama 2 jam menggunakan kendaraan bermotor.

Karena Bukit Pengilon merupakan tempat alam terbuka yang jauh dari pemukiman warga, tidak tersedia fasilitas umum seperti toilet dan tempat makan. Sebaiknya, wisatawan membawa bekal sendiri seperti akan berkemah.

Nawang Jagad

Destinasi wisata selanjutnya adalah Nawang Jagad yang cocok dikunjungi bagi yang ingin menikmati keindahan Gunung Merapi. Lokasi wisata ini terletak di Kaliurang, Hargobinangun, Pakem, Sleman, tepatnya di sebelah barat Museum Ullen Sentalu. Nawang Jagad dapat dikunjungi mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB.

Daya tarik dari spot wisata yang satu ini adalah:

  • Adanya hammock atau tempat tidur gantung yang menghadap langsung ke arah Gunung Merapi.
  • Selain itu, tersedia pula bean bag yang nyaman dan dapat digunakan untuk duduk santai sembari menikmati suasana. Di sini juga
  • Tersedia fasilitas area kemping bagi yang ingin menikmati indahnya Gunung Merapi lebih lama lagi.

Namun, karena Nawang Jagad merupakan tempat alam terbuka, maka fasilitas umum seperti toilet dan tempat makan tidak tersedia. Oleh karena itu, disarankan untuk membawa bekal sendiri. Tiket masuk ke Nawang Jagad hanya Rp 10.000, dan sudah termasuk voucher minuman yang dapat ditukar di kantin yang ada di sana.

HeHa Sky View

Berikutnya, terdapat HeHa Sky View yang terletak di Jalan Dlingo-Patuk, Patuk, Bukit, Gunungkidul, Yogyakarta. HeHa Sky View menjadi destinasi wisata favorit yang menawarkan pemandangan Kota Yogyakarta dan sekitarnya.

HeHa Sky View memiliki restoran dengan konsep modern yang menyajikan menu lezat dan juga berbagai food stall yang dapat menjadi alternatif untuk mencicipi aneka jenis kuliner. Selain itu, ada juga berbagai spot foto yang Instagramable.

Beberapa fasilitas yang tersedia di HeHa Sky View meliputi:

  • Garden Area
  • Sky Glass
  • Love Box
  • Sky Swing
  • HeHa Aeroplane
  • Macrame
  • Bean Bag Area
  • Live Music
  • Food Stalls
  • HeHa Garage
  • Souvenir Shop
  • Musala
  • Toilet, dan area parkir yang luas.

HeHa Ocean View

HeHa Ocean View menawarkan pengalaman yang berbeda dengan HeHa Sky View, yaitu pemandangan lautan yang indah. Lokasi HeHa Ocean View terletak di Bolang, Girikarto, Gunungkidul, Jogja.

Untuk mencapai lokasi HeHa Ocean View, hanya bisa dilakukan dengan sepeda motor atau mobil pribadi. Namun, untuk rombongan bus tersedia shuttle bus yang disediakan untuk menuju lokasi.

Harga tiket HeHa Ocean View:

  • Hanya Rp20.000.

Jam Operasional HeHa Ocean View:

  • Buka pada hari Senin-Jumat dari pukul 09.00-21.00 WIB.
  • Buka pada hari Sabtu-Minggu dan hari libur dari pukul 08.00-21.00 WIB.

Bukit Pengilon

Bukit Pengilon terletak di Tepus, Purwodadi, Gunungkidul, bukit ini terletak searah dengan jalur Pantai Watu Lumbung dan Pantai Wedi Ombo. Menurut laman Visiting Jogja, Bukit Pengilon sangat luas dan bahkan menghubungkan tiga pantai sekaligus. Akses ke lokasi ini dapat dilakukan dengan kendaraan roda empat atau roda dua.

Dari pusat Kota Jogja, jarak Bukit Pengilon sekitar 75 kilometer dan dapat ditempuh selama 2 jam menggunakan kendaraan bermotor.

Namun, Bukit Pengilon adalah tempat alam terbuka dan jauh dari permukiman warga, sehingga tidak tersedia fasilitas umum seperti toilet dan tempat makan. Oleh karena itu, disarankan untuk membawa bekal sendiri seperti saat berkemah.

Pantai Parangtritis

Salah satu destinasi wisata yang tidak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke Jogja adalah Pantai Parangtritis. Pantai ini dikelilingi oleh tebing batu karang dan gumuk, yaitu gunung pasir. Wisatawan yang datang dapat menyewa ATV atau menaiki delman untuk menikmati pemandangan pinggir pantai.

Waktu yang tepat untuk mengunjungi Pantai Parangtritis adalah sore hari karena bisa menikmati panorama sunset yang memukau, terletak di Desa Parangtritis, Kapanewon Kretek, Kabupaten Bantul.

Pantai Ngelambor

Pantai Nglambor terkenal di kalangan wisatawan sebagai destinasi snorkeling yang populer, pantai ini memiliki ciri khas berupa dua batu karang besar yang menyerupai kura-kura raksasa di bagian depannya.

Kura-kura raksasa tersebut, yang bernama Watu Kalong dan Watu Kuntul, berfungsi untuk meredam ombak sehingga air di pantai Nglambor menjadi lebih tenang, seperti yang dilaporkan oleh situs resmi Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta.

Hal ini membuat pengunjung tak perlu khawatir untuk melakukan snorkeling di pantai ini. Alam bawah laut Pantai Nglambor menyimpan berbagai macam biota laut, ikan hias, dan terumbu karang yang menarik.

Ullen Sentalu Museum

Museum Ullen Sentalu menampilkan koleksi benda peninggalan Kerajaan Mataram Islam serta kehidupan para bangsawan di masa Kasunanan Surakarta, Kasultanan Yogyakarta, Praja Mangkunegaran, dan Kadipaten Pakualaman.

Museum ini dikenal oleh wisatawan karena koleksi relief yang dipajang secara miring, koleksi yang terdapat pada museum ini meliputi gamelan, lukisan, arca, batik, dan sebagainya. Lokasinya terletak di Jalan Boyong, Kaliurang, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Gumuk Pasir Parangkusumo

Keindahan Gumuk Pasir Parangkusumo sudah dikenal oleh banyak wisatawan. Namanya kembali viral setelah menjadi tempat pemotretan prewedding putra ketiga Presiden Joko Widodo, yaitu Kaesang Pangarep dan Erina Sofia Gudono. Menurut situs Visiting Jogja, obyek wisata ini sangat unik dan hanya ada tiga di Asia Tenggara, selain di Filipina dan Vietnam.

Gumuk Pasir Parangkusumo menjadi tempat favorit untuk pemotretan karena gundukan pasir yang tidak beraturan membuat pemandangannya semakin menarik. Selain itu, terdapat pohon kaktus dan cemara yang biasa dijadikan tempat foto. Pengunjung juga bisa mencoba olahraga sandboarding di Gumuk Pasir Parangkusumo.

Tips Wisata ke Jogja

Berikut beberapa tips berwisata ke Jogja yang bisa membantu perjalananmu:

  • Buat daftar tempat-tempat wisata yang ingin kamu kunjungi, jadwal kunjungan, dan transportasi yang akan digunakan. Hal ini akan membantu memaksimalkan waktu dan menghindari kebingungan saat di lokasi.
  • Pastikan untuk memilih waktu yang tepat untuk berwisata ke Jogja, terutama untuk tempat-tempat wisata outdoor seperti pantai dan gunung. Hindari datang pada musim hujan atau saat hari libur nasional.
  • Jogja memiliki iklim yang cukup panas, jadi pastikan kamu memilih pakaian yang nyaman dan sesuai dengan aktivitas yang akan dilakukan. Jangan lupa juga membawa topi, kacamata hitam, dan sunscreen untuk melindungi kulit dari sinar matahari.
  • Meskipun banyak tempat wisata yang menerima pembayaran dengan kartu kredit atau digital, namun tidak semua tempat tersebut memiliki akses internet yang stabil. Oleh karena itu, pastikan kamu membawa uang tunai yang cukup untuk membayar tiket masuk dan makanan/minuman di tempat wisata.
  • Jogja terkenal dengan kuliner khasnya, seperti nasi gudeg, bakpia, dan wedang ronde. Cobalah mencicipi makanan-makanan tersebut untuk memperkaya pengalaman wisata kulinermu.
  • Orang Jogja terkenal dengan keramahannya. Jadi, jangan ragu untuk bertanya dan meminta bantuan pada penduduk setempat jika kamu membutuhkan bantuan atau informasi.
  • Selalu jaga kebersihan lingkungan saat berwisata di Jogja. Jangan membuang sampah sembarangan dan ikuti aturan-aturan yang berlaku di tempat-tempat wisata.

Keperluan dan Perlengkapan Wisata Jogja

Berikut adalah beberapa keperluan dan perlengkapan yang sebaiknya dibawa saat berwisata ke Jogja:

  • Pakaian yang nyaman dan sesuai dengan aktivitas yang akan dilakukan, seperti kaos atau baju yang mudah menyerap keringat, celana pendek atau celana panjang, dan sepatu yang nyaman dan mudah untuk berjalan.
  • Alat komunikasi seperti ponsel, power bank, dan charger agar dapat tetap terhubung dengan orang terdekat.
  • Kamera atau ponsel dengan kamera yang bagus untuk mengabadikan momen indah selama berwisata.
  • Sunblock dan topi untuk melindungi kulit dari sinar matahari yang berlebihan.
  • Obat-obatan pribadi dan perlengkapan medis seperti plester, obat flu, dan obat perut.
  • Uang tunai dan kartu kredit sebagai alat pembayaran di beberapa tempat wisata dan restoran.
  • Peta atau aplikasi peta digital untuk memudahkan navigasi saat berwisata.
  • Tas atau ransel untuk membawa semua keperluan dan perlengkapan wisata.

Pastikan untuk mempersiapkan semua keperluan dan perlengkapan wisata dengan baik agar perjalanan wisata ke Jogja menjadi lebih menyenangkan dan lancar.

Kesimpulan

Wisata Jogja adalah bahwa kota ini merupakan salah satu destinasi wisata terpopuler di Indonesia, dengan banyak sekali objek wisata yang menarik dan beragam. Jogja terkenal dengan wisata yang hits dan instagramable, yang memiliki nilai sejarah tinggi, serta berbagai candi dan bangunan peninggalan sejarah lainnya seperti Candi Prambanan dan Candi Borobudur. Selain itu, ada juga wisata alam seperti pantai, gunung, dan gua yang menarik untuk dikunjungi.

Referensi

  1. https://pariwisata.jogjakota.go.id/
  2. https://visitingjogja.jogjaprov.go.id/
Bambang Niko Pasla

An experienced content creator working for The Provincial Government of Jambi