Manfaat Kacang Panjang
Gaya Hidup

11 Manfaat Kacang Panjang untuk Kesehatan

Manfaat Kacang Panjang – Kacang panjang, dengan kemampuannya tumbuh secara memanjat atau melilit, menjadi langganan di kawasan Asia yang panas, termasuk Indonesia. Di beberapa negara lain, kacang panjang dikenal dengan sebutan yardlong bean, Chinese long bean, atau asparagus bean. Tak dapat dipungkiri, kepopuleran kacang panjang telah melintasi batas-batas negara dan menjadi bagian integral dari berbagai masakan di seluruh dunia.

Menanam kacang panjang bukanlah tugas sulit. Cukup dengan memasukkan 2-3 biji ke dalam lubang setebal 1-2 cm, ditimbun tanah, dan voila! Dalam waktu 30 hari, tanaman ini akan mekar dan pada hari ke-45, kacang panjang siap panen.

Kacang panjang, merupakan jenis sayuran yang umumnya diolah menjadi tumisan atau dicampurkan ke dalam sayur. Meskipun mungkin tidak sering menjadi bintang utama dalam hidangan, kacang panjang memiliki potensi kesehatan yang luar biasa.

Kandungan Nutrisi Kacang Panjang

Manfaat Kacang Panjang untuk Kesehatan
Sumber Gambar: Freepik

Menurut Kementerian Kesehatan RI, dalam setiap 100 gram kacang panjang yang dikukus, terdapat komposisi gizi yang patut diacungi jempol. Antara lain:

  • Energi: 39 kalori (Kal)
  • Air: 88.2 g
  • Protein: 3 g
  • Serat: 1,7 g
  • Karbohidrat: 7,6 g
  • Vitamin C: 20 mg
  • Kalsium: 100 mg
  • Beta karoten: 131 mcg
  • Kalium: 100 mg
  • Fosfor: 91 mg
  • Natrium: 28 mg
  • Vitamin B2 (Riboflavin): 0,1 mg
  • Niasin: 0,3 mg

Tak hanya itu, kacang panjang juga mengandung antioksidan yang esensial untuk tubuh, seperti vitamin C, riboflavin, dan betakaroten. Sebagai contoh, kandungan vitamin C pada kacang panjang ini mencukupi 31% dari kebutuhan harian, sekitar 19 mg. Asupan vitamin C yang cukup dikenal dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, menjadikannya penjaga andal melawan infeksi.

Baca juga: 16 Manfaat Air Kelapa Hijau yang Tak Terbantahkan

Manfaat Kesehatan Kacang Panjang

Setelah mengetahui kandungan nutrisinya, mari kita jelajahi berbagai manfaat kesehatan yang dapat kita peroleh dengan mengonsumsi kacang panjang.

1. Mencegah Cacat Lahir

Kacang panjang, sebagai sumber folat terbaik, memberikan nutrisi penting selama masa kehamilan. Asam folat sangat penting untuk perkembangan sel dan DNA pada janin, membantu mengurangi risiko cacat pada janin.

2. Mengurangi Risiko Asam Urat

Penelitian membuktikan bahwa kandungan vitamin C dalam kacang panjang memiliki sifat antiinflamasi dan dapat membantu menurunkan risiko asam urat. Ini berkat kemampuan vitamin C sebagai antioksidan yang mengurangi peradangan sendi dan mencegah penumpukan kristal asam urat.

3. Meringankan Nyeri Haid

Kacang panjang mengandung mineral mangan yang dapat membantu mengurangi frekuensi dan intensitas nyeri haid pada wanita. Hasil studi menunjukan, mangan memainkan peran penting dalam siklus reproduksi, sehingga mengonsumsi kacang panjang dapat memberikan kenyamanan selama masa menstruasi.

4. Baik untuk Kesehatan Jantung

Serat larut yang terkandung dalam kacang panjang dapat membantu mengontrol kadar kolesterol dalam darah, sehingga menjaga kesehatan jantung. Antioksidan dalam kacang panjang juga dapat mengurangi peradangan pada pembuluh darah, mendukung fungsi jantung yang optimal.

5. Menyehatkan Kulit

Beberapa studi mengungkapkan, dengan kandungan vitamin C yang cukup tinggi, kacang panjang dapat membantu menjaga kelembapan kulit, mengurangi keriput, dan melambatkan proses penuaan. Vitamin C juga dikenal dapat melindungi kulit dari efek buruk sinar UV dan membantu menyembuhkan kulit yang kering.

6. Meningkatkan Kesehatan Mata

Vitamin A, selain menyehatkan kulit, juga berperan penting dalam menjaga kesehatan mata, mencegah masalah seperti rabun.

7. Mencegah Kanker

Kacang panjang kaya akan antioksidan nabati seperti flavonoid dan riboflavin, yang telah terbukti dapat mengurangi pertumbuhan sel kanker. Kandungan asam folat dalam kacang panjang juga dapat membantu mencegah pertumbuhan sel kanker pada beberapa jenis kanker, termasuk kanker payudara dan kanker usus besar.

8. Menambah Darah dan Meningkatkan Stamina

Kacang panjang mengandung zat besi dan mineral lainnya yang dapat membantu meningkatkan jumlah sel darah merah, menjadikannya pilihan yang baik untuk mengatasi anemia dan meningkatkan stamina tubuh.

9. Membesarkan Payudara

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kacang panjang mengandung fitoestrogen, senyawa yang dapat merangsang pertumbuhan sel epitel dalam payudara. Meskipun hasil penelitian masih memerlukan konfirmasi lebih lanjut, kemungkinan manfaat ini menarik perhatian.

10. Meningkatkan Stamina

Kacang panjang membantu menjaga stamina dengan melancarkan peredaran darah dan memicu pembentukan sel darah merah, membuatnya menjadi teman ideal untuk aktivitas fisik yang berat.

11. Menurunkan Kadar Glukosa

Penelitian awal menunjukkan bahwa kacang panjang memiliki sifat antihiperglikemik, yang dapat membantu menurunkan sensitivitas tubuh terhadap gula darah. Meskipun perlu penelitian lebih lanjut pada manusia, potensi ini menjanjikan bagi mereka yang ingin menjaga kadar glukosa darah tetap stabil.

Baca juga: 12 Manfaat Biji Anggur untuk Kesehatan

Tips Konsumsi Kacang Panjang

Sekarang kita telah mengetahui sejumlah manfaat kesehatan kacang panjang, penting untuk tahu cara memasukkan sayuran ini ke dalam pola makan sehari-hari. Berikut beberapa resep kacang panjang yang disadur dari situs Briliofood.net:

Tumis Kacang Panjang Daging Cincang

Bahan:

  • 1 ikat kacang panjang
  • 200 gr daging cincang
  • 2 siung bawang putih cincang
  • 1 buah cabai merah iris
  • 1 sdm saus tiram
  • 1 sdm kecap manis
  • 2 sdm kecap asin
  • 1 sdm kecap ikan
  • Garam dan merica

Cara membuat:

  1. Tumis bawang putih dan cabai sampai harum. Masukkan daging, masak sampai pucat.
  2. Masukkan kacang panjang dan bumbu, aduk rata.
  3. Tuang sedikit air, masak sampai matang.

Pencok Kacang Panjang

Bahan:

  • 3 kacang panjang (iris pendek)
  • 1 genggam daun kemangi
  • 10 cabai rawit merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1 ruas kencur
  • Gula dan garam sesuai selera
  • 1 sdt terasi bakar

Cara membuat:

  1. Ulek kasar cabai, bawang putih, kencur, gula, garam, dan terasi.
  2. Masukkan kacang panjang dan daun kemangi.
  3. Aduk rata. Siap disajikan.

Tidak hanya lezat, kacang panjang dapat menjadi investasi dalam kesehatan jangka panjang. Mulailah untuk menggali lebih dalam potensi kesehatan yang terkandung dalam setiap biji dan serat kacang panjang, dan rasakan manfaatnya untuk kesehatan. Selamat menikmati hidangan sehat dengan kacang panjang di meja makan.

Referensi

  1. Panganku. (2023). Data Komposisi Pangan Indonesia. Diakses pada 2023, from https://www.panganku.org/id-ID/beranda
  2. National Institute of Health – Office of Dietary Supplements. (2023). Vitamin C. Diakses pada 2023, from https://ods.od.nih.gov/factsheets/VitaminC-HealthProfessional/
  3. https://indonesia.go.id/kategori/kuliner/933/bukan-sayur-biasa-ini-manfaat-kacang-panjang-bagi-kesehatan?lang=1
  4. https://umsu.ac.id/health/kacang-panjang-kandungan-dan-manfaat-untuk-kesehatan-tubuh/
Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.