youtube iklan
Marketing

Tahapan Membuat Youtube Iklan Beserta Tipsnya

Youtube iklan dapat merujuk pada iklan-iklan yang ditayangkan di platform berbagi video YouTube. Iklan-iklan ini dapat muncul sebelum, selama, atau setelah video YouTube, dan merupakan sumber pendapatan penting bagi baik YouTube maupun para pembuat video.

YouTube Iklan adalah alat yang sangat efektif bagi bisnis yang ingin menjangkau audiens yang luas, karena platform ini memiliki lebih dari 2 miliar pengguna aktif bulanan. Dengan menargetkan demografi, minat, dan kata kunci tertentu, pengiklan dapat memastikan bahwa iklan mereka dilihat oleh orang yang tepat.

Selain itu, menawarkan analitik terperinci kepada pengiklan, memungkinkan mereka untuk mengukur efektivitas iklan mereka dan membuat penyesuaian yang diperlukan.

Tahapan Membuat Youtube Iklan

Berikut ini adalah tahapanuntuk membuatnya yang perlu diketahui.

Menghubungkan Akun Google Ads dengan Channel YouTube

Untuk memasang iklan di YouTube, langkah pertama yang harus dilakukan adalah memiliki akun Google. Kemudian, lakukan pendaftaran di layanan Google Ads dan miliki channel YouTube. Akun Google Ads dan channel YouTube perlu dihubungkan karena pengaturan iklan dilakukan melalui Google Ads.

Baca juga: Youtube Ads: Pengertian, Jenis dan Cara Membuatnya

Mengunggah Video

Setelah memiliki channel YouTube, langkah berikutnya adalah mengunggah video iklan produk ke dalam channel tersebut. Pastikan semua informasi video diisi dengan lengkap, seperti judul, deskripsi, tag, dan thumbnail. Jika tidak ingin video iklan tersebut dilihat oleh pengunjung biasa di channel, pilih opsi “Unlisted” saat memublikasikannya.

Membuat Campaign di Google Ads

Setelah video iklan diunggah, langkah selanjutnya adalah membuat campaign iklan melalui Google Ads. Ada banyak hal yang bisa diatur pada video iklan di Google Ads, seperti memilih tipe campaign dan subtipenya.

Menentukan Spesifikasi Campaign

Setelah campaign dibuat, langkah berikutnya adalah menentukan spesifikasi campaign. Ada beberapa parameter yang harus diisi, seperti nama campaign, strategi pembayaran, dan opsi bayar per tayang atau cost per thousand impressions (CPM).

Memilih Format

Langkah terakhir adalah memilih format iklan yang sesuai dengan kebutuhan, seperti skippable in-stream ads, non-skippable in-stream ads, bumper ads, in-feed video ads, masthead ads, dan responsive display ads. Dengan mempertimbangkan target penjualan, pemilik bisnis dapat memilih format iklan yang tepat untuk dipasang di YouTube.

Baca juga: Cara Membuat Iklan di Google Ads untuk Pemula

Jenis Youtube Iklan

Ada beberapa jenis YouTube Iklan , termasuk iklan tampilan, iklan overlay, iklan video yang dapat dilewati, iklan video yang tidak dapat dilewati, iklan bumper, dan kartu sponsor.

1. Iklan Tampilan

Iklan tampilan ditampilkan di sebelah kanan pemutar video YouTube dan dapat mencakup teks, gambar, atau media kaya.

2. Iklan Overlay

Iklan overlay adalah iklan semi-transparan yang muncul pada bagian bawah video.

3. Iklan Video

Iklan video yang dapat dilewati ditampilkan di awal video dan dapat dilewati setelah beberapa waktu, Iklan video yang tidak dapat dilewati, seperti namanya, tidak dapat dilewati dan ditampilkan di awal, tengah, atau akhir video.

3. Iklan Bumper

Iklan bumper adalah iklan pendek yang ditampilkan sebelum video dan tidak dapat dilewati.

5. Iklan Sponsor

Sedangkan kartu sponsor adalah iklan yang ditampilkan di dalam video itu sendiri dan memberikan tautan ke produk atau layanan tertentu.

Baca juga: Iklan Media Cetak: Pengertian, Ciri, Jenis, dan Contoh

Tips Memasang Video di Youtube Iklan

Berikut ini adalah beberapa tips untuk memasang video:

Tentukan Tujuan Kampanye Iklan

Apakah Anda ingin meningkatkan penjualan produk atau jasa, meningkatkan kesadaran merek, atau meningkatkan interaksi dengan audiens?

Pilih Format Iklan Yang Tepat

Ada beberapa jenis format iklan YouTube, seperti:

  • Skippable in-stream ads
  • Non-skippable in-stream ads
  • Bumper ads
  • In-feed video ads
  • Masthead ads
  • Responsive display ads.

Pilihlah format iklan yang paling sesuai dengan tujuan kampanye Anda dan karakteristik produk atau jasa Anda.

Buat Video Yang Menarik

Pastikan video Anda dapat menarik perhatian pengguna dan membuat mereka tertarik untuk menonton hingga akhir. Gunakan konsep yang kreatif dan relevan dengan target audiens.

Buat Deskripsi Video Yang Menarik

Deskripsikan video Anda dengan singkat dan padat, sertakan informasi penting tentang produk atau jasa Anda, dan cantumkan link ke situs web atau halaman penjualan.

Atur Penargetan Iklan Dengan Baik

Gunakan fitur penargetan iklan yang tersedia di YouTube, seperti penargetan geografis, penargetan demografis, dan penargetan kata kunci, agar iklan Anda muncul kepada audiens yang tepat.

Tentukan Anggaran Iklan Dengan Bijak

Gunakan anggaran iklan Anda dengan bijak dan sesuaikan dengan tujuan kampanye. Gunakan fitur pengukuran dan analisis yang tersedia di YouTube untuk memantau kinerja iklan dan membuat perbaikan jika diperlukan.

Baca juga: 8 Terbaik dan Gratis Blog Untuk Menulis

Kesimpulan

Dengan mengikuti tahapan dan tips yang tepat, maka peluang keberhasilan iklan di YouTube dapat meningkat sehingga dapat meningkatkan visibilitas produk atau layanan, meningkatkan jumlah tayangan video, dan meningkatkan penjualan.

Referensi

  1. https://support.google.com/google-ads/answer/6052202?hl=id
  2. https://support.google.com/youtube/answer/3181017?hl=id
  3. https://ads.google.com/intl/id_id/home/campaigns/video-ads/
Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.