iklan media cetak
Marketing

Iklan Media Cetak: Pengertian, Ciri, Jenis, dan Contoh

Iklan media cetak biasanya ditempatkan di surat kabar, majalah, tabloid, buletin, dan media cetak lainnya. Iklan ini dibuat dalam bentuk gambar, teks, atau kombinasi keduanya. Tujuannya untuk mempromosikan produk atau layanan kepada khalayak pembaca media cetak tersebut.

Keuntungan dari iklan media cetak adalah bahwa iklan dapat ditargetkan pada khalayak tertentu, terutama jika iklan ditempatkan di media cetak yang spesifik untuk segmen pasar tertentu. Selain itu, dapat memberikan informasi yang lebih detail tentang produk atau layanan yang dipromosikan, terutama jika iklan ditampilkan dalam bentuk artikel.

Namun, kelemahan dari iklan media cetak adalah bahwa khalayak yang dijangkau tidak sebesar khalayak yang dijangkau oleh iklan di media digital. Selain itu, biaya cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan biaya iklan di media digital.

Dalam era digital, beberapa media cetak telah memperluas cakupan mereka dengan membuka platform online mereka, sehingga iklan di media cetak dapat diintegrasikan dengan kampanye digital untuk mencapai audiens yang lebih luas. Beberapa media cetak juga menawarkan iklan cetak dan online dalam satu paket yang dapat mengurangi biaya kampanye periklanan secara keseluruhan.

Pengertian Iklan Media Cetak

Iklan media cetak adalah strategi bisnis seseorang atau lembaga untuk menyajikan informasi yang memuat ajakan atau soft selling kepada audiens melalui media cetak seperti spanduk, koran, atau selebaran. Tujuan utamanya adalah untuk menarik perhatian calon konsumen agar tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan.

Baca juga: Iklan Baris: Pengertian, Jenis, Ciri, dan Contoh

Ciri-Ciri Iklan Media Cetak

Berikut adalah beberapa ciri-cirinya:

Teks dan Gambar

Biasanya berisi kombinasi teks dan gambar atau ilustrasi yang menarik dan dapat memperkuat pesan iklan. Penggunaan gambar dan teks yang baik dapat membuat iklan lebih menarik dan mudah dipahami oleh pembaca.

Ukuran dan Warna

Dapat bervariasi dalam ukuran dan warna. Ukuran dan warna yang digunakan dalam iklan dapat memengaruhi cara iklan tersebut dilihat oleh pembaca, sehingga sangat penting untuk memilih ukuran dan warna yang tepat untuk memaksimalkan efektivitas iklan.

Ajakan Bertindak

Biasanya berisi ajakan bertindak, seperti membeli produk, mengunjungi toko, atau menghubungi perusahaan. Ajakan bertindak ini dirancang untuk mempengaruhi pembaca agar melakukan tindakan tertentu setelah melihat iklan.

Branding

Digunakan untuk membangun kesadaran merek dan meningkatkan pengenalan merek. Dalam media cetak, merek biasanya disorot dengan logo dan desain khusus untuk memperkuat identitas merek dan membantu pembaca mengingat merek tersebut.

Target Market

Ditargetkan pada segmen pasar tertentu, sehingga sangat penting untuk memilih media cetak yang tepat untuk memastikan iklan dilihat oleh audiens yang tepat. Dalam hal ini, media cetak khusus yang menargetkan segmen pasar tertentu dapat memberikan hasil yang lebih efektif daripada media cetak umum.

Informasi Produk

Harus memberikan informasi yang jelas tentang produk atau layanan yang dipromosikan, sehingga pembaca dapat memahami manfaat dan keunggulan produk atau layanan tersebut. Hal ini dapat meningkatkan minat pembaca untuk membeli produk tersebut.

Baca juga: Iklan Penawaran: Pengertian Beserta Contohnya

Jenis Iklan Media Cetak

Berikut ini adalah beberapa jenis iklan media cetak:

1. Iklan Baris

Jenis iklan media cetak yang pertama adalah iklan baris. Iklan ini hanya berupa barisan kata tanpa gambar ataupun ilustrasi. Konsepnya adalah untuk memuat banyak iklan dalam satu lembar. Penulis iklan harus pandai dalam memilih kata yang tepat, singkat, padat, dan jelas. Iklan baris sering digunakan untuk iklan kendaraan, pekerjaan, dan properti.

2. Iklan Kolom

Selain iklan baris, ada juga iklan kolom. Iklan ini lebih menarik perhatian karena tidak hanya berisi tulisan, tetapi juga gambar dan ilustrasi.

3. Iklan Display

Iklan display adalah iklan kolom yang lebih besar dan lebih mahal dibandingkan iklan kolom atau iklan baris, dapat menggunakan gambar untuk menarik perhatian pembaca.

4. Iklan Advertorial

Iklan advertorial adalah iklan dalam bentuk teks yang mirip seperti menulis berita, iklan ini memberikan edukasi dan wawasan kepada pembaca.

5. Iklan Selebaran

Iklan selebaran adalah iklan yang tidak dipasang di surat kabar, tabloid, atau majalah, tetapi dicetak dalam lembar tersendiri atau selembaran kertas yang dapat dibagi-bagikan kepada orang-orang atau ditempel di tiang, tembok, atau tempat lainnya.

6. Iklan Brosur

Iklan brosur juga tidak dipublikasikan di surat kabar, majalah, atau tabloid, dicetak dalam bentuk beberapa lembar kertas.

7. Iklan Banner

Iklan banner sering dipasang di acara event, pembukaan toko, bazar, atau untuk produk tertentu, berisi tulisan dan gambar dengan tampilan yang eksploratif.

8. Iklan Spanduk

Iklan spanduk ditulis dalam ukuran panjang dan besar dan sering ditemukan di jalan, tiang pohon, atau tempat strategis lainnya.

Baca juga: Ide Peluang Bisnis Online Tanpa Modal Berserta Tipsnya

Contoh Iklan Media Cetak

Berikut ini adalah sepuluh contoh iklan media cetak yang dapat ditemukan di sekitar kita untuk lebih mengenal tentang apa itu iklan media cetak:

Koran

Surat kabar terbit harian maupun mingguan. Koran adalah salah satu media cetak yang paling mudah ditemukan dan dipesan lewat agen maupun toko surat kabar. Iklan media cetak di koran umumnya lebih populer karena oplahnya yang tinggi dan harganya lebih terjangkau.

Majalah

Majalah merupakan media cetak yang dicetak dengan jenis kertas dan pewarnaan lebih baik. Meski harganya tentu lebih tinggi daripada koran, namun majalah lebih efektif untuk menyajikan iklan dengan tampilan menarik.

Booklet

Booklet merupakan buku berukuran setengah kuarto yang umumnya tipis. Iklan media cetak jenis ini digunakan oleh lembaga-lembaga tertentu yang tengah mengumpulkan dana dengan kerjasama berbagai pengusaha.

Leaflet

Merupakan selebaran kertas cetak yang umumnya berlipat atau dilipat menjadi dua atau tiga halaman. Leaflet digunakan untuk media cetak yang berisi informasi atau imbauan mengenai suatu tempat wisata, museum, anjuran pemerintah, maupun promosi event.

Buku telepon

Buku telepon dulunya memuat semua nomor telepon di suatu daerah beserta dengan alamatnya. Iklan media cetak pada buku telepon pernah menjadi salah satu yang efektif karena dilihat banyak orang secara simultan.

Poster

Merupakan media yang masih populer untuk menempatkan iklan, khususnya untuk event. Poster memiliki ciri khas tampilan yang dekoratif dan menarik.

Kartu pos

Kartu pos merupakan kartu cetak berukuran kecil setengah A5 yang di satu sisinya bisa diisi dengan tulisan atau pesan dan gambar di sisi lainnya. Gambar ini umumnya berupa foto, lukisan, maupun unsur visual lain yang digunakan oleh beberapa negara untuk mempromosikan keindahan alam dan wisata di negara tersebut.

Produk promosi

Iklan jenis ini umum ditemukan pada proses pemasaran produk dengan memberikan secara cuma-cuma sejumlah produk untuk promosi kepada calon konsumen sebagai tester. Iklan media cetak jenis ini langsung menyasar calon konsumen agar mengenal serta merasakan produk secara langsung.

Banner

Banner atau media promosi yang berisi pesan atau informasi untuk khalayak ramai dan dicetak lewat ukuran menengah setinggi rerata orang-orang yang berlalu-lalang.

Brosur

Secara umum dikenal sebagai media cetak yang dicetak langsung sebagai iklan media cetak untuk produk tertentu. Brosur umumnya diberikan oleh para tenaga penjualan (sales) perusahaan kepada calon konsumen.

Kesimpulan

Dalam dunia periklanan, media cetak masih menjadi pilihan yang populer bagi banyak perusahaan untuk mempromosikan produk dan jasa mereka. Ada berbagai jenis iklan media cetak yang dapat dipilih, seperti iklan baris, iklan kolom, iklan display, iklan advertorial, iklan selebaran, iklan brosur, iklan banner, dan iklan spanduk.

Masing-masing jenis iklan memiliki keunikan dan kesenangan tersendiri bagi pengguna, serta memiliki harga yang berbeda-beda. Oleh karena itu, perusahaan perlu mempertimbangkan jenis iklan yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka dan anggaran yang tersedia.

Dalam memilih jenis iklan, pastikan untuk memilih kata-kata yang tepat, singkat, padat dan jelas untuk menarik perhatian pembaca dan mencapai tujuan promosi yang diinginkan.

Baca juga: Tips dan 8 Jenis Jualan Online Yang Laku Setiap Hari

Referensi

  1. Buku “Advertising: Principles and Practice” oleh Sandra Moriarty, Nancy Mitchell, dan William Wells
  2. Buku “Advertising Media Planning” oleh Jack Z. Sissors dan Roger B. Baron
  3. Ong, C. E., & Tan, M. L. (2019). Impact of print advertisements on purchase intention: a study on Malaysian youths. Journal of Research in Interactive Marketing, 13(1), 57-75.
  4. Sarker, S., & Saha, S. (2018). The effectiveness of print media advertisements in Bangladesh. Journal of International Business Research and Marketing, 3(1), 1-12.
  5. Kumar, A., & Singh, N. (2019). A study on effectiveness of print advertisements on consumer buying behavior with reference to selected FMCG products. International Journal of Research in Management, Economics and Commerce, 9(2), 144-151.
Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.