Marketing

Cara Membuat Iklan di Google Ads untuk Pemula

Cara membuat iklan di google ads – Google Ads merupakan platform periklanan online terbesar di dunia, dan merupakan salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan visibilitas dan penjualan produk atau jasa secara online. Namun, bagi pemula, membuat iklan di Google Ads bisa terasa membingungkan dan rumit. Oleh karena itu, dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara membuat iklan di Google Ads untuk pemula.

Cara Membuat Iklan di Google Ads

Berikut ini langkah-langkah cara membuat iklan di google ads:

Mendaftar dan Membuat Akun Google Ads Baru

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mendaftar dan membuat akun Google Ads baru. Proses ini sangat mudah dan hanya memerlukan beberapa informasi dasar tentang bisnis Anda, seperti nama, alamat email, dan situs web. Setelah mendaftar, Anda perlu mengisi informasi akun Anda dengan lengkap, termasuk informasi pembayaran dan preferensi kampanye.

Baca juga: Bunyi Pancasila dan Makna Lambangnya

Menentukan Tujuan Iklan yang Ingin Dicapai

Sebelum membuat kampanye iklan di Google Ads, penting untuk menentukan tujuan iklan yang ingin dicapai terlebih dahulu. Apakah tujuan untuk meningkatkan penjualan, meningkatkan kesadaran merek, atau memperoleh lebih banyak lead? Dengan menentukan tujuan yang jelas, akan dapat membuat kampanye iklan yang lebih efektif.

Jadi, sebelum mulai membuat kampanye iklan, pertimbangkanlah apa yang ingin di capai dari iklan tersebut. Apakah tujuan meningkatkan penjualan produk atau jasa Anda? Ataukah ingin meningkatkan kesadaran merek? Atau mungkin tujuan adalah untuk memperoleh lebih banyak lead dan mengumpulkan informasi kontak pelanggan potensial?

Setelah menentukan tujuan iklan, Anda dapat memilih jenis kampanye yang sesuai dan menyesuaikan strategi iklan dengan tujuan. Misalnya, jika tujuan adalah meningkatkan kesadaran merek, kampanye iklan Display mungkin lebih sesuai daripada kampanye iklan Search. Atau jika tujuan memperoleh lebih banyak lead, dapat menggunakan kampanye iklan Search dengan kata kunci yang sesuai.

Dengan menetapkan tujuan iklan yang jelas, Anda dapat memastikan bahwa kampanye iklan terfokus dan efektif dalam mencapai tujuan. Jangan lupa untuk terus memantau kinerja iklan dan melakukan perubahan yang diperlukan agar kampanye iklan Anda tetap sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.

Baca juga: Cara Membuat Iklan: 4 Langkah Mudah untuk Sukses

Memilih Jenis Kampanye yang Sesuai dengan Tujuan Iklan

Setelah menentukan tujuan iklan yang jelas, langkah berikutnya dalam membuat kampanye iklan di Google Ads adalah memilih jenis kampanye yang sesuai. Google Ads menawarkan beberapa jenis kampanye yang dapat dipilih, tergantung pada tujuan iklan yang ingin dicapai.

Salah satu jenis kampanye yang tersedia adalah kampanye penjualan, yang dapat digunakan jika tujuan Anda adalah:

Baca juga: Iklan adalah: Pengertian, Fungsi, Ciri, Jenis, dan Contoh

Meningkatkan penjualan produk atau jasa

Jenis kampanye ini memungkinkan untuk menampilkan iklan produk atau jasa Anda di hasil pencarian Google atau di situs web terkait di jaringan Google. Kampanye penjualan juga memungkinkan untuk menentukan anggaran harian dan menargetkan pengguna berdasarkan lokasi, kata kunci, atau perilaku online mereka.

Lalu Lintas Situs Web

Selain kampanye penjualan, Google Ads juga menawarkan jenis kampanye lalu lintas situs web. Kampanye ini dapat digunakan untuk meningkatkan jumlah kunjungan ke situs web. Anda dapat menampilkan iklan di hasil pencarian Google atau di situs web terkait di jaringan Google. Kampanye lalu lintas situs web juga memungkinkan untuk menargetkan pengguna berdasarkan lokasi, kata kunci, atau perilaku online mereka.

Baca juga: Brand Loyalty: Pengertian dan Cara Meningkatkannya

Pemasaran Ulang

Jika tujuan Anda adalah untuk meningkatkan kesadaran merek, maka kampanye pemasaran ulang dapat menjadi pilihan yang tepat. Jenis kampanye ini memungkinkan menampilkan iklan kepada pengguna yang sebelumnya pernah mengunjungi situs web atau melakukan interaksi dengan bisnis di platform Google lainnya. Kampanye pemasaran ulang juga memungkinkan menampilkan iklan di berbagai situs web di jaringan Google.

Pilih jenis kampanye yang paling sesuai dengan tujuan iklan dan pastikan untuk menyesuaikan strategi iklan dengan jenis kampanye yang di pilih. Jangan lupa untuk terus memantau kinerja iklan dan melakukan perubahan yang diperlukan agar kampanye iklan tetap sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.

Baca juga: Direct Marketing: Pengertian, Manfaat dan Jenisnya

Menentukan Budget dan Jangkauan Iklan yang Diinginkan

Saat membuat iklan di Google Ads, tidak hanya penting untuk menentukan tujuan iklan dan jenis kampanye yang sesuai, tetapi juga menentukan budget dan jangkauan iklan yang diinginkan. Google Ads menawarkan beberapa pilihan untuk menentukan budget iklan, seperti budget harian atau total budget kampanye.

Budget Harian

Budget harian adalah jumlah uang yang disiapkan untuk iklan setiap hari. Anda dapat menentukan budget harian sesuai dengan tujuan iklan dan jenis kampanye yang dipilih. Misalnya, jika memilih kampanye penjualan, menentukan budget harian yang cukup besar untuk menampilkan iklan produk atau jasa di hasil pencarian Google atau di situs web terkait.

Budget Maksimum

Selain budget harian, Google Ads juga menawarkan pilihan total budget kampanye, yaitu jumlah maksimum yang ingin dibelanjakan selama periode kampanye iklan. Jika memilih opsi total budget kampanye, Google Ads akan membantu Anda mengalokasikan budget harian agar tidak melebihi total budget yang telah ditentukan.

Jangkauan Geografis dan Waktu

Selain menentukan budget iklan, Anda juga perlu mempertimbangkan jangkauan geografis dan waktu tayang iklan yang ingin ditargetkan. Google Ads menawarkan berbagai pilihan untuk menentukan lokasi dan waktu tayang iklan. Misalnya, jika bisnis hanya beroperasi di wilayah tertentu, dapat menargetkan pengguna di wilayah tersebut dengan menentukan lokasi yang spesifik.

Selain itu, dapat menentukan waktu tayang iklan Anda agar sesuai dengan kebutuhan bisnis. Misalnya, jika bisnis beroperasi pada jam kerja, Anda dapat menentukan waktu tayang iklan pada jam-jam tersebut agar lebih efektif dalam menjangkau target audience.

Membuat Grup Iklan dan Menentukan Kata Kunci yang Relevan

Setelah menentukan budget dan jangkauan iklan, perlu membuat grup iklan dan menentukan kata kunci yang relevan. Grup iklan adalah kumpulan iklan yang memiliki tujuan yang sama, sementara kata kunci adalah kata atau frasa yang akan dipakai oleh calon pelanggan untuk menemukan produk atau jasa di Google. Pastikan untuk memilih kata kunci yang relevan dan memiliki volume pencarian yang tinggi.

Baca juga: Youtube Ads: Pengertian, Jenis dan Cara Membuatnya

Membuat Iklan dengan Menggunakan Teks, Gambar, atau Video yang Menarik

Membuat iklan yang menarik adalah kunci untuk mendapatkan konversi yang lebih tinggi. Saat membuat iklan di Google Ads, pastikan untuk menggunakan teks, gambar, atau video yang menarik dan relevan dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Perhatikan juga ukuran dan format iklan yang disarankan oleh Google untuk masing-masing jenis iklan, seperti:

  • Iklan Search
  • Iklan Display

Memilih Tempat dan Waktu Tayang Iklan yang Optimal

Selain menentukan budget dan jangkauan iklan, juga perlu memilih tempat dan waktu tayang iklan yang optimal. Google Ads menawarkan pilihan untuk menargetkan iklan berdasarkan:

  • Lokasi geografis
  • Jenis perangkat
  • Waktu tayang iklan

Pastikan untuk memilih target yang tepat untuk iklan Anda agar dapat mencapai audiens yang relevan.

Baca juga: Brand Ambassador: Pengertian, Jenis, dan Manfaat

Melakukan Pengujian A/B pada Iklan untuk Menemukan Varian yang Paling Efektif

Setelah menentukan tujuan iklan, jenis kampanye, budget, dan jangkauan iklan yang tepat, langkah selanjutnya adalah membuat iklan yang menarik dan efektif. Ketika membuat iklan, penting untuk memperhatikan judul, deskripsi, gambar, dan tata letak iklan.

Selanjutnya melakukan pengujian A/B untuk menemukan varian iklan yang paling efektif. Pengujian A/B adalah proses membandingkan dua varian iklan yang berbeda untuk melihat varian mana yang lebih efektif dalam mencapai tujuan iklan.

Misalnya, membuat dua varian iklan yang berbeda dengan judul, deskripsi, dan gambar yang sedikit berbeda. Anda dapat menampilkan kedua varian iklan tersebut selama beberapa waktu dan melihat mana yang mendapatkan lebih banyak klik atau tindakan dari pengguna. Setelah menemukan varian iklan yang paling efektif, memilih untuk menggunakan varian iklan tersebut dalam kampanye iklan.

Pengujian A/B dapat membantu mengidentifikasi elemen iklan mana yang lebih efektif dan memberikan wawasan untuk meningkatkan kinerja kampanye iklan secara keseluruhan. Dalam melakukan pengujian A/B, pastikan untuk hanya mengubah satu elemen iklan pada setiap varian iklan untuk memastikan bahwa Anda dapat mengisolasi elemen yang paling efektif.

Baca juga: Iklan Komersil: Defenisi, Tujuan, Ciri dan Contoh

Melacak dan Menganalisis Kinerja Iklan Menggunakan Google Ads Reporting Tools

Setelah iklan tayang, penting untuk melacak dan menganalisis kinerja iklan menggunakan Google Ads reporting tools. Dengan melihat laporan kinerja iklan, dapat melihat metrik seperti klik, tayangan, dan konversi, dan mengetahui bagaimana iklan Anda berkinerja. Dengan informasi ini, dapat mengoptimalkan iklan agar lebih efektif.

Mengoptimalkan Iklan Secara Terus-Menerus untuk Meningkatkan ROI (Return on Investment)

Langkah terakhir dalam membuat iklan di Google Ads adalah mengoptimalkan iklan secara terus-menerus untuk meningkatkan ROI (Return on Investment). Dengan memantau kinerja iklan secara teratur dan melakukan perubahan yang diperlukan, seperti mengubah kata kunci atau menyesuaikan budget, Anda dapat meningkatkan efektivitas iklan dan mencapai tujuan iklan yang diinginkan.

Kesimpulan

Membuat iklan di Google Ads mungkin terasa rumit bagi pemula, tetapi dengan mengikuti panduan lengkap di atas, Anda dapat membuat kampanye iklan yang efektif dan mencapai tujuan iklan. Penting untuk menentukan tujuan iklan yang jelas, memilih jenis kampanye yang sesuai, dan memantau kinerja iklan Anda secara teratur agar dapat mengoptimalkan iklan Anda dan mencapai ROI yang lebih tinggi.

Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.