pengusir tikus ampuh
Lingkungan

Rekomendasi Pengusir Tikus Ampuh

Pengusir tikus Ampuh – Anda mungkin pernah mengalami masalah dengan tikus yang masuk ke dalam rumah. Meskipun berukuran kecil dan tubuhnya fleksibel sehingga dapat menyusup melalui celah sempit, tikus adalah hewan mamalia yang mencari tempat berlindung dan makanan di dalam rumah.

Menurut publikasi Colorado State University, gigi seri besar yang tidak berakar pada tikus tumbuh terus-menerus, sehingga mereka harus mengasah gigi dengan menggerogoti bahan apa pun yang dapat mereka temukan, termasuk pintu dan jendela yang menjadi pembatas di dalam rumah.

Kehadiran tikus di dalam rumah merupakan masalah serius karena mereka dapat membawa penyakit berbahaya, merusak rumah, mencemari air, meninggalkan bau yang tidak sedap, dan bahkan dapat menyebabkan korsleting jika menggigit kabel.

Rekomendasi Pengusir Tikus Ampuh

Berikut beberapa rekomendasi yang ampuh untuk mengusir tikus:

Pengusir Tikus Ampuh Menggunakan Perangkap Tikus

Cara yang paling umum digunakan adalah dengan memasang perangkap tikus. Perangkap tikus dapat dibeli di toko-toko peralatan rumah tangga. Pastikan untuk memasang perangkap di tempat yang strategis, seperti di sudut ruangan atau di tempat yang sering dilalui tikus.

Baca juga: Cara Mengusir Tikus dari Lingkungan Rumah

Pengusir Tikus Ampuh Menggunakan Bahan Alami

Ada beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk mengusir tikus seperti:

Bawang Putih

Tidak perlu meremehkan kekuatan bumbu dapur sebagai senjata utama untuk mengusir tikus dari rumah. Bawang putih bukan hanya digunakan sebagai bahan pelengkap rasa dalam masakan, tetapi juga terbukti efektif dalam mengusir tikus secara ampuh.

Cara penggunaannya juga mudah, cukup mengambil beberapa siung bawang putih dan memasukkannya ke dalam kain kasa. Kemudian, letakkan bungkusan bawang putih yang sudah dibungkus kain kasa di daerah yang sering dihampiri tikus.

Lada Hitam

Mengusir tikus dari rumah dengan menggunakan lada hitam ternyata sangat mudah dilakukan. Lada hitam mengandung senyawa piperin yang beracun bagi tikus. Selain itu, menaburkan lada hitam juga dapat mengiritasi saluran hidung dan membuat tikus merasa tidak nyaman.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan semua sampah, sisa makanan, dan segala potensi sumber air yang dapat menarik perhatian tikus. Hal ini akan menghalangi mereka dan memaksa untuk mencari sumber makanan di tempat lain.

Setelah itu, temukan tempat-tempat persembunyian tikus dan isi dengan lada hitam yang telah digiling kasar. Beberapa area yang sebaiknya diberi lada hitam adalah di belakang lemari es, mesin cuci dan pengering, di sepanjang dinding, di dekat tempat sampah, dan di celah-celah.

Baca juga: Cara Mengusir Lalat Tanpa Menggunakan Insektisida

Daun Salam

Cara efektif untuk mengusir tikus dari rumah adalah dengan menggunakan daun salam. Cukup sebar daun salam di area yang sering didatangi oleh tikus. Tikus yang memakan daun salam bisa mengalami kematian. Terus lakukan cara ini sampai semua tikus berhasil diusir dari rumah.

Bawang Bombai

Menggunakan bau bawang bombai adalah cara alami untuk mengusir tikus dari rumah. Tikus tidak bisa mentolerir aroma bawang bombai yang kuat. Caranya, kupas dan cincang satu buah bawang bombai, kemudian letakkan di tempat yang sering didatangi oleh tikus. Pastikan untuk mengganti bawang bombai yang telah busuk dengan yang baru secara teratur.

Kulit Jengkol

Tidak hanya manusia, tikus juga tidak menyukai aroma jengkol. Aroma yang ditimbulkan oleh jengkol dapat membuat tikus menjauh dan tidak ingin mendekatinya. Jengkol dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk mengusir tikus dengan cara menghancurkan kulit jengkol dengan blender, dan membuatnya menjadi cairan dalam semprotan.

Minyak Pepermint

Minyak peppermint memiliki aroma yang mampu mengusir tikus. Indra penciuman tikus sangat sensitif sehingga bau minyak peppermint dapat mengganggu mereka dan membuat mereka pergi. Untuk mengusir tikus dengan cara ini, Anda dapat mengoleskan 25-30 tetes minyak peppermint pada bola kapas dan meletakkannya di tempat-tempat yang sering dikunjungi oleh tikus.

Baca juga: Cara Membayar Fidyah Beserta Syarat, dan Kreteria

Daun Mint

Menggunakan daun mint adalah salah satu cara yang ampuh untuk mengusir tikus dari rumah. Caranya adalah dengan menghancurkan daun mint dan menambahkan sedikit air ke dalamnya. Kemudian, letakkan campuran air dan daun mint tersebut ke dalam botol semprotan.

Langkah selanjutnya adalah dengan menyemprotkan campuran tersebut ke area yang sering dilalui oleh tikus. Dengan bau mint yang kuat, tikus akan merasa terganggu dan cenderung pergi dari tempat tersebut.

Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih memiliki aroma yang sangat kuat, bahkan bagi manusia. Oleh karena itu, minyak ini sangat efektif dalam mengusir tikus dari rumah.

Disarankan untuk menggunakan minyak kayu putih dengan konsentrasi 5% untuk mendapatkan hasil yang optimal. Kemudian semprotkan minyak ini ke sarang tikus.

Bawang Merah

Bawang merah dapat digunakan sebagai alternatif untuk mengusir tikus karena baunya yang menyengat dan dianggap menjijikkan oleh tikus. Caranya pun sama dengan bawang lain, cukup dikupas dan dipotong-potong, kemudian ditempatkan di tempat-tempat yang sering disinggahi oleh tikus.

Baca juga: Doa Nabi Adam Memiliki Keutamaan dan Fadhilah

Pengusir Tikus Ampuh Menggunakan Repeller Tikus

Repeller tikus adalah alat elektronik yang dapat menghasilkan suara atau getaran yang mengganggu tikus dan membuatnya pergi dari tempat tersebut. Repeller tikus tersedia dalam berbagai jenis dan harga, mulai dari yang sederhana hingga yang canggih.

Pengusir Tikus Ampuh Dengan Menggunakan Jasa Profesional

Jika cara-cara di atas tidak efektif, maka Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan jasa profesional untuk mengusir tikus. Jasa profesional akan menggunakan teknik dan peralatan yang lebih canggih untuk mengusir tikus dari rumah Anda.

Baca juga: Marketing Mix 7P: Konsep Berikut Contoh Penerapannya

Kesimpulan

Banyak cara alami untuk mengusir tikus dari rumah tanpa menggunakan bahan kimia berbahaya. Beberapa cara tersebut antara lain menggunakan bahan-bahan seperti daun salam, kulit jeruk, jengkol, bawang-bawangan, mint, minyak peppermint, dan minyak kayu putih.

Cara penggunaannya juga bervariasi, misalnya dengan menaburkan bahan-bahan tersebut di area yang sering dilalui tikus atau dengan membuat campuran semprotan untuk ditempatkan di sarang tikus. Dalam memilih cara mengusir tikus yang ampuh, perlu mempertimbangkan faktor-faktor seperti tingkat keamanan dan efektivitas, serta seberapa mudah bahan-bahan tersebut ditemukan.

Selain itu, perlu juga diingat bahwa menjaga kebersihan dan kerapian rumah merupakan langkah penting dalam mencegah tikus datang dan membuat sarang di rumah kita.

Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.