Manfaat Lidah Buaya
Gaya Hidup

15 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Lidah Buaya – Aloe vera (Lidah buaya) merupakan tanaman hijau yang memiliki daun tebal berisi gel. Tanaman ini tidak hanya terkenal sebagai tanaman hias yang cantik, tetapi juga telah digunakan selama berabad-abad untuk tujuan pengobatan dan perawatan kecantikan. Gel lidah buaya mengandung berbagai zat aktif, termasuk asam folat, kolin, glikoprotein, minyak esensial, vitamin A, C, B12, dan E, serta berbagai mineral seperti kalsium, kalium, magnesium, dan natrium. Lidah buaya terkenal dengan kandungan airnya yang mencapai 95 persen.

Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah dan Kesehatan
Sumber Gambar: Freepik

Berikut manfaat lidah buaya untuk wajah, kulit dan kesehatan yang dapat memberikan keajaiban yang telah kita rangkum dari beberapa sumber.

1. Meredakan GERD

GERD adalah gangguan pencernaan yang menyebabkan mulas pada perut. Mengonsumsi gel lidah buaya pada waktu makan dapat membantu meredakan gejala GERD. Keunggulan lainnya adalah toksisitas rendah lidah buaya, membuatnya aman untuk dikonsumsi dalam jumlah tertentu.

2. Mempercepat Penyembuhan Luka

Banyak penelitian menunjukkan bahwa mengoleskan gel atau krim lidah buaya dapat mempercepat proses penyembuhan luka bakar derajat ringan. Dengan kandungan vitamin, mineral, dan asam amino, lidah buaya membantu dalam mempercepat regenerasi sel-sel kulit dan menyembuhkan luka dengan efektif.

3. Mengatasi Kulit Kering

Lidah buaya telah lama dikenal sebagai solusi efektif untuk kulit kering. Dengan kandungan mineral, enzim, antioksidan, vitamin A, vitamin C, dan vitamin E, tanaman ini dapat memperkuat barrier kulit, memberikan kelembapan yang optimal, dan menjadikan kulit tampak lebih sehat dan bersinar.

4. Menjaga Kesehatan Mulut

Ternyata, lidah buaya tidak hanya bermanfaat untuk kulit tetapi juga untuk kesehatan mulut. Studi menunjukkan bahwa menggunakan pasta gigi yang mengandung lidah buaya dapat membantu meningkatkan kesehatan mulut. Sifat antibakterinya membantu membunuh bakteri penyebab masalah gigi dan mengurangi plak.

5. Menghilangkan Jerawat

Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan gel lidah buaya setiap pagi dan sore, bersamaan dengan obat antijerawat, dapat meningkatkan efektivitas obat dalam menyembuhkan jerawat. Kandungan asam salisilat dan senyawa antiseptik dalam lidah buaya membantu membunuh bakteri penyebab jerawat, menjadikannya solusi alami untuk kulit berjerawat.

6. Melancarkan Buang Air Besar

Lidah buaya, terutama dalam bentuk gel, telah lama diakui sebagai obat pencahar alami. Meski demikian, penggunaannya perlu hati-hati untuk menghindari efek samping seperti sakit perut hebat dan diare. Dalam dosis yang tepat, lidah buaya dapat membantu melancarkan sistem pencernaan.

7. Membersihkan Make Up

Bagi pemilik kulit sensitif, lidah buaya dapat menjadi alternatif pembersih make up tanpa menimbulkan iritasi. Teksturnya yang seperti gel memudahkan lidah buaya untuk melarutkan riasan wajah dengan mudah, sekaligus memberikan kelembapan ekstra pada kulit.

8. Mengatasi Ketombe

Rutin mengoleskan gel lidah buaya ke kulit kepala sebelum keramas dapat membantu mengatasi masalah ketombe. Kandungan melembapkan dan anti peradangan lidah buaya membantu menjaga kelembapan kulit kepala, mengurangi iritasi, dan mengurangi ketombe.

9. Menurunkan Kadar Gula Darah

Lidah buaya memiliki potensi untuk menjadi obat alami diabetes. Studi menunjukkan bahwa konsumsi ekstrak lidah buaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2. Namun, perlu hati-hati agar tidak terjadi hipoglikemia jika dikonsumsi bersamaan dengan obat diabetes.

10. Mencegah Kanker

Jus lidah buaya mengandung polifenol sebagai antioksidan yang melindungi sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, berpotensi mencegah perkembangan sel kanker. Walaupun potensial, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memahami sepenuhnya manfaat lidah buaya dalam pencegahan kanker.

11. Menurunkan Gula Darah

Lidah buaya bukan hanya sekadar penghias pot tanaman di rumah. Tanaman ini ternyata bisa menjadi senjata ampuh dalam mengendalikan kadar gula darah. Sebuah studi ilmiah menunjukkan bahwa mengonsumsi 2 sendok makan aloe vera mampu menurunkan gula darah pada penderita diabetes tipe 2. Ini berkat kemampuannya meningkatkan efektivitas insulin dalam tubuh. Meski begitu, penting untuk diingat bahwa pemakaian lidah buaya bersamaan dengan obat-obatan tertentu harus dilakukan dengan hati-hati.

12. Membantu Pemulihan Cold Sore

Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan krim dengan ekstrak lidah buaya dapat mempercepat proses penyembuhan cold sore atau luka akibat virus herpes simpleks. Sifat antivirus lidah buaya dapat membantu melawan virus herpes, memberikan bantuan bagi mereka yang mengalami masalah ini.

13. Meredakan Fisura Anus

Fisura anus, yang muncul sebagai robekan kecil pada lapisan anus, dapat diatasi dengan menggunakan krim lidah buaya. Oleskan krim ini pada area yang terkena 3 kali sehari untuk meredakan gejala fisura anus.

14. Mengatasi Psoriasis

Krim dengan kandungan lidah buaya dapat mengurangi gejala psoriasis seperti kulit bersisik dan gatal. Efek antiradang lidah buaya membantu mengurangi kemerahan dan mencegah keparahan psoriasis, memberikan solusi bagi penderita kondisi kulit kronis ini.

15. Membantu Mempercepat Penyembuhan Luka

Salah satu manfaat utama lidah buaya untuk wajah adalah kemampuannya dalam mempercepat proses penyembuhan luka. Kandungan kalsium dan antioksidan dalam lidah buaya mampu mempercepat pembelahan sel-sel keratinosit dan memperkuat jaringan kulit. Oleskan gel lidah buaya langsung pada area luka, biarkan mengering, dan rasakan perbedaannya.

Baca juga: 23 Manfaat Petai untuk Kesehatan

Efek Samping dan Peringatan Penggunaan Lidah Buaya

Meskipun lidah buaya membawa sejumlah manfaat, perlu diingat bahwa ada potensi efek samping, terutama jika penggunaannya tidak diatur dengan benar. Reaksi alergi, sakit perut, dan diare adalah beberapa efek samping yang mungkin terjadi. Oleh karena itu, perlu memperhatikan dosis dan konsultasi dengan profesional kesehatan sebelum penggunaan, terutama pada kelompok yang berisiko seperti ibu hamil, anak-anak di bawah 12 tahun, dan pasien yang akan menjalani operasi.

Selamat menikmati keindahan dan kesehatan yang ditawarkan oleh tanaman luar biasa ini!

Referensi

  1. Landes, E. (2023). Healthline. 5 Healthy Benefits of Drinking Aloe Vera Juice.
  2. Lawler, M. (2023). Everyday Health. Aloe Vera 101: A Complete Guide.
  3. Petrovich, B. (2023). Verywell Health. Health Benefits of Aloe Vera.
  4. Cleveland Clinic. (2022). Aloe Vera for Sunburns: Does It Help?.
  5. Web MD. (2023). Aloe Vera – Health Benefits, Common Uses, Side Effects.
  6. Phytomedicine. (1996). Antidiabetic activity of Aloe vera L. juice. I. Clinical trial in new cases of diabetes mellitus.
  7. Healthline. (2023). 7 Amazing Uses for Aloe Vera. Retrieved from
  8. Canning, K. (2021). Health. 9 Aloe Vera Benefits That Dermatologists and Researchers Want You to Know.
Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.