cara mengatasi gatal-gatal pada kulit
Gaya Hidup

Cara Mengatasi Gatal-Gatal pada Kulit

Gatal-gatal pada kulit adalah masalah umum yang dapat sangat mengganggu dan mengganggu kenyamanan sehari-hari kita. Sensasi gatal yang tak tertahankan dapat mengakibatkan ketidaknyamanan fisik dan emosional, serta merusak kualitas hidup kita secara keseluruhan. Namun, jangan khawatir, ada banyak cara yang dapat kita lakukan untuk mengatasi gatal-gatal pada kulit dan mengembalikan kesehatan kulit yang optimal. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa solusi alami dan efektif yang dapat membantu menghilangkan gatal-gatal pada kulit.

Sebelum kita memahami cara mengatasi gatal-gatal pada kulit, penting untuk mengetahui penyebab umum dari masalah ini. Beberapa kondisi umum yang dapat menyebabkan rasa gatal adalah alergi, dermatitis, infeksi jamur, serangga, kulit kering, dan stres. Dalam beberapa kasus, gatal-gatal pada kulit juga dapat menjadi gejala penyakit kulit yang lebih serius seperti eksim atau psoriasis. Memahami penyebab gatal-gatal pada kulit adalah langkah pertama dalam menemukan solusi yang tepat untuk mengatasi masalah ini.

Cara Mengatasi Gatal-gatal pada Kulit

Berikut adalah beberapa cara yang dapat membantu mengatasi gatal-gatal pada kulit.

Menggunakan Pelembap

Kulit yang kering dapat menjadi salah satu penyebab gatal-gatal. Oleh karena itu, sangat penting untuk menggunakan pelembap setelah mandi. Pilihlah pelembap yang cocok untuk jenis kulit Anda dan gunakan secara teratur. Pelembap membantu menjaga kelembapan kulit dan mencegahnya menjadi kering dan gatal.

Baca juga: Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

Kompres Dingin

Anda bisa mencoba mengompres area yang terasa gatal dengan menggunakan kantong es atau kain yang telah direndam dalam air dingin. Tempatkan kompres dingin tersebut selama sekitar 10 menit atau hingga rasa gatal mereda. Suhu dingin dapat mengganggu dan mengalihkan sinyal saraf dari rasa gatal, memberikan Anda sedikit kelegaan.

Menggunakan Pelembap

Kulit yang kering dapat menjadi salah satu penyebab gatal-gatal. Oleh karena itu, sangat penting untuk menggunakan pelembap setelah mandi. Pilihlah pelembap yang cocok untuk jenis kulit Anda dan gunakan secara teratur. Pelembap membantu menjaga kelembapan kulit dan mencegahnya menjadi kering dan gatal.

Hindari Pemakaian Pakaian yang Terlalu Ketat

Pemakaian pakaian yang terlalu ketat dapat menyebabkan iritasi pada kulit dan memperburuk gatal-gatal. Pilihlah pakaian yang longgar dan terbuat dari bahan yang lembut, seperti katun. Hindari pemakaian pakaian yang terbuat dari bahan sintetis atau berbulu, karena dapat mengiritasi kulit Anda.

Baca juga: Cara Mengusir Nyamuk di Kamar Secara Efektif

Menggunakan Obat Gatal yang Alami

Berikut ini beberapa obat alami untuk mengatasi gatal pada kulit.

Lidah Buaya

lidah buaya

Salah satu tanaman yang memiliki beragam manfaat bagi kulit adalah lidah buaya. Gel lidah buaya dapat dioleskan untuk membantu meredakan iritasi kulit yang menyebabkan gatal-gatal atau kulit kering. Kandungan dalam tanaman ini berperan dalam menjaga kelembapan kulit dan memastikan tingkat hidrasi kulit tetap terjaga.

Secara umum, lidah buaya adalah bahan alami yang aman untuk digunakan. Namun, disarankan untuk melakukan uji reaksi alergi sebelum mengaplikasikannya secara luas. Untuk melakukan uji reaksi alergi, Anda dapat mengoleskan sedikit gel lidah buaya pada area telapak tangan.

Cuka Apel

cuka apel

Cuka apel mengandung asam asetat yang telah digunakan selama ribuan tahun sebagai disinfektan alami dan antiseptik untuk luka. Menurut National Psoriasis Foundation (NPF), cuka apel juga dapat membantu mengatasi rasa gatal pada kulit.

Penggunaan cuka apel sebagai obat untuk kulit gatal sangat sederhana. Campurkan cuka apel dengan air bersih dalam perbandingan 1:1. Oleskan larutan ini pada kulit yang gatal dan biarkan hingga kering. Setelah itu, bilas dengan air hangat.

Namun, perlu diingat bahwa cuka apel dapat menyebabkan iritasi pada luka terbuka. Jadi, hindari penggunaan larutan ini pada kulit yang pecah-pecah atau berdarah.

Baca juga: Sawarna Srikandi: Tempat Wisata Terbaik di Banten

Kunyit

kunyit

Kunyit mengandung senyawa aktif yang disebut kurkumin, yang memiliki sifat antiinflamasi dan bakterisida. Senyawa ini membantu dalam pengobatan peradangan dan gatal pada kulit.

Namun, krim yang digunakan dalam penelitian tersebut juga mengandung campuran antiinflamasi lainnya, yang berkontribusi pada perbaikan yang terjadi. Oleh karena itu, penelitian ini tidak dapat menyimpulkan bahwa kunyit secara tunggal dapat meredakan gejala eksim.

Minyak Kelapa

minyak kelapa

Manfaat minyak kelapa juga dapat dirasakan dalam mengatasi gatal pada kulit. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa minyak kelapa memiliki kemampuan yang efektif dalam mengatasi masalah kulit, termasuk gatal yang disebabkan oleh peradangan akibat alergi.

Minyak kelapa tidak hanya memiliki sifat antiinflamasi, tetapi juga dapat membantu mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh peradangan. Penggunaan minyak kelapa pada kulit juga dapat meningkatkan kadar antioksidan, yang berfungsi untuk menstabilkan radikal bebas dan mengatasi peradangan yang menjadi pemicu rasa gatal-gatal.

Oatmeal

oatmeal

Oatmeal tidak hanya baik sebagai menu sarapan, tetapi juga dapat membantu mengatasi gatal pada kulit, oatmeal memiliki sifat humektan, yang dapat membantu menjaga kelembapan kulit.

Untuk mendapatkan manfaat kesehatan kulit dari oatmeal, Anda dapat mencampurkan oatmeal berbentuk krim koloid ke dalam air mandi. Oatmeal mengandung zat antiinflamasi dan antioksidan yang dapat mengurangi rasa gatal, mengatasi kulit kering, serta meredakan kulit yang kasar atau keras.

Baca juga: Tata Cara dan Niat Sholat Jenazah Laki-Laki dan Perempuan

Menggunakan Obat Anti Gatal

Apabila obat gatal alami tidak berhasil mengatasi kondisi kulit Anda, Anda dapat mencoba obat tanpa resep berikut ini sebagai alternatif:

Krim Anti Gatal

Tersedia berbagai jenis krim anti gatal tanpa resep di pasaran. Produk ini merupakan salah satu pengobatan yang efektif untuk meredakan gatal pada kulit. Pilihlah krim anti gatal yang mengandung hidrokortison, zat yang dapat menghambat respon peradangan tubuh dan membantu menenangkan kulit yang meradang dan gatal.

Antihistamin

Antihistamin adalah obat yang umum digunakan untuk meredakan reaksi alergi. Obat ini tersedia dalam bentuk topikal (oles) maupun oral (diminum). Anda dapat mengoleskan antihistamin topikal pada area kulit yang gatal terlebih dahulu.

Jika gejalanya tidak membaik, Anda bisa mencoba antihistamin oral untuk meredakan gatal dari dalam tubuh. Antihistamin oral umumnya lebih efektif jika gatal-gatal pada kulit disebabkan oleh reaksi alergi.

Petroleum Jelly

Jika kulit gatal disertai dengan kekeringan dan pecah-pecah, Anda bisa menggunakan petroleum jelly. Produk ini memiliki kandungan yang lembut dan aman untuk digunakan pada kulit wajah, kelopak mata, dan bibir.

Baca juga: Cara Membuat Google Form

Obat Antijamur

Untuk mengatasi kulit gatal yang disebabkan oleh infeksi jamur, seperti kurap, kaki atlet, atau infeksi jamur pada kuku, Anda dapat menggunakan obat antijamur yang tersedia di apotek. Obat ini tersedia dalam bentuk krim dan kapsul. Obat antijamur bekerja dengan mengatasi jamur dan mencegah pertumbuhan jamur pada kulit, sehingga gejala gatal dapat perlahan-lahan hilang.

Minum Cukup Air

Minum Cukup Air

Kulit yang terhidrasi dengan baik lebih mampu melawan iritasi dan gatal-gatal. Pastikan Anda minum cukup air setiap hari agar tubuh dan kulit Anda tetap terhidrasi. Kurangnya asupan cairan dapat membuat kulit menjadi kering dan rentan terhadap gatal-gatal.

Menghindari Menggaruk Kulit

Saat gatal-gatal melanda, insting alami kita adalah menggaruk kulit untuk meredakan rasa gatal. Namun, menggaruk kulit dapat memperparah masalah dan menyebabkan iritasi serta infeksi. Cobalah untuk menghindari menggaruk kulit sebisa mungkin. Jika sulit, gunakan teknik-teknik relaksasi, seperti bernapas dalam-dalam atau mengompres kulit dengan air dingin, untuk meredakan rasa gatal.

Baca juga: Makanan Sehat Sehari-hari Kunci Hidup Berkualitas

Kesimpulan

Gatal-gatal pada kulit dapat sangat mengganggu, tetapi dengan langkah-langkah yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini. Menjaga kebersihan kulit, menggunakan pelembap, menghindari pakaian yang terlalu ketat, dan menghindari pemicu alergi adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan.

Selain itu, minum air yang cukup, menggunakan obat anti gatal, dan menghindari menggaruk kulit juga dapat membantu meredakan gatal-gatal. Jika masalah tidak kunjung membaik, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda dalam mengatasi gatal-gatal pada kulit. Tetaplah menjaga kesehatan kulit Anda agar tetap segar dan bebas gatal!

Referensi

  1. Lio, P.A., Lee, M., and LeBovidge, J. (2020). Eczema: A Comprehensive Review. Clinical Reviews in Allergy & Immunology, 59(2), 209-219.
  2. National Eczema Association. (2021). Eczema: Overview.
  3. National Psoriasis Foundation. (2021). Understanding Psoriasis.
  4. Mayo Clinic. (2021). Itchy skin (pruritus).
  5. American Academy of Dermatology. (2021). Eczema.
  6. Heng, A.H.S., Chew, F.T. Systemic treatment for atopic dermatitis: An update. Dermatol Sin. 2017;35(3):141-146.
  7. Kim, J.E., Kim, H.S. Treatment of atopic dermatitis with a low-histamine diet. Ann Dermatol. 2011;23(4):541-543.
  8. Eichenfield, L.F., Tom, W.L., Berger, T.G., et al. Guidelines of care for the management of atopic dermatitis: Section 2. Management and treatment of atopic dermatitis with topical therapies. J Am Acad Dermatol. 2014;71(1):116-132.
Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.