Manfaat Buah Murbei
Gaya Hidup

14 Manfaat Buah Murbei untuk Kesehatan

Manfaat buah murbei, mungkin belum banyak yang tahu, memiliki keajaiban kesehatan yang luar biasa. Tidak hanya lezat dan menggugah selera, tetapi buah ini juga mengandung sejumlah nutrisi esensial yang memberikan berbagai manfaat bagi tubuh. Ditemukan di berbagai kawasan dengan iklim empat musim seperti Asia Utara dan Amerika Utara, buah murbei bukan hanya bahan makanan yang lezat, tetapi juga bagian dari beragam warisan budaya. Dengan hanya 45 kalori per 100 gramnya, buah murbei memiliki kandungan karbohidrat, protein, serat, gula, kalsium, zat besi, kalium, vitamin C, vitamin E, choline, dan masih banyak lagi. Mari kita kupas satu per satu dan temukan kekayaan nutrisi yang tersembunyi.

Manfaat Buah Murbei untuk Kesehatan

Manfaat Buah Murbei untuk Kesehatan
Sumber Gambar: Freepik

Berikut manfaat buah murbei untuk kesehatan tubuh kita.

1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Berbagai penelitian ilmiah telah membuktikan bahwa buah murbei memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar kolesterol jahat, LDL (Low-Density Lipoprotein), yang merupakan lemak yang dapat menyumbat pembuluh darah. Selain itu, buah ini juga terbukti mampu mengurangi tingkat trigliserida, yang merupakan jenis lemak dalam darah yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Buah murbei mengandung sejumlah senyawa bioaktif, seperti fitosterol dan serat larut air, yang berperan dalam menurunkan kadar kolesterol. Fitosterol, yang ditemukan dalam jumlah tinggi dalam buah murbei, dapat bersaing dengan penyerapan kolesterol dalam usus, sehingga mencegah penyerapan kolesterol berlebih ke dalam darah.

2. Pengontrolan Gula Darah

Kandungan unik dalam buah ini, terutama senyawa 1-deoxynojirimycin (DNJ), menawarkan solusi alami untuk menjaga kadar gula darah tetap terkendali.

DNJ bekerja dengan memperlambat proses pencernaan dan penyerapan karbohidrat di usus. Ini berarti bahwa glukosa darah meningkat lebih lambat setelah makan, menghindari lonjakan gula darah yang dapat berisiko bagi penderita diabetes. Oleh karena itu, buah murbei menjadi pilihan cerdas sebagai camilan atau tambahan dalam diet untuk mereka yang perlu memantau gula darah mereka.

Murbei putih, khususnya, telah terbukti sangat efektif dalam menjaga kadar gula tubuh. Kandungan khusus dalam murbei putih membantu mengatur gula darah dalam kisaran yang optimal.

3. Pemberantas Radikal Bebas

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam buah murbei menjadikannya sebagai perisai alami tubuh Anda terhadap serangan radikal bebas, yang dapat menyebabkan stres oksidatif dan berbagai penyakit degeneratif.

Antioksidan dalam buah murbei termasuk berbagai senyawa seperti flavonoid, polifenol, lutein, dan zeaxanthin. Senyawa-senyawa ini bekerja bersama-sama untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Stres oksidatif dapat memicu berbagai kondisi kesehatan, termasuk peradangan dan penuaan dini, dan itulah mengapa penting untuk memiliki pertahanan tubuh yang kuat.

4. Mengatasi Anemia

Kandungan zat besi dalam buah ini menjadikannya sebagai tambahan alami untuk meningkatkan kadar hemoglobin dan menyediakan oksigen yang cukup untuk seluruh tubuh.

Zat besi adalah komponen esensial dalam proses produksi hemoglobin, protein pembawa oksigen dalam darah. Kelebihan zat besi membantu memastikan bahwa jaringan tubuh dapat mengakses oksigen yang diperlukan untuk menjaga kesehatan dan kinerja yang optimal. Ini bukan hanya tentang menyimpan dan mengangkut oksigen, tetapi juga tentang merasakan keberadaan oksigen dalam jaringan, yang sangat penting untuk mendeteksi tingkat oksigen yang sangat rendah.

Ketika tubuh mendapatkan pasokan zat besi yang cukup melalui buah murbei, pertumbuhan sel darah putih juga didukung. Ini memiliki dampak positif pada sistem kekebalan tubuh, membantu mencegah komplikasi selama kehamilan, dan menjaga keseimbangan darah yang sehat.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan serat, antioksidan, dan flavonoid dalam buah ini bekerja bersama untuk memberikan perlindungan yang komprehensif terhadap sistem kardiovaskular.

Serat makanan dalam buah murbei membantu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida dalam darah. Ini memberikan perlindungan langsung terhadap pembuluh darah Anda, mengurangi risiko penyumbatan dan penyakit kardiovaskular yang serius. Selain itu, buah murbei juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL), yang memberikan manfaat tambahan untuk kesehatan jantung.

Antioksidan dan flavonoid dalam buah murbei melawan stres oksidatif dan peradangan, dua faktor utama yang berkontribusi pada penyakit jantung. Mereka membantu menjaga elastisitas pembuluh darah, mengontrol tekanan darah, dan membersihkan darah dari radikal bebas yang dapat merusak jaringan jantung.

6. Detoksifikasi Alami

Penumpukan lemak ini dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk gangguan fungsi hati yang serius. Oleh karena itu, memasukkan buah murbei ke dalam pola makan Anda dapat menjadi langkah proaktif untuk mencegah dan mengatasi perlemakan hati.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kandungan serat, vitamin, dan mineral dalam buah murbei dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dan menurunkan risiko penumpukan lemak di organ hati. Serat, dengan kemampuannya untuk memperlambat penyerapan lemak, berperan penting dalam menjaga keseimbangan lemak dalam tubuh.

Selain itu, buah murbei dapat menjadi bagian dari rencana detoksifikasi alami Anda. Kandungan antioksidan dalam buah ini membantu membersihkan racun dan zat berbahaya dari tubuh, termasuk hati. Detoksifikasi yang efisien membantu menjaga fungsi hati optimal dan mencegah terjadinya perlemakan hati yang dapat membahayakan kesehatan Anda.

7. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Buah murbei kaya akan serat makanan, yang terkenal dengan kemampuannya melancarkan pencernaan dan membuat tinja lebih lunak. Kandungan air yang tinggi dalam buah ini juga berkontribusi pada proses pencernaan yang lancar dan membantu mencegah terjadinya sembelit. Dengan mengonsumsi buah murbei secara teratur, Anda dapat memberikan dukungan optimal untuk fungsi usus Anda.

Serat dalam buah murbei bekerja dengan cara menyerap air dan membentuk massa tinja yang lunak. Hal ini membuat proses buang air besar menjadi lebih mudah dan nyaman, mengurangi risiko sembelit dan menjaga kesehatan saluran pencernaan Anda. Kandungan nutrisi lainnya dalam buah murbei juga membantu menyehatkan flora usus, mendukung pertumbuhan bakteri baik, dan menjaga keseimbangan mikroorganisme dalam saluran pencernaan.

8. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kombinasi kandungan vitamin C yang tinggi dan antioksidan dalam buah ini bekerja bersama untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda dan melindungi tubuh dari serangan penyakit.

Vitamin C, yang dikenal sebagai nutrisi peningkat kekebalan tubuh, terdapat dalam jumlah yang cukup dalam buah murbei. Vitamin ini membantu merangsang produksi sel darah putih, yang merupakan bagian penting dari pertahanan alami tubuh. Dengan meningkatkan jumlah dan aktivitas sel darah putih, tubuh menjadi lebih efisien dalam melawan infeksi dan penyakit.

Antioksidan, seperti flavonoid dan polifenol dalam buah murbei, melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Ini membantu mengurangi risiko peradangan dan penyakit kronis, memberikan dukungan tambahan untuk daya tahan tubuh Anda.

9. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan zeaxanthin, salah satu jenis karotenoid yang ditemukan dalam buah murbei, memberikan manfaat khusus untuk penglihatan dan melindungi mata dari risiko berbagai masalah mata.

Zeaxanthin telah terbukti memiliki kemampuan untuk mengurangi stres oksidatif pada mata. Stres oksidatif dapat menyebabkan degenerasi retina dan kehilangan penglihatan. Dengan mengonsumsi buah murbei, Anda memberikan mata Anda perlindungan tambahan melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel mata.

Karotenoid dalam buah murbei juga dapat membantu mencegah penyakit mata umum seperti katarak dan degenerasi makula. Mereka bekerja dengan cara menangkap radiasi sinar UV dan melindungi mata dari kerusakan yang disebabkan oleh paparan berlebihan terhadap cahaya matahari.

10. Mendukung Kesehatan Otak

Buah murbei bukan hanya memberikan kelezatan pada rasa, tetapi juga menyediakan nutrisi esensial yang mendukung kesehatan otak Anda. Sejumlah kandungan nutrisi dalam buah ini bekerja bersama untuk meningkatkan fungsi kognitif dan menjaga kejernihan pikiran Anda.

Cholin, yang ditemukan dalam jumlah yang cukup dalam buah murbei, merupakan nutrisi penting untuk perkembangan dan fungsi otak yang optimal. Cholin memiliki peran dalam sintesis neurotransmitter, zat kimia yang memungkinkan komunikasi antar sel saraf. Dengan demikian, asupan cholin yang cukup dapat meningkatkan daya ingat dan kognisi Anda.

Selain itu, buah murbei mengandung vitamin B kompleks, termasuk vitamin B2 (riboflavin). Vitamin ini berperan dalam menjaga kesehatan sel-sel otak dan mendukung proses metabolisme energi yang penting untuk fungsi otak yang optimal.

Omega-3, yang juga terdapat dalam buah murbei, merupakan asam lemak esensial yang membentuk sebagian besar struktur otak. Asam lemak ini telah terbukti mendukung perkembangan otak, meningkatkan daya ingat, dan melindungi otak dari penuaan.

11. Menjaga Kesehatan Tulang

Kombinasi nutrisi esensial seperti vitamin K, kalsium, dan zat besi dalam buah murbei memberikan dukungan yang signifikan untuk kepadatan tulang dan mencegah risiko gangguan tulang.

Vitamin K, yang terkandung dalam buah murbei, memiliki peran penting dalam pembentukan protein osteocalcin, yang mendukung penyerapan kalsium oleh tulang. Hal ini berkontribusi secara langsung pada kepadatan mineral tulang dan memastikan bahwa tulang Anda tetap kuat dan sehat.

Kalsium, selain ditemukan dalam produk susu, juga dapat diperoleh melalui konsumsi buah murbei. Kalsium adalah nutrisi kunci untuk pembentukan dan pemeliharaan tulang serta menjaga fungsi otot yang optimal.

Zat besi dalam buah murbei juga berperan dalam kesehatan tulang. Zat besi membantu memastikan pasokan oksigen yang cukup ke seluruh tubuh, termasuk tulang dan jaringan ikat. Ini mendukung pertumbuhan dan perbaikan sel-sel tulang, menjaga integritas struktural tulang dan mencegah risiko gangguan tulang seperti osteoporosis.

12. Menjaga Berat Badan Ideal

Karbohidrat, yang menyumbang sekitar 90 persen dari kandungan kalori buah murbei, sebagian besar berupa gula alami dan serat makanan. Gula alami memberikan energi yang mudah diserap oleh tubuh, sementara serat makanan membantu menjaga perasaan kenyang lebih lama dan mengontrol nafsu makan.

Keunikan buah murbei terletak pada kandungan karbohidratnya yang rendah kalori, menjadikannya pilihan yang ideal untuk mereka yang berusaha menurunkan berat badan. Meskipun rendah kalori, buah murbei tetap menyediakan beragam nutrisi esensial seperti vitamin, mineral, dan antioksidan, yang penting untuk mendukung kesehatan selama proses penurunan berat badan.

13. Menjaga Keseimbangan Gula Darah

Kandungan senyawa 1-deoxynojirimycin (DNJ) dalam buah murbei memiliki peran kritis dalam menjaga keseimbangan gula darah.

DNJ dalam buah murbei bekerja dengan cara memperlambat pencernaan dan metabolisme karbohidrat menjadi glukosa di usus. Dengan melembutkan proses ini, buah murbei membantu mencegah lonjakan gula darah setelah mengonsumsi makanan. Ini memberikan manfaat luar biasa bagi penderita diabetes tipe 2, membantu menjaga kadar gula darah dalam kisaran yang lebih stabil.

14. Anti-Aging

Antioksidan yang ditemukan dalam buah murbei melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel kulit. Radikal bebas adalah penyebab utama penuaan dini, menyebabkan kerusakan pada kolagen dan elastin yang mendukung kekencangan dan elastisitas kulit. Dengan mengonsumsi buah murbei, Anda memberikan perlindungan tambahan untuk menjaga keindahan dan kekenyalan kulit Anda.

Flavonoid dalam buah murbei memiliki sifat anti-inflamasi, membantu mengurangi peradangan yang dapat mempercepat proses penuaan. Peradangan kronis telah dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan dan penuaan dini, dan buah murbei menjadi pilihan alami untuk meredakan kondisi ini.

Polifenol dalam buah murbei juga berkontribusi pada peningkatan elastisitas kulit dan penundaan tanda-tanda penuaan. Mereka membantu melindungi kolagen dari kerusakan dan mempromosikan regenerasi sel-sel kulit baru, memberikan tampilan kulit yang lebih muda dan berseri.

Baca juga: 16 Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan

Cara Konsumsi Buah Murbei

Buah murbei dapat dinikmati dalam berbagai cara yang kreatif dan lezat. Berikut adalah beberapa cara populer untuk mengonsumsi buah murbei:

  • Buah murbei dapat dimakan langsung setelah dicuci bersih.
  • Tambahkan buah murbei segar atau kering ke dalam smoothie favorit.
  • Taburkan potongan buah murbei segar atau kering di atas pancake atau waffle sebagai topping yang lezat.
  • Gabungkan buah murbei dengan berbagai jenis buah dan sayuran untuk membuat salad yang segar dan lezat.
  • Buat selai atau jam buah murbei untuk dinikmati bersama roti, scones, atau kue.
  • Campurkan buah murbei ke dalam yogurt sebagai tambahan buah yang sehat dan nikmat.
  • Tambahkan buah murbei kering ke dalam teh panas atau air infus untuk memberikan aroma dan rasa yang spesial pada minuman Anda.
  • Gunakan buah murbei sebagai bahan utama atau topping untuk membuat pie atau kue.
  • Campurkan buah murbei kering ke dalam granola atau muesli untuk memberikan rasa manis alami dan nutrisi tambahan pada sarapan.
  • Buat selai buah murbei dengan memasaknya bersama gula dan sedikit air. Selai ini dapat digunakan sebagai tambahan pada roti atau biskuit.

Ingatlah untuk mencuci buah murbei dengan baik sebelum mengonsumsinya, terutama jika mengonsumsinya dalam bentuk segar. Nikmati kelezatan buah murbei dan manfaat kesehatannya dengan menggabungkan variasi cara konsumsi di atas dalam pola makan sehari-hari.

Referensi

  1. Wong, C. Verywell Fit. What Is White Mulberry?. Diakses pada 2023.
  2. NDTV. 8 Amazing Mulberry Benefits: Make the Most of it While the Season Lasts.
  3. National Institutes of Health. U.S. National Library of Medicine MedlinePlus. Fatty Liver Disease. Diakses pada 2023
  4. WebMD. Vitamins & Supplements. White Mulberry.
  5. Lee, et al. (2020). Mulberry Fruit Extract Promotes Serum HDL-Cholesterol Levels and Suppresses Hepatic microRNA-33 Expression in Rats Fed High Cholesterol/Cholic Acid Diet. Nutrients, 12(5), pp. 1499.
  6. Bjarnadottir, A. Healthline. Mulberries 101: Nutrition Facts and Health Benefits. Dakses pada 2023.
Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.