Manfaat Ginkgo Biloba
Gaya Hidup

9 Manfaat Ginkgo Biloba untuk Kesehatan

Manfaat Ginkgo Biloba – Ginkgo Biloba merupakan pohon asli Cina yang telah ada selama ribuan tahun. Di Tiongkok, tanaman ini sering dianggap sebagai “fosil hidup” karena merupakan satu-satunya anggota ordo tumbuhan kuno yang masih bertahan hingga saat ini.

Sejak zaman kuno, masyarakat Tiongkok telah memanfaatkan berbagai bagian dari Ginkgo Biloba, terutama daun dan bijinya, dalam pengobatan tradisional. Namun, belakangan ini studi modern mulai memfokuskan perhatian pada ekstrak Ginkgo, yang umumnya dihasilkan dari daun tanaman ini.

Kandungan Nutrisi Ginkgo Biloba

Manfaat Ginkgo Biloba
Sumber Gambar: bola.com

Ginkgo Biloba bukan hanya tanaman herbal biasa. Tanaman ini merupakan kelompok tanaman herbal yang kaya nutrisi, menyediakan sejumlah vitamin dan mineral yang penting untuk mendukung kesehatan tubuh. Berikut adalah beberapa nutrisi kunci yang ditemukan dalam Ginkgo Biloba seperti vitamin C, vitamin A, serta sejumlah mineral seperti thiamine, pyridoxine, asam pantotenat, folat, sodium, magnesium, mangan, kalsium, zink, tembaga, dan zat besi. Kombinasi nutrisi ini memberikan kontribusi signifikan untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Baca juga: 6 Manfaat Daun Keji Beling Selain Tanaman Pagar

Manfaat Ginkgo Biloba untuk Kesehatan

Manfaat Ginkgo Biloba
Sumber Gambar: kompas.com

Sekarang, mari kita eksplorasi berbagai manfaat kesehatan yang diklaim terkait dengan Ginkgo Biloba:

1. Melawan Peradangan

Beberapa studi membuktikan bahwa ginkgo Biloba memiliki sifat antiinflamasi yang efektif dalam mengatasi berbagai jenis peradangan, termasuk radang sendi, penyakit iritasi usus, kanker, dan penyakit jantung. Dalam respons inflamasi, komponen sistem kekebalan tubuh bekerja untuk melawan zat asing dan membantu proses penyembuhan daerah yang terluka.

2. Mendukung Kesehatan Otak dan Kemampuan Memori

Sifat antiinflamasi dan antioksidannya membantu meningkatkan aliran darah ke otak, menjaga fungsi neurotransmitter, dan pada gilirannya, meningkatkan kemampuan memori. Penelitian modern juga menunjukkan bahwa Ginkgo Biloba dapat meredakan gejala gangguan kecemasan yang dapat mempengaruhi kesejahteraan mental.

3. Menurunkan Intensitas Gejala Asma

Asma, yang sering kali disertai dengan sesak napas dan batuk, dapat membaik dengan senyawa antiinflamasi dalam Ginkgo Biloba. Ini dapat membantu mengurangi peradangan dalam organ paru-paru dan memberikan bantuan dalam mengatasi gejala asma.

4. Meningkatkan Aliran Darah dalam Tubuh

Konsumsi Ginkgo Biloba dapat mengoptimalkan aliran darah dalam tubuh, memastikan bahwa seluruh organ menerima asupan darah dan oksigen yang cukup. Ini tidak hanya mendukung kesehatan jantung tetapi juga dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

5. Mengurangi Risiko Kanker

Hasil penelitian mengungkapkan, tanaman ini mengandung flavonoid dan terpenoid, senyawa antioksidan yang dapat memberikan perlindungan aktif terhadap kerusakan oksidatif akibat radikal bebas. Dengan demikian, Ginkgo Biloba dapat membantu menurunkan risiko terserang penyakit kanker.

6. Meningkatkan Kesehatan Mata

Ginkgo Biloba tidak hanya bermanfaat untuk otak, tetapi juga dapat meningkatkan fungsi penglihatan dan kesehatan mata. Ini dikaitkan dengan peningkatan aliran darah ke mata dan kemampuannya untuk mencegah gangguan degeneratif pada mata.

7. Mengurangi Gejala Gangguan Kejiwaan dan Demensia

Penelitian telah menunjukkan bahwa Ginkgo Biloba dapat membantu mengurangi gejala kecemasan, stres, serta gejala terkait penyakit Alzheimer dan penurunan kognitif terkait penuaan. Terutama pada jenis demensia vaskular, tanaman ini dapat meningkatkan aliran darah ke otak, mengurangi gangguan kognitif.

8. Mengatasi Sakit Kepala dan Migrain

Hasil penelitian ilmiah mengungkapkan bahwa ginkgo Biloba telah terbukti efektif dalam mengatasi sakit kepala dan migrain. Sifat antiinflamasi dan antioksidannya dapat melebarkan pembuluh darah, mengurangi gejala yang terkait dengan penyempitan pembuluh darah.

9. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Ginkgo Biloba tidak hanya meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh tetapi juga mendukung kesehatan jantung. Dengan peredaran darah yang lancar, jantung bekerja lebih efisien dalam memompa darah ke seluruh tubuh, menjaga kesehatan organ tersebut.

Baca juga: 11 Manfaat Daun Beluntas untuk Kesehatan

Cara Penggunaan dan Peringatan

Sebelum tergoda untuk mencoba manfaat Ginkgo Biloba, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan:

  • Sebelum memulai suplemen Ginkgo Biloba atau tanaman herbal lainnya, konsultasikan dengan dokter. Ini penting terutama jika memiliki kondisi medis tertentu atau sedang mengonsumsi obat-obatan lain.
  • Bijih Ginkgo Biloba mentah dapat menyebabkan keracunan. Pastikan untuk mengonsumsi dalam bentuk suplemen atau ekstrak yang telah terdaftar di BPOM RI.
  • Orang dengan kondisi medis tertentu seperti diabetes, epilepsi, atau gangguan kesuburan sebaiknya menghindari Ginkgo Biloba tanpa saran medis.
  • Ibu hamil dan menyusui disarankan untuk tidak mengonsumsi Ginkgo Biloba karena dapat memicu efek samping terhadap janin dan ASI.

Baca juga: 7 Manfaat Daun Saga untuk Kesehatan

Efek Samping Ginkgo Biloba

Beberapa efek samping yang mungkin termasuk sakit kepala, pusing, mual, atau reaksi kulit. Meskipun efek samping ini jarang terjadi, tetapi perlu diwaspadai.

Penelitian tentang Ginkgo Biloba

Meskipun banyak klaim kesehatan terkait Ginkgo Biloba, penting untuk diingat bahwa hasil penelitian bisa bervariasi dan masih memerlukan penelitian lebih lanjut. Beberapa penelitian menunjukkan manfaat yang signifikan, sementara yang lain mempertanyakan efektivitasnya. Konsultasikan dengan profesional kesehatan Anda untuk mendapatkan pandangan yang lebih terperinci.

Dengan pengetahuan ini, kita dapat mengambil langkah cerdas untuk meningkatkan kesehatan menggunakan dunia Ginkgo Biloba dengan pemahaman yang mendalam. Semoga informasi ini memberikan wawasan yang berharga tentang tanaman herbal yang menakjubkan ini.

Referensi

  1. Boateng, I. D. (2023). Ginkgols and bilobols in Ginkgo biloba L. A review of their extraction and bioactivities. Phytotherapy Research.
  2. Hill, A. 12 Benefits of Ginkgo Biloba (Plus Side Effects & Dosage). Healthline. Diakses pada Desember 2023.
  3. Akaberi, M., Baharara, H., Amiri, M. S., Moghadam, A. T., Sahebkar, A., & Emami, S. A. (2023). Ginkgo biloba: an update review on pharmacological, ethnobotanical, and phytochemical studies. Pharmacological Research-Modern Chinese Medicine, 100331.
  4. Verywell Mind. The Health Benefits and Side Effects of Ginkgo Biloba. Diakses pada Desember 2023.
  5. Griffi, M. Ginkgo Biloba. WebMD. Diakses pada Desember 2023.
  6. Pharm Easy. Ginkgo Biloba: Uses, Benefits, Precautions and More! Diakses pada Desember 2023.
  7. Mayo Clinic. Ginkgo. Diakses pada Desember 2023.
  8. Xie, L., Zhu, Q., & Lu, J. (2022). Can We Use Ginkgo Biloba Extract to Treat Alzheimer’s Disease? Lessons from Preclinical and Clinical Studies. Cells, 11(3), 479.
  9. Liu, Y., Xin, H., Zhang, Y., Che, F., Shen, N., & Cui, Y. (2022). Leaves, seeds and exocarp of Ginkgo biloba L.(Ginkgoaceae): A Comprehensive Review of Traditional Uses, phytochemistry, pharmacology, resource utilization and toxicity. Journal of Ethnopharmacology, 115645.
  10. Okhti, Z. A., Abdalah, M. E., & Hanna, D. B. (2021). Phytochemical structure and Biological Effect of Ginkgo biloba leaves: A review. International Journal of Pharmacological Research13(2).
  11. Liu, H., Ye., M., & Guo, H. (2020). An Updated Review of Randomized Clinical Trials Testing the Improvement of Cognitive Function of Ginkgo Biloba Extract in Healthy People and Alzheimer’s Patients. Frontiers in Pharmacology. doi: 10.3389/fphar.2019.01688.
  12. Belwal, T., Giri, L., Bahukhandi, A., Tariq, M., Kewlani, P., Bhatt, I. D., & Rawal, R. S. (2019). Ginkgo biloba. In Nonvitamin and nonmineral nutritional supplements (pp. 241-250). Academic Press.
  13. Singh, B., Kaur, P., Singh, R. D., & Ahuja, P. S. (2008). Biology and chemistry of Ginkgo biloba. Fitoterapia79(6), 401-418.
  14. Ahlemeyer, B., & Krieglstein, J. (2003). Neuroprotective effects of Ginkgo biloba extract. Cellular and Molecular Life Sciences CMLS60, 1779-1792.
  15. Sierpina, V. S., Wollschlaeger, B., & Blumenthal, M. (2003). Ginkgo biloba. American family physician68(5), 923-926.
  16. Lichtblau, D., Berger, J. M., & Nakanishi, K. (2002). Efficient extraction of ginkgolides and bilobalide from Ginkgo biloba leaves. Journal of natural products65(10), 1501-1504.
Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.