Manfaat Kentang
Gaya Hidup

Kandungan Gizi dan 16 Manfaat Kentang untuk Kesehatan

Manfaat Kentang – Kentang, tanaman yang sering kita temui di meja makan, ternyata memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa. Banyak yang hanya melihat kentang sebagai sumber karbohidrat, namun tahukah bahwa di balik rasanya yang lezat, kentang mengandung berbagai nutrisi penting yang dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh?, kita akan menjelajahi segala sesuatu tentang kentang, dari kandungan gizinya yang kaya hingga manfaat kesehatan yang mungkin belum banyak diketahui.

Kandungan Gizi Kentang

Manfaat Kentang
Sumber Gambar: Freepik

Kentang (Solanum tuberosum L.) bukan hanya sekadar karbohidrat. Kentang kaya akan protein, mineral, dan vitamin yang diperlukan tubuh. Dengan melihat komposisi kimianya per 100 gram, kita dapat memahami betapa kaya dan beragamnya kandungan gizi kentang.

Dalam setiap gigitan kentang, terkandung protein, karbohidrat, mineral (seperti besi, fosfor, magnesium, natrium, kalsium, dan kalium), serta vitamin C dan vitamin B1. Kentang bukan hanya sekadar pengisi perut, tetapi juga merupakan sumber energi yang berkelanjutan.

Manfaat Kentang untuk Kesehatan dan Lainnya

Berikut ini ulasan tentang beberapa manfaat kentang untuk kesehatan.

1. Pengobatan Tukak Lambung

Studi menunjukkan bahwa kentang dapat membantu dalam pengobatan tukak lambung. Kandungan nutrisi kentang memberikan dukungan dalam meredakan sakit perut dan menetralkan tingkat keasaman lambung.

2. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Kentang tidak hanya memberikan energi, tetapi juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Konsumsi kentang dapat membantu mengurangi produksi leukosit, memberikan perlindungan tambahan saat tubuh sedang berjuang melawan penyakit.

3. Anti-Aging dan Kecantikan Kulit

Kandungan antioksidan dalam kentang membantu melawan radikal bebas dan memperkuat produksi kolagen, sehingga dapat membantu meredakan bekas jerawat dan menjadikan kulit lebih cerah.

4. Pengontrol Kadar Gula Darah

Pati resisten dalam kentang membantu mengontrol kadar gula darah dengan mengurangi resistensi insulin, sebuah solusi untuk mengatasi masalah gula darah.

5. Pengobatan Alami untuk Luka Bakar

Kentang mentah bukan hanya lezat, tetapi juga dapat digunakan sebagai pengobatan alami untuk luka bakar ringan. Kandungan alami dalam kentang membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan, memberikan bantuan secara alami untuk proses penyembuhan.

6. Nutrisi untuk Kesehatan Otak dan Saraf

Kentang mengandung nutrisi penting seperti vitamin B1, B2, dan niasin yang mendukung fungsi optimal otak dan saraf untuk memelihara kecerdasan dan kesehatan mental.

7. Mengatasi Mata Lelah dan Bengkak

Kentang mentah berguna untuk mengatasi mata lelah dan bengkak. Irisan tipis kentang dapat diletakkan di atas kelopak mata selama beberapa menit untuk meredakan ketegangan.

8. Sifat Anti-Inflamasi

Kentang memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Kandungan nutrisi kentang berperan sebagai perisai alami melawan reaksi peradangan yang dapat merugikan tubuh.

9. Penghilang Lem di Tangan

Bagian dalam kulit kentang ternyata dapat menjadi pemoles alami yang efektif untuk menghilangkan lemak atau minyak di tangan, dan juga dapat membantu menjaga kebersihan dan kelembutan kulit.

10. Mencegah Anemia

Zat besi dalam kentang membantu dalam pembentukan sel darah merah, mencegah anemia, dan menjaga tingkat energi tubuh tetap optimal.

11. Mengatasi Sembelit

Serat dalam kentang membantu meningkatkan fungsi pencernaan dan dapat membantu mengatasi sembelit.

12. Menstabilkan Tekanan Darah

Kentang mengandung kalium yang membantu menjaga tekanan darah tetap stabil, dengan konsumsi kentang secara teratur dapat berkontribusi pada pencegahan hipertensi.

13. Kesehatan Tulang

Kalsium dan fosfor dalam kentang berperan penting dalam pembentukan tulang dan menjaga kepadatan tulang. Kentang juga memberikan dukungan bagi kesehatan rangka kita.

14. Kesehatan Jantung

Kandungan karbohidrat kompleks dalam kentang membantu mengatur kolesterol dan menjaga kesehatan jantung.

15. Antioksidan Melawan Radikal Bebas

Kentang kaya akan antioksidan seperti flavonoid, karotenoid, dan asam fenolik. Senyawa-senyawa ini berperan penting dalam melawan radikal bebas dan menjaga keseimbangan tubuh.

16. Menyehatkan Pencernaan

Pati resisten dalam kentang tidak hanya bermanfaat untuk mengontrol gula darah, tetapi juga dapat meningkatkan kesehatan pencernaan.

Kentang dalam Pengolahan yang Sehat

Bagaimana kita mengolah kentang juga memengaruhi manfaat kesehatannya. Merebus dan memanggang kentang dapat mempertahankan lebih banyak nutrisi daripada menggorengnya. Tips pengolahan yang sehat untuk memaksimalkan manfaat kesehatan kentang.

Menggoreng kentang dapat menyebabkan pembentukan bahan kimia akrilamida yang berpotensi menyebabkan kanker. Pilihan pengolahan yang bijaksana untuk mengurangi risiko ini.

Kentang, bukan hanya sekadar makanan pengisi perut, tetapi merupakan pundi-pundi manfaat kesehatan yang luar biasa. Dari anti-aging hingga pengobatan alami, dari menjaga kesehatan jantung hingga mendukung kesehatan pencernaan, kentang layak mendapat tempat istimewa dalam pola makan sehari-hari. Sebuah penemuan menarik tentang kesehatan yang ada di dapur kita sendiri.

Referensi

  1. Data Komposisi Pangan Indonesia – Beranda. Panganku.org. Diakses pada Desember2023.
  2. Journal of Medicinal Plants Studies. Health Benefits and Cons of Solanum tuberosum. Diakses pada Desember 2023.
  3. Eatthis.com. Side Effects of Eating Too Many Potatoes. Diakses pada Desember 2023.
  4. Clinical Nutrition Journal. Lower nocturnal blood glucose response to a potato-based mixed evening meal compared to rice in individuals with type 2 diabetes. Diakses pada Desember 2023.
  5. WebMD. Health Benefits of Potatoes. Diakses pada Desember 2023.
  6. Healthline. 7 Health and Nutrition Benefits of Potatoes. Diakses pada Desember 2023.
  7. Bindels, L. B., Segura Munoz, R. R., Gomes-Neto, J. C., Mutemberezi, V., Martínez, I., Salazar, N., Cody, E. A., Quintero-Villegas, M. I., Kittana, H., de Los Reyes-Gavilán, C. G., Schmaltz, R. J., Muccioli, G. G., Walter, J., & Ramer-Tait, A. E. (2017). Resistant starch can improve insulin sensitivity independently of the gut microbiota. Microbiome, 5(1), 12. https://doi.org/10.1186/s40168-017-0230-5
Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.