Manfaat Minum Air Hangat
Gaya Hidup

11 Manfaat Minum Air Hangat untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Minum Air Hangat – Pernahkah kamu menyadari bahwa minum air hangat dapat memberikan berbagai manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh kita? Ya, air putih mungkin menjadi minuman yang paling sederhana dan sering diabaikan, namun manfaatnya bagi tubuh tidak bisa dianggap remeh. Terlebih lagi, ketika air tersebut diminum dalam keadaan hangat, manfaatnya pun semakin meningkat.

Manfaat Minum Air Hangat untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Minum Air Hangat

Berikut manfaat minum air hangat untuk kesehatan tubuh yang dirangkum dari beberapa sumber.

1. Memperlambat Penuaan Kulit

Manfaat minum air hangat dapat memperlambat tanda-tanda penuaan pada kulit. Air hangat membantu melancarkan sirkulasi darah, sehingga nutrisi dan oksigen dapat lebih efisien mencapai sel-sel kulit. Dengan sirkulasi darah yang baik, proses regenerasi sel kulit menjadi lebih optimal, membantu memperbaiki dan mengganti sel-sel kulit yang rusak.

2. Melancarkan Sirkulasi Darah

Air hangat juga dapat membantu melancarkan sirkulasi darah. Hasil penelitian membuktikan bahwa dengan melancarkan sirkulasi darah, oksigen dan nutrisi dapat lebih mudah tersebar ke seluruh tubuh, sehingga organ-organ dalam tubuh kita dapat bekerja dengan lebih efisien.

Sirkulasi darah yang lancar berarti darah dapat mengalir tanpa hambatan ke berbagai bagian tubuh, membawa oksigen dan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh sel-sel tubuh. Ketika kita minum air hangat, suhu tubuh meningkat, menyebabkan pembuluh darah melebar (vasodilatasi). Proses ini membantu darah mengalir lebih bebas dan meningkatkan suplai oksigen serta nutrisi ke jaringan dan organ.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat yang bisa didapatkan dari minum air hangat adalah dapat membantu menurunkan berat badan. Bagaimana bisa? Ketika kita minum air hangat sebelum makan, air tersebut akan membuat perut terasa kenyang lebih cepat. Hal ini dapat mengurangi nafsu makan dan akhirnya mengurangi asupan kalori. Selain itu, air hangat juga dapat meningkatkan suhu tubuh dan mempercepat metabolisme, sehingga membantu membakar lemak lebih efisien.

4. Meredakan Nyeri Haid

Bagi wanita yang sering mengalami nyeri haid, minum air hangat dapat membantu meredakan nyeri tersebut. Nyeri haid, atau dismenore, sering kali disebabkan oleh kontraksi otot-otot rahim yang kuat saat lapisan dinding rahim meluruh dan keluar sebagai darah menstruasi. Kontraksi ini dapat menyebabkan nyeri dan kram yang terasa tidak nyaman di bagian bawah perut.

Air hangat dapat membantu merelaksasi otot-otot rahim, sehingga mengurangi kontraksi dan mengurangi rasa nyeri. Saat kita minum air hangat, suhu tubuh meningkat sedikit, yang membantu meredakan ketegangan otot. Efek hangat dari air juga dapat meningkatkan aliran darah ke area panggul, membantu mengurangi ketegangan dan mempercepat proses penyembuhan.

5. Melancarkan Pencernaan

Air hangat dapat membantu melonggarkan dan merelaksasi otot-otot pencernaan, sehingga membantu proses pencernaan makanan menjadi lebih lancar. Ketika kita minum air hangat, otot-otot yang mengelilingi saluran pencernaan kita menjadi lebih rileks, memudahkan makanan untuk bergerak melalui sistem pencernaan. Ini dapat membantu mencegah terjadinya masalah pencernaan seperti rasa kembung, perut kembung, dan mual.

Selain itu, air hangat juga dapat membantu membersihkan saluran pencernaan dari sisa-sisa makanan yang menempel di dinding usus, sehingga mencegah terjadinya sembelit. Minum air hangat dapat membantu melunakkan feses yang keras dan kering, sehingga memudahkan proses buang air besar. Ini sangat bermanfaat bagi orang yang sering mengalami sembelit atau masalah pencernaan lainnya.

6. Memperbaiki Suasana Hati

Beberapa studi mengungkapkan bahwa minum air hangat juga dapat membantu memperbaiki suasana hati. Ketika kita merasa lebih rileks dan nyaman setelah minum air hangat, kita akan merasa lebih bahagia dan lebih siap menghadapi tantangan yang ada di hari kita.

Minum air hangat dapat merangsang sistem saraf parasimpatis, yang bertanggung jawab untuk respons “istirahat dan cerna” tubuh kita. Ketika sistem saraf parasimpatis aktif, tubuh kita cenderung lebih tenang dan rileks. Efek relaksasi ini dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan, yang pada gilirannya meningkatkan suasana hati secara keseluruhan.

7. Detoksifikasi Tubuh

Air hangat juga dapat membantu dalam proses detoksifikasi tubuh. Dengan mengonsumsi air hangat, tubuh akan lebih mudah mengeluarkan racun-racun yang ada di dalam tubuh melalui keringat dan urine. Hal ini dapat membantu membersihkan tubuh dari zat-zat berbahaya dan menjaga kesehatan organ-organ dalam tubuh.

8. Mengatasi Kedinginan

Saat cuaca sedang dingin atau kita sedang merasa kedinginan, minum air hangat dapat membantu meningkatkan suhu tubuh secara sementara. Hal ini dapat membantu mengatasi rasa kedinginan dan membuat kita merasa lebih nyaman.

Ketika kita minum air hangat, suhu internal tubuh meningkat, memberikan efek pemanasan yang dapat membantu mengusir rasa dingin. Air hangat juga merangsang sirkulasi darah, membantu darah hangat menyebar ke seluruh tubuh dan membuat kita merasa lebih hangat. Efek ini sangat berguna saat kita berada di lingkungan dingin atau mengalami penurunan suhu tubuh.

9. Membantu Mengatasi Batuk dan Hidung Tersumbat

Bagi kamu yang sering mengalami batuk dan hidung tersumbat, minum air hangat dapat menjadi solusi yang efektif. Uap hangat dari air hangat dapat membantu mengencerkan lendir di saluran pernapasan, sehingga memudahkan untuk mengeluarkan lendir tersebut. Selain itu, air hangat juga dapat meredakan iritasi di tenggorokan akibat batuk dan hidung tersumbat.

10. Mencegah Dehidrasi

Minum air hangat juga dapat membantu mencegah terjadinya dehidrasi. Terutama di musim panas atau saat kita sedang beraktivitas fisik yang cukup berat, tubuh membutuhkan cairan lebih banyak dari biasanya. Dengan minum air hangat, kita dapat menggantikan cairan yang hilang dengan lebih efektif dan mencegah terjadinya dehidrasi.

Dehidrasi terjadi ketika tubuh kehilangan lebih banyak cairan daripada yang kita konsumsi, yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti kelelahan, pusing, sakit kepala, dan penurunan fungsi fisik serta mental. Dehidrasi dapat menjadi lebih berbahaya dalam kondisi panas atau saat kita berolahraga, karena keringat yang berlebihan dapat menguras cairan tubuh dengan cepat.

Minum air hangat membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh dengan menggantikan cairan yang hilang. Air hangat lebih mudah diserap oleh tubuh dibandingkan dengan air dingin, karena suhu air hangat lebih mendekati suhu tubuh. Ini berarti tubuh tidak perlu mengeluarkan banyak energi untuk menyesuaikan suhu air sebelum dapat diserap, sehingga rehidrasi terjadi lebih cepat.

11. Melawan Infeksi

Minum air hangat sebelum tidur juga memiliki manfaat melawan infeksi. Menambahkan lemon yang kaya akan vitamin C ke dalam minuman tersebut dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memberikan perlindungan tambahan terhadap infeksi. Khasiat minuman hangat ini juga diyakini dapat meredakan hidung tersumbat dan batuk.

Vitamin C merupakan nutrisi penting yang berperan dalam menjaga sistem kekebalan tubuh. Lemon adalah salah satu sumber terbaik vitamin C alami, sehingga menambahkan perasan lemon ke dalam air hangat sebelum tidur dapat membantu meningkatkan kadar vitamin C dalam tubuh. Vitamin C dapat membantu meningkatkan produksi sel darah putih, yang merupakan bagian penting dari sistem kekebalan tubuh dan berperan dalam melawan infeksi.

Dengan begitu banyak manfaat yang ditawarkan, minum air hangat seharusnya menjadi kebiasaan yang tidak boleh diabaikan. Mulailah hari Anda dengan segelas air hangat dan rasakan perubahan positif dalam kesehatan dan kesejahteraan Anda secara keseluruhan.

Baca juga:

Referensi

  1. Nakamura, Y., Watanabe, H., Tanaka, A., Yasui, M., Nishihira, J., & Murayama, N. (2020). Effect of increased daily water intake and hydration on health in Japanese adults. Nutrients12(4), 1191.
  2. Subaraman, M., & Devi, R. G. (2020). KNOWLEDGE AND AWARENESS ABOUT BENEFITS OF DRINKING HOT WATER-A SURVEY. PalArch’s Journal of Archaeology of Egypt/Egyptology17(7), 1630-1638.
  3. Wang, Q., Fu, W., Guo, Y., Tang, Y., Du, H., Wang, M., … & Wu, Z. (2019). Drinking warm water improves growth performance and optimizes the gut microbiota in early postweaning rabbits during winter. Animals9(6), 346.
  4. Zhang, N., Du, S. M., Zhang, J. F., & Ma, G. S. (2019). Effects of dehydration and rehydration on cognitive performance and mood among male college students in Cangzhou, China: a self-controlled trial. International journal of environmental research and public health16(11), 1891.
  5. Young, H. A., Cousins, A., Johnston, S., Fletcher, J. M., & Benton, D. (2019). Autonomic adaptations mediate the effect of hydration on brain functioning and mood: Evidence from two randomized controlled trials. Scientific Reports9(1), 16412.
  6. Malisova, O., Athanasatou, A., Pepa, A., Husemann, M., Domnik, K., Braun, H., … & Kapsokefalou, M. (2016). Water intake and hydration indices in healthy European adults: the European Hydration Research Study (EHRS). Nutrients8(4), 204.
  7. Masento, N. A., Golightly, M., Field, D. T., Butler, L. T., & van Reekum, C. M. (2014). Effects of hydration status on cognitive performance and mood. British Journal of Nutrition111(10), 1841-1852.
  8. Popkin, B. M., D’Anci, K. E., & Rosenberg, I. H. (2010). Water, hydration, and health. Nutrition reviews68(8), 439-458.
Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.