Manfaat Minum Air Hangat
Gaya Hidup

11 Manfaat Minum Air Hangat untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Minum Air Hangat – Pernahkah kamu menyadari bahwa minum air hangat dapat memberikan berbagai manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh kita? Ya, air putih mungkin menjadi minuman yang paling sederhana dan sering diabaikan, namun manfaatnya bagi tubuh tidak bisa dianggap remeh. Terlebih lagi, ketika air tersebut diminum dalam keadaan hangat, manfaatnya pun semakin meningkat.

Manfaat Minum Air Hangat untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Minum Air Hangat

Berikut manfaat minum air hangat untuk kesehatan tubuh yang dirangkum dari beberapa sumber.

1. Memperlambat Penuaan Kulit

Manfaat minum air hangat dapat memperlambat tanda-tanda penuaan pada kulit. Dengan melancarkan sirkulasi darah dan detoksifikasi tubuh yang baik, kulit kita akan terhindar dari kerusakan akibat radikal bebas dan tetap terlihat awet muda.

2. Melancarkan Sirkulasi Darah

Air hangat juga dapat membantu melancarkan sirkulasi darah. Hasil penelitian membuktikan, dengan melancarkan sirkulasi darah, oksigen dan nutrisi dapat lebih mudah tersebar ke seluruh tubuh , sehingga organ-organ dalam tubuh kita dapat bekerja dengan lebih efisien.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat yang bisa didapatkan dari minum air hangat adalah dapat membantu menurunkan berat badan. Bagaimana bisa? Ketika kita minum air hangat sebelum makan, air tersebut akan membuat perut terasa kenyang lebih cepat. Hal ini dapat mengurangi nafsu makan dan akhirnya mengurangi asupan kalori. Selain itu, air hangat juga dapat meningkatkan suhu tubuh dan mempercepat metabolisme, sehingga membantu membakar lemak lebih efisien.

4. Meredakan Nyeri Haid

Bagi wanita yang sering mengalami nyeri haid, minum air hangat dapat membantu meredakan nyeri tersebut. Air hangat dapat membantu merelaksasi otot-otot rahim, sehingga mengurangi kontraksi dan mengurangi rasa nyeri.

5. Melancarkan Pencernaan

Air hangat dapat membantu melonggarkan dan merelaksasi otot-otot pencernaan, sehingga membantu proses pencernaan makanan menjadi lebih lancar. Selain itu, air hangat juga dapat membantu membersihkan saluran pencernaan dari sisa-sisa makanan yang menempel di dinding usus, sehingga mencegah terjadinya sembelit.

6. Memperbaiki Suasana Hati

Beberapa studi mengungkapkan bahwa minum air hangat juga dapat membantu memperbaiki suasana hati, dengan merasa lebih rileks dan nyaman setelah minum air hangat, kita akan merasa lebih bahagia dan lebih siap menghadapi tantangan yang ada di hari kita.

7. Detoksifikasi Tubuh

Air hangat juga dapat membantu dalam proses detoksifikasi tubuh. Dengan mengonsumsi air hangat, tubuh akan lebih mudah mengeluarkan racun-racun yang ada di dalam tubuh melalui keringat dan urine. Hal ini dapat membantu membersihkan tubuh dari zat-zat berbahaya dan menjaga kesehatan organ-organ dalam tubuh.

8. Mengatasi Kedinginan

Saat cuaca sedang dingin atau kita sedang merasa kedinginan, minum air hangat dapat membantu meningkatkan suhu tubuh secara sementara. Hal ini dapat membantu mengatasi rasa kedinginan dan membuat kita merasa lebih nyaman.

9. Membantu Mengatasi Batuk dan Hidung Tersumbat

Bagi kamu yang sering mengalami batuk dan hidung tersumbat, minum air hangat dapat menjadi solusi yang efektif. Uap hangat dari air hangat dapat membantu mengencerkan lendir di saluran pernapasan, sehingga memudahkan untuk mengeluarkan lendir tersebut. Selain itu, air hangat juga dapat meredakan iritasi di tenggorokan akibat batuk dan hidung tersumbat.

10. Mencegah Dehidrasi

Minum air hangat juga dapat membantu mencegah terjadinya dehidrasi. Terutama di musim panas atau saat kita sedang beraktivitas fisik yang cukup berat, tubuh membutuhkan cairan lebih banyak dari biasanya. Dengan minum air hangat, kita dapat menggantikan cairan yang hilang dengan lebih efektif dan mencegah terjadinya dehidrasi.

11. Melawan Infeksi

Minum air hangat sebelum tidur juga memiliki manfaat melawan infeksi. Menambahkan lemon yang kaya akan vitamin C ke dalam minuman tersebut dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memberikan perlindungan tambahan terhadap infeksi. Khasiat minuman hangat ini juga diyakini dapat meredakan hidung tersumbat dan batuk.

Dengan begitu banyak manfaat yang ditawarkan, minum air hangat seharusnya menjadi kebiasaan yang tidak boleh diabaikan. Mulailah hari Anda dengan segelas air hangat dan rasakan perubahan positif dalam kesehatan dan kesejahteraan Anda secara keseluruhan.

Baca juga:

Referensi

  1. Nakamura, Y., Watanabe, H., Tanaka, A., Yasui, M., Nishihira, J., & Murayama, N. (2020). Effect of increased daily water intake and hydration on health in Japanese adults. Nutrients12(4), 1191.
  2. Subaraman, M., & Devi, R. G. (2020). KNOWLEDGE AND AWARENESS ABOUT BENEFITS OF DRINKING HOT WATER-A SURVEY. PalArch’s Journal of Archaeology of Egypt/Egyptology17(7), 1630-1638.
  3. Wang, Q., Fu, W., Guo, Y., Tang, Y., Du, H., Wang, M., … & Wu, Z. (2019). Drinking warm water improves growth performance and optimizes the gut microbiota in early postweaning rabbits during winter. Animals9(6), 346.
  4. Zhang, N., Du, S. M., Zhang, J. F., & Ma, G. S. (2019). Effects of dehydration and rehydration on cognitive performance and mood among male college students in Cangzhou, China: a self-controlled trial. International journal of environmental research and public health16(11), 1891.
  5. Young, H. A., Cousins, A., Johnston, S., Fletcher, J. M., & Benton, D. (2019). Autonomic adaptations mediate the effect of hydration on brain functioning and mood: Evidence from two randomized controlled trials. Scientific Reports9(1), 16412.
  6. Malisova, O., Athanasatou, A., Pepa, A., Husemann, M., Domnik, K., Braun, H., … & Kapsokefalou, M. (2016). Water intake and hydration indices in healthy European adults: the European Hydration Research Study (EHRS). Nutrients8(4), 204.
  7. Masento, N. A., Golightly, M., Field, D. T., Butler, L. T., & van Reekum, C. M. (2014). Effects of hydration status on cognitive performance and mood. British Journal of Nutrition111(10), 1841-1852.
  8. Popkin, B. M., D’Anci, K. E., & Rosenberg, I. H. (2010). Water, hydration, and health. Nutrition reviews68(8), 439-458.
Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.