Manfaat Wortel
Gaya Hidup

18 Manfaat Wortel untuk Kesehatan

Manfaat Wortel – Daucus carota L, juga dikenal sebagai Wortel, merupakan sejenis sayuran umbi yang dikenal dengan warna kuning kemerahan atau jingga kekuningan dan memiliki tekstur yang menyerupai kayu. Umumnya, bagian dari wortel yang dimanfaatkan untuk konsumsi adalah bagian akar atau umbinya. Selain berperan sebagai bahan makanan, wortel juga memiliki kandungan gizi yang bermanfaat untuk kesehatan manusia. Tanaman ini memiliki akar yang subur dan dapat tumbuh dengan baik di berbagai jenis tanah. Proses berkembang biaknya cukup unik, melibatkan penyebaran biji-bijian.

Kandungan Nutrisi dalam Wortel

Manfaat Wortel untuk Kesehatan
Sumber Gambar: Freepik

Sebelum kita merambah ke manfaatnya, mari kita kenali dulu apa yang sebenarnya tersembunyi di dalam sejumput wortel. Setiap 61 gram wortel mengandung kalori sebanyak 25, protein sekitar 0,5 gram, karbohidrat 6 gram, gula 2,9 gram, dan serat sebanyak 1,5 gram. Tak hanya itu, dalam setiap 61 gram wortel, kita juga mendapatkan asupan vitamin dan mineral yang sangat baik untuk kesehatan seperti Vitamin A, sebesar 509 mikrogram, vitamin K sebanyak 8 mikrogram, dan kalium sekitar 195,2 mikrogram, dan kandungan air dalam wortel yang mencapai 88 persen dari berat total. Wortel juga mengandung antioksidan lainnya, seperti alfa karoten, lutein, lycopene, antosianin, dan polyacetylenes.

Baca juga: 10 Manfaat Minum Air Ketumbar sebelum Tidur

Manfaat Wortel untuk Kesehatan

Berikut rangkuman dari manfaat wortel untuk kesehatan yang kita rangkum dari beberapa sumber ilmiah.

1. Menjaga Kesehatan Kulit

Vitamin A dan C dalam wortel memiliki efek positif pada kesehatan kulit. Vitamin A membantu mempercepat regenerasi sel-sel kulit, sementara vitamin C berperan dalam produksi kolagen yang menjaga elastisitas kulit. Kombinasi kedua vitamin ini membuat wortel menjadi tambahan yang baik untuk rutinitas perawatan kulit.

2. Meningkatkan Kesehatan Gigi

Selain manfaat kesehatan tubuh secara keseluruhan, wortel juga memberikan kontribusi positif pada kesehatan gigi. Kekerasan wortel saat dikunyah membantu membersihkan gigi secara alami. Selain itu, mengunyah wortel juga merangsang produksi air liur, yang dikenal dapat membantu melawan bakteri penyebab gigi berlubang.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Wortel tidak hanya baik untuk mata, tetapi juga merupakan sekutu sempurna dalam menjaga kesehatan mata. Mengapa begitu? Kandungan vitamin A, lutein, dan zeaxanthin dalam wortel bekerja bersama untuk memberikan perlindungan maksimal pada mata.Manfaat ini tidak hanya berlaku untuk orang dewasa, tetapi juga sangat penting untuk perkembangan mata anak-anak. Rutin mengonsumsi wortel dapat memberikan kontribusi positif pada kesehatan mata anak.

4. Meningkatkan Kesehatan Rambut

Nutrisi seperti vitamin A, C, karotenoid, dan antioksidan dalam wortel dapat membantu menjaga kesehatan rambut. Mereka memainkan peran penting dalam meningkatkan kekuatan rambut, mencegah kerontokan, dan memberikan kilau alami.

5. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Kesehatan tulang bukan hanya tentang kalsium. Vitamin K, yang ditemukan dalam wortel, memainkan peran penting dalam pembentukan dan pemeliharaan tulang yang kuat. Integrasi wortel ke dalam pola makan sehat dapat mendukung kesehatan tulang secara keseluruhan.

6. Menurunkan Risiko Kanker

Paparan radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan sel dan jaringan, meningkatkan risiko kanker. Wortel, dengan kandungan antioksidannya yang tinggi, menjadi perisai alami tubuh kita. Beta karoten, lutein, dan zeaxanthin memiliki kemampuan menetralkan efek radikal bebas, membantu mengurangi risiko beberapa jenis kanker.Studi penelitian ilmiah menunjukkan bahwa karotenoid, salah satu kandungan wortel, memiliki aktivitas penghambatan mutagenesis yang berkontribusi pada penurunan risiko kanker.

7. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Kesehatan jantung menjadi fokus penting, dan wortel dapat membantu menjaga keseimbangan. Dengan kandungan antioksidan dan kaliumnya, wortel mendukung fungsi jantung yang optimal. Keberadaan kalium membantu mengontrol tekanan darah, menjaga elastisitas pembuluh darah, dan mengurangi risiko penyakit jantung.

8. Pencernaan Lebih Sehat

Kandungan serat dalam wortel sangat tinggi, membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Serat berperan sebagai penyeimbang, mencegah konstipasi, dan membantu menjaga keseimbangan bakteri baik di saluran pencernaan. Dengan rutin mengonsumsi wortel, Anda dapat merasakan perbedaan pada pencernaan Anda.

9. Membantu Menjaga Daya Tahan Tubuh

Kandungan vitamin, folat, dan antioksidan dalam wortel dapat membantu menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan daya tahan tubuh yang kuat, tubuh lebih mampu melawan serangan virus penyebab penyakit.

10. Mengontrol Diabetes

Wortel memiliki indeks glikemik rendah dan kandungan serat tinggi, membuatnya menjadi makanan yang ramah bagi penderita diabetes. Antioksidan dan fitokimia dalam wortel dapat membantu mengontrol kadar gula darah.Penelitian ilmiah menunjukkan bahwa peserta dengan kadar karotenoid yang lebih rendah memiliki kadar glukosa darah dan insulin yang lebih tinggi.

11. Optimalkan Kesehatan Otak

Antioksidan dalam wortel berfungsi sebagai perisai bagi tubuh, termasuk otak, dari paparan radikal bebas. Paparan yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan pada sel otak. Dengan memastikan kebutuhan antioksidan terpenuhi, kita dapat melindungi kesehatan otak dan mencegah penurunan fungsi otak di masa mendatang.

12. Membantu Mengontrol Berat Badan

Kandungan serat dan air dalam wortel dapat membantu mengontrol berat badan. Keduanya bekerja bersama-sama untuk memberikan rasa kenyang yang lebih lama, membantu kita membuat pilihan makanan yang lebih bijak, dan akhirnya memudahkan pengendalian berat badan.

13. Menurunkan Kadar Kolesterol

Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi wortel secara teratur dapat membantu mengontrol kadar kolesterol. Serat dalam wortel membantu mengikat kolesterol, mencegahnya diserap oleh tubuh. Dengan mengurangi kadar kolesterol, dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

14. Mencegah Masalah Menstruasi

Bagi wanita, masalah menstruasi dapat menjadi pengalaman yang tidak menyenangkan. Wortel dapat membantu mengatur aliran darah dan mengurangi nyeri haid. Konsumsi wortel sebagai bagian dari pola makan sehat dapat memberikan efek positif pada kesehatan reproduksi wanita.

15. Efek Anti Penuaan

Salah satu rahasia kecantikan alami adalah konsumsi rutin wortel. Vitamin A dan antioksidan lainnya dalam wortel dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan, termasuk garis-garis halus dan kerutan.

16. Mengatasi Kekurangan Nutrisi

Bagi mereka yang mengalami kekurangan nutrisi tertentu, wortel dapat menjadi tambahan yang berharga. Kandungan nutrisi yang beragam membuat wortel menjadi pilihan yang baik untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin dan mineral esensial.

17. Mencegah Kerontokan

Kehilangan rambut seringkali menjadi masalah umum baik bagi pria maupun wanita. Jika dibiarkan tanpa penanganan, masalah ini bahkan dapat berkembang menjadi kebotakan. Namun, ada kabar baik bahwa Anda dapat mengurangi risiko kerontokan rambut yang lebih parah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung tinggi beta karoten. Antioksidan ini memiliki potensi untuk meningkatkan kekuatan akar rambut dan kesehatan kulit kepala secara keseluruhan.

18. Mengoptimalkan Fungsi Saraf

Vitamin B kompleks dan berbagai mineral diperlukan oleh sistem saraf agar dapat berfungsi optimal. Nutrisi ini dapat ditemukan dalam wortel, memberikan dukungan penting bagi kesehatan saraf. Kesehatan saraf sangat penting dalam proses penerimaan sinyal dan respons tubuh terhadap stimulus tertentu.

Jangan biarkan warna oranye cerahnya hanya menjadi hiasan piring. Jadikan wortel sebagai bagian tak terpisahkan dari gaya hidup sehat. Dengan begitu, Anda tidak hanya menambahkan rasa lezat dalam setiap hidangan, tetapi juga memberikan hadiah terbaik untuk kesehatan yang optimal.

Referensi

  1. Singh, M. N., et al. (2021). Study of Different Varietis of Carrot and Its Benefits for Human Health: A Review. J Pharmacogn Phytochem, 10, pp. 1293–9.
  2. Medical News Today. (Diakses pada 2023). What Are The Health Benefits of Carrots.
  3. Wang, X., Li, X., Zhang, L., An, L., Guo, L., Huang, L., & Gao, W. (2023). Recent progress in plant-derived polysaccharides with prebiotic potential for intestinal health by targeting gut microbiota: a review. Critical Reviews in Food Science and Nutrition, 1-30.
  4. Yusuf, E. H., Wojdyło, A., & Nowicka, P. (2023). Possibility to use the different sizes and colors of carrots for the production of juices–comparison of bioactive compounds, nutritional quality, pro‐health properties, and sensory evaluation. Journal of the Science of Food and Agriculture103(2), 933-943.
  5. Varshney, K., & Mishra, K. (2022). An analysis of health benefits of carrot. International Journal of Innovative Research in Engineering & Management (IJIREM)9, 211-214.
  6. Singh, M. N., Srivastava, R., & Yadav, I. (2021). Study of different varietis of carrot and its benefits for human health: a review. Journal of Pharmacognosy and Phytochemistry10(1), 1293-1299.
  7. Yusuf, E., Wojdyło, A., Oszmiański, J., & Nowicka, P. (2021). Nutritional, phytochemical characteristics and in vitro effect on α-amylase, α-glucosidase, lipase, and cholinesterase activities of 12 coloured carrot varieties. Foods10(4), 808.
  8. Lem, D. W., Davey, P. G., Gierhart, D. L., & Rosen, R. B. (2021). A systematic review of carotenoids in the management of age-related macular degeneration. Antioxidants10(8), 1255.
  9. Black, H. S., Boehm, F., Edge, R., & Truscott, T. G. (2020). The benefits and risks of certain dietary carotenoids that exhibit both anti-and pro-oxidative mechanisms—A comprehensive review. Antioxidants9(3), 264.
  10. Van den Abbeele, P., Verstrepen, L., Ghyselinck, J., Albers, R., Marzorati, M., & Mercenier, A. (2020). A novel non-digestible, carrot-derived polysaccharide (cRG-I) selectively modulates the human gut microbiota while promoting gut barrier integrity: an integrated in vitro approach. Nutrients12(7), 1917.
  11. Johra, F. T., Bepari, A. K., Bristy, A. T., & Reza, H. M. (2020). A mechanistic review of β-carotene, lutein, and zeaxanthin in eye health and disease. Antioxidants9(11), 1046.
  12. Ahmad, T., Cawood, M., Iqbal, Q., Ariño, A., Batool, A., Tariq, R. M. S., … & Akhtar, S. (2019). Phytochemicals in Daucus carota and their health benefits. Foods8(9), 424.
  13. Butt, M. S., Shamshad, A., & Suleria, H. A. R. (2019). Health benefits of anthocyanins in black carrot (Daucus carota). In Human Health Benefits of Plant Bioactive Compounds (pp. 69-94). Apple Academic Press.
  14. Young, A. J., & Lowe, G. L. (2018). Carotenoids—antioxidant properties. Antioxidants7(2), 28.
Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.