Link Pendaftaran CPNS 2023 Lulusan SMA dan SMK

Link pendaftaran CPNS 2023 lulusan SMA

Link Pendaftaran CPNS 2023 Lulusan SMA dan SMK

Apakah Anda berkeinginan untuk membangun karier di sektor pelayanan publik? Kabar baiknya, sebentar lagi akan dimulai penerimaan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) untuk CPNS dan PPPK. Ini merupakan kesempatan emas bagi Anda yang memiliki semangat untuk berkontribusi dalam pemerintahan.

Bagi yang tertarik, Anda dapat mendaftar melalui portal SSCASN yang saat ini sedang disiapkan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN). Pendaftaran untuk CPNS tahun 2023, baik lulusan SMA maupun Perguruan Tinggi, dapat diakses melalui laman sscasn.bkn.go.id. Pastikan untuk membuka tautan tersebut menggunakan browser Google Chrome atau Mozilla Firefox versi terbaru.

Pasti Anda ingin tahu berapa banyak posisi yang tersedia, bukan? Lebih dari 1 juta formasi ASN akan tersedia dalam penerimaan CPNS 2023. Tautan pendaftaran CPNS 2023 sama untuk lulusan SMA dan S1, dan seluruh proses pendaftaran CPNS 2023 akan dilakukan secara online

Namun, perlu diingat bahwa usia memiliki peran penting dalam pendaftaran CPNS 2023. Menurut informasi di situs BKN, syarat untuk mendaftar sebagai Calon Aparatur Sipil Negara adalah Anda harus menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) yang berusia minimal 18 tahun dan maksimal 25 tahun saat mendaftarkan diri sebagai CPNS.

Cara Mendaftar dan Link Pendaftaran CPNS 2023 Lulusan SMA dan SMK

Pendaftaran CPNS 2023 dapat dilakukan melalui laman SSCASN atau situs resmi instansi yang bersangkutan. Jika Anda memilih melalui SSCASN, berikut link pendaftaran CPNS 2023 lulusan SMA dan SMK, dan langkah-langah mendaftarnya :

  1. Kunjungi situs https://sscasn.bkn.go.id/
  2. Isi kolom-kolom yang mencakup Nomor Induk Kependudukan (NIK) sesuai dengan KTP Anda, Nomor Kartu Keluarga, nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, nomor handphone yang masih aktif, dan alamat email pribadi yang aktif.
  3. Setelah mengisi semua informasi tersebut, ketiklah kode Captcha yang ditampilkan di laman.
  4. Klik tombol “Lanjutkan”.
  5. Lengkapi data yang dibutuhkan dan unggah foto scan KTP serta swafoto sesuai dengan petunjuk yang ada, kemudian klik “Lanjutkan”.
  6. Jika semua informasi sudah benar, klik tombol “Proses Pendaftaran Akun” untuk memproses pendaftaran akun.
  7. Sebelum menyelesaikan proses pendaftaran akun, akan muncul konfirmasi. Klik “Iya” untuk melanjutkan.
  8. Kemudian akan muncul tampilan yang memberi tahu bahwa pendaftaran telah selesai. Di sini, Anda akan diberikan opsi untuk mencetak informasi pendaftaran atau melanjutkan ke tahap selanjutnya dengan login ke akun yang baru didaftarkan.
  9. Setelah menyelesaikan semua langkah ini, Anda akan dapat masuk ke halaman utama portal SSCASN untuk melakukan login menggunakan akun yang telah Anda daftarkan.

Baca juga: CPNS Mahkamah Agung 2023: Formasi dan Syaratnya

Persyaratan Dokumen Pendaftaran CPNS 2023

Sebelum Anda mendaftar, pastikan Anda telah mengumpulkan semua dokumen yang diperlukan. Dokumen ini akan digunakan sebagai dasar penilaian awal Anda dalam proses seleksi. Dokumen-dokumen yang perlu Anda persiapkan meliputi:

  • Kartu Keluarga (KK)
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Surat Keterangan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
  • Ijazah
  • Transkrip Nilai
  • Pas Foto dengan latar belakang merah
  • Dokumen lain yang sesuai dengan persyaratan jenis seleksi dan instansi yang Anda lamar.

Baca juga: Cara Membuat SKCK 2023 secara Online dan Offline

Dokumen Resmi Menggunakan E-Meterai

Selain itu, untuk dokumen resmi yang memerlukan meterai, Anda perlu menggunakan E-Meterai. Anda dapat memperoleh E-Meterai melalui distributor resmi yang bekerja sama dengan Perum Peruri, seperti:

  • PT Peruri Digital Security (https://e-meterai.co.id/)
  • PT Mitra Pajakku (https://pajakku.e-meerai.co.id/)
  • PT FINNET INDONESIA (https://finnet.e-meterai.co.id/)
  • PT Mitracomm Ekasarana (https://mitracomm.e-meterai.co.id/)
  • Koperasi Swadharma (https://swadharma.e-meterai.co.id/)

Baca juga: Pengertian Pancasila Menurut Para Ahli dan Tokoh Sejarah

Kesimpulan

Dalam rangka mendaftar sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2023, pastikan untuk mengikuti langkah-langkah pendaftaran secara teliti melalui portal SSCASN atau situs resmi instansi yang bersangkutan. Selain itu, persiapkan semua dokumen yang diperlukan, termasuk KK, KTP, ijazah, transkrip nilai, dan pas foto dengan latar merah. Jika diperlukan, gunakan E-Meterai untuk dokumen resmi. Selalu pastikan memenuhi persyaratan usia dan syarat lain yang ditetapkan. Dengan persiapan yang baik, Anda dapat mengikuti proses seleksi CPNS dengan lancar.