OJS

Cara Menggunakan API Key Scopus di Publish or Perish

Scopus adalah basis data ilmiah terbesar di dunia yang menyediakan akses ke jurnal-jurnal ilmiah, konferensi, dan dokumen-dokumen terkait lainnya. Publish or perish adalah aplikasi web yang memungkinkan pengguna untuk menganalisis produktivitas penelitian dari seorang penulis atau lembaga dengan mengumpulkan data dari Scopus. Salah satu cara untuk mengakses data Scopus adalah dengan menggunakan API key.

Application Programming Interface (API) Key

Application programming interface key merupakan kode yang diberikan oleh Scopus kepada pengguna yang terdaftar. API key memungkinkan pengguna untuk mengakses data Scopus melalui aplikasi pihak ketiga seperti publish or perish. Berikut ini adalah panduan lengkap menggunakan API key Scopus di publish or perish:

Mendaftar sebagai pengguna Scopus

Mendaftar sebagai pengguna Scopus di situs resmi Scopus dengan mengisi formulir pendaftaran yang tersedia. Setelah terdaftar, akan menerima API key melalui email. Jika belum mendaftar sebagai pengguna Scopus, harus melakukannya terlebih dahulu sebelum bisa menggunakan API key di publish or perish. Beikut ini langkah-langkah dalam mendapatkan API key Scopus:

  1. Kunjungi situs web resmi Scopus di https://www.scopus.com/
  2. Klik tombol “Sign In” di pojok kanan atas layar.
  3. Pada jendela yang muncul, masukkan alamat email dan password untuk masuk ke akun Scopus. Jika belum memiliki akun, klik tombol “Create account” untuk mendaftar.
  4. Setelah masuk ke akun Scopus, klik tombol “API Access” di menu utama.
  5. Pada halaman “API Access”, klik tombol “Sign up now” di sebelah kanan layar.
  6. Isi formulir pendaftaran dengan informasi yang diperlukan, termasuk nama perusahaan atau institusi, alamat email, dan tujuan penggunaan API Scopus.
  7. Baca dan setujui syarat dan ketentuan penggunaan API Scopus.
  8. Klik tombol “Submit” untuk mengirimkan permohonan.
  9. Tunggu hingga permohonan diperiksa dan disetujui oleh tim Scopus, akan menerima email yang berisi API key.
Sumber: Scopus

Baca juga: Connected Papers Untuk Penelitian Akademik

Membuka aplikasi Publish or Perish

Buka aplikasi publish or perish dan masuk ke menu pengaturan. Pilih opsi “API key” dan masukkan API key yang telah Anda terima melalui email. Pastikan bahwa Anda menyimpan API key dengan baik, karena API key hanya akan dikirimkan sekali saat Anda pertama kali mendaftar. Jika Anda kehilangan API key atau lupa menyimpannya, Anda bisa mengajukan permohonan untuk memperoleh API key baru melalui situs Scopus.

API key Scopus, publish or perish, analisis produktivitas penelitian, Scopus, aplikasi pihak ketiga, mengakses data Scopus, panduan penggunaan API key Scopus, analisis kata kunci, visualisasi jaringan penulis, opsi pengaturan publish or perish

Baca juga: Cara Membuat Website Terindex Oleh Google

Mengakses data Scopus di Publish or Perish

Setelah API key terpasang, Anda bisa mengakses data Scopus di publish or perish dengan cara mencari nama penulis atau lembaga yang ingin dianalisis. Publish or perish akan mengumpulkan data dari Scopus dan menampilkannya dalam bentuk grafik atau tabel yang mudah dipahami. Anda bisa menganalisis data tersebut untuk mengetahui produktivitas penelitian dari penulis atau lembaga yang dipilih.

API key Scopus, publish or perish, analisis produktivitas penelitian, Scopus, aplikasi pihak ketiga, mengakses data Scopus, panduan penggunaan API key Scopus, analisis kata kunci, visualisasi jaringan penulis, opsi pengaturan publish or perish

Baca juga: Tutorial Mengganti Font Default di OJS 3

Fitur-Fitur Yang Terdapat Pada Publish or Perish

Publish or Perish juga menyediakan beberapa fitur tambahan seperti analisis kata kunci dan visualisasi jaringan penulis yang dapat membantu dalam menganalisis produktivitas penelitian. Fitur analisis kata kunci menampilkan kata-kata yang paling sering muncul dalam publikasi penulis yang dipilih, sehingga bisa mengetahui bidang penelitian yang paling diminati oleh penulis tersebut. Fitur visualisasi jaringan penulis menunjukkan hubungan antar penulis berdasarkan publikasi bersama, sehingga bisa melihat bagaimana penulis tersebut terkoneksi dengan komunitas ilmiah lainnya.

Opsi pengaturan pada Publish or Perish

Publish or perish juga menyediakan beberapa opsi pengaturan yang bisa disesuaikan sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, bisa mengatur batas waktu untuk mencari publikasi penulis yang dipilih, atau menentukan jumlah publikasi yang akan ditampilkan dalam hasil pencarian. Dengan demikian, bisa lebih fokus dalam menganalisis produktivitas penelitian dari penulis yang dipilih.

Baca juga: Penerapan Pancasila Sebagai Sumber Nilai HAM

Publish or perish juga menyediakan opsi untuk mengekspor hasil analisis ke dalam bentuk file, seperti PDF atau Excel. Dengan demikian, Anda bisa membagikan hasil analisis kepada rekan-rekan atau menyimpannya untuk referensi di kemudian hari.

Permasalahan dan pertanyaan mengenai API key Scopus

Jika terjadi masalah atau memiliki pertanyaan mengenai penggunaan API key Scopus di publish or perish, Anda bisa menghubungi layanan pelanggan Scopus atau publish or perish untuk mendapatkan bantuan. Mereka akan siap membantu dalam menyelesaikan masalah yang terjadi atau memberikan jawaban atas pertanyaan yang di ajukan.

Kesimpulan

Setelah memahami cara menggunakan API key di publish or perish, Anda bisa mulai menganalisis produktivitas penelitian dari penulis atau lembaga yang dipilih. Analisis ini bisa sangat bermanfaat bagi yang ingin mengetahui bagaimana produktivitas penelitian dibandingkan dengan penulis lain di bidang artikel ilmiah yang sama, atau untuk mengetahui lembaga atau penulis terbaik di suatu bidang penelitian.

Sumber referensi: Jurnal Prajaiswara

Semoga bermanfaat

Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.