Cara membuat artikel pilar
OJS

Cara Membuat Artikel Pilar Yang Abadi dan Benar

Artikel pilar adalah jenis konten yang berfokus pada topik spesifik dengan kedalaman yang mencolok. Jenis artikel ini sering memiliki jumlah kata yang lebih besar, kadang-kadang melampaui 2000 kata, dan memberikan informasi komprehensif tentang topik yang dibahas.

Tujuan utama dari artikel pilar adalah memberikan nilai tambah yang signifikan kepada pembaca dengan menjelaskan topik secara rinci dan memberikan pemahaman yang mendalam. Artikel pilar umumnya berfungsi sebagai dasar atau inti dari sebuah situs web atau blog. Mereka memberikan informasi dasar yang penting dan menjadi acuan utama bagi pembaca.

Artikel pilar juga berperan dalam memperkuat otoritas dan keahlian situs web di mata mesin pencari, seperti Google. Hal ini karena artikel pilar sering diperbarui secara berkala dan berfungsi sebagai sumber informasi berkualitas tinggi dan dapat diandalkan.

Apa itu Artikel Pilar?

Artikel pilar, juga dikenal sebagai cornerstone article, adalah jenis tulisan berstruktur berupa panduan yang bertujuan untuk mengajarkan audiens tentang suatu topik secara mendalam, Artikel semacam ini umumnya mencakup banyak panduan atau rekomendasi yang sangat berharga dan memiliki lebih dari 1000 kata.

Artikel pilar ini memiliki daya tarik yang berlangsung lama, mempertahankan relevansinya tanpa keterikatan pada waktu, serta memberikan pemahaman yang mendalam.

Menurut pandangan dari YOAST, cornerstone article menjadi pondasi suatu situs web. Artikel ini mengandung materi terkuat dan paling berarti di situs web, dan tujuan dari artikel ini adalah untuk menduduki peringkat tinggi dalam mesin pencari.

Selain dari berusaha menjual sesuatu kepada audiens, cornerstone article berfokus pada memberikan informasi terbaik dan paling komprehensif kepada pembaca. Namun, isi dari artikel ini juga harus mampu sepenuhnya mencerminkan tujuan atau identitas perusahaan Anda. Perlu dicatat bahwa bagaimanapun cara Anda menggunakan cornerstone article, pastikan bahwa penulisannya sangat baik.

Cornerstone article memiliki peran penting dalam optimisasi mesin pencari (SEO). Hal ini dikarenakan artikel tersebut memberikan kontribusi besar dalam membangun dominasi merek dan situs web Anda di halaman hasil mesin pencari (SERP). Saat Anda membuat artikel pendukung berdasarkan pada sebuah cornerstone article, artikel-artikel tersebut memiliki tautan balik yang menghubungkannya ke seluruh tulisan terkait. Selanjutnya, artikel-artikel terkait ini akan mengarahkan kembali ke artikel pilar utama.

Baca juga: Pancasila Sebagai Dasar Negara: Makna, Arti, dan Fungsi

Cara Membuat Artikel Pilar yang Abadi dan Benar

Tentu saja, artikel pilar memiliki perbedaan signifikan dari artikel pendek yang biasanya Anda temui. Ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk menciptakan cornerstone article, di antaranya:

Pemilihan Topik Relevan dan Bermutu Tinggi

Pertama-tama, pilihlah topik yang relevan dengan niche atau industri yang Anda fokuskan. Pastikan topik tersebut memiliki daya saing yang kuat di mesin pencari dan menarik minat calon pembaca. Lakukan riset kata kunci untuk memastikan bahwa ada permintaan yang signifikan terkait topik tersebut.

Rencanakan Kerangka Artikel

Buatlah rencana atau garis besar yang terperinci untuk cornerstone article Anda. Identifikasi sub-topik yang akan diulas dalam artikel dan susunlah struktur yang teratur. Ini akan memastikan bahwa artikel memiliki alur yang logis dan mudah dipahami oleh pembaca.

Kumpulkan Informasi Mendalam

Lakukan penelitian komprehensif mengenai topik yang Anda pilih. Telusuri sumber-sumber yang kredibel, manfaatkan data dan statistik yang relevan, serta peroleh informasi terkini tentang topik tersebut. Jangan ragu untuk mengeksplorasi berbagai pandangan dan pendekatan guna memberikan wawasan yang berlimpah kepada pembaca.

Baca juga: Analisis Bibliometrik Vosviewer: Publish or Perish

Menulis dengan Gaya yang Jelas dan Menarik

Ketika menulis artikel pilar, gunakan bahasa yang mudah dimengerti dan hindari istilah teknis yang sulit dipahami oleh pembaca umum. Contoh, ilustrasi, atau cerita pendek dapat digunakan untuk menjelaskan konsep yang kompleks. Upayakan agar tulisan Anda menarik dan mengundang minat pembaca untuk terus membaca.

Penggunaan Heading dan Subheading yang Tepat

Pemanfaatan judul dan subjudul yang tepat akan membantu pembaca memahami struktur artikel serta mengakses kontennya dengan mudah. Gunakan judul yang sesuai dan deskriptif untuk setiap bagian utama dalam artikel. Ini akan membantu pembaca untuk dengan cepat melihat dan memahami isi artikel.

Sisipkan Grafik, Gambar, atau Infografis

Untuk memperkaya isi artikel pilar, masukkan grafik, gambar, atau infografis yang relevan. Visualisasi data atau konsep kompleks dapat membantu pembaca memahami informasi lebih baik. Pastikan gambar yang digunakan berkualitas tinggi dan mendukung pesan yang ingin disampaikan.

Tautan Internal dan Eksternal

Penting untuk menyertakan tautan internal dan eksternal dalam artikel pilar. Tautan internal mengarahkan pembaca ke halaman lain di situs web Anda yang terkait dengan topik yang dibahas. Ini akan meningkatkan navigasi di situs web Anda dan memperkuat struktur internalnya. Sementara tautan eksternal mengarahkan pembaca ke sumber informasi tambahan yang mendukung tulisan Anda, memberikan legitimasi dan tambahan nilai kepada pembaca.

Baca juga: Cara Menulis Daftar Pustaka Menggunakan Mendeley Cite

Pemasangan Tautan Kembali ke Artikel Pilar Lainnya

Dalam cornerstone article, disarankan untuk menyertakan tautan kembali (internal linking) ke cornerstone article lain di situs web Anda. Ini akan membantu membangun keterkaitan antar cornerstone article yang berbeda dan memperkuat struktur internal situs web Anda. Pembaca yang tertarik dengan topik yang dibahas dalam cornerstone article Anda akan lebih cenderung mengeksplorasi konten lain yang relevan di situs web Anda.

Perbedaan Artikel Pilar dengan Artikel Biasa

Artikel pilar memiliki beberapa perbedaan dengan jenis artikel lain. Di bawah ini adalah beberapa perbedaan utama antara artikel pilar dan jenis artikel lainnya:

Kedalaman dan Komprehensifitas

Artikel pilar cenderung lebih mendalam dan komprehensif dalam cakupan topik yang dibahas. Mereka memberikan informasi yang sangat rinci dan mendalam, mencakup berbagai aspek dan subtopik terkait. Tujuan dari cornerstone article adalah menjadi sumber rujukan yang lengkap dan mendalam dalam suatu topik.

Nilai Tambahan yang Lebih Besar

Artikel pilar memberikan nilai tambahan yang lebih besar kepada pembaca. Mereka menyediakan solusi, panduan langkah demi langkah, atau informasi yang mendalam yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari atau dalam situasi tertentu. cornerstone article bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam dan memberikan manfaat konkret kepada pembaca.

Baca juga: Cara Membuat Google Form

Lebih Panjang dan Terstruktur

Artikel pilar biasanya memiliki jumlah kata yang lebih banyak dan struktur yang terorganisir dengan baik. Mereka dibagi menjadi beberapa bagian dengan subjudul yang jelas untuk memudahkan navigasi dan pemahaman pembaca. cornerstone article juga cenderung menunjukkan upaya penelitian dan penyusunan yang komprehensif.

Fokus pada Otoritas dan Keahlian

Artikel pilar sering kali ditulis oleh penulis yang memiliki otoritas dan keahlian dalam topik yang dibahas. Mereka didukung oleh penelitian yang mendalam, pengalaman, atau studi kasus yang relevan. Tujuan dari cornerstone article adalah menjadi referensi yang bisa diandalkan dan menggambarkan pemahaman yang mendalam tentang topik tersebut.

Dampak Jangka Panjang

Artikel pilar memiliki dampak jangka panjang dan nilai yang berkelanjutan. Mereka tidak hanya berfokus pada memberikan informasi singkat atau berita terbaru, tetapi juga bertujuan untuk menjadi sumber referensi yang berharga dalam jangka waktu yang lebih lama. cornerstone article terus mampu menjadi sumber rujukan dan mendatangkan lalu lintas organik ke situs web Anda dalam jangka panjang.

Baca juga: Konten Evergreen untuk Meningkatkan Traffic Website

Kelebihan Artikel Pilar

Di bawah ini adalah beberapa keuntungan dari artikel pilar:

Menghasilkan Lalu Lintas dalam Jangka Waktu yang Panjang

Artikel pilar mampu menghasilkan lalu lintas dalam jangka waktu yang lama karena kedalamannya dalam informasi dan relevansinya. Ini berarti bahwa artikel tersebut terus membawa pengunjung ke situs Anda selama waktu yang lama, menghasilkan lalu lintas secara konsisten.

Meningkatkan Populeritas Situs atau Blog Anda

Tingginya lalu lintas secara langsung memengaruhi popularitas suatu situs web. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, cornerstone article memiliki kapabilitas untuk membawa lalu lintas tanpa tergantung pada waktu, sehingga mampu bersaing dan menarik audiens setiap saat. Ini sangat berkaitan dengan meningkatnya popularitas situs atau blog Anda.

Membangun Kredibilitas

Artikel pilar memiliki konten yang sangat mendalam mengenai suatu topik, yang membuat Anda terlihat sangat berpengetahuan di bidang tersebut. Ini menciptakan kesan positif pada audiens, mendorong mereka untuk kembali mengunjungi situs web Anda. Hal ini menciptakan elemen kredibilitas.

Kesimpulan

Artikel pilar, atau cornerstone article, adalah panduan mendalam yang memberikan nilai tambah yang signifikan kepada pembaca. Mereka memiliki cakupan luas, memberikan informasi terperinci, dan lebih dari 1000 kata. Artikel ini memiliki daya tarik yang berlangsung lama, mempertahankan relevansinya, serta memberikan pemahaman yang substansial.

Kelebihan utama cornerstone article meliputi kemampuan untuk memberikan lalu lintas dalam jangka waktu panjang, meningkatkan popularitas situs, dan membangun kredibilitas. Dalam konteks SEO, artikel pilar memiliki peran penting dalam membangun dominasi merek dan situs web di hasil mesin pencari (SERP) melalui tautan internal dan eksternal.

Penting untuk menulis cornerstone article dengan cermat dan baik, karena mereka menjadi inti dari situs web atau blog. Artikel ini menciptakan landasan yang kuat, memberikan nilai mendalam kepada pembaca, dan mendukung pertumbuhan dan otoritas situs Anda dalam jangka panjang.

Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.