Cara Download Kartu BPJS Ketenagakerjaan melalui Aplikasi JMO
Sosiologi

Cara Download Kartu BPJS Ketenagakerjaan melalui Aplikasi JMO dan Mencetaknya

BPJS Ketenagakerjaan telah menghadirkan kemudahan bagi peserta program Jaminan Hari Tua (JHT) dengan meluncurkan kartu digital. Kartu ini berperan sebagai identifikasi peserta dalam mengakses manfaat program BPJS Ketenagakerjaan. Penggunaan kartu digital ini tidak hanya memudahkan peserta, tetapi juga memberikan perlindungan terhadap hilang atau kerusakan kartu fisik.

Mengapa Kartu BPJS Ketenagakerjaan Penting

Kartu BPJS Ketenagakerjaan adalah kartu identifikasi resmi bagi peserta program Jaminan Hari Tua (JHT). Program ini merupakan salah satu bagian dari layanan BPJS Ketenagakerjaan yang bertujuan untuk memberikan jaminan kepada pekerja yang telah memasuki masa pensiun. Dengan kata lain, peserta yang aktif bekerja dan terdaftar dalam program BPJS Ketenagakerjaan akan memiliki saldo JHT yang dapat dicairkan saat mencapai usia pensiun.

Kartu BPJS Ketenagakerjaan ini menjadi bukti kepesertaan peserta dalam program tersebut. Tanpa kartu ini, peserta mungkin mengalami kesulitan dalam mengakses manfaat program, termasuk pencairan JHT. Oleh karena itu, kartu ini sangat penting, dan sebagian besar peserta memiliki kartu fisik sebagai identifikasi penerima manfaat.

Namun, ada berbagai alasan mengapa kartu digital menjadi alternatif yang lebih praktis dan aman. Kartu digital ini dapat diunduh dan disimpan di ponsel atau perangkat elektronik lainnya. Sehingga, peserta tidak perlu khawatir jika kartu fisik hilang atau rusak. Selain itu, kartu digital juga memudahkan dalam proses verifikasi identitas peserta saat akan mengakses manfaat program BPJS Ketenagakerjaan.

Baca juga: 3 Cara Pindah Faskes BPJS Online dan Offline 2023

Kelebihan Kartu Digital BPJS Ketenagakerjaan

Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai cara mengunduh dan mencetak kartu BPJS Ketenagakerjaan melalui aplikasi JMO, mari kita lihat beberapa kelebihan dari penggunaan kartu digital ini:

  • Kartu digital terkunci dalam perangkat peserta, sehingga risiko hilang atau rusaknya kartu fisik dapat dihindari.
  • Peserta dapat mengakses kartu digital kapan saja dan di mana saja melalui perangkat ponsel atau elektronik mereka.
  • Jika terdapat perubahan data peserta, seperti alamat atau nomor telepon, kartu digital dapat diperbarui dengan mudah melalui aplikasi JMO.
  • Kartu digital menggunakan teknologi keamanan untuk melindungi data pribadi peserta, sehingga informasi sensitif tidak mudah disalahgunakan.

Sekarang, mari kita fokus pada langkah-langkah untuk mengunduh dan mencetak kartu BPJS Ketenagakerjaan melalui aplikasi JMO.

Baca juga: Lambang Pancasila 1 Sampai 5 dari Arti, Makna, dan Fungsinya

Cara Download Kartu BPJS Ketenagakerjaan melalui Aplikasi JMO dan Mencetaknya

Pada panduan ini, kita akan membahas langkah-langkah secara terperinci cara download kartu BPJS Ketenagakerjaan melalui aplikasi JMO dan mencetaknya. Pastikan Anda mengikuti setiap langkah dengan cermat agar dapat dengan mudah mendapatkan kartu digital ini.

1. Unduh Aplikasi JMO

Langkah pertama adalah mengunduh aplikasi Jamsostek Mobile (JMO) dari toko aplikasi resmi di ponsel. Aplikasi ini tersedia baik untuk perangkat Android maupun iOS. Setelah mengunduh aplikasi, buka dan lanjutkan ke langkah berikutnya.

2. Log In atau Daftar Akun

Jika telah memiliki akun JMO, Anda dapat langsung masuk. Namun, jika belum memiliki akun, perlu mendaftar terlebih dahulu. Berikut langkah-langkahnya:

Sudah Memiliki Akun

  • Buka aplikasi JMO.
  • Masukkan informasi log masuk Anda, seperti email dan kata sandi.
  • Klik tombol “Masuk.”

Belum Memiliki Akun

  • Buka aplikasi JMO.
  • Pilih opsi “Buat akun baru.”
  • Pilih jenis kepesertaan yang sesuai, seperti Penerima Upah, Bukan Penerima Upah, atau Pekerja Migran Indonesia.
  • Pilih kewarganegaraan dan klik “Selanjutnya.”
  • Lengkapi data diri, termasuk NIK, nomor peserta, nama lengkap, dan tanggal lahir, lalu klik “Selanjutnya.”
  • Masukkan alamat email aktif yang akan digunakan untuk login, dan klik “Selanjutnya.”
  • Anda akan menerima kode verifikasi melalui email tersebut; masukkan kode tersebut pada kolom yang tersedia dan klik “Verifikasi.”
  • Masukkan nomor ponsel aktif Anda, lalu klik “Selanjutnya.”
  • Anda akan menerima kode verifikasi melalui nomor ponsel; masukkan kode tersebut pada kolom yang tersedia dan klik “Selanjutnya.”
  • Buat password atau kata sandi dengan minimal 8 karakter yang terdiri dari huruf kapital, huruf kecil, angka, dan karakter khusus, lalu klik “Selanjutnya.”
  • Baca dan pahami syarat dan ketentuan, lalu klik “Setuju.”

Setelah berhasil masuk atau mendaftar, Anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya.

3. Mengakses Kartu Digital BPJS Ketenagakerjaan

Setelah berhasil masuk ke aplikasi JMO, Anda dapat mengakses kartu digital BPJS Ketenagakerjaan melalui langkah berikut:

  • Buka aplikasi JMO.
  • Pilih menu “Profil saya” yang biasanya terletak di pojok kanan bawah layar.
  • Di halaman profil, Anda akan menemukan opsi “Kartu digital Anda.” Klik opsi ini.

4. Pilih Kartu Kepesertaan

Pada langkah ini, Anda akan melihat daftar kartu kepesertaan yang di miliki. Pilih kartu kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan yang ingin di unduh. Mungkin Anda memiliki beberapa kartu, tergantung pada jenis kepesertaan yang di pilih saat mendaftar.

5. Simpan Kartu BPJS Ketenagakerjaan

Setelah memilih kartu kepesertaan, Anda akan melihat tampilan kartu digital BPJS Ketenagakerjaan. Untuk mengunduh kartu, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Pada halaman Kartu Digital, biasanya terdapat opsi “Klik untuk memperbesar” atau “Lihat Kartu.” Klik opsi tersebut.
  • Tampilan penuh dari kartu digital BPJS Ketenagakerjaan akan muncul. Selanjutnya, dapat memilih untuk menyimpan kartu ini dalam format digital atau mencetaknya.

6. Simpan Kartu Digital

Memilih untuk menyimpan kartu digital, Anda dapat melakukannya dengan mudah di perangkat. Kartu ini akan tersimpan dalam galeri ponsel atau perangkat elektronik.

7. Mencetak Kartu BPJS Ketenagakerjaan

Saat ingin mencetak kartu BPJS Ketenagakerjaan, Anda dapat mengirim file kartu tersebut ke printer yang terhubung ke perangkat. Dengan mencetaknya, akan memiliki salinan fisik sebagai bukti kepesertaan yang dapat di bawa ke kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan atau digunakan dalam berbagai keperluan lainnya.

Demikianlah langkah-langkah untuk mengunduh dan mencetak kartu BPJS Ketenagakerjaan melalui aplikasi JMO. Pastikan Anda menjaga kerahasiaan informasi kartu ini dan tidak membagikannya kepada pihak yang tidak berwenang.

Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.