Cara Pindah Faskes BPJS
Sosiologi

3 Cara Pindah Faskes BPJS Online dan Offline 2023

Sistem Jaminan Sosial Kesehatan Nasional (JKN) di Indonesia telah menjadi tonggak penting dalam upaya pemerintah untuk memberikan akses kesehatan yang merata kepada seluruh rakyat. Program ini dikelola oleh BPJS Kesehatan, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan, yang bertanggung jawab untuk mengelola fasilitas kesehatan (Faskes) dan layanan kesehatan bagi peserta BPJS. Dalam beberapa situasi, peserta BPJS mungkin perlu mengubah Faskes yang mereka gunakan. Entah itu karena alasan pindah domisili atau hanya ingin berganti Faskes, ada beberapa cara yang bisa dilakukan

Sebelum kita memahami cara pindah Faskes BPJS, mari kita pahami mengapa hal ini mungkin diperlukan. Peserta BPJS Kesehatan memiliki Faskes yang telah mereka pilih saat mendaftar ke program ini. Faskes ini terdiri dari tiga tingkatan:

  • Faskes Tingkat 1, termasuk puskesmas atau yang setara, praktek dokter, praktek dokter gigi, klinik pratama atau yang setara, dan Rumah Sakit kelas D atau yang setara.
  • Faskes Tingkat 2, meliputi rumah sakit kelas C dan poliklinik.
  • Faskes Tingkat Lanjutan, mencakup rumah sakit kelas B dan A.

Pindah Faskes BPJS dapat diperlukan karena berbagai alasan, seperti:

  • Pindah ke lokasi baru yang jauh dari Faskes yang digunakan sebelumnya, Anda mungkin perlu mengubah Faskes agar lebih nyaman.
  • Dalam penugasan dinas atau pelatihan jauh dari lokasi Faskes saat ini, Anda mungkin perlu mengakses layanan kesehatan di tempat yang baru.
  • BPJS Kesehatan mungkin melakukan redistribusi peserta untuk meratakan beban antara Faskes. Dalam hal ini, Anda mungkin diminta untuk mengganti Faskes.
  • Terkadang, peserta mungkin merasa bahwa Faskes saat ini tidak memenuhi kebutuhan mereka dengan baik, dan mereka ingin mencari Faskes yang lebih sesuai.

Syarat Pindah Faskes BPJS

Sebelum memutuskan untuk pindah Faskes BPJS, ada beberapa syarat yang perlu dipenuhi. Syarat ini mungkin berbeda tergantung pada durasi keanggotaan di Faskes saat ini. Untuk memudahkan pemahaman, mari kita lihat syarat-syarat pindah Faskes BPJS pada dua situasi yang berbeda:

Pindah Faskes Kurang dari Tiga Bulan di Faskes Sebelumnya

Jika ingin pindah Faskes kurang dari tiga bulan setelah mulai menggunakan Faskes sebelumnya, berikut adalah syarat-syarat yang perlu Anda penuhi:

  1. Kartu JKN-KIS asli
  2. Kartu Keluarga (KK)
  3. Alasan pindah yang sah, seperti:
    • Pindah Domisili
    • Penugasan Dinas atau Pelatihan

Proses penggantian Faskes mulai berlaku sejak tanggal satu pada bulan berikutnya setelah Anda mengajukan permintaan.

Pindah Faskes Kurang dari Tiga Bulan di Faskes Saat Ini

Pindah Faskes kurang dari tiga bulan di Faskes saat ini, syarat-syaratnya akan sedikit berbeda. Berikut adalah syarat-syarat yang perlu Anda penuhi:

  1. Kartu JKN-KIS asli
  2. Kartu Keluarga (KK)
  3. Surat keterangan domisili/surat pindah tugas/surat keterangan kuliah.

Setelah memenuhi syarat-syarat ini, Anda dapat memilih salah satu dari berbagai cara untuk mengajukan permohonan pindah Faskes BPJS Kesehatan.

Cara Pindah Faskes BPJS Secara Online dan Offline 2023

Berikut ulasan cara pindah faskes BPJS secara online dan offline 2023.

Aplikasi Mobile JKN

Pindah Faskes BPJS sekarang lebih mudah dengan bantuan teknologi. Salah satu cara termudah adalah melalui Aplikasi Mobile JKN. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Unduh Aplikasi Mobile JKN

Langkah pertama adalah mengunduh aplikasi Mobile JKN. Anda dapat menemukan aplikasi ini di Google Play Store untuk pengguna Android atau di App Store untuk pengguna iOS.

Daftarkan Akun

Setelah membuka aplikasi, pilih tombol menu pendaftaran pengguna mobile. Isi formulir pendaftaran dengan informasi seperti nomor kartu BPJS, nomor KTP, tanggal lahir, nama ibu kandung, email, nomor handphone, dan kata sandi.

Verifikasi Akun

Pilih “Register” dan lakukan verifikasi dengan kode angka unik yang dikirimkan ke email.

Ubah Faskes BPJS

Setelah berhasil verifikasi, Anda bisa masuk ke aplikasi Mobile JKN dan login dengan akun yang sudah didaftarkan. Selanjutnya, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pilih menu “Lainnya” di aplikasi.
  2. Pilih “Perubahan Data Peserta.”
  3. Pilih peserta yang ingin diperbarui data Faskes-nya.
  4. Pilih bagian “Fasilitas Kesehatan Tingkat 1.”
  5. Jika Anda ingin mengubah Faskes satu keluarga, tandai opsi tersebut.
  6. Selanjutnya, pilih provinsi, kota/kabupaten, serta FKTP yang diinginkan.
  7. Terakhir, tekan tombol “Simpan.”

Konfirmasi (Jika Diperlukan)

Jika Faskes yang di pilih sudah memiliki lebih dari 5000 peserta, Anda akan diminta untuk mengonfirmasi perubahan tersebut. Pilih “Setuju” untuk melanjutkan, masukkan pin, lalu pilih “Verifikasi.” Faskes Anda akan berhasil diubah dan berlaku mulai tanggal 1 bulan berikutnya.

Catatan Penting: Cara ini tidak berlaku untuk peserta yang ingin pindah Faskes tingkat 1 kurang dari tiga bulan di Faskes sebelumnya. Untuk kasus seperti itu, Anda perlu menggunakan metode offline.

Call Center 165

Jika tidak memiliki akses ke aplikasi Mobile JKN atau memilih untuk berbicara langsung dengan seorang petugas, Anda dapat menghubungi Call Center 165. Call Center 165 adalah pusat layanan yang dapat diakses melalui telepon dan tersedia 24 jam sehari, 7 hari seminggu, tanpa harus bertatap muka secara langsung.

Cara pindah Faskes BPJS melalui Call Center 165 adalah sebagai berikut:

  1. Pastikan Anda memiliki semua informasi yang diperlukan, termasuk nomor kartu BPJS, nomor KTP, dan alasan pindah Faskes.
  2. Dialah nomor Call Center 165 (atau +6221-1500451 untuk panggilan dari luar negeri).
  3. Ikuti panduan yang diberikan oleh operator. Anda akan diminta memberikan informasi yang diperlukan, seperti nomor kartu BPJS dan alasan pindah Faskes.
  4. Setelah selesai berbicara dengan operator, tunggu konfirmasi perubahan Faskes. Biasanya, Anda akan menerima konfirmasi melalui pesan teks atau email.

Catatan Penting: Proses pindah Faskes melalui Call Center 165 dapat memerlukan sedikit lebih banyak waktu dibandingkan dengan aplikasi Mobile JKN, tetapi itu adalah pilihan yang baik jika Anda tidak memiliki akses ke internet atau aplikasi.

Kantor Cabang BPJS Kesehatan

Jika Anda lebih suka melakukan proses pindah Faskes secara langsung, Anda dapat mengunjungi kantor cabang BPJS Kesehatan terdekat. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Pastikan membawa dokumen-dokumen penting, termasuk e-KTP, kartu JKN-KIS, dan Kartu Keluarga (KK).
  2. Setibanya di kantor cabang BPJS Kesehatan, ambillah nomor antrian di loket pelayanan.
  3. Isilah data di formulir daftar isian peserta dengan teliti dan pastikan tidak ada data yang keliru.
  4. Di dalam formulir, ada kolom untuk mengisi Faskes yang diinginkan. Pastikan mengisi informasi ini dengan benar.
  5. Setelah mengisi formulir, tunggu prosesnya hingga petugas memberitahukan bahwa data sudah diubah.

Semua metode yang telah dijelaskan dalam artikel ini, baik melalui aplikasi Mobile JKN, Call Center 165, atau kunjungan langsung ke kantor cabang BPJS Kesehatan, dirancang untuk memudahkan peserta dalam melakukan perubahan Faskes sesuai dengan kebutuhan. Cukup sekian, semoga Tips Bams dapat bermanfaat ya.

Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.