Cara Daftar Prakerja
Sosiologi

Cara Daftar Prakerja 2023 Lewat Hp

Cara daftar prakerja 2023 – Pemerintah Indonesia meluncurkan program yang bernama Prakerja. Program ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan dukungan kepada masyarakat agar dapat meningkatkan keterampilan dan daya saing mereka di pasar kerja. Bagi Anda yang tertarik untuk mendaftar Prakerja, berikut ini adalah panduan lengkap beserta syarat-syaratnya.

Apa itu Program Prakerja?

Apa itu Program Prakerja?

Program Prakerja adalah sebuah inisiatif dari pemerintah Indonesia yang diluncurkan pada tahun 2020. Tujuan dari program ini adalah memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mengikuti pelatihan dan mendapatkan dukungan finansial.

Dengan demikian, diharapkan peserta Prakerja dapat meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka sehingga dapat bersaing lebih baik di dunia kerja.

Program ini terbuka untuk semua warga negara Indonesia yang berusia di atas 18 tahun. Baik laki-laki maupun perempuan, para pencari kerja, maupun mereka yang sedang bekerja, dapat mendaftar sebagai peserta Prakerja.

Selain itu, program ini juga memberikan kesempatan bagi para pekerja informal dan pekerja terkena PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) untuk mengikuti pelatihan dan meningkatkan keterampilan mereka.

Baca juga: Tips Lolos CPNS beserta Persyaratan Berkasnya

Syarat Daftar Program Prakerja 2023

Syarat Daftar Program Prakerja 2023

Sebelum mendaftar Program Prakerja, ada beberapa syarat yang perlu Anda penuhi. Berikut adalah syarat-syarat daftar Program Prakerja:

  • Kewarganegaraan Indonesia, hal ini menjadi salah satu persyaratan dasar yang harus dipenuhi dengan dibuktian melalui e-KTP.
  • Program Prakerja terbuka untuk usia di atas 18 tahun. Bagi Anda yang belum mencapai usia tersebut, diharapkan untuk menunggu hingga memenuhi syarat ini sebelum mendaftar.
  • Tidak dalam belajar pada pendidikan formal seperti kuliah atau sekolah.
  • Berada dalam proses melamar kerja, karyawan yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK), ingin meningkatkan keahlian, buruh yang sedang dirumahkan, buruh bukan penerima upah, serta pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Program Prakerja juga terbuka bagi mereka yang ingin memperoleh keahlian baru atau meningkatkan keterampilan yang sudah dimiliki.
  • Tidak berasal dari kelompok pejabat negara, Aparatur Sipil Negara (ASN), Kepolisian, Tentara Nasional Indonesia (TNI), kepala desa dan perangkatnya, serta direktur/komisaris atau dewan pengawas Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Program ini lebih difokuskan pada masyarakat umum dan bukan untuk mereka yang sudah memiliki posisi jabatan tinggi dalam instansi pemerintahan atau perusahaan negara.
  • Dibatasi maksimal dua anggota keluarga dalam satu Kartu Keluarga (KK) yang sama. Untuk mengoptimalkan manfaat Program Prakerja, setiap keluarga hanya diperbolehkan mendaftarkan dua anggota keluarga.
  • Mendaftar melalui website resmi Prakerja Untuk mendaftar Program Prakerja.

Baca juga: Panduan Cara Daftar TikTok Affiliate Tanpa Follower

Cara Daftar Prakerja 2023 Lewat Hp

Cara Daftar Prakerja 2023

Setelah memastikan bahwa Anda memenuhi syarat-syarat yang disebutkan di atas, Anda dapat memulai proses pendaftaran Program Prakerja. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu di ikuti:

  1. Kunjungi situs web resmi Prakerja, buka browser dan akses portal https://dashboard.prakerja.go.id/daftar. Pastikan Anda mengakses website resmi Prakerja untuk menghindari penipuan dan informasi yang tidak valid.
  2. Buat akun Prakerja di halaman utama situs web Prakerja, Anda akan menemukan tombol “Daftar Sekarang” atau “Buat Akun”. Klik tombol tersebut untuk memulai proses pendaftaran. Anda akan diminta untuk mengisi formulir pendaftaran dengan informasi pribadi yang valid.
  3. Isi data diri yang terdiri dari alamat email, NIK (Nomor Induk Kependudukan), nomor KK, foto KTP, dan nomor HP aktif.
  4. Verifikasi akun melalui email, setelah mengisi formulir pendaftaran, Anda akan menerima email yang berisi tautan verifikasi. Klik tautan tersebut untuk mengaktifkan akun Prakerja Anda.
  5. Masuk (login) menggunakan email yang telah terverifikasi.
  6. Selanjutnya, ikuti tes kemampuan dasar sebagai bagian dari proses pendaftaran.
  7. Tunggu pembukaan gelombang pendaftaran dan klik “Gabung Gelombang” saat gelombang pendaftaran dibuka.
  8. Penyelenggara akan melakukan proses evaluasi dan pengumuman kelulusan.

Baca juga: Infografis adalah: Pengertian, Manfaat, Tujuan, dan Jenis

Pentingnya Program Prakerja

Program Prakerja memiliki peran yang penting dalam membantu masyarakat meningkatkan keterampilan dan daya saing di dunia kerja. Berikut adalah beberapa alasan mengapa Program Prakerja penting:

Peningkatan Keterampilan dan Pengetahuan

Melalui pelatihan yang disediakan dalam Program Prakerja, peserta dapat meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka di bidang yang diminati. Dengan keterampilan yang ditingkatkan, peluang mendapatkan pekerjaan yang lebih baik akan semakin terbuka.

Dukungan Finansial

Program Prakerja memberikan dukungan finansial kepada peserta selama mengikuti pelatihan. Hal ini membantu mengurangi beban keuangan yang mungkin dialami oleh peserta, terutama mereka yang tidak bekerja atau terkena PHK.

Penyesuaian dengan Perkembangan Teknologi

Program Prakerja juga memastikan bahwa peserta dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi dan persyaratan pasar kerja. Dengan mengikuti pelatihan yang relevan dengan tren industri, peserta akan lebih siap menghadapi tantangan di dunia kerja.

Meningkatkan Peluang Kerja

Dengan keterampilan yang ditingkatkan dan sertifikat pelatihan yang dimiliki, peserta Program Prakerja memiliki peluang yang lebih baik untuk mendapatkan pekerjaan. Hal ini membantu mengurangi tingkat pengangguran di Indonesia dan memberikan kontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi.

Baca juga: Apa itu Server?: Pengertian, Fungsi, dan Cara kerja

Kesimpulan

Program Prakerja merupakan inisiatif yang sangat berarti bagi masyarakat Indonesia dalam meningkatkan keterampilan dan daya saing di dunia kerja.

Dengan memenuhi syarat-syarat dan mengikuti langkah-langkah pendaftaran yang telah dijelaskan di atas, Anda dapat memanfaatkan program ini untuk mengembangkan potensi dan meningkatkan peluang Anda di pasar kerja.

Ingatlah bahwa Prakerja tidak hanya memberikan pelatihan, tetapi juga dukungan finansial yang dapat membantu Anda dalam menghadapi tantangan ekonomi selama mengikuti pelatihan.

Manfaatkan kesempatan ini dengan baik dan jadikan Program Prakerja sebagai langkah awal untuk meraih kesuksesan dalam karier Anda.

Referensi

https://indonesia.go.id

Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.