cara mendapatkan uang dari tiktok
Marketing

12 Cara Mendapatkan Uang dari TikTok

Cara mendapatkan uang dari TikTok – TikTok, platform media sosial yang sedang booming, telah menjadi salah satu lahan subur bagi para kreator konten yang ingin mendapatkan penghasilan. Dengan lebih dari satu miliar pengguna aktif setiap bulannya, TikTok menawarkan peluang besar untuk menghasilkan uang secara kreatif dan inovatif.

Jika Anda ingin meraih kesuksesan di dunia digital dan mendapatkan penghasilan dari TikTok, berikut adalah 12 cara yang dapat Anda coba.

Cara Mendapatkan Uang dari TikTok

Berikut ini penjalasan cara mendapatkan uang dari tiktok.

Mengikuti Program TikTok Affiliate

TikTok Affiliate

Mengikuti program Afiliasi TikTok dapat menjadi salah satu cara yang patut Anda pertimbangkan untuk mendapatkan penghasilan dari TikTok.

Program ini memungkinkan Anda untuk mempromosikan produk tertentu dan mendapatkan komisi dari penjualan produk tersebut.

Cara kerja Afiliasi TikTok mirip dengan program afiliasi pada umumnya. Anda hanya perlu menambahkan tautan afiliasi produk saat membuat konten video. Jika seseorang mengklik tautan tersebut, Anda akan secara otomatis memperoleh komisi.

Namun, pastinya TikTok Affiliate memiliki syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi agar Anda dapat diterima sebagai afiliasi.

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap, Anda dapat membuka aplikasi TikTok yang terpasang di smartphone Anda dan mempelajari dengan seksama setiap persyaratan yang ditentukan.

Menjadi Influencer

Influencer

Salah satu cara untuk mendapatkan uang dari TikTok adalah dengan menjadi seorang influencer di platform tersebut. Seorang influencer memiliki kemampuan untuk mempengaruhi orang lain melalui konten-konten yang dibuatnya.

Sebagai seorang influencer, Anda dapat bekerja sama dengan merek untuk mempromosikan produk mereka dan mendapatkan imbalan atas kerjasama tersebut.

TikTok juga menyediakan fitur-fitur seperti Creator Fund, Brand Takeover, dan Branded Hashtag Challenge yang memudahkan para influencer dalam menghasilkan uang.

Beberapa tips untuk menjadi seorang influencer TikTok adalah fokus pada niche atau topik tertentu yang Anda kuasai, konsisten dalam membuat konten yang berkualitas, dan menjalin interaksi yang baik dengan para pengikut Anda.

Dengan melakukan hal-hal tersebut, Anda dapat membangun reputasi sebagai seorang influencer yang memiliki daya pengaruh dan peluang untuk mendapatkan penghasilan dari TikTok.

Baca juga: Panduan Cara Daftar TikTok Affiliate Tanpa Follower

Memanfaatkan TikTok Ads

TikTok Ads

Salah satu alternatif cara untuk mendapatkan uang dari TikTok adalah dengan memanfaatkan TikTok Ads. TikTok Ads adalah fitur iklan yang disediakan oleh TikTok untuk membantu Anda mempromosikan produk atau layanan di platform media sosial ini.

Dengan menggunakan TikTok Ads, Anda dapat meningkatkan lalu lintas ke website, marketplace lain, atau bahkan Toko TikTok Anda sendiri.

Terdapat berbagai variasi iklan yang dapat ditampilkan, mulai dari In-feed Image Ads hingga TopView Ads yang menggunakan format fullscreen.

Dengan memanfaatkan TikTok Ads, Anda dapat menjangkau audiens yang lebih luas dan memperluas jangkauan pemasaran Anda.

Anda dapat membuat kampanye iklan yang disesuaikan dengan tujuan bisnis Anda dan menargetkan audiens yang relevan dengan produk atau layanan yang Anda tawarkan.

TikTok Ads memberikan kesempatan bagi Anda untuk memanfaatkan popularitas TikTok dan meningkatkan visibilitas bisnis Anda.

Dengan iklan yang menarik dan strategi yang tepat, Anda dapat memperoleh keuntungan dari hasil promosi di TikTok menggunakan TikTok Ads.

Memasarkan Produk

Memasarkan Produk

Selain menghasilkan uang melalui hadiah monetisasi di TikTok, ada juga cara lain untuk mendapatkan penghasilan dari platform ini, yaitu dengan memasarkan produk melalui TikTok.

Metode ini sering digunakan oleh merek untuk menjangkau konsumen di TikTok. Jika Anda memiliki usaha atau bisnis online, ini adalah salah satu cara yang perlu Anda pertimbangkan.

Anda dapat melakukan TikTok marketing dengan membuat iklan melalui TikTok Ads. Mirip dengan Facebook Ads dan Instagram Ads, algoritma TikTok memungkinkan iklan yang Anda buat dapat dilihat oleh audiens target yang Anda inginkan.

TikTok mencatat riwayat video yang ditonton oleh setiap pengguna, sehingga memungkinkan mereka untuk menyajikan iklan yang lebih personal.

Dengan memanfaatkan fitur ini, Anda dapat menargetkan pengguna TikTok yang berpotensi tertarik dengan produk atau layanan yang Anda tawarkan.

Dengan melakukan pemasaran melalui TikTok, Anda dapat menjangkau khalayak yang lebih luas dan memanfaatkan daya tarik platform ini yang sedang populer.

TikTok memberikan peluang bagi bisnis online untuk memperluas jangkauan dan meningkatkan penjualan melalui iklan yang ditampilkan kepada audiens yang tepat.

Baca juga: Cara Daftar TikTok Affiliate 2023 serta Syaratnya

Menjadi Penulis Naskah

Penulis Naskah

Jika Anda memiliki bakat dalam menulis, TikTok dapat menjadi tempat yang baik untuk memperoleh penghasilan dari penulisan naskah.

Banyak kreator TikTok yang mencari naskah untuk video mereka. Anda dapat menawarkan jasa penulisan naskah kepada mereka dan bekerja sama untuk menciptakan konten yang menarik.

Postingan Bersponsor

Jika Anda memiliki akun TikTok dengan banyak pengikut, Anda dapat memanfaatkan cara ini untuk mendapatkan penghasilan.

Sponsored post atau postingan bersponsor adalah cara untuk mempromosikan sebuah merek melalui konten yang diposting. Biasanya, sponsored post dilakukan oleh selebriti TikTok atau content creator.

Untuk melakukan postingan bersponsor, merek akan memilih content creator yang sesuai dengan mempertimbangkan tingkat interaksi, jumlah pengikut, jumlah suka atau jumlah penayangan di TikTok.

Sebagai seorang selebriti TikTok, Anda perlu memikirkan cara untuk menarik perhatian agensi atau merek agar bekerja sama dengan Anda.

Misalnya, Anda dapat memfokuskan konten Anda pada niche yang relevan dengan merek yang ingin dituju. Dengan cara ini, Anda dapat menarik minat agensi atau merek untuk menjalin kerjasama dengan Anda.

Menjual Akun TikTok

Salah satu cara mendapatkan uang dari TikTok adalah dengan membangun akun TikTok Anda hingga mencapai popularitas yang besar, kemudian menjualnya.

Bisnis jual beli akun TikTok ini memiliki potensi yang menjanjikan, karena tidak semua orang memiliki waktu atau kemampuan untuk membangun akun TikTok dari awal.

Terutama jika Anda memiliki bakat dalam menarik pengikut TikTok dengan cepat, Anda akan memiliki banyak calon pembeli yang tertarik. Praktik jual beli akun TikTok ini telah menjadi hal umum di pasar online atau situs web.

Dalam bisnis ini, ada banyak orang yang tertarik untuk membeli akun TikTok yang sudah memiliki pengikut besar, karena dapat memberikan mereka akses ke audiens yang luas dan potensial untuk promosi atau kampanye pemasaran.

Namun, penting untuk memastikan bahwa Anda menjual akun dengan cara yang sah dan mematuhi kebijakan platform TikTok serta persyaratan hukum yang berlaku.

Baca juga: Infografis adalah: Pengertian, Manfaat, Tujuan, dan Jenis

Mengikuti Kontes dan Lomba TikTok

Mengikuti Kontes dan Lomba TikTok

Banyak merek atau organisasi yang mengadakan kontes dan lomba TikTok dengan hadiah menarik. Ikuti kontes tersebut dengan membuat video kreatif dan unik.

Jika Anda menang, Anda dapat memperoleh hadiah berupa uang tunai, produk gratis, atau kesempatan kerjasama dengan merek terkait.

Live Streaming

Selain menyelesaikan misi, salah satu cara untuk mendapatkan uang dari TikTok adalah melalui live streaming. Dalam live streaming, Anda memiliki kesempatan untuk menerima Payout Coins atau donasi dari penonton.

Selama sesi live berlangsung, penonton memiliki opsi untuk memberikan gift sticker yang nantinya dapat Anda konversikan menjadi uang setelah terkumpul dalam jumlah yang mencukupi.

Cara mendapatkan uang dari TikTok melalui live streaming ini melibatkan donasi dalam bentuk sticker yang diberikan sebagai bentuk apresiasi dari penonton kepada Anda yang sedang melakukan siaran langsung.

Sticker-sticker tersebut tidak diberikan secara cuma-cuma oleh penonton, mereka perlu membelinya terlebih dahulu.

Dengan demikian, terdapat timbal balik yang terjalin antara penonton dan Anda sebagai TikToker dalam menghargai usaha Anda dalam menciptakan konten yang menarik.

Namun, perlu diingat bahwa tidak semua pengguna TikTok memiliki akses untuk melakukan live streaming. Fitur live hanya tersedia bagi akun yang memiliki jumlah pengikut minimal 1.000. Selain itu, terdapat batasan usia minimal 16 tahun untuk dapat melakukan siaran langsung melalui TikTok.

Mengikuti Kontes dan Lomba TikTok

Banyak merek atau organisasi yang mengadakan kontes dan lomba TikTok dengan hadiah menarik. Ikuti kontes tersebut dengan membuat video kreatif dan unik.

Jika Anda menang, Anda dapat memperoleh hadiah berupa uang tunai, produk gratis, atau kesempatan kerjasama dengan merek terkait.

Baca juga: 9 Cara Meningkatkan Engagement Instagram

Menjalankan Misi TikTok

Salah satu cara lain bagi pemula untuk mendapatkan uang dari TikTok adalah dengan menjalankan misi di aplikasi media sosial ini. TikTok menyediakan beberapa misi yang dapat Anda ikuti, seperti mengundang teman atau menonton video.

Dengan menjalankan misi-misi ini, Anda berkesempatan untuk mendapatkan hadiah dari TikTok berupa uang tunai atau koin TikTok.

Selain hadiah tersebut, konten video pendek yang Anda buat juga memiliki peluang untuk mendapatkan paparan lebih luas karena TikTok akan mempromosikannya secara aktif.

Melalui partisipasi dalam misi-misi TikTok, Anda dapat menghasilkan penghasilan tambahan dan memperluas jangkauan konten Anda.

Ini adalah kesempatan bagi pemula untuk terlibat aktif dalam komunitas TikTok, mengembangkan keterampilan dalam membuat video yang menarik, dan mendapatkan penghargaan dari platform tersebut.

Pastikan untuk memperhatikan syarat dan ketentuan yang terkait dengan setiap misi yang Anda ikuti dan patuhi pedoman komunitas TikTok saat berpartisipasi dalam program-program ini.

Menawarkan Jasa Konsultasi atau Pelatihan

Jika Anda memiliki keahlian khusus dalam suatu bidang, seperti kecantikan, kebugaran, atau bisnis, Anda dapat menawarkan jasa konsultasi atau pelatihan kepada pengikut Anda.

Buatlah konten pendidikan atau tips yang berharga, dan tawarkan layanan tambahan berbayar untuk konsultasi pribadi atau pelatihan khusus.

Baca juga: 16 Tips Membeli Laptop Bekas: Panduan Lengkap

Kesimpulan

Dalam rangka mendapatkan uang dari TikTok, penting untuk menjaga konsistensi, kualitas konten, dan interaksi yang aktif dengan pengikut Anda.

Selalu berinovasi dan mengikuti tren terkini agar dapat bersaing di dunia digital yang kompetitif. Dengan strategi yang tepat dan dedikasi yang kuat, Anda dapat mengubah hobi TikTok menjadi sumber penghasilan yang menguntungkan.

Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.