Manfaat Sayur Pakis
Gaya Hidup

8 Manfaat Sayur Pakis untuk Kesehatan

Manfaat Sayur Pakis – keberagaman sayuran memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan kita. Salah satunya adalah sayur pakis, yang tak hanya lezat tapi juga penuh dengan nutrisi esensial. Dalam setiap 100 gram daun pakis. Air, protein, lemak, karbohidrat, dan serat adalah komponen utama. Tambahkan vitamin C sebanyak 31 miligram, dan kalium sebanyak 500 miligram ke dalam campuran tersebut. Tidak ketinggalan, beta-karoten dan asam lemak esensial juga turut menyemarakkan keberagaman nutrisi ini.

Manfaat Sayur Pakis untuk Kesehatan

Manfaat Sayur Pakis
Sumber Gambar: dapurkobe.co.id

Berikut ulasan dari ragam manfaat sayur pakis yang dirangkum dar beberapa sumber.

1. Menjaga Kesehatan Tulang

Tidak hanya untuk anak-anak, kesehatan tulang penting bagi semua usia, di sinilah kalsium, fosfor, dan tembaga dari daun pakis berperan untuk memastikan bahwa tulang kita tetap kuat dan terjaga kepadatannya.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Tidak hanya lezat di lidah, daun pakis juga memberikan sentuhan kesehatan pada mata kita. Kandungan vitamin A dalam pakis berperan penting dalam menjaga kesehatan mata terutama untuk yang banyak menghabiskan waktu di depan layar komputer, tambahkan daun pakis dalam menu makanan untuk menjaga kesehatan mata tetap prima.

3. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Dengan mengonsumsi sayur pakis, kita memberikan asupan energi pada sistem imun tubuh. Satu porsi sayur pakis dapat memenuhi sekitar 30% kebutuhan vitamin C harian, yang secara efektif memperkuat pertahanan tubuh . Sayur pakis jua mengandung antioksidan yang membantu melawan radikal bebas penyebab penyakit.

4. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Selain vitamin C, kehadiran serat dalam daun pakis memberikan keuntungan luar biasa untuk kesehatan pencernaan. Dengan 2 gram serat dalam setiap 100 gram pakis, tubuh kita dapat terhindar dari masalah pencernaan seperti sembelit. Jangan lupakan untuk tetap menjaga kebutuhan serat harian dengan menambahkan buah-buahan dan sayuran lainnya dalam menu makan sehari-hari.

5. Menjaga Tekanan Darah

Tekanan darah yang sehat merupakan kunci untuk menjaga kesehatan jantung, di sinilah peran penting kalium dari daun pakis. Dengan cukup kalium, riset menunjukkan bahwa kita dapat menjaga tekanan darah tetap stabil. Bagi mereka yang menjalani diet DASH untuk hipertensi, sayur pakis merupakan tambahan yang sangat dianjurkan.

6. Menurunkan Berat Badan

Kandungan serat yang tinggi memberikan rasa kenyang lebih lama, mengurangi keinginan ngemil yang tidak sehat. Ditambah lagi, dengan rendah lemak dan kalori, pakis adalah pilihan sempurna untuk menu diet.

7. Mengontrol Gula Darah

Kandungan serat, antioksidan, dan lemak sehat dalam pakis dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Namun, selalu disarankan untuk tetap menjalani pola hidup sehat agar gula darah tetap terkendali.

8. Menyehatkan Jantung

Selain menjaga tekanan darah, kalium juga memiliki peran besar dalam menjaga kesehatan jantung secara keseluruhan. Membantu otot jantung berdetak dengan irama yang seimbang, kalium dari daun pakis menjadi elemen penting untuk kesehatan jantung kita.

Cara Pengolahan Sayur Pakis

Meskipun sayur pakis memberikan banyak manfaat, ingatlah untuk tidak mengonsumsinya mentah. Pengolahan yang tepat sangat penting untuk menghindari efek samping seperti diare, mual, muntah, kram perut, dan sakit kepala. Cuci sayur pakis hingga bersih dan rebus selama sekitar 15 menit sebelum mengonsumsinya.

Dalam memasak daun pakis, dapat memiliki berbagai opsi, mulai dari tumisan hingga tauco, daun pakis dapat menjadi tambahan istimewa dalam berbagai jenis masakan. Untuk kesehatan yang lebih praktis, kita juga dapat menikmatinya langsung dengan nasi atau pasta. Selamat menikmati kuliner sehat dengan sentuhan daun pakis! Semoga informasi tentang manfaat sayur pakis ini bermanfaat ya.

Referensi

  1. Heriani, A., Sari, A. K., Aisyah, S., & Pasaribu, S. F. (2022). Potensi Kandungan Vitamin C Pakis Sayur terhadap Penurunan Kadar Asam Urat. PREPOTIF: Jurnal Kesehatan Masyarakat6(2), 1894-1900.
  2. Prasmani, G. A. P. (2022). Inovasi daun pakis pada pembuatan rolade (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).
  3. Jordan, C. WebMD. What Are the Health Benefits of Fiddlehead Ferns?. Diakses pada 2023.
  4. Healthy Focus. 5 Health Benefits of Fiddlehead Ferns. Diakses pada 2023.
  5. Dvorakova, M., Pumprova, K., Antonínová, Ž., Rezek, J., Haisel, D., Ekrt, L., … & Langhansova, L. (2021). Nutritional and antioxidant potential of fiddleheads from European ferns. Foods10(2), 460.
  6. Kementerian Kesehatan RI. Data Komposisi Pangan Indonesia. Daun Pakis, Segar (Fern, Leaf, Fresh). Diakses pada 2023.
Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.