Cara Mengusir Cicak
Lingkungan

13 Cara Mengusir Cicak dari Rumah dengan Aman dan Efektif

Cara Mengusir Cicak – Kehadiran cicak di dalam rumah memang dapat menjadi masalah yang menjengkelkan. Meskipun mereka tidak menggigit atau menyebabkan bahaya langsung bagi manusia, tetapi keberadaan mereka seringkali membuat penghuni rumah merasa risih. Beberapa alasan mengapa cicak sering mampir ke dalam rumah adalah karena mereka mencari makanan, mencari tempat yang hangat, atau bahkan mencari air. Selain itu, bakteri seperti Escherichia Coli (E. Coli) dapat ditemukan pada tubuh cicak, dan ini dapat menjadi sumber penyakit diare, sakit perut, dan gangguan pencernaan lainnya. Oleh karena itu, cara mengusir cicak dari rumah adalah hal yang perlu dipahami.

Mengapa Cicak Masuk ke Dalam Rumah?

Sebelum kita membahas cara mengusir cicak, penting untuk memahami mengapa cicak sering masuk ke dalam rumah. Ini akan membantu untuk mengambil tindakan yang lebih efektif dalam mencegah kehadiran mereka. Beberapa alasan umum mengapa cicak masuk ke dalam rumah meliputi:

  • Cicak adalah hewan yang sangat opportunis. Mereka sering masuk ke dalam rumah mencari sisa-sisa makanan, baik yang ada di tempat sampah maupun yang tergeletak di lantai. Makanan yang tidak disimpan dengan baik atau sisa makanan yang tidak dibuang dengan benar dapat menjadi daya tarik bagi cicak.
  • Cicak merupakan hewan yang tidak mampu mengatur suhu tubuh mereka sendiri. Oleh karena itu, mereka sering mencari tempat yang hangat, terutama saat cuaca menjadi lebih dingin. Ruangan yang hangat dan nyaman di dalam rumah Anda bisa menjadi tempat yang menarik bagi cicak.
  • Seperti halnya dengan makanan, cicak juga membutuhkan air. Mereka mungkin masuk ke dalam rumah Anda untuk mencari air, terutama jika daerah sekitar rumah kering atau jika mereka tidak dapat menemukan sumber air di tempat lain.
  • Cicak suka bersembunyi di dalam celah-celah atau di antara barang-barang yang tertumpuk. Ruangan yang jarang digunakan atau memiliki banyak barang yang tidak terorganisir dapat menjadi tempat berlindung bagi mereka.

Dengan memahami alasan mengapa cicak masuk ke dalam rumah, Anda dapat mengambil tindakan pencegahan yang lebih efektif dan mengusir mereka dengan lebih baik.

Baca juga: Cara Mengusir Lalat dengan Garam sebagai Solusi Alami

Pentingnya Mengusir Cicak

Mengapa harus peduli untuk mengusir cicak dari rumah? Ada beberapa alasan penting untuk melakukannya:

  • Keberadaan cicak di dalam rumah dapat mengganggu kebersihan dan kesehatan rumah. Mereka sering meninggalkan kotoran atau jejak di berbagai permukaan rumah, yang bisa menjadi bahan yang sulit dibersihkan dan dapat merusak estetika rumah.
  • Cicak bisa membuat penghuni rumah merasa tidak nyaman. Mereka seringkali berkeliaran di sekitar area makan, mencicipi makanan, atau bahkan berkeliling di dapur. Kehadiran mereka dapat mengganggu saat sedang makan atau memasak, dan ini bisa sangat menjengkelkan.
  • Cicak juga dapat merusak perabotan atau barang-barang di rumah. Mereka terkadang menggigit atau merusak barang-barang seperti kabel listrik, kertas, atau kain. Kerusakan ini bisa mengakibatkan biaya perbaikan yang tidak diinginkan.

Mengingat dampak negatif yang bisa diakibatkan oleh kehadiran cicak di dalam rumah, menjadi sangat penting untuk mengambil langkah-langkah untuk mengusir mereka. Dengan menggunakan metode yang aman dan efektif, Anda dapat menjaga rumah tetap bersih, nyaman, dan sehat.

Baca juga: 16 Cara Mengusir Kecoa di Kamar Mandi

Cara Mengusir Cicak dari Rumah dengan Aman dan Efektif

Berikut beberapa metode yang dapat digunakan untuk mengusir cicak dari rumah.

1. Menaburkan Bubuk Kopi dan Bubuk Tembakau

Cicak membenci bau asap dan aroma yang menyengat. Salah satu cara untuk mengusir cicak adalah dengan menaburkan bubuk kopi yang memiliki aroma kuat. Anda juga dapat mencampur bubuk kopi dengan bubuk tembakau yang dikenal sebagai racun untuk cicak. Taburkan campuran ini di area-area yang sering dihuni oleh cicak.

2. Menggunakan Ventilasi dengan Kawat atau Kasa Nyamuk

Ventilasi adalah pintu masuk utama bagi cicak. Untuk menghalangi mereka masuk, tambahkan sekat berupa kawat atau kasa nyamuk pada ventilasi rumah Anda. Ini akan membuat cicak kesulitan untuk masuk.

3. Memanfaatkan Aroma Bawang

Cicak juga tidak suka dengan aroma bawang seperti bawang putih, bawang merah, dan bawang bombay. Anda dapat meletakkan potongan-potongan bawang di berbagai area rumah yang sering dihuni oleh cicak. Jika Anda tidak ingin rumah Anda berbau bawang, Anda dapat membuat semprotan bawang dengan membuat jus bawang putih dan menyemprotkannya di area yang sering dihuni cicak.

4. Gunakan Kamper atau Kapur Barus

Kapur barus tidak hanya berperan dalam mencegah bau dan pertumbuhan jamur, tetapi juga terbukti efektif sebagai penghalau berbagai jenis serangga di rumah, termasuk semut, rayap, cicak, dan tikus. Anda hanya perlu menyebar kapur barus ke seluruh area atau ruangan dalam rumah. Pendekatan ini telah terbukti sama efektifnya dengan penggunaan cairan obat nyamuk.

5. Atur Suhu Ruangan

Apakah Anda tahu bahwa cicak tidak mampu mengatur suhu tubuhnya? Secara umum, cicak cenderung mencari tempat yang hangat, itulah mengapa mereka dapat ditemukan hampir di seluruh dunia, kecuali di Antartika.

Ini disebabkan oleh ketidakmampuan tubuh cicak untuk beradaptasi dengan suhu dingin. Anda dapat memanfaatkan informasi ini untuk mengusir cicak dengan cara meningkatkan suhu udara di dalam ruangan hingga mencapai 22 derajat Celsius. Dengan melakukan ini, Anda dapat yakin bahwa mereka tidak akan berani masuk ke dalam ruangan yang suhunya terlalu rendah.

6. Menaburkan Lada dan Cabai

Aroma tajam dari lada dan cabai juga bisa mengusir cicak. Anda dapat membuat semprotan lada atau cabai dengan membuat jus dan menyemprotkannya di area-area yang sering dihuni oleh cicak.

7. Memanfaatkan Cangkang Telur

Cicak juga tidak suka dengan bau yang dikeluarkan oleh cangkang telur. Anda dapat menggunakan cangkang telur yang sudah direbus atau hanya dengan membersihkan cangkang telur dengan tisu dan meletakkannya di area yang ingin Anda lindungi dari cicak.

8. Menggunakan Obat Nyamuk Semprot

Sebuah metode yang efektif untuk mengusir cicak dari rumah adalah dengan menggunakan cairan anti serangga atau obat nyamuk. Anda dapat menyemprotkan atau mengoleskan cairan tersebut pada area yang sering dikunjungi oleh cicak.

Tidak hanya itu, obat serangga juga membantu mengusir nyamuk, yang merupakan makanan utama cicak. Jika populasi nyamuk di dalam rumah berkurang, maka cicak cenderung pergi mencari sumber makanan lainnya.

9. Larutan Deterjen atau Air Sabun

Sebuah alternatif lain yang dapat membuat cicak tidak nyaman adalah larutan deterjen atau air sabun. Anda dapat menggunakan jenis deterjen atau air sabun apa pun untuk ini. Caranya adalah dengan mencampur larutan tersebut dengan air dan menuangkannya ke dalam sebuah botol semprot. Yang membedakannya dari cairan semprotan lain adalah Anda perlu menyemprotkan campuran ini langsung ke tubuh cicak untuk membuatnya merasa tidak nyaman.

10. Minyak Serai

Aroma yang tajam yang tidak disukai oleh cicak adalah minyak serai. Minyak serai memiliki aroma yang segar dan dapat memberikan efek relaksasi pada manusia. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika minyak serai, yang juga dikenal sebagai minyak sereh, sering digunakan dalam aromaterapi atau essential oil di tempat-tempat spa kecantikan.

11. Membersihkan Bawah Westafel

Ruang-ruang di sudut seperti bagian bawah lemari sering menjadi pilihan favorit bagi cicak. Mereka sering menggunakan lemari wastafel sebagai tempat untuk bersarang dan bertelur.

Alasannya adalah karena tempat tersebut cenderung kering dan hangat, dan juga berdekatan dengan sumber air. Oleh sebab itu, disarankan untuk membersihkan secara rutin bagian bawah lemari wastafel dan sudut-sudut lain di dalam ruangan, minimal sekali seminggu.

Tidak hanya akan membantu menghilangkan sarang cicak, tetapi juga mencegah penumpukan kotoran yang dapat menjadi daya tarik bagi hama lain di rumah Anda.

12. Menjaga Kebersihan Rumah

Yang paling penting, menjaga rumah tetap bersih adalah kunci untuk mengusir cicak. Pastikan untuk tidak menumpuk sampah di dalam rumah, buang sisa makanan dengan benar, dan menjaga kebersihan rumah Anda secara umum. Dengan menjaga rumah Anda bersih, Anda akan membuat rumah Anda kurang menarik bagi cicak.

13. Menyingkirkan Pot Tanaman

Mungkin banyak dari Anda berpikir bahwa cicak hanya memakan serangga seperti nyamuk. Namun, faktanya, cicak juga tertarik pada buah-buahan dan daun tanaman.

Disarankan untuk menyimpan buah-buahan dalam wadah yang tertutup dan mengurangi jumlah pot tanaman hias di dalam rumah Anda, sehingga tidak menarik kedatangan cicak. Atau alternatifnya, Anda dapat menanam tumbuhan yang tidak disukai oleh cicak, seperti pohon cabai, untuk menjaga mereka menjauh dari rumah Anda.

Baca juga: Panduan Lengkap Cara Membasmi Kutu Kucing

Beberapa Fakta Menarik tentang Cicak

Sebelum kita melanjutkan, mari kita lihat beberapa fakta menarik tentang cicak:

  • Meskipun cicak sering ditemui di sekitar rumah, mereka sebenarnya adalah pemangsa yang memakan serangga kecil, ngengat, dan laba-laba. Ini membuat mereka berguna dalam mengendalikan populasi serangga pengganggu.
  • Kemampuan cicak untuk merayap di langit-langit merupakan keunggulan dalam mencari makanan dan berlindung dari pemangsa. Mereka memiliki cakar yang memungkinkan mereka untuk bergerak di permukaan yang halus seperti langit-langit.
  • Cicak memiliki penglihatan yang baik, dan mereka juga dapat mendengar suara-suara tinggi yang tidak dapat didengar oleh manusia. Ini membuat mereka sangat peka terhadap perubahan lingkungan di sekitar mereka.
  • Cicak memiliki masa hidup yang singkat, biasanya sekitar 2-5 tahun tergantung pada spesiesnya. Selama masa hidup mereka, mereka akan mengalami beberapa kali pergantian kulit sebelum mencapai ukuran dewasa.
  • Kebanyakan cicak aktif di malam hari, mencari makanan dan berpatroli di sekitar rumah Anda ketika Anda tidur. Ini adalah alasan mengapa Anda sering menemui mereka saat mencari makan tengah malam.

Dengan menerapkan metode ini, dapat menjaga rumah tetap bersih dan bebas dari cicak yang mengganggu. Semoga tips ini bermanfaat.

Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.