Cara Membuka Situs yang Diblokir
Teknologi

7 Cara Membuka Situs yang Diblokir

Cara Membuka Situs yang Diblokir – Saat berselancar di dunia maya, seringkali kita menghadapi kendala ketika situs yang ingin kita kunjungi ternyata diblokir. Namun, jangan khawatir, karena ada beberapa cara cerdas yang bisa kita lakukan untuk tetap bisa mengakses situs-situs tersebut.

Tapi sebelum itu, mari kita memahami alasan di balik pemblokiran situs web. Terkadang, situs-situs ini diblokir karena melanggar hukum atau kebijakan tertentu. Sebelum mencoba membuka blokir, penting untuk memastikan bahwa situs yang ingin diakses tidak melanggar peraturan dan etika internet di Indonesia.

Cara Membuka Situs yang Diblokir

Berikut ini ulasan lengkap tantang 7 cara membuka situs yang diblokir, mari simak ya.

1. Membuka Pemblokiran di Chrome dan Safari

Kita juga dapat melewati pemblokiran dengan menggunakan ekstensi browser. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukannya di Chrome:

  • Buka Chrome, klik tiga titik, dan pilih “More Tools,” lalu pilih “Extensions.”
  • Buka menu hamburger, lalu buka “Extensions.” Klik pada menu “Open Chrome Web Store.”
  • Masukkan proxy, server proxy, atau server proxy VPN ke dalam kolom pencarian toko web Chrome.
  • Temukan ekstensi yang ingin Anda tambahkan, dan klik “Add to Chrome.”
  • Setelah pesan pop-up muncul, klik “Add extension” untuk mengonfirmasi pemasangan.
  • Klik ikon ekstensi dan mulai menggunakannya.

Sementara itu, jika menggunakan Mac, kita dapat mengatur proxy secara langsung di dalam Safari, sehingga tidak perlu terhubung secara manual lagi. Berikut adalah cara mengatur pengaturan Proxy:

  • Buka Safari dan klik “Preferences.”
  • Klik “Advanced” dan pilih “Change Settings.”
  • Pastikan proxy yang ingin diedit telah dipilih.
  • Tambahkan alamat endpoint untuk layanan proxy pilihan di bidang “Web Proxy Server.”
  • Klik “Ok” dan “Apply” untuk menyelesaikan pengaturan.

2. Menggunakan VPN

Virtual Private Network atau VPN menjadi salah satu solusi terbaik dan teraman untuk membuka situs yang diblokir. VPN bekerja dengan mengenkripsi lalu lintas internet dan menyamarkan alamat IP pengguna. Dengan menggunakan VPN, kita dapat memalsukan lokasi dan mengakses situs web tanpa terdeteksi.

Kelebihan menggunakan VPN termasuk keamanan tambahan dan kemampuan untuk mengakses konten yang dibatasi secara geografis. Meskipun ada VPN gratis, versi berbayar seringkali menawarkan kecepatan dan keamanan yang lebih baik.

3. Menggunakan Tor Browser

Tor Browser atau The Onion Router merupakan proyek open-source yang menyediakan tingkat anonimitas tambahan. Dengan mengarahkan koneksi melalui berbagai server, Tor Browser dapat menyembunyikan alamat IP pengguna dan menyembunyikan IP server tujuan dari ISP.

Namun, perlu diingat bahwa kecepatan browsing dengan Tor Browser bisa sangat lambat, dan beberapa situs mungkin memblokir akses dari pengguna Tor.

4. Menggunakan Proxy

Proxy bekerja dengan menyembunyikan alamat IP pengguna dari situs web yang diblokir. Meskipun tidak seaman VPN, proxy bisa menjadi pilihan yang baik, terutama ketika menggunakan komputer di tempat umum yang mungkin tidak memperbolehkan penggunaan VPN.

Namun, perlu diingat bahwa beberapa server proxy mungkin tidak terenkripsi, sehingga sebaiknya tidak digunakan untuk mengirimkan informasi sensitif.

5. Ganti Antara HTTP dan HTTPS

Sebagai trik yang dapat dicoba, kita dapat mencoba mengganti alamat web dari HTTPS ke HTTP. Namun, metode ini tidak disarankan karena penggunaan protokol yang tidak aman. Informasi yang dikirim melalui HTTP tidak terenkripsi dan rentan terhadap potensi bahaya keamanan.

6. Menggunakan Alamat IP

Metode lain yang dapat dicoba dengan menggunakan alamat IP alih-alih URL. Kadang-kadang, pemblokiran hanya ditujukan pada nama domain, bukan alamat IP. Alamat IP adalah urutan nomor yang unik untuk server yang meng-host situs web. Dengan menggunakan alamat IP, kita dapat mengakses situs yang diblokir.

7. Menggunakan HTML to PDF Converter

Jika tujuan kita hanya untuk membaca konten dari situs yang diblokir, kita dapat mencoba menggunakan HTML to PDF Converter. Alat ini akan mengubah URL menjadi dokumen PDF, memungkinkan kita untuk melihat konten secara offline.

Meskipun kita memiliki berbagai cara untuk membuka situs yang diblokir, kita harus selalu memperhatikan pertimbangan keamanan dan etika. Penggunaan VPN atau metode lainnya dapat melanggar kebijakan penggunaan di beberapa tempat, jadi pastikan untuk memeriksa kebijakan setempat sebelum mencoba metode apa pun.

Baca juga:

  1. 3 Cara Check In Online Citilink Melalui Website dan Aplikasi
  2. 5 Cara Melacak Lokasi Seseorang
Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.