google maps tidak akurat
Teknologi

9 Cara Mengatasi Google Maps tidak Akurat

Google Maps tidak Akurat – Sangat menjengkelkan ketika aplikasi Google Maps yang seharusnya membimbing Anda menuju tujuan tiba-tiba mengalami masalah. Namun, tak perlu khawatir. Dalam artikel ini, akan dibagikan beberapa saran untuk mengatasi ketidakakuratan Google Maps.

Aplikasi ini sungguh bermanfaat dalam membantu Anda menemukan lokasi yang dituju, melalui peta serta panduan arah dan estimasi jarak yang harus ditempuh. Namun, hal ini tidak berarti bahwa aplikasi ini akan berjalan tanpa kendala sepanjang waktu.

Banyak pengguna sering mengalami masalah seperti pesan kesalahan yang muncul, memberitahukan bahwa aplikasi tidak dapat dijalankan atau dibuka, dan Google Maps tidak beroperasi sebagaimana mestinya.

Cara Mengatasi Google Maps tidak Akurat

Jika Anda sedang menggunakan Google Maps dan terganggu oleh masalah ketidakakuratan, berikut adalah beberapa cara yang dapat dicoba untuk mengatasi masalah tersebut.

Mengatasi Google Maps tidak Akurat melalui Pengaturan GPS

Pengguna perangkat Android dan iPhone memiliki cara yang berbeda untuk mengaktifkan pengaturan GPS yang lebih akurat.

Android

  1. Buka menu “Pengaturan”.
  2. Pilih opsi “Lokasi”.
  3. Pilih “Akurasi Lokasi Google”.
  4. Aktifkan opsi “Tingkatkan Akurasi Lokasi”.

iPhone atau iOS

  1. Masuk ke menu “Pengaturan”.
  2. Pilih “Privasi”.
  3. Pilih “Layanan Lokasi”.
  4. Cari dan pilih “Google Maps”.
  5. Nyalakan opsi “Lokasi Tepat”.

Mengatasi Google Maps tidak Akurat dengan Membersihkan Cache

Selain itu, pengguna juga dapat mencoba menghapus file cache untuk membersihkan aplikasi Google Maps:

  1. Masuk ke menu “Pengaturan”.
  2. Cari dan pilih opsi “Aplikasi”.
  3. Temukan dan klik “Google Maps”.
  4. Pilih opsi “Hapus Data”.
  5. Klik “Hapus Cache”.

Mengatasi Google Maps tidak Akurat melalui Kalibrasi Sensor

Langkah ketiga yang sebaiknya dilakukan oleh para pengguna adalah mereset kalibrasi sensor. Mulailah dengan membuka aplikasi Google Maps, kemudian klik ikon lingkaran berwarna biru yang menandakan lokasi saat ini. Pilih opsi “Kalibrasi” untuk memulai proses. Lakukan gerakan pada ponsel Anda hingga membentuk pola mirip angka delapan. Tunggulah hingga muncul pemberitahuan yang menyatakan bahwa sensor Google Maps telah berhasil dikalibrasi.

Baca juga: 16 Tips Membeli Laptop Bekas: Panduan Lengkap

Mengatasi Google Maps tidak Akurat melalui Opsi Hemat Baterai

Fitur penghematan baterai dapat mengurangi akurasi GPS pada perangkat Anda. Untuk mengatasi hal ini:

Android

  1. Buka menu “Pengaturan”.
  2. Pilih opsi “Baterai”.
  3. Nonaktifkan fitur “Penghematan Baterai”.

iPhone atau iOS

  1. Buka menu “Pengaturan”.
  2. Buka opsi “Baterai”.
  3. Matikan opsi “Mode Hemat Daya”.

Mengatasi Google Maps tidak Akurat melalui Perbarui Google Maps

Applikasi yang sudah usang dapat menjadi penyebab mengapa Google Maps tidak menampilkan informasi yang akurat. Untuk menangani masalah ini, Anda hanya perlu membuka Google Play Store, mencari aplikasi Google Maps, dan memperbarui ke versi terkini yang cocok dengan perangkat Anda.

Dengan meng-update aplikasi ke versi yang paling baru, Anda akan mengatasi bug atau masalah aplikasi yang sering terhenti dengan lebih efektif. Selain itu, tidak jarang melakukan pembaruan akan membawa fitur dan antarmuka baru yang segar.

Namun, sebelum Anda melaksanakan pembaruan ini untuk mengatasi masalah ketidakakuratan Google Maps, sebaiknya persiapkan juga ruang penyimpanan yang cukup di perangkat smartphone Anda supaya dapat menampung pembaruan aplikasi tersebut.

Mengatasi Google Maps tidak Akurat dengan memeriksa Konektivitas

Apabila Anda mengamati bahwa ponsel Anda memiliki kapasitas RAM dan penyimpanan internal yang luas, faktor utama yang mungkin menyebabkan tidak akuratnya Google Maps adalah koneksi internet Anda.

Karena itu, sangat penting untuk memastikan bahwa koneksi internet Anda tetap stabil dan tidak mengalami keterlambatan saat Anda sedang menjelajahi internet atau menggunakan Google Maps.

Anda dapat mencoba menguji kualitas koneksi dengan menggunakan aplikasi Tes Kecepatan yang dapat diunduh melalui Google Play Store. Atau alternatifnya, jika kuota data yang Anda punya hampir habis, Anda bisa mempertimbangkan untuk membeli paket data tambahan.

Mengatasi Google Maps tidak Akurat dengan Non Aktifkan Lokasi Palsu

Pada perangkat Android, terdapat opsi yang dikenal sebagai Developer Options yang memungkinkan pengguna untuk mengakses mode pengembangan.

Melalui metode ini, pengguna memiliki kemampuan untuk mengatur berbagai aspek, seperti mengubah skala animasi, meningkatkan kinerja permainan, dan sebagainya. Bahkan, pengguna memiliki kemampuan untuk menciptakan koordinat GPS palsu dengan menciptakan lokasi tiruan di ponsel mereka.

Apabila opsi ini diaktifkan, akibatnya Google Maps mungkin menghadapi kesulitan dalam menampilkan data lokasi dengan ketepatan. Karena itu, pengguna dianjurkan untuk menonaktifkan fitur ini dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka menu “Pengaturan”.
  2. Pilih opsi “Sistem”.
  3. Masuk ke “Opsi Pengembang”.
  4. Pilih opsi “Pilih aplikasi lokasi tiruan”.
  5. Geser tombol toggle hingga berubah menjadi posisi mati atau warna hitam.

Dengan mengikuti panduan ini, Anda akan menonaktifkan penggunaan lokasi tiruan dan membantu Google Maps untuk menampilkan informasi lokasi yang lebih akurat.

Baca juga: Performance Marketing: Pengertian, Manfaat, dan Cara Kerjanya

Mengatasi Google Maps tidak Akurat melalui Atur Izin Aplikasi

Langkah berikutnya dalam memperbaiki ketidakakuratan Google Maps adalah dengan menyesuaikan izin aplikasi. Perlu diingat bahwa semua aplikasi yang beroperasi di perangkat Android membutuhkan izin tertentu agar dapat berfungsi dengan benar.

Kendala terkait izin ini mungkin menjadi penyebab utama mengapa Google Maps tidak berjalan sesuai harapan. Untuk mengamati serta mengelola izin aplikasi, Anda cukup membuka pengaturan aplikasi pada perangkat Anda.

Selanjutnya, pilih opsi “Izin,” lalu arahkan ke bagian “Lokasi.” Pastikan bahwa Google Maps memiliki izin akses ke lokasi, karena jika tidak diberikan izin ini, Google Maps mungkin tidak akan dapat memberikan hasil pencarian yang akurat atau lengkap.

Mengatasi Google Maps tidak Akurat dengan Factory Reset

Apabila seluruh langkah di atas tidak mengatasi masalah ketidakakuratan Google Maps yang Anda hadapi, solusi terakhir yang dapat diambil adalah melakukan reset pabrik atau mengembalikan perangkat Anda ke pengaturan awal.

Sebelum melangkah ke tindakan ini, pastikan Anda telah membuat salinan cadangan dari data penting ke penyimpanan eksternal terlebih dahulu.

Setelah Anda siap, buka menu pengaturan, cari opsi pengaturan tambahan, dan pilih opsi factory reset. Tunggu beberapa waktu, dan sistem akan menghapus semua aplikasi serta data dari perangkat Anda.

Baca juga: Jamur Tiram: Kandungan Nutrisi dan Manfaat untuk Kesehatan

Kesimpulan

Jika upaya untuk memperbaiki ketidakakuratan Google Maps dengan langkah-langkah sebelumnya tidak berhasil, langkah terakhir adalah melakukan factory reset atau mengembalikan perangkat ke pengaturan pabrik. Namun, pastikan untuk melakukan backup data penting sebelumnya. Proses ini akan menghapus semua data dan aplikasi dari perangkat Anda. Sehingga, sebaiknya pertimbangkan langkah ini dengan hati-hati sebelum mengambil tindakan.

Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.