Manfaat Terong Ungu
Gaya Hidup

14 Manfaat Terong Ungu untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Terong Ungu – Solanum melongena (Terong Ungu) merupanakan jenis terong yang dikenal dengan warna ungu khasnya. Tidak hanya memikat mata, tapi juga menyimpan sejumlah nutrisi penting yang membuatnya menjadi pilihan yang cerdas untuk memperkaya pola makan sehat. Selain terong ungu, ada beragam jenis terong dengan warna dan bentuk yang berbeda, seperti hijau, hitam, putih, dan jingga. Namun, terong ungu sering menjadi favorit di berbagai masakan Indonesia, memberikan sentuhan warna dan rasa yang unik.

Terong ungu mengandung sejumlah nutrisi esensial seperti kalori, protein, karbohidrat, dan lemak dalam proporsi yang seimbang. Dari asam folat hingga vitamin A, C, dan K, terong ungu menyediakan berbagai vitamin yang mendukung kesehatan tubuh. Tidak hanya itu, kalsium, kalium, zat besi, dan magnesium juga hadir dalam jumlah yang besar.

Manfaat Terong Ungu untuk Kesehatan dan Kecantikan

Berikut ragam manfaat terong ungu untuk kesehatan dan kecantikan yang dirangkum dari beberapa sumber.

1. Mencegah Penyakit Kanker

Kandungan antioksidan, termasuk asam klorogenat, dalam terong ungu dapat membantu mencegah perkembangan sel kanker. Ini menjadikan terong sebagai pilihan makanan untuk melindungi tubuh dari risiko penyakit kanker.

2. Mencegah Penyakit Diabetes

Kandungan serat dan polifenol dalam terong ungu dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Ini membuat terong menjadi pilihan bagus untuk mencegah penyakit diabetes dan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

3. Melancarkan Pencernaan

Terong ungu mengandung serat prebiotik yang dapat membantu melancarkan pencernaan. Sifat serat ini membantu mengatasi gangguan pencernaan seperti sembelit dan perut kembung. Dengan rutin mengonsumsi terong ungu, Anda dapat menjaga pencernaan tetap sehat dan meningkatkan penyerapan nutrisi.

4. Menurunkan Berat Badan

Bagi yang sedang berjuang dengan berat badan, terong ungu dapat menjadi makanan yang setia. Kandungan serat tinggi membantu menjaga perut kenyang lebih lama, mengurangi nafsu makan berlebihan, dan membantu dalam penurunan berat badan secara alami.

5. Kaya Antioksidan

Warna ungu pada terong merupakan indikasi kandungan antioksidan yang tinggi, terutama nasunin. Beberapa penelitian yang dipublikasikan menunjukan bahwa antioksidan dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, membantu mencegah peradangan dan menjaga kesehatan sel tubuh secara keseluruhan.

6. Melindungi Tubuh dari Infeksi Bakteri

Antioksidan dalam terong ungu, seperti nasunin dan asam klorogenat, memiliki efek antibakteri, hal tersebut ditunjukan dari hasil studi penelitian. Ini berarti terong dapat membantu melindungi tubuh dari infeksi bakteri yang mungkin dapat membahayakan kesehatan.

7. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Studi menunjukan, bahwa kandungan potasium, kalsium, dan vitamin K dalam terong ungu mendukung kesehatan tulang. Konsumsi terong secara rutin dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang dan mengurangi risiko terkena osteoporosis.

8. Menurunkan Kolesterol

Terong ungu memiliki kandungan nasunin yang dapat membantu menjaga kadar kolesterol dalam batas normal. Dengan mengonsumsi terong, Anda dapat mengurangi risiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan serangan jantung.

9. Menekan Risiko Penyakit Jantung

Antioksidan dalam kulit terong ungu tidak hanya memberikan warna yang menarik, tetapi juga membantu menekan risiko penyakit jantung. Dengan menjaga keseimbangan kolesterol dan memberikan perlindungan terhadap peradangan, terong ungu dapat menjadi bagian penting dari kesehatan jantung.

10. Menyehatkan Kulit

Kandungan antioksidan dalam terong membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Ini dapat membantu mencegah penuaan dini, menjaga elastisitas kulit, dan memberikan kilau alami.

11. Mengurangi Jerawat

Terong ungu memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit. Ini dapat membantu mengatasi masalah jerawat dan memberikan kulit penampilan yang lebih bersih.

12. Mengatasi Kecerahan Kulit

Kandungan vitamin C dalam terong ungu membantu mencerahkan kulit dan mengurangi pigmentasi. Dengan mengonsumsi terong secara teratur, akan meraih kulit yang lebih cerah dan bersinar.

13. Mencegah Kerontokan Rambut

Kandungan zat besi dan vitamin dalam terong dapat membantu mencegah kerontokan rambut. Ini membuat terong tidak hanya baik untuk tubuh bagian dalam tetapi juga untuk penampilan luar.

14. Memperkuat Kuku

Mineral seperti kalsium dalam terong ungu dapat membantu memperkuat kuku. Jadi, selain perawatan luar, konsumsi terong juga dapat memberikan manfaat untuk kecantikan kuku.

Baca juga: 18 Manfaat Kangkung untuk Kesehatan

Cara Mengolah Tumis Terong Ungu Lezat

Manfaat Terong ungu untuk Kesehatan dan Kecantikan
Sumber Gambar: Kompas.com

Untuk memaksimalkan manfaat terong ungu, mencoba berbagai metode memasak adalah ide baik. Menyadur dari situs cookpad.com, berikut salah satu resep yang patut dicoba adalah tumis terong ungu yang lezat. Berikut adalah cara membuatnya:

Bahan-bahan

Sebelum memulai proses memasak, pastikan kita memiliki semua bahan yang diperlukan. Berikut adalah daftar bahan-bahan yang akan kita gunakan:

  • 2 terong ungu, potong dan belah
  • 4 siung bawang putih, cincang
  • 2-3 siung bawang merah, cincang
  • 3 buah cabe merah keriting, cincang
  • 1-2 buah cabe rawit merah, cincang
  • Minyak goreng untuk menggoreng terong
  • 2-3 sdm minyak goreng untuk menumis
  • 1/2 sdt garam (sesuaikan)
  • 1 tangkup tangan air
  • Larutan garam untuk merendam terong (1 sdt garam dalam 1 mangkuk air)

Langkah-langkah

Berikut langkah-langkah mengolah tumis terong ungu:

  1. Merendam terong dalam larutan garam. Langkah ini penting untuk mencegah terong menghitam akibat teroksidasi.
  2. Setelah merendam, buang air rendaman yang keruh dan tiriskan terong.
  3. Panaskan minyak goreng dalam wajan dan goreng terong hingga kecoklatan merata.
  4. Pastikan terong sudah cukup empuk. Angkat dan tiriskan terong.
  5. Sisakan sedikit minyak di wajan untuk menumis.
  6. Tumis cabe dan bawang cincang hingga harum dan berubah kecoklatan.
  7. Masukkan terong yang sudah digoreng ke dalam wajan.
  8. Aduk rata untuk memastikan bumbu meresap sempurna ke dalam terong.
  9. Gunakan api kecil, tambahkan air, dan taburkan garam secukupnya.
  10. Aduk hingga air menyusut dan bumbu tercampur merata dengan terong.
  11. Matikan api.
  12. Siap untuk disajikan.

Dengan menggali lebih dalam tentang keajaiban sayuran ini, kita dapat memahami betapa pentingnya memasukkan terong ungu ke dalam pola makan sehari-hari. Semoga informasi ini dapat bermanfaat ya.

Referensi

  1. Cervoni, B. Verywell Fit. Eggplant Nutrition Facts and Health Benefits. Diakses pada November 2023.
  2. WebMD. Health Benefits of Eggplant. Diakses pada November 2023.
  3. Watson, S. WebMD. Health Benefits of Eggplant. Diakses pada November 2023.
  4. Salmahatullah, et al. (2021). Bioactive and Antimicrobial Properties of Eggplant (Solanum melongena L.) under Microwave Cooking. Sustainability, 13, 1519.
  5. Healthier Steps. Top 10 Health Benefits of Eggplants. Diakses pada November 2023.
Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.