Manfaat Endamame
Gaya Hidup

11 Manfaat Edamame untuk Kesehatan

Manfaat Edamame – Kacang Edamame berasal dari bahasa Jepang, merupakan kacang kedelai muda yang dipanen sebelum matang. Berbeda dengan kedelai biasa, edamame memiliki warna hijau yang cerah dan kelembutan yang menggoda, membuatnya menjadi camilan yang populer di Jepang dan seluruh dunia.

Kacang Edamame sering dijumpai dalam polongnya yang mengkilat, dan saat dikunyah, rasanya yang renyah dan manis langsung mengundang selera. Kacang ini bukan hanya menggugah selera, tetapi juga menawarkan pengalaman makan yang unik. kacang kedelai muda ini telah menjadi bagian dari budaya Jepang selama berabad-abad.

Sebelum kita melangkah lebih jauh, perlu dicatat bahwa edamame sebenarnya merupakan kacang kedelai yang dipanen saat masih muda. Perbedaan utama antara edamame dan kacang kedelai biasa terletak pada waktu panen dan warna. Edamame dipanen saat masih hijau dan muda, memberikan tekstur dan rasa yang berbeda.

Kandungan Nutrisi Edamame

Manfaat Edamame untuk Kesehatan

Edamame bukan sekadar camilan lezat, tetapi juga adalah paket nutrisi yang lengkap. Dalam setiap cangkir edamame kupas, kamu akan menemukan berbagai nutrisi esensial seperti protein, karbohidrat, serat, zat besi, kalsium, fosfor, kalium, seng, selenium, vitamin C, folat, kolin, vitamin A, beta karoten, vitamin K, lutein, dan zeaxanthin.

Edamame juga menyediakan sejumlah kecil vitamin E, tiamin, riboflavin, niacin, dan vitamin B6. Selain itu, kacang ini mengandung protein lengkap, menyediakan asam amino esensial yang diperlukan oleh tubuh.

Baca juga: 11 Manfaat Kacang Panjang untuk Kesehatan

Manfaat Edamame untuk Kesehatan

Edamame tidak hanya memanjakan lidah, tetapi juga memberikan sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa. Berikut adalah beberapa manfaat edamame yang patut Anda ketahui:

1. Menurunkan Kolesterol

Penelitian membuktikan bahwa kandungan protein tinggi dalam edamame membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (jahat) dalam tubuh. Ini dapat membantu mencegah berbagai penyakit yang berkaitan dengan tingginya kolesterol.

2. Baik untuk Penderita Diabetes

Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi produk kedelai tanpa pemanis, seperti edamame, bermanfaat bagi penderita diabetes tipe 2. Konsumsi ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit kencing manis tipe 2.

3. Mencegah Penyakit Otak Terkait Usia

Berkat kandungan isoflavonnya, edamame baik untuk kesehatan otak. Studi menunjukkan bahwa isoflavon kedelai dapat menurunkan risiko penurunan kognitif. Sebuah meta-analisis pada jurnal Menopause mengungkapkan bahwa isoflavon kedelai dapat meningkatkan fungsi kognitif pada wanita setelah menopause.

4. Mengontrol Tekanan Darah

Protein dalam edamame juga dapat membantu mengontrol tekanan darah. Dengan menjaga tekanan darah dalam kisaran normal, risiko penyakit terkait tekanan darah tinggi dapat dikurangi.

5. Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Edamame tidak hanya menjadi sumber protein lengkap, tetapi juga kaya serat sehat, antioksidan, dan vitamin K. Nutrisi ini bersama-sama membantu mengoptimalkan kesehatan jantung, mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, dan menjaga keseimbangan kolesterol.

6. Mengontrol Berat Badan

Edamame yang kaya serat, protein, dan antioksidan dapat membantu menjaga berat badan. Riset menunjukkan bahwa konsumsi makanan berserat, termasuk edamame, dapat membantu mengurangi lemak tubuh dan membuat perasaan kenyang lebih lama.

7. Menurunkan Risiko Kanker Payudara dan Prostat

Banyak penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kedelai, termasuk edamame, dapat mengurangi risiko kanker payudara. Sebuah tinjauan dan meta-analisis pada tahun 2018 menemukan bahwa mengonsumsi produk kedelai signifikan mengurangi risiko kanker prostat pada pria.

8. Menurunkan Risiko Depresi

Kandungan asam folat yang tinggi dalam edamame membantu menurunkan risiko depresi. Asam folat berperan dalam menghentikan pembentukan homosistein yang berlebihan, zat yang dapat mengganggu produksi hormon serotonin. Hormon ini penting untuk meningkatkan mood, tidur, dan nafsu makan.

9. Mengoptimalkan Kesehatan Tulang

Isoflavon dalam edamame bukan hanya antioksidan, tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan tulang. Konsumsi isoflavon dapat membantu mencegah penyakit osteoporosis.

10. Meredakan Gejala Menopause

Kandungan isoflavon dalam edamame dapat membantu meredakan gejala menopause. Isoflavon bertindak seperti estrogen alami, membantu mengatasi gejala panas, perubahan suasana hati, dan keringat berlebih selama menopause.

11. Menyehatkan Saluran Pencernaan

Edamame tidak hanya lezat, tetapi juga baik untuk kesehatan saluran pencernaan. Kandungan serat dan protein tinggi berperan sebagai prebiotik, membantu pertumbuhan bakteri baik di dalam saluran pencernaan.

Edamame dan Mitos Kanker Payudara

Terdapat anggapan bahwa mengonsumsi kedelai, termasuk edamame, dapat meningkatkan risiko kanker payudara. Isoflavon dalam kedelai diduga memicu peningkatan hormon estrogen yang dapat meningkatkan risiko keganasan sel-sel kelenjar di payudara. Namun, hingga saat ini, belum ada bukti yang meyakinkan bahwa edamame dapat meningkatkan risiko kanker payudara. Sebaliknya, isoflavon dalam edamame dapat memiliki efek pencegahan terhadap pertumbuhan sel kanker.

Baca juga: 8 Manfaat Minyak Bulus untuk Kesehatan

Cara Sehat Menikmati Edamame

Edamame dapat diolah menjadi berbagai hidangan lezat. Menyadur dari Briliofood.net, berikut beberapa resep yang bisa di coba:

1. Tumis Edamame

  • 500 gr edamame
  • Garam secukupnya
  • 1 sdt lada hitam
  • 6 siung bawang putih
  • 3 sdm butter/mentega/margarin
  • 2 sdm minyak

Cara membuat: Rebus edamame, tumis bawang putih dengan minyak dan mentega, tambahkan edamame dan bumbu lainnya, sajikan.

2. Nasi Goreng Edamame

  • 2 piring nasi
  • 2 sdm minyak sayur
  • 150 gr edamame
  • 1 buah wortel besar
  • 1/4 bawang bombai
  • 2 siung bawang putih
  • 2 sdm kecap asin
  • Garam dan merica secukupnya
  • 1/2 sdm minyak wijen
  • Nori secukupnya

Cara membuat: Orak-arik telur, tumis bahan-bahan lain, tambahkan nasi, edamame, kecap asin, bumbu lainnya, sajikan dengan telur orak-arik dan potongan nori.

3. Edamame Panggang Tabur Wijen

  • 500 gr edamame
  • 2 sdt biji wijen
  • Garam secukupnya
  • 1 sdt minyak

Cara membuat: Rebus edamame selama 2 menit, campur dengan biji wijen, garam, dan minyak. Panggang hingga kecoklatan.

Dengan berbagai nutrisi yang dimilikinya, edamame dapat menjadi pilihan yang cerdas untuk menjaga tubuh kita tetap sehat dan bugar. Semoga informasi ini dapat bermanfaat ya.

Referensi

  1. Anderson, J. Verywell Fit. Edamame Nutrition Facts. Diakses pada 2023.
  2. Verywell Fit. Edamame Nutrition Facts and Health Benefits. Diakses pada 2023.
  3. Arnarson, A. Healthline. 8 Surprising Health Benefits of Edamame. Diakses pada 2023.
  4. Menopause. Do soy isoflavones improve cognitive function in postmenopausal women? A meta-analysis. Diakses pada 2023.
  5. Zeratsky, K. Mayo Clinic. Will Eating Soy Increase My Risk of Breast Cancer?. Diakses pada 2023.
  6. Medical News Today. What are the health benefits of edamame?. Diakses pada 2023.
Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.