Manfaat Habbatussauda
Gaya Hidup

13 Manfaat Habbatussauda untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Habbatussauda telah dikenal luas di berbagai kawasan seperti Asia Barat, Timur Tengah, Eropa Selatan, dan Afrika Utara. Buah kecil berbentuk biji hitamnya memiliki nama latin Nigella sativa, memiliki kandungan nutrisi yang luar biasa, dan masyarakat telah mengolahnya selama berabad-abad untuk pengobatan tradisional. Di Indonesia, ia dikenal sebagai jintan hitam, dan masyarakat telah lama mengolahnya untuk mendapatkan ekstrak minyak yang menjadi salah satu bahan andalan dalam pengobatan tradisional.

Nutrisi Habbatussauda

Manfaat Habbatussauda untuk Kesehatan dan Kecantikan
Sumber Gambar: Freepik

Tanaman ini mengandung beragam nutrisi yang sangat penting untuk kesehatan tubuh, seperti kalori, protein, lemak, karbohidrat, serat, kalsium, zat besi, Ssng, tembaga, tiamin, niasin, fosfor, dan asam folat. Kandungan utama yang membuatnya begitu istimewa adalah thymoquinone, senyawa aktif yang memiliki sifat antioksidan, antiinflamasi, dan terapeutik.

Baca juga: 10 Manfaat Daun Jambu Biji sebagai Obat Tradisional

Manfaat Kesehatan Habbatussauda untuk Kesehatan dan Kecantikan

Mari kita telusuri manfaat kesehatan yang didapatkan dari mengonsumsi atau menggunakan Habbatussauda.

1. Mencegah Sindrom Metabolik

Sindrom metabolik, yang merupakan kumpulan gangguan kesehatan yang meningkatkan risiko penyakit serius, dapat dicegah dengan mengonsumsi Habbatussauda. Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Habbatussauda dapat menghasilkan penurunan komponen sindrom metabolik, seperti tekanan darah diastolik, kolesterol total, kolesterol jahat (LDL), dan gula darah puasa. Dengan demikian, Habbatussauda dapat menjadi tambahan yang berharga dalam menjaga kesehatan dan kecantikan tubuh.

2. Mengurangi Jerawat

Habbatussauda memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi yang menjadikannya pilihan alami untuk mengurangi jerawat. Produk kecantikan yang mengandung Habbatussauda dapat membantu membersihkan pori-pori, mengontrol produksi minyak berlebih, dan meredakan kemerahan pada kulit. Studi telah menunjukkan penurunan signifikan dalam keparahan jerawat setelah penggunaan rutin produk dengan kandungan Habbatussauda.

3. Membantu Menurunkan Gejala Asma

Asma, penyakit kronis yang memengaruhi saluran pernapasan, dapat diatasi dengan menggunakan minyak Habbatussauda. Kandungan nutrisi dalam tanaman ini memiliki efek mengurangi peradangan dan merelaksasi otot saluran pernapasan. Hal ini membantu mengatasi kesulitan bernapas yang seringkali dialami oleh penderita asma.

4. Mencegah Infertilitas Pria

Meskipun penelitian masih terbatas, ada indikasi bahwa minyak Habbatussauda dapat meningkatkan kualitas air mani pada pria dengan kondisi infertilitas. Gangguan ini dapat menyebabkan masalah fungsi seksual, dan Habbatussauda mungkin memberikan dukungan tambahan untuk mengatasi masalah ini.

5. Mengontrol Kadar Gula Darah

Kadar gula darah yang tinggi dapat menjadi pemicu berbagai komplikasi serius, termasuk diabetes. Habbatussauda, dengan kandungan nutrisi dan senyawa aktifnya, dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Penting untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan suplemen berbasis jintan hitam untuk memastikan dosis yang tepat dan keamanannya.

6. Meningkatkan Kesehatan Otak

Neuroinflamasi, peradangan pada otak, dapat berkontribusi pada perkembangan penyakit serius seperti Alzheimer dan Parkinson. Senyawa thymoquinone dalam minyak Habbatussauda dapat mengurangi peradangan saraf, yang dapat mengurangi risiko terkena penyakit-penyakit tersebut. Meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan, manfaat potensial Habbatussauda terhadap kesehatan otak adalah suatu hal yang menjanjikan.

7. Antiinflamasi Alami

Peradangan dalam tubuh dapat menjadi akar dari berbagai penyakit kronis. Thymoquinone dalam Habbatussauda memiliki sifat antiinflamasi yang efektif, membantu melawan peradangan dan mencegah perkembangan penyakit.

8. Bersifat Antijamur

Minyak Habbatussauda telah terbukti memiliki aktivitas antijamur. Mengonsumsinya dapat membantu melindungi tubuh dari ragi Candida albicans, penyebab kandidiasis. Jenis jamur ini dapat menginfeksi mulut dan organ intim, dan Habbatussauda dapat menjadi sekutu alami dalam melawan infeksi ini.

9. Menjaga Kesehatan Rambut

Habbatussauda tidak hanya memberikan manfaat untuk kesehatan internal tubuh, tetapi juga dapat memberikan dukungan untuk kesehatan luar, terutama rambut. Kandungan antioksidan dalam tanaman ini dapat menjaga kesehatan rambut, membuatnya lebih kuat, bersinar, dan lebat. Penggunaan minyak Habbatussauda sebagai masker rambut alami dapat memberikan manfaat maksimal.

10. Menurunkan Berat Badan

Habbatussauda juga dikaitkan dengan kemampuannya membantu menurunkan berat badan dan mengurangi lemak tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi minyak Habbatussauda, dikombinasikan dengan diet rendah kalori, dapat menghasilkan penurunan berat badan yang signifikan. Ini menjadikan Habbatussauda sebagai pilihan alami untuk mereka yang mencari dukungan dalam perjalanan penurunan berat badan.

11. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Minyak Habbatussauda mengandung senyawa thymoquinone yang memiliki kemampuan merangsang pertumbuhan jaringan dan mempercepat proses penyembuhan luka. Sifat antibakteri, antiinflamasi, dan antioksidan dari tanaman ini dapat membantu mengatasi berbagai jenis luka, termasuk luka bakar dan luka akibat penyakit kencing gula.

12. Mendukung Kesehatan Kulit

Penggunaan minyak Habbatussauda secara topikal dapat membantu mendukung kesehatan kulit. Sifat antimikroba dan antiinflamasi tanaman ini dapat membantu mengatasi berbagai masalah kulit, termasuk jerawat, eksim, kulit kering, dan psoriasis. Sebagai tambahan, Habbatussauda dapat memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit untuk tetap sehat dan bercahaya.

13. Mencegah Kerutan

Kandungan vitamin A, B, dan C dalam Habbatussauda berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit. Vitamin A membantu mempertahankan kelembapan, vitamin B merangsang produksi kolagen untuk menjaga elastisitas, dan vitamin C berperan sebagai antioksidan yang melawan radikal bebas penyebab penuaan dini. Dengan menggunakan minyak Habbatussauda secara teratur, Anda dapat membantu mencegah munculnya kerutan dan menjaga kulit tetap tampak muda dan sehat.

Baca juga: Kandungan Nutrisi dan 11 Manfaat Garam Himalaya untuk Kesehatan

Cara Mengonsumsi Habbatussauda

Meskipun Habbatussauda menawarkan sejumlah manfaat kesehatan dan kecantikan, penting untuk mengonsumsinya dengan bijak dan sesuai dengan petunjuk. Berikut adalah beberapa tips untuk mengonsumsi Habbatussauda dengan aman:

  • Sebelum memulai suplementasi dengan Habbatussauda, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter atau profesional kesehatan. Mereka dapat memberikan panduan mengenai dosis yang sesuai dan memastikan bahwa penggunaan Habbatussauda tidak bertentangan dengan kondisi kesehatan atau obat-obatan lain yang mungkin Anda konsumsi.
  • Untuk mengonsumsi Habbatussauda dalam bentuk suplemen, pastikan produk yang di pilih sudah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Ini dapat membantu memastikan bahwa produk tersebut memenuhi standar keamanan dan kualitas.
  • Setiap produk Habbatussauda dapat memiliki petunjuk penggunaan yang berbeda. Pastikan untuk membaca dan mengikuti petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan produk atau petunjuk dari profesional kesehatan.
  • Habbatussauda tersedia dalam berbagai bentuk, termasuk minyak, kapsul, dan bubuk. Pilih bentuk konsumsi yang sesuai dengan preferensi Anda dan memastikan penyerapan nutrisi yang maksimal.

Dengan pemahaman yang baik tentang kandungan nutrisi dan manfaatnya, Anda dapat menikmati segala kebaikan yang ditawarkan oleh tanaman herbal ini dengan aman dan optimal. Semoga informasi ini bermanfaat ya Bamers.

Referensi

  1. Healthline. (2023). What Is Black Seed Oil? All You Need to Know.
  2. Journal of Integrative Medicine. (2023). A case study report of acute renal failure associated with Nigella sativa in a diabetic patient.
  3. Complementary Therapies in Medicine. (2023). Effects of Black Seed (Nigella sativa) on Metabolic Parameters in Diabetes Mellitus: a Systematic Review.
  4. Kulyar, A., et al. (2021). Potential Influence of Nigella sativa (Black cumin) in Reinforcing Immune System: A Hope to Decelerate the COVID-19 Pandemic. Phytomedicine: International Journal of Phytotherapy and Phytopharmacology. doi: 10.1016/j.phymed.2020.153277.
  5. Moll, J. Verywell Health. (2021). How Phytosterols Can Help Lower Your Cholesterol.
  6. Habbatus Sauda Benefits, Uses & Cures. (2022). Retrieved November 17, 2023, from https://www.digitalwelt.org/en/lifestyle/herbs/habbatus-sauda-benefits
  7. Wong, C. Verywell Health. (2020). The Health Benefits of Nigella Sativa.
  8. Bordoni, L., et al. (2019). Antioxidant and Anti-Inflammatory Properties of Nigella sativa Oil in Human Pre-Adipocytes. Antioxidants. doi: 10.3390/antiox8020051.
  9. Sahebkar, A., Soranna, D., Liu, X., Thomopoulos, C., Simental-Mendia, L., & Derosa, G., et al. (2016). A systematic review and meta-analysis of randomized controlled trials investigating the effects of supplementation with Nigella sativa (black seed) on blood pressure. Journal Of Hypertension, 34(11), 2127-2135. doi: 10.1097/hjh.0000000000001049
  10. Farkhondeh, T., Samarghandian, S., & Borji, A. (2017). An overview on cardioprotective and anti-diabetic effects of thymoquinone. Asian Pacific Journal Of Tropical Medicine, 10(9), 849-854. doi: 10.1016/j.apjtm.2017.08.020
Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.