Manfaat Buah Matoa
Gaya Hidup

17 Manfaat Buah Matoa untuk Kesehatan

Manfaat Buah matoa – Memiliki nama ilmiah Pometia Pinnata tapi lebih di kenal dengan sebutan buah matoa, berasal dari famili Sapindaceae merupakan keluarga terdekat dengan tanaman seperti leci dan maple. Dengan warna merah kehijauan yang menawan dan bentuk oval yang khas, buah matoa menarik perhatian setiap orang yang mencobanya.

Pohon matoa, dengan ketinggian yang bisa mencapai 18 meter, tumbuh subur di hutan belantara, memberikan nuansa alamiah pada buah ini. Tak heran jika buah matoa juga dikenal dengan sebutan Leci Pasifik, mengingat rasa manis dan lengket yang membuatnya begitu istimewa.

Satu hal yang membuat buah matoa begitu istimewa adalah rasa uniknya. Rasanya seperti campuran antara rambutan, leci, dan buah lengkeng. Teksturnya yang juicy dan rasa yang sangat manis menjadikannya pilihan camilan yang tak terlupakan. Ketika menggigit buah matoa, rasanya seperti sedang menjelajahi keanekaragaman buah tropis dalam satu gigitan.

Matoa, merupakan tanaman tropis yang tumbuh subur di daerah hutan di Papua, Fiji, dan beberapa negara di Asia. Buah ini memiliki kulit tipis yang keras, dan saat dibuka, akan menemukan daging buah putih yang kenyal, mirip dengan kombinasi rambutan, lengkeng, dan durian.

Kandungan Nutrisi dalam Buah Matoa

Manfaat Buah Matoa untuk Kesehatan
Sumber Gambar: Freepik

Berdasarkan situs Data Pangan Indonesia, dalam 100 gram buah matoa mengandung: Kalori (90 kkal), Air (76,5 gram), Protein: (1,2 g), Lemak (0,1 g), (Karbohidrat (21,1 g), Serat (0,5 g), Kalsium (20 mg), Fosfor (40 mg), Zat besi (0,6 mg), Natrium (10 mg), Kalium (190 mg), Zinc (0,6 mg), Beta-karoten (2 mcg), Vitamin B1 (0,18 mg), Vitamin B3 (0,5 mg), Vitamin C (54 mg), semua kandungan gizi tersebut memberikan dampak terhadap kesehatan kita.

Baca juga: 15 Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan

Manfaat Buah Matoa untuk Kesehatan

Berikut ragam manfaat buah matoa untuk kesehatan yang di rangkum dar berbagai sumber ilmiah.

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C yang melimpah dalam setiap buah matoa merangsang produksi sel darah putih, yang merupakan garda terdepan melawan serangan penyakit dan infeksi. Dengan memasukkan matoa ke dalam pola makan, Anda memberikan kekuatan tambahan bagi tubuh untuk melawan musuh-musuhnya.

2. Menangkal Radikal Bebas

Vitamin C dan gallic acid yang ada dalam matoa bekerja sama sebagai penangkal radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh. Dengan konsumsi rutin, memberikan perlindungan ekstra bagi tubuh dari efek buruk radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit kronis.

3. Menjaga Keseimbangan Gula Darah

Penting untuk menjaga gula darah tetap dalam kendali, dan buah matoa dapat menjadi sekutu yang efektif. Fitonutrien seperti saponin hadir dalam matoa, membantu menghambat enzim yang bertanggung jawab atas penyerapan gula di usus. Selain itu, serat dalam matoa membantu menjaga keseimbangan gula darah, memberikan solusi alami bagi mereka yang peduli dengan kadar gula darah mereka.

4. Meningkatkan Produktivitas

Gula alami dalam buah ini memberikan dorongan energi yang stabil tanpa lonjakan gula yang merugikan. Dengan konsumsi matoa secara teratur, Anda dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan meningkatkan produktivitas, tanpa harus bergantung pada minuman berkafein.

5. Perlindungan Terhadap Virus

Kandungan antimikroba dalam buah ini dapat membantu melawan berbagai virus yang dapat mengganggu kesehatan. Dengan memasukkan matoa dalam menu sehari-hari, memberikan perisai tambahan untuk melindungi tubuh dari serangan penyakit.

6. Mengatur Tekanan Darah

Matoa, dengan kandungan kaliumnya yang tinggi, dapat membantu mengatur tekanan darah. Kalium membantu mengeluarkan natrium berlebih dari tubuh melalui urin, mengurangi beban pada pembuluh darah dan jantung. Jadi, dengan matoa, tidak hanya menikmati cita rasa yang lezat tetapi juga memberikan dukungan penting bagi kesehatan kardiovaskular.

7. Melawan Bakteri dan Infeksi

Kulit buah matoa ternyata menyimpan kekuatan luar biasa dalam melawan bakteri dan infeksi. Studi menunjukkan bahwa kulit buah ini dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab infeksi, termasuk E. coli, S. aureus, dan B. cereus. Dengan demikian, matoa bukan hanya memberikan rasa yang menggugah selera tetapi juga melibatkan diri dalam pertahanan tubuh terhadap infeksi.

8. Perlindungan Terhadap Kanker

Sifat antioksidan dan antiinflamasi dalam buah ini dapat membantu mencegah perkembangan sel kanker. Dengan matoa, tidak hanya memanjakan lidah tetapi juga memberikan perlindungan jangka panjang bagi kesehatan sel-sel tubuh.

9. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Vitamin E yang terdapat dalam matoa membawa manfaat besar bagi kesehatan jantung. Vitamin ini membantu menjaga kesehatan sel-sel jantung, mencegah degenerasi sel, dan meningkatkan kesehatan arteri dan vena. Selain itu, vitamin C dalam matoa juga berperan dalam meningkatkan aliran darah ke jantung, memberikan perlindungan lengkap bagi organ vital ini.

10. Menutrisi Kulit

Vitamin C dan E dalam buah ini berperan dalam merangsang produksi kolagen, menjaga kekencangan kulit, dan mempercepat penyembuhan luka. Dengan konsumsi rutin, tidak hanya menjaga kesehatan tubuh tetapi juga memberikan nutrisi penting untuk kulit yang bersinar.

11. Meningkatkan Kesuburan

Bagi yang menginginkan keturunan, matoa dapat menjadi solusi alami untuk meningkatkan kesuburan. Nutrisi yang kaya dalam buah ini dapat membantu menjaga kesehatan organ reproduksi dan meningkatkan keseimbangan hormonal, baik untuk pria maupun wanita. Jadi, jika Anda merencanakan keluarga, tambahkan matoa dalam daftar menu harian Anda.

12. Mengatasi Stres

Matoa bukan hanya camilan sehat tetapi juga pelari stres yang efektif. Vitamin E dalam buah ini dapat membantu menghilangkan stres dan menjaga keseimbangan hormonal. Sehingga, saat merasa tertekan, nikmati matoa sebagai alternatif camilan yang tidak hanya enak tetapi juga baik untuk kesehatan mental Anda.

13. Merawat Sistem Pencernaan

Serat merupakan kunci untuk pencernaan yang sehat, dan matoa memberikannya dengan murah hati. Serat dalam buah ini membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan, mencegah sembelit, dan memberikan dukungan bagi fungsi pencernaan yang optimal. Jadi, dengan matoa, tidak hanya menyantap buah yang lezat tetapi juga merawat sistem pencernaan Anda.

14. Anti-Penuaan Dini

Matoa bukan hanya melawan penyakit, tetapi juga melawan penuaan. Antioksidan dalam buah ini membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat penuaan. Dengan demikian, dengan mengonsumsi matoa secara teratur, Anda memberikan perlindungan alami bagi tubuh dari tanda-tanda penuaan dini.

15. Menjaga Kesehatan Mata

Matoa membantu menjaga kesehatan jendela tersebut. Beta-karoten, yang terdapat dalam buah ini, berperan dalam menjaga kesehatan mata. Dengan matoa, Anda tidak hanya merawat selera tetapi juga memberikan nutrisi penting bagi mata Anda.

16. Meregenerasi Sel

Vitamin E dalam matoa tidak hanya melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan, tetapi juga membantu regenerasi sel yang optimal. Ini berarti, dengan matoa, tubuh Anda memiliki alat tambahan untuk memperbaiki dan memperbaharui sel-sel yang rusak atau mati, menjaga kesehatan secara menyeluruh.

17. Menjaga Berat Badan

Matoa dapat menjadi teman sehat bagi mereka yang peduli dengan berat badan. Gula alami dalam buah ini memberikan rasa manis tanpa harus khawatir tentang peningkatan berat badan. Sehingga, dengan matoa, dapat menikmati camilan yang lezat tanpa merasa bersalah.

Baca juga: 15 Manfaat Buah Rambutan untuk Kesehatan

Tips Mengonsumsi Buah Matoa

Pastikan untuk memilih buah matoa yang sudah matang untuk menikmati cita rasa penuh dan manfaat kesehatan yang optimal. Anda dapat mengenali kematangan buah matoa dari warnanya yang cerah dan keharumannya yang khas.

Untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang maksimal, nikmati buah matoa secara sederhana atau tambahkan sebagai tambahan dalam salad buah, smoothie, atau hidangan penutup ringan. Ingatlah untuk tidak berlebihan, karena keseimbangan dalam konsumsi buah-buahan adalah kunci keberhasilan pola makan sehat. Semoga bermanfaat, terimakasih.

Referensi

  1. Brzezińska, O., Łukasik, Z., Makowska, J., & Walczak, K. (2020). Role of vitamin C in osteoporosis development and treatment—A literature review. Nutrients12(8), 2394.
  2. Data Komposisi Pangan Indonesia – Beranda. (2023). Retrieved November 18, 2023, from http://panganku.org/id-ID/view
  3. DrHealthBenefits.com. Diakses pada 2022. 10 Health Benefits of Matoa Fruit (#1 Exotic Fruit from Papua).
  4. How Potassium Can Help Control High Blood Pressure. (2023). Retrieved November 18, 2023, from https://www.heart.org/en/health-topics/high-blood-pressure/changes-you-can-make-to-
  5. Purwidyaningrum I, Sukandar EY, Fidrianny I. (2018). Diuretic Activity of Different Organs of Matoa (Pometia pinnata) Extracts and its Influence on Potassium and Sodium Levels. International Journal of Pharmacognosy and Phytochemical Research, 8(2), 244-247.
  6. Chin, K. Y., & Ima-Nirwana, S. (2018). Vitamin C and bone health: evidence from cell, animal and human studies. Current drug targets19(5), 439-450.
  7. Chin, K. Y., & Ima-Nirwana, S. (2018). Vitamin C and bone health: evidence from cell, animal and human studies. Current drug targets19(5), 439-450.
  8. Finck, H., Hart, A. R., Jennings, A., & Welch, A. A. (2014). Is there a role for vitamin C in preventing osteoporosis and fractures? A review of the potential underlying mechanisms and current epidemiological evidence. Nutrition research reviews27(2), 268-283.
Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.