Manfaat Kulit Jeruk
Gaya Hidup

12 Manfaat Kulit Jeruk untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Kulit Jeruk – Jeruk (Citrus sinensis) tergolong dalam keluarga Rutaceae dan merupakan salah satu variasi jeruk dalam genus Citrus. Pohon jeruk diyakini berasal dari daerah antara Assam di India, Tiongkok, atau Asia Tenggara. Tanaman ini memiliki daun bersayap dengan aroma harum, dilengkapi dengan duri di ketiak daun, dan dihiasi bunga putih kekuningan. Bentuk buahnya bulat dengan beberapa lekukan di ujungnya, kulitnya sulit dikupas, dan memiliki rasa yang manis

Selain kandungan vitamin C, kulit jeruk juga mengandung berbagai nutrisi lainnya yang dapat menjadi tambahan berharga dalam diet Anda. Beberapa nutrisi ini termasuk vitamin A, vitamin B, magnesium, kalsium, dan potassium.

Jeruk merupakan salah satu nuah yang populer dikonsumsi oleh masyarakat. Sayangnya, dalam proses konsumsi tersebut, kulit jeruk sering dianggap sebagai limbah. Padahal, kulit tersebut memiliki sejumlah manfaat yang patut untuk diketahui!

Manfaat Kulit Jeruk untuk Kesehatan

Berikut merupakan beberapa manfaat kulit jeruk yang dirangkum dari beberapa sumber.

1. Kesehatan Mata

Selain vitamin A, kulit jeruk juga mengandung senyawa bernama flavonoid, yang telah terbukti secara ilmiah bermanfaat untuk kesehatan mata. Penelitian lanjutan menunjukan bahwa flavonoid ini dapat membantu melawan efek radikal bebas yang dapat merusak mata dan menyebabkan berbagai masalah kesehatan mata, termasuk degenerasi makula terkait usia.

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kulit jeruk mengandung senyawa bernama hesperidin, sejenis flavonoid yang telah terbukti secara ilmiah dapat membantu menjaga tekanan darah dan kolesterol. Flavon polimethoxylated (PMFs) yang juga ditemukan dalam kulit jeruk ternyata lebih efektif dalam menurunkan kolesterol dibandingkan dengan beberapa obat-obatan yang umumnya dikonsumsi.

Selain itu, kandungan pektin dalam kulit jeruk turut berperan dalam mengendalikan kadar lemak di dalam darah, yang pada gilirannya dapat membantu mencegah aterosklerosis, kondisi yang ditandai dengan penumpukan lemak di dinding arteri.

3. Menjaga Kesehatan Tulang

Kandungan mineral seperti magnesium, kalsium, dan potassium dalam kulit jeruk dapat membantu dalam menjaga kepadatan tulang dan mencegah risiko osteoporosis, terutama pada wanita yang lebih tua. Magnesium, kalsium, dan potassium bekerja bersama-sama untuk mendukung pertumbuhan tulang dan memperkuat struktur tulang.

4. Mengatasi Masalah Pencernaan

Dengan kemampuannya dalam mengontrol pergerakan usus, kulit jeruk dapat menjadi sekutu terpercaya dalam mencegah sembelit. Beberapa studi menunjukan, pectin, senyawa yang dapat kita temui dalam kulit jeruk, tidak hanya membantu melawan sembelit tetapi juga merangsang pertumbuhan bakteri baik di perut kita.

5. Dukungan untuk Diet Sehat

Kulit jeruk kaya akan vitamin C, nutrisi yang tidak hanya penting untuk sistem kekebalan tubuh tetapi juga dapat membantu dalam pembakaran lemak. Vitamin C diketahui memiliki peran dalam meningkatkan metabolisme, yang pada gilirannya dapat membantu dalam proses penurunan berat badan.

Salah satu cara yang populer untuk mengonsumsi kulit jeruk dalam konteks diet dengan membuat teh kulit jeruk. Caranya sangat sederhana, kupas kulit jeruk, cuci bersih, keringkan, dan tambahkan ke dalam air mendidih. Tunggu beberapa menit, saring, dan tambahkan sedikit madu untuk rasa ekstra. Konsumsilah teh kulit jeruk ini secara teratur sebagai bagian dari rutinitas harian untuk mendukung upaya diet.

6. Menurunkan Risiko Terkena Kanker

Studi ilmiah telah memberikan bukti bahwa kulit jeruk dapat membantu dalam menurunkan risiko terkena kanker. Dalam penelitian ini, protein yang dikenal sebagai RLIP76, yang terkait dengan perkembangan kanker, ternyata dapat dihambat oleh flavonoid yang ditemukan dalam kulit jeruk.

Selain itu, kulit jeruk mengandung senyawa bernama limonene, yang telah terbukti memiliki efek pelindung terhadap risiko kanker. Studi lain juga menemukan bahwa kulit jeruk dapat menghambat aktivitas karsinogenik, menjadikannya sebagai perlindungan alami terhadap perkembangan sel kanker.

7. Rambut Sehat dan Bersinar

Kulit jeruk juga dapat memberikan manfaat luar biasa untuk kesehatan rambut hanya dengan mencampurkan kulit jeruk dengan cuka sari apel, kita dapat membuat ramuan yang akan membuat rambut sehat dan berkilau. Aplikasikan setelah keramas dan bilas untuk hasil yang memukau.

8. Memperbaiki Warna Kulit dan Perawatan Wajah

Kandungan antioksidan dalam kulit jeruk dapat membantu melawan radikal bebas, yang seringkali menjadi penyebab keriput dan kulit kendur.

Kulit jeruk dapat digunakan sebagai toner alami untuk kulit wajah. Selain itu, bintik hitam dan noda pada kulit dapat diatasi dengan menggunakan kulit jeruk secara teratur. Kandungan vitamin C dalam kulit jeruk membantu menjaga kulit tetap kenyal, mencegah kusam, dan memberikan tampilan yang bercahaya dan sehat. Kulit jeruk juga berfungsi sebagai tabir surya alami, membantu melindungi kulit dari paparan sinar UV yang berbahaya.

9. Memutihkan Gigi

Penelitian ilmiah mengungkapkan bahwa D-limonene, senyawa dalam kulit jeruk, telah terbukti efektif dalam menghilangkan warna kuning pada gigi. Gosokkan bagian putih kulit jeruk ke gigi secara teratur, dan akan terlihat perbedaan dalam waktu singkat.

10. Mengontrol Gula Darah

Pectin dalam kulit jeruk telah diketahui dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Penelitian bahkan melaporkan bahwa ekstrak kulit jeruk dapat membantu mencegah nefropati diabetik, kondisi yang terkait dengan diabetes.

11. Berperan Sebagai Penyegar Udara Alami

Tambahkan kulit jeruk ke dalam air mendidih untuk menciptakan aroma segar yang dapat menyegarkan udara di rumah. Udara yang harum tidak hanya membuat ruangan terasa lebih nyaman tetapi juga dapat membantu menghilangkan stres dan meningkatkan suasana hati.

12. Aroma Segar untuk Nafas

Jangan remehkan kekuatan kulit jeruk dalam mengatasi bau mulut, cukup kunyah sejumput kulit jeruk sebelum menggosok gigi, dan Anda akan merasakan perbedaannya. Namun, ingatlah untuk tidak berlebihan karena asam yang berlebihan dapat merugikan enamel gigi.

Demikianlah ulasan tentang manfaat kulit jeruk untuk kesehatan tubuh dan kecantikan, semoga dapat bermanfaat.

Baca juga:

Referensi

  1. Ammar, N. M., Hassan, H. A., Abdallah, H. M., Afifi, S. M., Elgamal, A. M., Farrag, A. R. H., … & Elshamy, A. I. (2022). Protective effects of naringenin from Citrus sinensis (var. Valencia) peels against CCl4-induced hepatic and renal injuries in rats assessed by metabolomics, histological and biochemical analyses. Nutrients14(4), 841.
  2. Suzery, M., Cahyono, B., & Amalina, N. D. (2021). Citrus sinensis (L) peels extract inhibits metastasis of breast cancer cells by targeting the downregulation matrix metalloproteinases-9. Open Access Macedonian Journal of Medical Sciences9(B), 464-469.
  3. Zhang, M., Zhu, J., Zhang, X., Zhao, D. G., Ma, Y. Y., Li, D., … & Huang, Q. (2020). Aged citrus peel (chenpi) extract causes dynamic alteration of colonic microbiota in high-fat diet induced obese mice. Food & function11(3), 2667-2678.
  4. Tung, Y. C., Chang, W. T., Li, S., Wu, J. C., Badmeav, V., Ho, C. T., & Pan, M. H. (2018). Citrus peel extracts attenuated obesity and modulated gut microbiota in mice with high-fat diet-induced obesity. Food & function9(6), 3363-3373.
  5. Egbuonu, A. C. C., & Amadi, C. C. (2016). Some nutritive and antifungal properties of Citrus sinensis (sweet orange) peels and seeds. American Chemical Science Journal14(2), 1-7.
  6. Mehmood, B., Dar, K. K., Ali, S., Awan, U. A., Nayyer, A. Q., Ghous, T., & Andleeb, S. (2015). in vitro assessment of antioxidant, antibacterial and phytochemical analysis of peel of Citrus sinensis. Pakistan journal of pharmaceutical sciences28(1).
Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.