Manfaat Cranberry
Gaya Hidup

11 Manfaat Cranberry untuk Kesehatan

Manfaat Cranberry – Cranberry memang kerap kali tertukar dengan saudaranya, cherry, karena bentuknya yang bulat dan warnanya yang merah. Namun, di balik kesamaan tersebut, ada perbedaan yang membedakan keduanya. Salah satu ciri khas cranberry adalah tekstur kulitnya yang keras, membuatnya tahan lama dan tidak mudah busuk. Kecantikan buah ini tidak hanya terbatas pada penampilannya, tetapi juga rasa masam dan sedikit manis yang membuatnya menjadi bahan pelengkap masakan yang populer.

Cranberry bukan hanya sekadar buah, tetapi juga bahan pewarna kain yang efektif. Tumbuhan cranberry yang terpapar sinar matahari memiliki kandungan antioksidan tertinggi, dan hanya sekitar 5% buah cranberry yang dijual segar, sementara sisanya diolah menjadi minuman sari buah, jus, atau saus.

Kandungan Nutrisi Cranberry

Manfaat Cranberry
Sumber Gambar: Freepik

Buah ini tidak hanya menyegarkan lidah dengan rasa uniknya, tetapi juga menyediakan sejumlah nutrisi penting. Dalam setiap 100 gram cranberry, kita akan menemukan 46 kilokalori, 87% air, 0,4 gram protein, 12,2 gram karbohidrat, 4 gram gula, 4,6 gram serat, dan sejumlah vitamin C, vitamin E, serta mineral lainnya yang dapat meningkatkan kesehatan.

Manfaat Cranberry untuk Kesehatan

Mari kita temukan bersama-sama beberapa manfaat kesehatan utama yang dapat kita nikmati dengan mengonsumsi cranberry secara teratur.

1. Pencegahan Infeksi Saluran Kemih

Salah satu manfaat paling terkenal dari cranberry adalah kemampuannya untuk mencegah infeksi saluran kemih (ISK). Kandungan anti-bakteri tinggi dalam cranberry dapat efektif mengatasi gangguan pada saluran kemih, yang dapat menyebabkan gejala seperti nyeri saat buang air kecil, peningkatan frekuensi buang air kecil, dan bahkan darah dalam urin.

2. Bantu Mengurangi Berat Badan

Ahli gizi menyebutkan bahwa cranberry dapat memberikan efek pengemulsi pada lemak, membantu mencegah penumpukan lemak dalam tubuh. Selain itu, serat dalam buah ini dapat membuat kita merasa kenyang lebih lama, membantu mengontrol nafsu makan Anda.

3. Sumber Antioksidan

Antioksidan dikenal sebagai salah satu sumber terkemuka, senyawa tersebut dalam cranberry dapat membantu melambatkan proses oksidasi, melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

4. Anti Penuaan Dini

Cranberry dapat membantu melawan radikal bebas ini, memberikan perlindungan tambahan untuk menjaga kulit tetap muda dan sehat. Untuk merasakan manfaatnya pada kulit, kita dapat mencoba masker wajah alami dengan campuran cranberry kering dan minyak esensial.

5. Pemeliharaan Sistem Pencernaan

Cranberry juice dapat mendukung kesehatan saluran pencernaan, yang memainkan peran penting dalam mencerna, memecah, dan menyerap zat gizi. Kesehatan saluran pencernaan yang optimal sangat penting untuk mencegah masalah nutrisi dan gangguan pencernaan.

6. Mendukung Kesehatan Pasca Menopause

Studi menunjukkan bahwa konsumsi cranberry dengan takaran tertentu dapat mengurangi jumlah kolesterol, yang pada gilirannya dapat mendukung kesehatan perempuan setelah menopause.

7. Nutrisi untuk Otak

Tidak hanya melawan penyakit, antioksidan dalam cranberry juga dapat memberikan dukungan untuk kesehatan otak. Kemampuannya dalam meningkatkan daya ingat dan koordinasi otak membuat cranberry menjadi camilan sehat untuk otak.

8. Kesehatan Jantung

Cranberry bukan hanya sekadar sumber antioksidan, tetapi juga mengandung senyawa polifenol tinggi. Senyawa ini telah terbukti dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Penelitian juga menunjukkan bahwa cranberry bermanfaat bagi mereka yang memiliki penyakit arteri koroner.

9. Melawan Infeksi

Meskipun masih memerlukan penelitian lebih lanjut, cranberry telah menunjukkan potensi dalam melawan berbagai infeksi akibat bakteri dan virus, termasuk norovirus yang dapat menyebar melalui makanan. Kemampuan antiinflamasi cranberry juga dapat membantu meredakan peradangan dalam tubuh.

10. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Cranberry Mengandung vitamin, antioksidan, dan fitokimia tinggi, cranberry dapat memberikan dorongan yang dibutuhkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Dalam gaya hidup yang sibuk, menjaga sistem kekebalan tubuh tetap optimal sangat penting untuk mencegah penyakit.

11. Perlindungan Gigi dari Kerusakan

Kandungan proanthocyanidins dalam cranberry telah terbukti bermanfaat untuk mencegah penyakit gusi dan membantu melawan bakteri yang dapat merusak gigi. Selain memberikan kesegaran, konsumsi cranberry juga dapat menjadi bagian dari upaya pencegahan karies dan masalah gusi lainnya.

Cara Terbaik Mengonsumsi Cranberry

Selain dinikmati secara segar, cranberry dapat diolah menjadi berbagai bentuk makanan yang lezat dan sehat. Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan manfaat cranberry secara maksimal adalah dengan membuat jus cranberry sendiri. Berikut langkah-langkahnya:

  • Bekukan buah cranberry dalam mesin pendingin untuk menjaga keutuhan nutrisinya.
  • Blender 100 gram buah cranberry yang sudah dibekukan dengan 500 mililiter air.
  • Tambahkan gula atau madu secukupnya sesuai selera.
  • Anda juga dapat menambahkan topping atau buah-buahan lain untuk variasi rasa.

Namun, ingatlah untuk mengonsumsi cranberry dengan bijak. Meskipun memiliki sejumlah manfaat kesehatan, konsumsi berlebihan dapat menyebabkan efek samping seperti diare dan reaksi hipersensitivitas. Sebagai bagian dari gaya hidup sehat, cranberry dapat menjadi teman setia Anda dalam menjaga kesehatan dan kecantikan.

Referensi

  1. Liao, D. M., & Chen, C. (2023). Oral and physiological benefits of cranberries. Journal of Dental Problems and Solutions10(1), 001-004.
  2. de Llano, D. G., Moreno-Arribas, M. V., & Bartolomé, B. (2021). Cranberry Polyphenols and Prevention against Urinary Tract Infections: A Brief Review. Current Advances in Chemistry and Biochemistry Vol. 4, 132-148.
  3. González de Llano, D., Moreno-Arribas, M. V., & Bartolomé, B. (2020). Cranberry polyphenols and prevention against urinary tract infections: relevant considerations. Molecules25(15), 3523.
  4. Zhao, S., Liu, H., & Gu, L. (2020). American cranberries and health benefits–an evolving story of 25 years. Journal of the Science of Food and Agriculture100(14), 5111-5116.
  5. Philip, N., & Walsh, L. J. (2019). Cranberry polyphenols: Natural weapons against dental caries. Dentistry journal7(1), 20.
  6. Alexander, B., & John, S. (2018). Oral health benefits of cranberry: A review. J. Dent. Med. Sci18, 41-44.
Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.