Manfaat Kayu Bajakah
Gaya Hidup

11 Manfaat Kayu Bajakah untuk Kesehatan

Manfaat Kayu Bajakah – Indonesia, dengan keanekaragaman hayati yang melimpah, menyimpan rahasia alam yang belum sepenuhnya diungkap. Salah satu keajaiban tersembunyi adalah tanaman Kayu Bajakah (spatholobus littoralis hassk). Dikenal sebagai obat tradisional di pedalaman Kalimantan, tanaman ini mulai mendapatkan perhatian yang lebih luas.

Warga Dayak, dengan kearifan lokalnya, telah lama memanfaatkan akar bajakah sebagai penambah stamina dan pengobatan berbagai penyakit. Namun, penelitian terkini menunjukkan bahwa potensi Kayu Bajakah jauh melampaui apa yang telah kita ketahui selama ini.

Kayu Bajakah memiliki kekhasan dalam kandungan senyawa-senyawa bernilai tinggi seperti flavonoid, saponin, alkaloid, steroid, terpenoid, tanin, fenolik, dan antioksidan. Kombinasi unik inilah yang memberikan tanaman ini kekuatan menyembuhkan dan melindungi kesehatan tubuh.

Manfaat Kayu Bajakah untuk kesehatan

Berikut ragam manfaat kayu bajakah yang dirangkum dari beberapa sumber.

1. Mengobati Diare

Diare seringkali menjadi gangguan yang tidak menyenangkan. Kayu bajakah hadir sebagai penolong dengan sifat antimikroba dan antiinflamasi-nya. Kandungan ini membantu mengatasi diare dengan cara alami dan efektif.

2. Antikanker Alami

Mengutip penelitian terkini, flavonoid dalam akar bajakah menunjukkan potensi luar biasa sebagai agen antikanker. Meskipun masih memerlukan penelitian lebih lanjut, hasil awal menjanjikan dalam menghadapi berbagai jenis kanker.

3. Menghentikan Pendarahan

Kayu bajakah bukan hanya penyembuh luka, tetapi juga memiliki kemampuan untuk membantu menghentikan pendarahan. Senyawa aktif yang terkandung dalam tanaman ini dapat meningkatkan proses koagulasi darah, mempercepat penyembuhan luka, dan akhirnya menghentikan pendarahan.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Tak hanya berfokus pada penyakit tertentu, kayu bajakah juga melibatkan dirinya dalam menjaga kesehatan jantung. Tanin yang terkandung dalam kayu bajakah dapat membantu mencegah penyakit jantung dan menjaga kesehatan pembuluh darah.

5. Mencegah Penuaan Dini

Siapa yang tidak ingin terlihat awet muda? Kayu bajakah hadir sebagai pahlawan dalam melawan penuaan dini. Kaya akan senyawa antioksidan dan fitonutrien, tanaman ini dapat membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel kulit dan menyebabkan penuaan dini.

6. Mengatasi Gangguan Menstruasi

Bagi para wanita, kayu bajakah dapat menjadi sahabat dalam menghadapi masa menstruasi. Kandungan antiinflamasi dan analgesik dalam tanaman ini dapat membantu meredakan nyeri yang terkait dengan menstruasi. Mengonsumsi kayu bajakah dapat menjadi solusi alami untuk mengurangi kram perut dan nyeri pada saat haid.

7. Mengatasi Penyakit Alergi

Tanaman ini tidak hanya menjadi penyembuh fisik, tetapi juga penyelamat bagi mereka yang menderita alergi. Senyawa aktif dalam kayu bajakah membantu mengurangi respons sistem kekebalan tubuh terhadap zat asing penyebab alergi. Dengan begitu, intensitas reaksi alergi pun dapat berkurang secara signifikan.

8. Meredakan Disentri

Disentri, dengan gejala-gejalanya yang tidak nyaman, dapat diatasi dengan berbagai senyawa aktif dalam kayu bajakah. Infeksi dan peradangan pada saluran pencernaan dapat diredakan, memberikan kenyamanan bagi mereka yang menderita disentri.

9. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Saponin, salah satu kandungan kayu bajakah, bukan hanya sekadar nama. Senyawa ini membantu meningkatkan kekebalan tubuh, membuatnya lebih tangguh dalam melawan bakteri dan infeksi. Dengan memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat, Anda dapat menghadapi berbagai tantangan kesehatan dengan lebih baik.

10. Membantu Penyembuhan Luka

Steroid dalam kayu bajakah bukan hanya sesuatu yang Anda temui dalam dunia olahraga. Kandungan ini ternyata juga dapat mempercepat proses penyembuhan luka dan membantu memperbaiki jaringan yang rusak. Dengan begitu, kayu bajakah tidak hanya menjadi ramuan penyembuh, tetapi juga dokter terpercaya bagi kulit.

11. Melawan Radikal Bebas

Kayu Bajakah bukan hanya pahlawan antibakteri, tetapi juga pejuang radikal bebas. Senyawa flavonoid dan saponin berperan sebagai penangkal radikal bebas, membantu menjaga tubuh dari stres oksidatif dan penyakit terkait.

Baca juga: 9 Manfaat Siwak untuk Kesehatan Gigi dan Mulut

Cara Mengkonsumsi Kayu Bajakah

Untuk menyeduh akar bajakah dengan mencacah atau menghaluskan terlebih dahulu. Bubuknya dapat diseduh dalam air dengan takaran yang tepat, menciptakan minuman kesehatan alami.

Tidak hanya diseduh, kayu bajakah juga dapat diolah menjadi infusa atau dekokta. Rendam kayu bajakah kering dalam air dan nikmati manfaatnya dalam bentuk yang berbeda.

Kayu Bajakah, tanaman ajaib Indonesia, membuka pintu menuju kesehatan holistik. Namun, perjalanan ini baru dimulai. Diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memahami sepenuhnya potensi dan batasan tanaman ini.

Penting untuk diingat bahwa tanaman herbal, meskipun memiliki potensi manfaat yang besar, tetap memerlukan pendekatan bijak. Konsultasikan penggunaan Kayu Bajakah dengan profesional kesehatan untuk memastikan bahwa penggunaannya sesuai dengan kebutuhan kesehatan.

Referensi

  1. Hafifah, D. K., & Suparno, S. (2023). Effect of Red Bajakah Tampala Flavonoid Concentration as Antibacterial on Bacillus subtilis. Jurnal Ilmiah Sains, 99-107.
  2. Elisabeth, E. (2023). Aktivitas Ekstrak Batang Bajakah Tampala (Spatholobus littoralis Hassk.) sebagai Antioksidan dan Antibakteri terhadap Pertumbuhan Staphylococcus aureus (Doctoral dissertation, Universitas Kristen Indonesia).
  3. Sinaga, R. E. (2023). Aktivitas Antibakteri Ekstrak Metanol Kayu Bajakah (Spatholobus littoralis Hassk) terhadap Pertumbuhan Bakteri Pseudomonas aeruginosa (Doctoral dissertation, Universitas Kristen Indonesia).
Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.