Manfaat Buah Manggis
Gaya Hidup

12 Manfaat Buah Manggis untuk Kesehatan

Manfaat Buah Manggis – Garcinia Mangostana Linn atau buah manggis, merupakan tanaman tropis asli Indonesia. Pohon manggis yang tumbuh liar di Indonesia dapat mencapai tinggi lebih dari 10 meter, pohon manggis mulai berbuah setelah berusia 8-10 tahun.

Buah manggis yang sudah masak dapat dikenali dari kulit manggis yang berwarna ungu kemerahan. Namun, kelebihan buah ini tidak hanya terletak pada penampilannya. Isi buah manggis, yang berwarna putih dan lembut, menyimpan sejumlah kandungan gizi yang membuatnya berharga bagi kesehatan.

Kandungan Nutrisi Buah Manggis

Manfaat Buah Manggis untuk Kesehatan
Sumber Gambar: Freepik

Manggis bukan hanya sekadar buah yang lezat, tetapi juga menyimpan sejumlah nutrisi penting. Dalam 1 mangkuk buah manggis, setara dengan 196 gram, terdapat kalori, karbohidrat, serat, lemak, protein, vitamin C, vitamin B9 (asam folat), vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), mangan, tembaga, dan magnesium. Semua nutrisi ini memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Buah manggis juga diperkaya dengan senyawa antioksidan tinggi yang disebut xanthones.

Manfaat Buah Manggis untuk Kesehatan

Berikut ragam manfaat buah manggis untuk kesehatan tubuh kita.

1. Mengurangi Risiko Kanker

Meskipun masih dalam tahap penelitian awal, buah manggis telah menunjukkan potensi dalam melawan pertumbuhan sel kanker. Senyawa xanthone dan antioksidan lainnya dalam buah ini diyakini memiliki efek protektif terhadap tubuh, membantu melawan sel kanker dan mencegah perkembangannya. Ini memberikan harapan baru dalam pencegahan kanker, meskipun perlu penelitian lebih lanjut untuk memastikan efektivitasnya.

2. Kesehatan Mata yang Optimal

Kandungan vitamin C, vitamin E, dan antioksidan lainnya dalam manggis tidak hanya baik untuk kulit tetapi juga menjaga kesehatan mata. Ini dapat membantu mencegah penyakit mata terkait usia dan memberikan perlindungan tambahan untuk penglihatan Anda.

3. Sumber Antioksidan

Buah manggis mengandung zat yang disebut Xanthone, senyawa fitokimia dengan sifat antioksidan, antibakteri, dan antiinflamasi. Xanthone memberikan perlindungan terhadap radikal bebas dan berpotensi memperkuat sistem imun tubuh.

4. Menurunkan Berat Badan

Ekstrak manggis telah menunjukkan potensi dalam membantu penurunan berat badan. Kombinasi efek anti-inflamasi dan peningkatan metabolisme lemak dapat memberikan kontribusi positif pada program penurunan berat badan Anda.

5. Untuk Ibu Hamil dan Perencana Kehamilan

Asam folat yang tinggi dalam buah manggis membuatnya sangat baik untuk ibu hamil. Asam folat diperlukan untuk mencegah kelainan tabung saraf pada bayi. Dengan mengonsumsi buah manggis, ibu hamil memberikan dukungan nutrisi yang sangat penting bagi perkembangan janin.

6. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Serat yang tinggi dalam buah manggis menjadikannya makanan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan, membantu meningkatkan keteraturan usus, mencegah sembelit, dan menjaga fungsi pencernaan yang optimal.

7. Mengontrol Kadar Gula Darah

Kandungan Xanthone dalam manggis tidak hanya berperan sebagai anti kanker, tetapi juga dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak manggis dapat menurunkan resistensi insulin, yang merupakan faktor risiko utama diabetes.

8. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kandungan serat dan vitamin C dalam manggis mendukung sistem kekebalan tubuh. Senyawa antibakteri juga dapat membantu melawan infeksi dan meningkatkan daya tahan tubuh secara keseluruhan.

9. Perawatan Kulit Alami

Ekstrak manggis telah menunjukkan efek perlindungan terhadap kerusakan kulit akibat paparan sinar UVB. Antioksidan dalam manggis membantu menjaga kulit tetap sehat dan mengurangi tanda-tanda penuaan.

10. Kesehatan Otak yang Optimal

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak manggis dapat membantu mencegah penurunan mental, mengurangi peradangan otak, dan meningkatkan gejala depresi.

11. Kesehatan Jantung yang Optimal

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa ekstrak manggis dapat mengurangi faktor risiko penyakit jantung, seperti kolesterol LDL, dan meningkatkan kolesterol HDL.

12. Mengatur Tekanan Darah dengan Baik

Kandungan kalium, tembaga, magnesium, dan mangan dalam manggis membantu mengatur tekanan darah, mendukung kesehatan jantung, dan mengurangi risiko serangan jantung.

Kiat Mengonsumsi Buah Manggis

Meskipun buah manggis menyimpan sejuta manfaat, seperti halnya segala sesuatu dalam hidup, konsumsi yang seimbang adalah kunci. Berikut ini beberapa kiat untuk mengonsumsi buah manggis dengan bijak:

  • Selain dimakan langsung, buah ini dapat dijadikan jus, tambahan pada salad, atau bahkan dibuat menjadi camilan sehat.
  • Meskipun kaya akan manfaat, mengonsumsi manggis secara berlebihan dapat menyebabkan kelebihan kalori, seimbangkan dengan konsumsi buah-buahan lain dan tetap patuhi porsi yang disarankan.
  • Jika memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang menjalani diet khusus, selalu bijaksana untuk berkonsultasi dengan ahli gizi.
  • Pilih buah yang sudah matang untuk mendapatkan manfaat maksimal karena kematangannya akan memengaruhi mutu dan daya simpannya.
  • Jauhkan diri dari alkohol setelah menikmati buah manggis untuk menghindari interaksi yang tidak diinginkan dengan senyawa dalam buah.

Dengan menjaga keseimbangan, konsistensi, dan bijak, kita dapat memanfaatkan semua kebaikan yang ditawarkan oleh buah manggis dan menjadikannya sebagai bagian penting untuk kesehatan.

Referensi

  1. Kalick, L. S., Khan, H. A., Maung, E., Baez, Y., Atkinson, A. N., Wallace, C. E., … & Bishayee, A. (2023). Mangosteen for malignancy prevention and intervention: Current evidence, molecular mechanisms, and future perspectives. Pharmacological research188, 106630.
  2. Nauman, M. C., & Johnson, J. J. (2022). The purple mangosteen (Garcinia mangostana): Defining the anticancer potential of selected xanthones. Pharmacological research175, 106032.
  3. Rizaldy, D., Hartati, R., Nadhifa, T., & Fidrianny, I. (2021). Chemical compounds and pharmacological activities of mangosteen (Garcinia mangostana L.)—Updated review. Biointerface Res. Appl. Chem12, 2503-2516.
  4. Aizat, W. M., Jamil, I. N., Ahmad-Hashim, F. H., & Noor, N. M. (2019). Recent updates on metabolite composition and medicinal benefits of mangosteen plant. PeerJ7, e6324.
  5. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Data Komposisi Pangan Indonesia. Manggis. Diakses pada 2023.
  6. Ovalle-Magallanes, B., Eugenio-Pérez, D., & Pedraza-Chaverri, J. (2017). Medicinal properties of mangosteen (Garcinia mangostana L.): A comprehensive update. Food and Chemical Toxicology109, 102-122.
  7. Hill, A. Healthline. 11 Health Benefits of Mangosteen (And How to Eat It). Diakses pada 2023.
  8. Nauman, et al. (2022). The Purple Mangosteen (Garcinia Mangostana): Defining the Anticancer Potential of Selected Xanthones. Pharmacological Research, 175, 106032.
  9. Putri, I. P. (2015). Effectivity of xanthone of mangosteen (Garcinia mangostana L.) rind as anticancer. Jurnal Majority4(1).
  10. Hill, A. Healthline. 11 Health Benefits of Mangosteen (And How to Eat It). Diakses pada 2023.
  11. Universitas Sumatera Utara. Manfaat Buah Manggis. Diakses pada 2023.
  12. UPT Puskesmas Linggar. Manfaat Buah Manggis untuk Kesehatan. Diakses pada 2023.
Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.