Manfaat Krokot
Gaya Hidup

10 Manfaat Krokot untuk Kesehatan

Manfaat Krokot – Krokot (Portulaca oleracea L.) merupakan tanaman yang sering dianggap sepele dan diabaikan. Kita sering menemui krokot tumbuh di pekarangan, pinggir jalan, atau bahkan retakan trotoar. Krokot kaya akan berbagai nutrisi penting, termasuk vitamin, mineral, antioksidan, dan senyawa-senyawa unik yang memberikan sejumlah manfaat luar biasa bagi kesehatan.

Kandungan Nutrisi Krokot

Manfaat Krokot
Sumber Gambar: kecipir.com

Daun krokot menyimpan sejumlah makro dan mikro nutrien yang vital untuk mendukung kesehatan tubuh kita. Dalam setiap 100 gramnya, krokot mengandung:

  • Karbohidrat: 3,39 gram
  • Lemak: 360 mg, termasuk asam lemak omega 3
  • Protein: 2,03 gram
  • Total energi: 20 kkal
  • Kalsium (Ca): 65 mg
  • Zat besi (Fe): 1,99 mg
  • Magnesium (Mg): 68 mg
  • Zinc (Zn): 0,17 mg
  • Kalium (K): 494 mg
  • Natrium (Na): 45 mg
  • Vitamin: vitamin B kompleks, folat, vitamin C, A, K

Tak hanya itu, krokot atau purslane juga kaya akan antioksidan lain yang sangat bermanfaat bagi kesehatan, seperti glutation, melatonin, dan betalain. Ini menunjukkan bahwa konsumsi daun krokot dapat menjadi pilihan cerdas untuk mendapatkan sejumlah nutrisi esensial dan antioksidan yang mendukung kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Manfaat Krokot untuk Kesehatan

Berikut ragam manfaat krokot untuk kesehatan tubuh kita.

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan omega-3 di dalamnya bukan hanya mendukung arteri yang lebih sehat, tetapi juga memberikan perlindungan terhadap serangan jantung dan stroke. Tidak hanya itu, potasium yang ada dalam krokot membantu menurunkan tekanan darah, memberikan suntikan kehidupan bagi sistem kardiovaskular kita.

2. Memperkuat Tulang dan Gigi

Kandungan kalsium, magnesium, mangan, dan zat besi di dalamnya membuat krokot menjadi sekutu terbaik dalam memperkuat tulang. Dengan senyawa anti-inflamasi yang dimilikinya, tanaman ini menjadi penjaga utama dari osteoporosis yang mengancam di usia tua.

3. Mencegah Penyakit Kanker

Kandungan beta-cyanins dan beta-xanthinsnya menjadi perisai tangguh melawan radikal bebas penyebab kanker. Vitamin C dan A yang ada dalam krokot sebagai antioksidan, terutama melawan kanker paru-paru dan mulut.

4. Mengatasi Sakit Migrain

Sakit kepala bisa menjadi penyakit yang menjengkelkan, krokot dapat menjadi pilihan alami untuk meredakan rasa sakit migrain. Vitamin B2 yang terkandung di dalamnya dapat membantu mengurangi intensitas dan frekuensi serangan migrain, memberikan solusi tanpa efek samping yang tidak diinginkan.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Dengan kandungan vitamin A dan beta-karoten yang melimpah, krokot dapat memberikan nutrisi yang dibutuhkan mata untuk tetap sehat, tapi juga melibatkan perlindungan dari radikal bebas yang dapat merusak mata.

6. Mengatasi Masalah Pencernaan

Senyawa-senyawa seperti dopamin asam malat, asam sitrat, dan glukosa di dalamnya memiliki kemampuan untuk mengatasi masalah pencernaan seperti diare, disentri, dan wasir.

7. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Vitamin C yang tinggi di dalamnya bukan hanya melindungi tubuh dari virus, tetapi juga menjaga kesehatan tulang, yang pada gilirannya mendukung imunitas tubuh secara keseluruhan.

8. Pencegahan Stroke

Kandungan asam lemak omega-3 dalam krokot dapat membantu menurunkan kadar lemak dalam darah, termasuk trigliserida, krokot dapat memainkan peran penting dalam mencegah penyempitan pembuluh darah dan mengurangi risiko terjadinya stroke.

9. Menghidrasi Tubuh dengan Alami

Makanan yang mengandung banyak air tidak hanya menyegarkan, tetapi juga membantu menjaga tubuh terhidrasi, dengan mengonsumsi krokot, kita memberikan kontribusi positif untuk keseimbangan cairan tubuh.

10. Pemulihan Luka dan Keindahan Kulit

Senyawa antioksidan seperti beta karoten dan asam askorbat dapat membantu melawan efek paparan radikal bebas, memperlambat penuaan kulit, dan bahkan mendukung proses penyembuhan luka.

Cara Terbaik Mengolah Krokot

Setelah mengetahui sejuta manfaat krokot, penting untuk tahu bagaimana mengolahnya dengan benar agar tetap lezat dan menyajikan manfaat maksimal. Berikut beberapa ide kreatif untuk menghadirkan krokot dalam hidangan sehari-hari:

  • Jangan hanya membiarkan krokot tumbuh di ladang, masukkan ke dalam sup untuk hidangan yang bergizi dan lezat.
  • Berikan sentuhan spesial pada hidangan sehari-hari dengan menumis krokot sebagai lauk yang segar.
  • Buat salad yang sehat dan lezat dengan menambahkan krokot, memberikan kelezatan dan nutrisi ekstra.
  • Perkaya rasa sayuran panggang dengan menambahkan krokot, menciptakan kombinasi yang tak terlupakan.
  • Taburkan bunga krokot pada hidangan ikan atau gunakan sebagai lalap untuk memberikan sentuhan estetis pada hidangan.

Meskipun krokot memiliki berbagai manfaat, selalu bijaksana untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsinya secara rutin. Terutama bagi wanita hamil, menyusui, atau yang memiliki kondisi kesehatan tertentu seperti masalah ginjal.

Referensi

  1. Srivastava, R., Srivastava, V., & Singh, A. (2023). Multipurpose benefits of an underexplored species purslane (Portulaca oleracea L.): A critical review. Environmental Management72(2), 309-320.
  2. Petropoulos, S., Karkanis, A., Martins, N., & Ferreira, I. C. (2016). Phytochemical composition and bioactive compounds of common purslane (Portulaca oleracea L.) as affected by crop management practices. Trends in food science & technology55, 1-10.
  3. Petropoulos, S. Α., Karkanis, A., Fernandes, Â., Barros, L., Ferreira, I. C., Ntatsi, G., … & Khah, E. (2015). Chemical composition and yield of six genotypes of common purslane (Portulaca oleracea L.): An alternative source of omega-3 fatty acids. Plant foods for human nutrition70, 420-426.
  4. Uddin, M. K., Juraimi, A. S., Hossain, M. S., Nahar, M., Un, A., Ali, M. E., & Rahman, M. M. (2014). Purslane weed (Portulaca oleracea): a prospective plant source of nutrition, omega-3 fatty acid, and antioxidant attributes. The Scientific World Journal2014.
  5. Organic Facts. Purslane: Nutrition & Health Benefits. Diakses pada Desember 2023.
  6. Healthline. Purslane. Diakses pada Desember 2023.
  7. Hjalmarsdottir, F. 17 Science-Based Benefits of Omega-3 Fatty Acids. Healthline. Diakses pada Desember 2023.
Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.