Manfaat Passion Flower
Gaya Hidup

5 Manfaat Passion Flower untuk Kesehatan

Passion Flower, atau yang dikenal juga sebagai Passiflora incarnata, adalah tanaman rambat asal Amerika Utara. Karakteristiknya yang mencolok terletak pada daun hijau gelap dan bunga yang memukau dengan warna putih dan sentuhan ungu yang memikat di tengahnya. Meskipun lebih dikenal di iklim dingin, kita dapat merasakan manfaatnya di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Setiap bagian dari tanaman ini, dari bunga hingga batang, dapat dikeringkan dan diolah menjadi teh herbal yang bermanfaat. Dan inilah awal dari perjalanan ke manfaat luar biasa yang dimilikinya.

Apa rahasia di balik kemampuan Passion Flower untuk memberikan manfaat kesehatan? Jawabannya terletak pada senyawa-senyawa ajaib yang terkandung di dalamnya. Bicara mengenai senyawa anticemas, Passion Flower tak kalah dengan tanaman herbal lainnya. Senyawa ini memiliki kemampuan untuk meningkatkan kadar gamma-aminobutyric acid (GABA) di otak, memberikan efek menenangkan pada pikiran dan membuat tubuh lebih rileks.

Manfaat Passion Flower untuk Kesehatan

Manfaat Passion Flower
Sumber Gambar: Freepik

Mari lanjut ke inti dari pembahasan, manfaat luar biasa yang dapat kita peroleh dari mengonsumsi Passion Flower.

1. Menenangkan Pikiran dan Mengatasi Stres

Kelelahan pikiran dan stres sehari-hari dapat menjadi beban berat bagi kehidupan sehari-hari. Passion Flower hadir sebagai sekutu alami untuk menenangkan pikiran dan mengatasi stres. Dukungan ilmiah dari International Journal of Biomedical Science mengindikasikan bahwa senyawa di dalam Passion Flower mampu meningkatkan kadar dopamine, yang pada gilirannya meningkatkan irama sirkadian secara genetik.

2. Mengatasi Insomnia dan Meningkatkan Kualitas Tidur

Jika Anda sering bergulat dengan kesulitan tidur atau insomnia, Passion Flower dapat menjadi solusi alami yang patut dicoba. Asam gamma-aminobutyric (GABA) yang terkandung dalam tanaman ini dapat membantu meningkatkan kualitas tidur, memberikan Anda istirahat yang lebih berkualitas. Sebuah penelitian yang terdokumentasi dengan baik di jurnal Phytotherapy Research memberikan pandangan lebih dalam tentang bagaimana Passion Flower membantu meningkatkan tidur.

3. Meredakan Sakit Perut dan Mengatasi Masalah Lambung

Sakit perut akibat masalah lambung, seperti maag, bisa menjadi hal yang mengganggu aktivitas sehari-hari. Passion Flower, dengan kandungan aktivitas antiulserogenik-nya, mampu meredakan kondisi perut yang tidak nyaman. Berbagai senyawa seperti alkaloid, fenolik, dan flavonoid dalam tanaman ini bekerja bersama untuk memberikan kenyamanan pada sistem pencernaan.

4. Mengurangi Gejala Menopause

Bagi wanita yang mengalami masa menopause, Passion Flower dapat menjadi sekutu yang membantu meredakan beberapa keluhan yang umum terjadi, seperti insomnia dan perubahan suasana hati. Kualitas hidup selama periode ini dapat ditingkatkan dengan mengintegrasikan Passion Flower ke dalam rutinitas harian.

5. Anti Peradangan yang Alami

Peradangan dalam tubuh merupakan respons pertahanan alami, tetapi terkadang dapat menjadi masalah. Passion flower, dengan sifat anti peradangannya, diyakini dapat membantu meredakan peradangan, meskipun masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk memahami sepenuhnya manfaat ini.

Baca juga: Kandungan Nutrisi dan 17 Manfaat Buah Salak untuk Kesehatan

Cara Mengonsumsi Passion Flower

Manfaat Passion Flower untuk Kesehatan
Sumber Gambar: Freepik

Untuk mendapatkan manfaat passion flower, konsumsilah dalam bentuk teh herbal. Dengan mengeringkan bunga, daun, dan batang tanaman ini, Anda dapat membuat teh yang nikmat dan bermanfaat. Pastikan untuk mengonsumsinya sesuai dengan dosis yang disarankan untuk mencegah efek samping yang mungkin terjadi.

Baca juga: 20 Manfaat Brokoli Putih yang Luar Biasa untuk Kesehatan

Efek Samping Konsumsi Passion Flower

Menurut informasi dari Healthline, meskipun konsumsi passion flower umumnya dianggap aman, namun dapat menyebabkan beberapa efek samping seperti kantuk, pusing, dan kebingungan. Oleh karena itu, sebaiknya tanaman herbal ini tidak dikonsumsi secara bersamaan dengan obat penenang.

Selain itu, perlu diingat bahwa passion flower juga dianggap tidak aman untuk dikonsumsi oleh wanita hamil atau menyusui. Hal ini karena terdapat keyakinan bahwa bunga ini dapat meningkatkan risiko kontraksi dini selama kehamilan.

Dalam tautan antara keindahan dan manfaat, Passion Flower memperlihatkan potensinya sebagai tanaman herbal yang dapat memberikan kontribusi positif untuk kesehatan kita walau terdapat efek sampingnya. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

Referensi

  1. Cleveland Clinic. (2022). Health. Gamma-Aminobutyric Acid (GABA).
  2. Cleveland Clinic. (2021). Health. Menopause.
  3. U.S. Department of Health and Human Service. (2020). National Center of Complementary and Integrative Health. Passionflower.
  4. Janda, et al. (2020). Passiflora incarnata in Neuropsychiatric Disorders – A Systematic Review. Nutrients, 12(12), 3894.
  5. Medical News Today. (n.d.). Passionflower: Benefits, Risks, and How to Use. Retrieved from https://www.medicalnewstoday.com/articles/323795#sleep
  6. Cuncic, A. (2022). How Is Passion Flower Used to Treat Anxiety?. Verywell Mind. Retrieved from https://www.verywellmind.com/how-is-passion-flower-used-to-treat-
Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.