Manfaat Daun Afrika
Gaya Hidup

12 Manfaat Daun Afrika untuk Kesehatan

Manfaat Daun Afrika – Daun Afrika, dengan nama ilmiah Vernonia amygdalina, adalah tanaman yang tersebar luas di seluruh benua Afrika, termasuk di Nigeria di Afrika Barat. Tanaman ini memiliki tinggi bervariasi, berkisar antara dua hingga sepuluh meter, dengan batang kulit berwarna coklat muda yang sedikit kasar. Daunnya berbentuk lancet-oblongata, dengan ukuran mencapai 28 x 10 cm, berwarna hijau gelap, dan dapat memiliki atau tidak memiliki rambut halus di permukaannya. Bau khas dan rasa pahit di lidah menjadi ciri khas daun Afrika.

Kandungan Nutrisi di dalam Daun Afrika

Manfaat Daun Afrika
Sumber Gambar: moondoggiesmusic.com

Menurut hasil penelitian, daun Afrika kaya akan mengandung nutrisi esensial seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin B1, dan vitamin B2 dalam daun ini, bersama dengan serat, protein, dan berbagai mineral seperti mangan, seng, besi, kalsium, kalium, fosfor, dan selenium. Tidak hanya itu, daun Afrika juga mengandung senyawa aktif seperti saponin, flavonoid, steroid, terpen, alkaloid, lignan, xanton, antrakuinon, fenolat, triterpenoid, lakton seskuiterpen, dan masih banyak lagi.

Manfaat Daun Afrika untuk Kesehatan

Berikut rangkuman manfaat daun afrika yang dirangkum dari beberapa sumber.

1. Membantu Menyembuhkan Demam

Flavonoid dalam daun Afrika memiliki efek antioksidan kuat yang bermanfaat dalam mengatasi kondisi demam. Andrographolide lactones, glucosides, dan diterpenes juga berperan dalam meredakan gejala demam.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Dengan meningkatkan metabolisme tubuh dan pembakaran lemak, daun Afrika dapat menjadi sekutu terpercaya dalam perjalanan penurunan berat badan.

3. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Mengunyah daun Afrika segar atau meminum jusnya diyakini dapat mengendalikan tekanan darah. Kandungan kaliumnya membantu menghilangkan akumulasi garam yang dapat menyebabkan hipertensi.

4. Meningkatkan Kesehatan Mental

Senyawa aktif dalam daun ini dapat meningkatkan fungsi otak, mengurangi risiko neurodegeneratif seperti Alzheimer dan Parkinson.

5. Mengobati Sakit Perut

Daun ini menjadi agen utama dalam pengobatan alami untuk masalah pencernaan seperti diare dan disentri. Ambil segenggam daun segar, cuci, peras untuk mendapatkan jus, dan minum dua kali sehari.

6. Menjaga Kesehatan Mata

Senyawa lutein dan zeaxanthin dalam daun ini melindungi mata dari kerusakan akibat radiasi UV dan radikal bebas, serta mengurangi risiko degenerasi makula.

7. Baik untuk Tulang dan Gigi

Kandungan vitamin C dan sedikit vitamin K dalam daun Afrika mendukung kesehatan tulang dan gigi. Vitamin K tidak hanya berperan dalam pembekuan darah tetapi juga mencegah osteoporosis.

8. Bantu Jaga Kadar Gula Darah

Daun Afrika memiliki sifat kuratif dan obat serbaguna untuk mengelola kondisi kesehatan tertentu. Senyawa tanaman dalam daun ini membantu mengatur kadar gula darah dan meningkatkan fungsi insulin normal.

9. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Vitamin B1 dalam daun ini penting dalam metabolisme lipid, asam amino, dan glukosa dalam tubuh manusia. Ini sangat efektif dalam mendukung sintesis kimia yang mendukung metabolisme.

10. Melawan Radikal Bebas

Daun ini mengandung vitamin E yang berfungsi sebagai antioksidan. Senyawa antibakteri sesquiterpenoid melibatkan diri dalam mengatasi radikal bebas dan menghentikan aktivitas mereka.

11. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Kandungan flavonoid dalam daun Afrika dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah, mengurangi pembekuan darah, dan memperbaiki aliran darah ke jantung.

12. Menjaga Kesehatan Kulit

Polifenol dalam daun Afrika membantu melindungi kulit dari kerusakan sinar UV, polusi, dan radikal bebas, menjaga kulit tetap sehat dan mencegah penuaan dini.

Cara Mengolah Daun Afrika

Menurut dr. Danang, ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengolah daun Afrika. Salah satunya adalah dengan membuat infusa. Caranya cukup sederhana:

  • Rebus 5-10 lembar daun Afrika dengan empat gelas air mendidih selama 10-15 menit.
  • Saring menjadi 2 gelas, lalu konsumsi pagi dan sore.

Selain itu, daun Afrika juga dapat dijus untuk meningkatkan kelezatannya. Berikut langkah-langkahnya:

  • Cuci daun Afrika dengan air bersih.
  • Peras dan rendam daun dalam semangkuk air, ulangi beberapa kali untuk mengekstrak konstituen tanaman.
  • Juskan daun Afrika hingga halus, tambahkan secangkir air mineral saat memeras.
  • Saring jus dan konsumsi dua kali sehari secara rutin.

Baca juga: 15 Manfaat Daun Sembung untuk Kesehatan

Efek Samping Konsumsi Daun Afrika

Meskipun daun Afrika dianggap aman dan tidak beracun, rasanya yang pahit dapat menyebabkan ketidaknyamanan seperti rasa mual dan pusing pada beberapa orang. Dalam beberapa kasus, konsumsi daun Afrika dapat menyebabkan penurunan jumlah sel darah merah, dan dalam dosis tertentu, dapat meningkatkan serum bilirubin.

Perlu diingat untuk tidak berlebihan dalam pengonsumsiannya. Konsultasikan dengan dokter atau profesional kesehatan untuk mendapatkan saran yang sesuai dengan kebutuhan individu.

Referensi

  1. Seo, B., Yang, K., Kahe, K., Qureshi, A., Chan, A., & De Vivo, I. et al. (2022). Association of omega-3 and omega-6 fatty acid intake with leukocyte telomere length in US males. The American Journal Of Clinical Nutrition, 116(6), 1759-1766. https://doi.org/10.1093/ajcn/nqac263
  2. Guardian. 6 Health Benefits of Drinking Bitter Leaf Juice. Diakses pada Desember 2023.
  3. amygdalina, Pricelists, & Estate, M. (2023). BITTER LEAF. Diakses pada Desember 2023.
  4. Healthful Wonders. Bitter leaf (Vernonia amygdalina): Benefits, Uses, and Side effects. Diakses pada Desember 2023.
  5. Hasan, I., Subroto, H., & Puspasari, G. (2018). Bitter Leaves Ethanol Extract (Vernonia amygdalina) Decreases Total Cholesterol Serum Level of Hypercholesterolemic Male Wistar Rats. Journal Of Medicine & Health, 2(2). https://doi.org/10.28932/jmh.v2i2.1017
Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.