Cara membuat google forms di Hp
Teknologi

Cara Membuat Google Forms di Hp dan Laptop

Cara membuat google forms di Hp – Siapa yang tak familiar dengan Google, sebuah perusahaan raksasa global yang menawarkan berbagai layanan dan produk internet yang bermanfaat bagi peradaban modern saat ini. Selain menyediakan mesin pencarian untuk situs web, Google juga memiliki beragam layanan menarik lainnya. Salah satunya adalah Google Forms, yang telah dikenal luas dan dimanfaatkan oleh masyarakat termasuk perusahaan-perusahaan besar.

Google Forms merupakan sebuah pelayanan dari Google yang memudahkan penggunanya dalam pembuatan survei, kuesioner, formulir, dan sejenisnya secara daring atau digital. Fungsi ini menjelaskan mengapa banyak individu maupun perusahaan memilih untuk menggunakan layanan ini untuk berbagai keperluan, seperti membangun hubungan dan koneksi dengan pelanggan, serta untuk mengumpulkan hasil survei tentang berbagai topik.

Namun, untuk mereka yang belum pernah menggunakan Google Forms, mungkin akan merasa kebingungan dan kurang memahami cara menggunakannya dengan efektif. Oleh karena itu, bagi mereka yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai konsep Google Forms, dan cara membuat google forms di Hp dan Laptop, berikut adalah penjelasan yang dapat diikuti.

Apa itu Google Forms?

Secara garis besar, Google Form merujuk pada sebuah layanan yang mempermudah pengguna untuk menciptakan survei, formulir daring yang berisi pertanyaan, atau kuesioner yang dapat disesuaikan oleh pembuatnya.

Melalui layanan ini, kamu dapat dengan mudah mengumpulkan tanggapan atau data dari khalayak atau audiens yang mengisi survei tersebut secara langsung. Dikarenakan prosesnya berlangsung secara online dan dapat diakses oleh siapa saja sesuai keinginan pembuatnya, Google Form menjadi solusi efisien dan praktis dalam mengakses informasi spesifik. Prosedur pembuatan Google Form juga tergolong sangat simpel dan dapat dijalankan oleh siapapun, selama memiliki pemahaman dasar tentang penggunaan komputer dan internet.

Baca juga: Cara Menulis Artikel Ilmiah Yang Baik dan Benar

Cara Membuat Google Forms di Hp

Di bawah ini tertera Langkah-langkah Cara Membuat Google Forms di Hp:

  1. Buka peramban web di smartphone Android, iPhone, atau tablet milik Anda.
  2. Akses laman forms.google.com pada peramban tersebut.
  3. Secara otomatis, sebuah formulir baru yang sudah siap digunakan akan terlihat.
  4. Lakukan suntingan dan penyesuaian pada formulir sesuai dengan keperluan Anda. Anda diperbolehkan untuk membuat pertanyaan, menambahkan opsi pilihan jawaban, serta mengatur preferensi lainnya.
  5. Jika Anda menginginkan kendali atas lokasi penyimpanan tanggapan responden, alternatif pilihan dapat Anda seleksi.
  6. Setelah segala penyesuaian selesai, formulir dapat Anda bagikan kepada pihak lain atau responden guna mengumpulkan data dari mereka.

Cara Membuat Google Forms di Laptop

Selain membuat Google Form menggunakan ponsel atau HP, opsi lainnya adalah membuatnya menggunakan komputer atau PC. Berikut langkah-langkah untuk mengatur formulir atau kuesioner baru menggunakan Google Form melalui komputer:

  1. Buka peramban web di komputer Anda.
  2. Kunjungi forms.google.com.
  3. Pilih opsi ‘Formulir Kosong’ atau ‘Buat Formulir Baru’.
  4. Sebuah formulir baru akan terbuka.
  5. Sunting dan sesuaikan formulir sesuai kebutuhan Anda.
  6. Buat kuesioner dengan menambahkan pertanyaan dan opsi jawaban.
  7. Tentukan tempat penyimpanan tanggapan responden.
  8. Setelah selesai, sebarkan formulir yang telah Anda buat kepada orang lain atau responden untuk mengumpulkan data yang diperlukan.

Membuat kuesioner di Google Forms relatif sederhana karena dapat dikerjakan melalui berbagai jenis peranti, seperti komputer, tablet, dan ponsel. Namun, penting untuk memastikan bahwa Anda sudah memiliki akun email Google (Gmail) sebelum mulai membuat formulir menggunakan Google Forms.

Baca juga: Biji Mahoni: Manfaat untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Kesimpulan

Google Forms adalah layanan yang disediakan oleh Google untuk membuat survei dan kuesioner secara digital. Ini membantu peneliti, mahasiswa, dan berbagai kalangan lainnya dalam mengumpulkan data tanpa perlu mencetak kuesioner secara manual. Dengan akses praktis melalui peramban web pada perangkat seluler atau laptop, langkah-langkahnya termasuk mengunjungi laman forms.google.com, menyunting formulir sesuai kebutuhan, dan mengirimkan kepada responden untuk mengumpulkan data. Ini adalah solusi efisien dan populer bagi mereka yang memerlukan alat pengumpulan data yang mudah diakses dan disesuaikan.

Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.