Manfaat Kentang Rebus
Gaya Hidup

10 Manfaat Kentang Rebus untuk Kesehatan

Kentang, si umbi yang sering menjadi bahan utama di berbagai hidangan. Kentang goreng, kentang mashed, atau kentang rebus, semua sudah akrab di lidah kita. Namun, kali ini mari kita fokus pada manfaat kentang rebus, cara penyajian yang sederhana namun penuh kesehatan.

Sebagai makanan pokok yang telah menjadi bagian tak terpisahkan dari hidup kita, kentang rebus ternyata menyimpan rahasia kesehatan yang patut diungkap. Dengan kandungan nutrisi yang luar biasa, kentang rebus bukan hanya sekadar pemanis hidangan, tapi juga penyumbang sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa.

Kenali Nutrisi Kentang Rebus

Manfaat Kentang Rebus
Sumber Gambar: Freepik

Dalam setiap 100 gram kentang rebus dengan kulit tanpa garam, kita dapat menemukan berbagai nutrisi yang penting untuk kesehatan:

  • Kalori: 87
  • Air: 77 persen
  • Protein: 1,9 gram
  • Karbohidrat: 20,1 gram
  • Gula: 0,9 gram
  • Serat: 1,8 gram
  • Lemak: 0,1 gram

Selain itu, beberapa vitamin dan mineral yang terkandung dalam kentang meliputi kalium, vitamin C, folat, vitamin B6.

Manfaat Kentang Rebus untuk Kesehatan

Berikut beberapa manfaat dari mengonsumsi kentang rebus untuk kesehatan tubuh kita.

1. Meningkatkan Kesehatan Otak

Kentang tidak hanya bermanfaat untuk tubuh, tetapi juga untuk otak. Beberapa studi mengungkapkan, kandungan vitamin B6 dan asam folat membantu dalam produksi neurotransmitter yang penting untuk fungsi otak yang optimal. Dengan mengonsumsi kentang, kita dapat meningkatkan konsentrasi, daya ingat, dan mendukung kesehatan otak secara menyeluruh.

2. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Potasium dalam kentang bukan hanya baik untuk tekanan darah, tapi juga dapat memengaruhi sistem kekebalan tubuh. Konsumsi kentang dapat menurunkan produksi leukosit, yang biasanya meningkat saat tubuh menghadapi peradangan atau penyakit.

3. Menetralkan Radikal Bebas

Menurut hasil penelitian, kentang kaya akan antioksidan seperti flavonoid, karotenoid, dan asam fenolik. Antioksidan ini bekerja sebagai penangkal radikal bebas dalam tubuh, menjaga kesehatan kita dari ancaman molekul berbahaya tersebut.

Kandungan antosianin dan vitamin C dalam kentang juga efektif melawan radikal bebas, membantu melindungi tubuh dari risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker.

4. Menurunkan Risiko Peradangan

Studi menyebutkan bahwa kentang kuning dan ungu dapat mengurangi peradangan. Glikoalkaloid dalam kentang dan ekstrak kulitnya menunjukkan efek antiinflamasi. Anthocyanin, senyawa antiinflamasi lainnya, juga hadir dalam kentang. Perlindungan terhadap radang sendi dan rematik mungkin menjadi salah satu manfaat yang tidak terduga dari kentang rebus.

5. Mengontrol Kontrol Gula Darah

Kentang rebus memiliki jenis pati khusus yang disebut pati resisten, pati ini dapat mengurangi resistensi insulin, meningkatkan kontrol gula darah. Bagi penderita diabetes, mengonsumsi makanan dengan pati resisten dapat membantu mengontrol kadar gula darah setelah makan.

6. Menyehatkan Pencernaan

Pati resisten dalam kentang tidak hanya menguntungkan untuk kontrol gula darah, tetapi juga memainkan peran penting dalam meningkatkan kesehatan pencernaan. Dengan mencapai usus besar sebagai sumber nutrisi bagi bakteri baik, pati ini dapat membantu mencegah sembelit dan memberikan dukungan untuk pencernaan yang optimal. Menurut studi, kentang juga dapat membantu dalam pengobatan tukak lambung, meredakan sakit perut, dan menetralkan tingkat keasaman lambung yang berlebihan.

7. Mencegah Kanker dengan Pengolahan yang Sehat

Cara kita mengolah makanan bisa mempengaruhi risiko kanker. Merebus atau memanggang kentang dapat membuat sumber karbohidrat ini lebih bermanfaat. Sebaliknya, menggoreng kentang dapat menyebabkan pembentukan akrilamida, senyawa yang dapat meningkatkan risiko kanker.

8. Hilangkan Lingkaran Hitam di Bawah Mata

Ternyata, kentang rebus tidak hanya berguna di dapur, tapi juga di dunia kecantikan. Irisan kentang dapat ditempatkan di bawah mata selama 20 menit untuk membantu menghilangkan lingkaran hitam. Cara alami yang sederhana namun efektif.

9. Sumber Energi

Sebagai sumber karbohidrat kompleks, kentang memberikan energi yang tahan lama, menjaga stabilitas gula darah, dan memberikan kekuatan untuk aktivitas sehari-hari.

10. Menjaga Kesehatan Jantung

Kentang rebus bukan hanya lezat, tetapi juga memberikan manfaat besar untuk kesehatan jantung. Kandungan potasium yang tinggi membantu menurunkan tekanan darah, sedangkan asam klorogenat dan kukoamines berperan dalam menjaga kestabilan tekanan darah.

Cara Mengolah Kentang Rebus

Bagaimana kita dapat menikmati kentang rebusdengan cara yang lebih nikmat? Berikut adalah beberapa ide yang bisa di coba:

1. Kentang Rebus dengan Saos Bawang Putih

  • Rebus kentang hingga empuk.
  • Kemudian tumis bawang putih dengan sedikit minyak zaitun.
  • Tambahkan ke kentang, dan aduk hingga merata.

2. Salad Kentang dengan Dressing Yogurt

  • Siapkan hidangan segar dengan membuat salad kentang.
  • Rebus kentang, potong-potong, tambahkan irisan mentimun dan tomat cherry.
  • Lalu tambahkan dressing yogurt dengan sedikit rempah untuk sentuhan rasa yang istimewa.

Kesadaran akan manfaat kentang rebus untuk kesehatan tubuh dapat menjadi langkah awal menuju gaya hidup yang lebih sehat dan berenergi. Semoga artikel ini membuka mata kita akan potensi kesehatan yang terkandung dalam satu umbi yang sederhana namun luar biasa, kentang rebus.

Referensi

  1. Eurasian Chemical Communication. Antioxidant effect of purple sweet potato (Ipomoea batatas var. Antin 3) for the prevention of oxidative stress after high-intensity physical exercise in rat. Diakses pada Desember 2023.
  2. Eatthis.com. Side Effects of Eating Too Many Potatoes. Diakses pada Desember 2023.
  3. Healthline. 7 Health and Nutrition Benefits of Potatoes. Diakses pada Desember 2023.
  4. Clinical Nutrition Journal. Lower nocturnal blood glucose response to a potato-based mixed evening meal compared to rice in individuals with type 2 diabetes. Diakses pada Desember 2023.
Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.