Manfaat Buah Kundur
Gaya Hidup

7 Manfaat Buah Kundur untuk Kesehatan

Manfaat Buah kundur, buah tersebut dikenal dengan berbagai nama di berbagai daerah Indonesia seperti kundur batang, blonceng, kondur, dan gundur, tumbuh subur di tanah tropis. Nama Latinnya, Benincasa hispida, menyiratkan kekayaan nutrisi yang tersembunyi di dalam daging buahnya, merupakan buah lonjong berwarna hijau yang memiliki tingkat kemanisan yang unik dan mencengangkan. Meskipun lebih banyak ditemukan di wilayah Asia, termasuk Indonesia, buah ini telah lama diakui dalam pengobatan tradisional.

Kandungan Nutrisi Buah Kundur

Buah kundur tidak hanya menyegarkan, tetapi juga merupakan paket nutrisi yang luar biasa. Hampir 94 persen dari buah ini adalah air, menjadikannya rendah kalori dan sangat cocok untuk pencuci mulut yang sehat.

Dalam porsi 100 gram buah kundur, kita akan menemukan 4,7 gram karbohidrat, 1,3 gram serat, 0,4 gram protein, dan berbagai mineral penting seperti 200 miligram kalium, 54 miligram fosfor, dan 3 miligram kalsium. Jangan lupakan vitamin C yang menyegarkan dengan kandungan sekitar 1 miligram.

Manfaat Buah Kundur untuk Kesehatan

Manfaat Buah Kundur
Sumber Gambar: Akurat.co

Berikut ini manfaat kesehatan dari buah kundur yang akan membawa dampak positif pada kehidupan.

1. Mencegah Penyakit Jantung

Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak buah kundur memiliki potensi untuk mengurangi peradangan, yang sering menjadi pemicu penyakit jantung. Meskipun masih memerlukan penelitian lebih lanjut untuk memahami secara mendalam efeknya pada manusia, buah kundur dapat dianggap sebagai pencegah penyakit jantung. Menjaga kesehatan jantung bukan lagi sekadar memilih makanan, tetapi juga memasukkan buah kundur dalam menu harian.

2. Penangkal Infeksi

Buah kundur ternyata tidak hanya lezat di lidah, tetapi juga mampu menjadi perisai alami tubuh kita. Dalam sebuah penelitian, buah kundur terbukti memiliki sifat antibakteri yang mampu melawan berbagai jenis bakteri penyebab infeksi, seperti Salmonella typhi dan Escherichia coli. Dengan mengonsumsi buah kundur secara teratur, kita dapat memperkuat pertahanan tubuh dan mengurangi risiko terkena infeksi.

3. Penangkal Jamur

Penelitian menunjukkan bahwa kandungan dalam buah kundur dapat berperan sebagai penangkal jamur alami. Ini artinya, dengan mengonsumsi buah kundur, kita tidak hanya memberikan perlindungan terhadap infeksi bakteri, tetapi juga menjauhkan tubuh dari ancaman jamur yang mungkin mengintai.

4. Pelindung Pencernaan

Kandungan serat larut dalam buah ini membantu melancarkan buang air besar, mencegah sembelit, dan menjaga kesehatan sistem pencernaan secara keseluruhan. Lebih dari itu, serat larut berperan sebagai prebiotik, mendukung pertumbuhan bakteri baik di dalam usus, yang penting untuk mencegah gangguan pencernaan seperti sakit maag dan tukak lambung.

5. Menurunkan Resiko Diabetes

Kandungan polifenol dalam buah ini dapat menangkal efek negatif dari radikal bebas, mengurangi risiko kerusakan sel, dan pada akhirnya, menurunkan risiko terjadinya diabetes. Dengan mengintegrasikan buah kundur dalam pola makan sehari-hari, kita dapat memberikan perlindungan ekstra untuk kesehatan sistem insulin tubuh.

6. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin C dalam buah ini mendukung produksi kolagen, suatu senyawa yang membuat kulit tetap elastis dan terhindar dari kerutan. Antioksidan yang terdapat dalam buah kundur juga melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, memberikan perlindungan maksimal terhadap tanda-tanda penuaan dini.

7. Anti Inflamasi Alami

Inflamasi dapat menjadi akar dari berbagai penyakit kronis yang mengintai kita. Mengonsumsi buah kundur dapat menjadi langkah bijak untuk mengurangi dan mencegah peradangan. Dengan sifat antiinflamasi alaminya, buah kundur membantu tubuh melawan peradangan yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan serius.

Cara Penyajian Buah Kundur yang Lezat dan Sehat

Bagaimana kita bisa memasukkan buah kundur ke dalam pola makan sehari-hari dengan cara yang lezat dan sehat? Berikut beberapa saran penyajian buah kundur:

  • Salah satu cara paling umum untuk menikmati buah kundur dengan mengolahnya menjadi jus. Pastikan untuk tidak menambahkan gula berlebih agar manfaat kesehatannya dapat dirasakan secara maksimal. Jika ingin menambah cita rasa, perasan jeruk lemon atau madu bisa menjadi pilihan.
  • Buah kundur dapat diolah menjadi sayur bening atau sup yang segar.
  • Tambahkan buah kundur dalam hidangan ditumis atau campuran salad untuk variasi rasa dan manfaat kesehatan yang lebih banyak.
  • Daging buah kundur memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang mirip dengan mentimun, kita dapat mengonsumsinya langsung setelah dikupas dan dipotong kecil-kecil untuk kemudahan konsumsi.

Sejauh ini, buah kundur terbukti bukan hanya sekadar buah biasa. Dengan segudang manfaat kesehatan yang ditawarkannya, buah kundur layak dijadikan pilihan utama dalam menu harian. Semoga informasi ini dapat bermanfaat, terimakasih.

Referensi

  1. U.S. Department of Agriculture. (2019). Waxgourd (Chinese Preserving Melon), Raw. Diakses pada 2023.
  2. Sabandar, C.W. et al. (2023). Tentative Identification of Compounds, Antioxidant, and Antimicrobial Activity of the Edible Part of Benincasa hispida L. fruit (Cucurbitaceae). Borneo Journal of Pharmacy, 6(2), doi: 10.33084/bjop.v6i2.4350.
  3. Islam, M.T. et al. (2021). A Literature-Based Update on Benincasa hispida (Thunb.) Cogn.: Traditional Uses, Nutraceutical, and Phytopharmacological Profiles. Oxidative Medicine and Cellular Longevity, 2021, doi: 10.1155/2021/6349041.
  4. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Data Komposisi Pangan Indonesia, Panganku. Kundur, segar (Wax gourd, fresh). Diakses pada 2023.
  5. Darmayani, S. et al. (2021). Antibacterial Activities Test of Ethanol Extracts of Kundur Fruit (Benincasa hispida Thunb. Cogn) on Salmonella typhi Bacteria. Journal of Physics: Conference Series, 1899(1), doi: 10.1088/1742-6596/1899/1/012028.
Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.